Kabupaten Tuban Simpan Potensi Bisnis Yang Beragam

potensi-kabupaten-tuban

Tidak hanya objek wisata religi saja yang sekarang ini digemari para wisatawan, mereka juga mulai mengagumi keindahan panorama alam di Kabupaten Tuban seperti deretan goa yang dilengkapi dengan stalaktit dan stalakmit yang sangat cantik, serta beberapa potensi wisata pantai yang menyuguhkan panorama laut cukup menawan.

Memiliki luas wilayah sekitar 1.904,70 km2 dan panjang pantai mencapai 65 km, Kabupaten Tuban ternyata tidak hanya memiliki potensi alam cukup menawan namun juga menyimpan beragam potensi bisnis daerah yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Sebut saja seperti potensi unggulan di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan, industri kerajinan, pertambangan, perindustrian, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengetahui potensi bisnis apa saja yang tersimpan di Kabupaten Tuban. Berikut ini kami informasikan beberapa sektor potensi unggulan yang menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat di sekitar daerah Tuban.

Potensi Pertanian
Meskipun berada di kawasan jalur pantai utara dan memiliki iklim yang sedikit kering, namun sektor pertanian di Kabupaten Tuban menghasilkan beberapa produk komoditas yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.

Sementara ini, sebagian besar petani di Tuban masih fokus memproduksi komoditas tanaman pangan, seperti misalnya padi, jagung, kacang tanah yang sekarang ini mulai dipasarkan ke perusahaan pengolah makanan berbahan baku kacang tanah di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, ketela pohon yang rata-rata produksinya bisa mencapai 134,15 Kw/Ha, ubi jalar yang dikembangkan di area seluas 553 Ha, budidaya kedelai yang berada di Kecamatan Senori dan Kecamatan Singgahan, kacang hijau, serta cabe rawit dan cabe keriting yang banyak dibudidayakan oleh petani di Kabupaten Tuban.

Potensi Perkebunan
Selain potensi pertanian yang beragam, Kabupaten Tuban juga memiliki potensi perkebunan yang tidak kalah menghasilkan. Misalnya saja seperti belimbing tasikmadu (varietas belimbing lokal asli Tuban) yang saat ini sedang gencar dibudidayakan masyarakat di Kecamatan Palang terutama di Desa Tasikmadu, Kelurahan Panyuran, dan Desa Sumurgung. Disamping itu ada juga buah duku prunggahan (duku asli Tuban) yang dikembangkan di Kecamatan Singgahan dan Kecamatan Tuban, buah siwalan, buah gayam yang diolah menjadi keripik khas Tuban, potensi agrobisnis kelapa, jambu mete, mangga, nangka, pisang, tebu, semangka, serta terong.

Potensi Perikanan dan Kelautan
Memiliki wilayah perairan yang cukup luas yakni sekitar 65 kilometer, menjadikan Tuban sebagai salah satu daerah penghasil kekayaan laut yang cukup berlimpah. Mulai dari industri pengolahan teri nasi di daerah pesisir pantai, seperti di Kecamatan Palang, Jenu, Tambakboyo, dan Bancar yang belakangan ini telah diekspor ke berbagai belahan negara, budidaya rumput laut, terumbu karang, padang lamun, pengembangan dan pembibitan mangrove, industri pengalengan ikan, industri pengolahan tepung ikan, pindang, minyak ikan, abon, produksi ikan beku, pembuatan terasi, pengeringan ikan, serta industri pengolahan limbah ikan untuk dijadikan sebagai pakan tenak.

Potensi Kerajinanbatik gedog
Tidak hanya memiliki potensi alam yang berlimpah, Kabupaten Tuban ternyata juga memiliki potensi kerajinan yang beragam.

Batik tulis dan tenun Gedog Tuban menjadi salah satu produk unggulan yang diwariskan secara turun menurun. Ciri khas batik dan tenun Gedog dapat terlihat dari motif dan pewarnaan yang bercorak pesisiran dan menampilkan aneka macam tumbuhan dan bunga.

Selain batik dan tenun Gedog, Tuban juga menghasilkan kerajinan meubel yang berpusat di Kecamatan Jatirogo, Bangilan, Montong dan Tuban, sentra kerajinan gerabah yang berada di Kecamatan Tuban, Rengel, Bangilan dan Montong, industri kerajinan anyaman bambu di Desa Mandirejo Kecamatan Merakurak, serta industri sangkar burung di Kecamatan Soko yang telah berhasil menembus pasar mancanegara.

Semoga informasi yang mengangkat tentang Kabupaten Tuban simpan potensi bisnis yang beragam ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat di Indonesia untuk mengoptimalkan potensi daerahnya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://mbatikyuuuk.files.wordpress.com/2012/02/posisi-desa-kerek-tuban.gif
2. http://3.bp.blogspot.com/-uiWPfLsr5yY/T6y-bHGffwI/AAAAAAAAAL0/hXl4LtycXHM/s1600/batik+tulis+gedog+Rp.+175.000.JPG

Leave a Comment