Karakteristik Menjadi Pengusaha Sukses

karakteristik-pengusaha-sukses1.    Kemampuan untuk mengembangkan fokus yang jelas.
Anda harus tahu betul apa yang membuat usaha Anda berbeda dari para pesaing. Kembangkan sebuah visi dan laksanakan, jangan beralih dari satu ide ke ide yang lain. Banyak pengusaha gagal karena mereka merasa bahwa ide baru yang mereka temukan lebih menarik daripada yang mereka jalankan sekarang.

2.    Harapan yang realistis.
Jika Anda melakukan diet dan berharap bisa menurunkan berat badan lima kilo pe rminggu, Anda pasti akan kecewa dan menyerah. Jika tujuan Anda lebih realistis, kemungkinan besar Anda akan tetap berpegang padanya dan berhasil. Sangat jarang ada orang yang “kaya mendadak”.

3.    Kemauan untuk membuat rencana.
Para pengusaha paling sukses adalah orang-orang yang memiliki tujuan dan rencana yang jelas untuk meraihnya. Mereka mempelajari pasar, persaingan, dan mekanismenya, serta bersedia mempelajari sungguh-sungguh semua kendala yang mungkin akan dihadapi.

4.    Fleksibilitas dan adaptabilitas.
Selain membutuhkan rencana dan fokus yang jelas, Anda juga perlu memiliki fleksibilitas dalam menanggapi perubahan situasi. Dalam bisnis, dan juga hidup, segalanya berubah, dan masalah pasti ada.

5.    Kemampuan untuk mengatasi kekhawatiran karena harus menjual.
Dalam artian tertentu, semua pengusaha adalah penjual. Anda tidak boleh takut berhadapan dengan konsumen, memotivasi pegawai, dan menjalin hubungan baik dengan pemasok. Anda tidak harus punya keahlian tersebut saat memulai usaha, tetapi Anda harus mempelajarinya agar usaha Anda tetap berjalan.

6.    Bersedia bekerja keras.
Tidak ada jalan pintas disini; menjalankan usaha berarti bekerja keras sepanjang waktu.

7.    Tujuan pribadi yang jelas.
Kita semua punya keinginan yang berbeda-beda. Kita ingin punya banyak uang dan sekaligus sudah berada di rumah saat anak-anak pulang sekolah. Kita ingin mengontrol semua kegiatan tetapi produk dan jasa yang kita hasilkan sangat beragam. Tujuan-tujuan tersebut jelas saling bertentangan satu sama lain. Untuk mencapai keberhasilan, Anda harus fokus pada apa yang benar-benar penting bagi Anda dan apa yang dapat Anda capai.

8.    Pengalaman.
Anda tidak perlu berpengalaman sebagai manajer sebuah perusahaan mobil untuk memulai bisnis mobil bekas, tetapi Anda harus punya pengalaman dalam bidang terkait atau pengalaman dalam menerapkan kemampuan yang Anda miliki sebagai manajer, sebelum mengawali suatu usaha.

(sumber : THE OWNER’S MANUAL for small business , Rhonda Abrams)

42 Komentar

  1. boss, saya mau tanya nih. kebetulan saya sudah memulai usaha poultry kecil-kecilan. sudah sekitar 1 taunan. lumayan laku sih, tapi modal saya kemarin amblas akibat bangun rumah….hehe. sementara ini cari jalur modal susah banget sehingga stok saya sering kehabisan. gimana dong caranya bertahan dalam kondisi kaya gini sampai ada tambahan modal baru beberapa saat kedepan………makasih….

  2. saya mempunyai usaha ikan asin gabus dan sirup duku palembang bagi temen2 yg maw membeli silahkan hubungi 081958174170…saya tinggal di palembang sumsel…….dengan harga yg sgt trjangkau…call atau sms saya..thanks ya..smoga sukses..

  3. Salam kenal semua na q br bk usaha motor bkas d batam, persaingan ketat baik dr dealer baru maupun bekas, ada gak saran or masukan dr temen yng udah sukses ddunia otomotif baik segi pemasaran, program, dan mengatasi pesaingan yang sehat. Sbelum dn ssedah saya ucapkan terimakasih. Salam sukses amin

  4. salam sukses.
    sy sedang menjalankan sebuah usaha CUCI MOTOR
    namun letak usaha yg kurang strategis menjadi kendala di karenakn kurangnya modal. namun kmi melakukn promosi “free coffee” dan dengan pelayanan menyediakan koran dan televisi sebagai hiburan di ruang tunggu kami. namun pelanggan sangat kurang…kami harus melakukn apa lagi untuk memajukan usaha kami ?mohon masukan nya.

    • minimal ngerintis usaha 2 thn baru ketemu, terus lanjutkan n jgn pantang menyerah!! promosikan ke teman2 anda atau keluarga anda

  5. sy seorang anak petani miskin, sy ingin menjadi petani yg sukses tpi dgn kekurangan modal yg sdkit, impian sy tuk petani sukses
    terhambat, mohon info ttg cara mendpatkan modal usaha dgn angsuran kecil.

  6. Ass..salam kenal sumuanya..Saya punya usaha kecil dengan modal yang kecil..bagaimana saya memanagemen usaha saya biar lancar.thanks yach..

  7. Saya mempuyai kemampuan mendesain baju muslim siapa yang ingin membutuhkan. Bisa gambar desain, pola serta hasil jadi. Bisa pesan baju ! Hubungi : (0351) 458165

  8. Assalamualaikum
    Salam sukses buat semua calon dan insyaAllah akan jadi pengusaha sukses. Saya punya usaha batu bata atau bata merah. Di sini saya mengalami kendala dalam harga karena selalu tidak menentu. Setidaknya saya dan pengusaha lain harus bekerja sama untuk membentuk sebuah asosiasi pedagang bata di Riau. Namun belum ada yang berani untuk melakukannya. Saya meminta bantuan kepada teman-teman agar mencari investor yang sanggup untuk memodali Asosiasi ini. Saya yakin dengan dibentuknya asosiasi ini akan meningkatkan nilai jual yang lumayan tinggi karena kebutuhan pasar di Riau sangat banyak dan sering tidak terpenuhi karena kekurangan bata.
    085265744203
    InsyaAllah menguntungkan

    Salam Sukses

    Boby Febrianto, S.Pd

  9. Aslmkm,
    Saya pnya usaha sendal motif lucu dan unik.
    Bagi yg trtarik bergabung, khususnya yg berdomisili di DIY, prworejo, kebumen, pekalongan, banyumas, purwokerto, dan skitarnya, silakan hubungi sya 085328011282.
    Margin keuntungan dijamin memuaskan.
    mksh.
    Wslmkm…

  10. Sy seorang akunting d slh satu perusahaan tour& travel di tasikmalaya sy ingin membuka usaha utk menjd seorang pengusaha rmh mkn yg sukses. Sy ingin mengetahui bgmn cr’a spy jd pengusaha rumah makan yg bnr2 sukses jg tdk terlupakan sm org atau biasa kita sbt sbg konsumen???…Aplg sy pecinta masakan2 indonesia dan ingin lbh memajukan cita rasa masakan indonesia dan sy msh bingung apa sy bz atau tdk krn klebihan sy sbts dgn ksbaran, keinginan, dan kedisiplinan. No tlp sy (085223995111)

  11. Sy seorang akunting d slh satu perusahaan tour& travel di tasikmalaya sy ingin membuka usaha utk menjd seorang pengusaha rmh mkn yg sukses. Sy ingin mengetahui bgmn cr’a spy jd pengusaha rumah makan yg bnr2 sukses jg tdk terlupakan sm org atau biasa kita sbt sbg konsumen???…Aplg sy pecinta masakan2 indonesia dan ingin lbh memajukan cita rasa masakan indonesia dan sy msh bingung apa sy bz atau tdk krn klebihan sy sbts dgn ksbaran, keinginan, dan kedisiplinan.

  12. saya ingin membuka usaha aneka olahan pangan lokal diman belim di kenal masyarakat gimana ya caranya.

  13. sy berencana ingin buka ft copy…,tp sy masih awam dlm hal ft copy.gmn yah caranya tuk belajar mesin ft copy …?apa ada tempat kursus belajar ft copy,,klo ada tlng kasih tau dong dmn….mksih bngt yaa…

  14. bagimana cara menumbuhkan karakter untuk menjadi pengusaha??
    saya punya modal tapi bingung untuk menentukan peluang usaha,dan saya lulusan STM dari bidang mesin,saya berharap bisa menjadi pengusaha meskipun saya cuma lulusan STM,!
    mohon bantuan dan motivasinya,
    Terimakasih.

    • jk km punya modal, ke tepat aw aja,, ada beberapa peluang usaha, aku cuma gak punya modal aja buat buka usaha,,,,

  15. lam kenal semua…..

    saya erna,seorang pekerja di satu dealer mobil dan saat ini saya pengen minta saranya,sy berencana buka usaha rumah makan dgn modal sekitar 15 jt yg saya ingin tanyakan sistem pengelolaan yang seperti apa agar usaha itu nanti nya bisa berjalan lancar & berkembang lebih baik dan contoh mkanan apa yg bs di kembang kan di banding kompetitor lain nya….thx
    sallaam,
    erna

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

    • jk km hanya punya modal 15 jt an, lbh baik km beli friends aja, kan sudah ga repot2 lg, km bs langsung jualan..

  16. saya mempunyai usaha pembuatan telur asin di rumah belum terlalu besar tapi cukup lumayan lach…. tetapi terkadang saya masih bingung dalam masalah untuk perluasan penjualan untuk saat ini telur asin yang saya buat dititipkan ke beberapa warteg dekat rumah dan manerima pesenan by telp juga dijajakan berkeliling masalahnya saya bingung harus memasarkan langsung apa lebih baik perluas dengan menitipkan telur ke warteg2 yang lain, jika saya pasarkan langsung saya bisa dapat uang cash tapi jika saya titipkan memang harus menunggu besoknya baru saya mendapatkan uangnya jadi cara yang mana yang lebih baik untuk mengembangkan usaha saya??????

  17. bagaimana kiat kiat khusus utk membenahi usaha kami karena kekurangan modal,kami usaha dibidang rental ps dan kelontongan kami ingin mengembangkan dan memajukan usaha kami.
    mohon bantuannya dari rekan2.
    Terima kasih

  18. Mantap skali… Trima kasih buat yang tulis… Semoga kita tdk berusaha menjadi PNS, melainkan menjadi PENGUSAHA SUKSES yang bisa menjadi contoh yang baik dan benar. Dan yang paling penting, bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat INDONESIA. Setuju…!!!

    Opss.. Tp jangan cuma di mulut, tp harus ada pembuktiannya..

    GOD BLES INDONESIA FOREVER….
    AMIN…

  19. Tulisannya siip bangets… nambah lahi nie aku. Mulailah dari yus kita jadi pututang ada. Jangan karena modal kecil trus jadi putus asa. Kecil hanya di awalnya aja. Selanjutnya, pikirkan terus perkembangannya agar menjadi bisnis yang besar.

  20. Ralat! Salah pencet! wah… oke bangets… mo nambahin lagi nie… Mulailah dari yang ada. Kecil hanya di awal aja, selanjutnya pikirkan terus perkembangannya agar menjadi usaha yang besar.

  21. Sekedar menambahkan pengalaman pribadi:

    9. CARILAH MENTOR BISNIS YANG KREDIBEL
    Sebagai sarana motivasi bisnis yang ingin anda geluti, sebaiknya anda perlu mencontoh atau meneladani seseorang yang anda anggap berhasil dalam membangun bisnis yang sama dengan kriteria dan minat bisnis yang ingin anda tekuni. Tidak perlu jauh-jauh, lihat saja profil dan track bisnis orang tsb di sekitar anda. Bisa jadi anda mencontoh seorang saudagar kelontong di ujung gang rumah anda, family anda, atau siapapun orangnya. Atau bisa juga anda rajin2 mengunjungi situs-situs bisnis dan manajemen di internet. Jadikanlah orang (sumber) tersebut sebagai Mentor alias motivator personal anda.

    10. RISET, TRIAL n ERROR – RISET, TRIAL n ERROR, and so on…
    Bila sudah menemukan Mentor Bisnis yang cocok, SEGERA lakukan riset, catat dan analisa, praktekkan, dst…
    Jangan bosan melakukan upaya RISET, TRIAL n ERROR berulangkali. Suatu saat anda akan menemukan hasil yang cocok dengan karakter dan kemampuan pribadi anda.

    Manajemen Bisnis INDONESIA

  22. saya punya uang Rp. 10.000.000,- saya ingin memiliki sebuah usaha tapi saya tidak tau usaha apa yang hatus saya buat dengan modal yang kecil.

    trimakasih

  23. Saya tertarik utk membuat cripik pisang dengan aneka rasa. Ada yg tahu resepnya? Nuwun

  24. dimana saya bisa menemukan pengepul jagung diwilayah kabupaten sragen dan sekitarnya? kalau bisa sekalian jumlah minimal pengiriman dan harga net nya” terima kasih.

  25. Saya mempunyai tempat yang cocok buat usaha foto copy tapi tidak punya cukup modal untuk membeli mesin foto copy. ada tidak bisnis waralaba untuk usaha foto copy. mohon info lengkapnya.

    tx
    Arsam

Comments are closed.