Kamu Sudah Kenal Belum Sama Jajanan Jadul Tradisional Getas?

Jajanan jadul tradisional yang satu ini pasti ada banyak yang belum kenal. Memang cukup unik, salah satu jajanan yang satu ini merupakan jajanan tradisional pada jaman dulu. Mungkin jika kalian bertanya pada ibu kalian dirumah ada beberapa yang mengenal jajanan yang satu ini. Mungkin di beberapa daerah nama jajanan ini berbeda-beda. Ada yang menamai dengan nama gemblong atau getas ada pula yang menamai gegetas gula putih.

Tahukah kamu jika getas ini adalah salah satu jajanan jadul tradisional atau kue tradisional khas Indonesia yang masuk dalam kategori jajanan pasar. Jajanan ini cukup sederhana namun rasanya sangat nikmat. Getas ini terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang di uleni hingga kalis dan dibentuk seperti bola. Kemudian digoreng dan dilapisi dengan larutan gula aren atau gula pasir putih.

Jika di daerah Jawa Timur jajanan ini dikenal dengan nama getas, namun ada juga yang menyebutnya gemblong. Meski memiliki nama yang sama namun fakta sebenarnya getas terbuat dari ketan putih. Sedangkan gemblong dari ketan hitam.

Kenalan Dengan Jajanan Jadul Tradisional Getas

Jajanan Jadul Tradisional Khas Daerah

Jajanan jadul tradisional ini sangat dikenal oleh masyarakat Sunda, Jawa dan Betawi. Namun tidak diketahui secara pasti dari mana jajanan ini berasal. Bahkan namanya saja tidak diketahui asal mulanya. Ada yang mengatakan jika penamaan getas atau gemblong ini karena bentuknya yang bulat dan lonjong. Nah jika kamu mau menjajal jajanan jadul tradisional yang satu ini kamu bisa menemukannya di pasar tradisional.

Ciri Khas Jajanan Jadul Tradisional Getas

Getas ini memang jajanan jadul tradisional yang sangat khas, tekstur dalamnya lembut dan luarnya renyah, gurih. Rasanya semakin enak karena bagian luarnya yang kering dan gurih diberikan tambahan gula pasir. Semakin menambah cita rasa yang khas. Sangat cocok dinikmati saat sedang bersantai untuk temen ngopi atau ngeteh.

Kandungan Gizi

Nah selain enak, manis dan gurih jajanan yang satu ini juga memiliki kandungan gizi lho. Dalam 1 biji getas atau gemblong mengandung kalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Gimana tuh udah enak tapi engga cuman sekedar enak namun juga memiliki kandungan gizi. Sehingga aman untuk dikonsumsi anak kecil sekalipun karena tidak mengandung bahan tambahan pengawet.

Pembuatan Jajanan Jadul Tradisional Getas

Untuk bisa menikmatinya kamu juga bisa membuat dirumah sendiri. Sangat mudah, hanya terbuat dari tepung beras ketan, santan, kelapa muda, margarin, garam dan air. Sangat mudah tentunya ya? Terdiri dari beberapa bahan yang sangat sederhana dan cukup mudah ditemukan di pasaran. Baik di pasar tradisional maupun modern.

Resep Pembuatan Jajanan Jadul Tradisional Getas

Bahan Getas :

  • Tepung ketan putih 200 gram
  • Tepung beras 100 gram
  • Kelapa 200 gram
  • Santan 250 ml
  • Garam secukupnya
  • Margarin atau minyak goreng secukupnya

Bahan Lapisan Kue :

  • Gula pasir 150 gram
  • Air 70 ml

Cara Membuat :

  1. Campurkan beberapa bahan seperti tepung beras, tepung ketan, kelapa parut, garam dalam wadah. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Lalu tambahkan sedikit demi sedikit santan kelapa, lalu uleni dengan menggunakan tangan atau alat. Saat semua bahan sudah tercampur rata, pastikan adonan tidak lengket.
  3. Kemudian ambil sedikit adonan, lalu buat menjadi bentuk bulat agak lonjong. Buat semua adonan menjadi bentuk yang sama.
  4. Jika sudah siap, maka panaskan wajan yang sudah diberi minyak goreng. Jika sudah panas maka masukkan adonan yang sudah dibentuk tadi.
  5. Goreng dan bolak-balik hingga warna kuning kecoklatan dan matang sempurna. Jika sudah dirasa matang lalu angkat dan tiriskan.
  6. Diamkan getas sebentar, lalu gulingkan atau taburkan gula pasir putih halus diatasnya.
  7. Getas siap dihidangkan.

Jajanan Jadul Tradisional Tampil Kekinian

Getas ini memang sedikit sulit ditemukan di zaman modern kini. Bahkan hampir sudah tidak nampak lagi sekarang. Tentunya karena kini sudah banyak jajanan kekinian yang sudah mulai banyak bermunculan di pasaran. Sehingga banyak jajanan jadul yang sudah mulai tergeser. Nah tahukah kamu jika jajanan jadul tradisional ini bisa dihadirkan kembali di zaman modern ini? Dikemas dengan tampilan yang lebih kekinian. Tentu penikmatnya akan semakin banyak dan bisa diterima oleh para anak muda milenial. Gimana kamu siap memodifikasi jajanan jadul ini dan mengambil peluang ini jadi bisnis yang menjanjikan?

Semoga berhasil! Sekian pembahasan kita tentang jajanan jadul tradisional ini. Semoga dapat memberikan inspirasi dan ide buat yang sedang mencari ide bisnis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba