Kemasan Kue Yang Aman Agar Tak Rusak Saat Pengirimaan

Kemasan Kue yang Aman Agar Tak Rusak Saat PengirimanTak hanya produk fashion dan gadget saja yang belakangan ini marak diperjual-belikan secara online. Melihat pertumbuhan pasar digital yang semakin hari kian meningkat pesat, berbagai macam produk lainnya pun seperti misalnya cake & bakery juga mulai dipasarkan para pelaku bisnis kue melalui dunia maya. Yang jadi pertanyaan banyak orang, bagaimana cara membuat kemasan kue agar produk tidak rusak selama proses pengiriman berlangsung?

 

Untuk menjawab kebingungan para pengusaha kuliner khususnya cake & bakery dalam proses pengemasan produk, kali ini saya akan membahas cara mengemas kue agar tidak rusak selama proses pengiriman berlangsung.

Pertama, yang perlu dipertimbangkan agar kue tidak cepat rusak yaitu mengenai tekstur dan ukuran kue yang akan dikirim. Sebaiknya pilih kue yang teksturnya agak keras dan renyah agar kue tersebut bisa bertahan lebih lama. Apabila kue yang Anda pasarkan memiliki daya tahan yang relatif singkat karena bertekstur lembut dan basah, maka sebaiknya pilih jasa ekspedisi yang menyediakan paket pengiriman barang satu hari sampai tempat tujuan. Contohnya seperti JNE Yes, Tiki Ons, dan lain sebagainya.

Kedua, untuk mengurangi resiko kerusakan kue usahakan agar waktu produksi dan pengiriman kue tidak berselang terlalu jauh. Contohnya saja bila kue akan dikirim pada pagi hari tanggal 01 September 2016, maka Anda bisa melakukan proses produksi pada H-1 atau pada tanggal 02 September 2016 (pada sore hari). Dengan begitu, kue yang dikirim dalam keadaan fresh dan sampai ke tangan konsumen kualitasnya masih terjaga.

Ketiga, perhatikan bahan kemasan kue yang dipilih dan metode pengemasan yang digunakan. Apabila Anda memasarkan kue kering bisa menggunakan toples kedap udara agar kue kering tak mudah melempem. Namun, bila Anda menggunakan toples plastik mika maka sebaiknya sekelilingnya direkatkan dengan isolasi/ plester bening. Selain itu Anda juga bisa mengemas kue dalam kemasan plastik bening kemudian diikat dan dimasukkan ke dalam kotak kemasan. Saat membuat kemasan kue, pastikan bahwa kue tersebut telah tertata rapi dan rapat sehingga tidak ada ruang renggang yang memungkinkan kue bergerak dan akhirnya hancur.

Keempat, untuk pengiriman barang sebaiknya lapisi kemasan produk dengan kotak atau kardus yang cukup tebal agar isi produk tidak rusak selama proses pengiriman barang. Sebelum dimasukkan ke dalam kotak atau kardus, ada baiknya bila Anda melapisi kemasan produk kue dengan Styrofoam atau menambahkan ganjalan kertas koran agar kotak kardus lebih rapat dan terlindungi ketika proses pengiriman berlangsung.

Kelima, yang terakhir dan yang paling penting adalah, bahwa kita harus memperlakukan secara istimewa dalam proses pengirimannya. Hal ini penting, agar kue ketika sampai di tangan konsumen masih tetap fresh ketika disajikan.

Semoga bermanfaat dan salam sukses!

ahmad hidayat expert bisnisukm.com

Ahmad Hidayat

Establishing Business :

PT. Matahari Langit Indonesia

  • Iga Bakar Jogja,
  • Penyetan Mak Oyoh,
  • Sate Maranggi,
  • FishLand,
  • Tyaphari Kopitiam,
  • Mie Sapi-”NoodleBar”

Aktif di dunia kuliner sejak 1996, dimulai ketika beliau mendapatkan kesempatan untuk bekerja di sebuah hotel di Florida, Amerika, dan selama 3 tahun bolak balik Florida – Indonesia. Setelah Amerika, beliau juga memiliki pengalaman sebagai Area Manager di salah satu restoran di Timur Tengah.

Sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/-rd-tz3_Wpic/UD9bVNZPeZI/AAAAAAAALzA/ZAIWtAfNA8Y/s1600/Screen%2Bshot%2B2012-08-30%2Bat%2B13.24.15.png

84 Komentar

  1. Bagaimana cara mempacking berbahan jelly agar kemasan tidak gembung pada saat perjalanan…selama ini setiap pengiriman barang jelly kemasan selalu mengembang bahkan ada yg sampai custumer kemasan meledak. Tolong solusinya.
    Kemasan yg saya pakai plastik vacuum dan diluarnya sy kasih kotak plastik..

  2. Assalamualaikum pak, saya jualan makanan klepon isi durian lumer, bagaimana cara mengemasnya ya pak agar klepon tidak menempel satu sama lain , sedangkan kelapanya harus dibungkus terpisah agar tidak bau. Trims pak

    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh..
      Selamat siang Ibu Christie, untuk mengemas klepon agar tidak menempel satu sama lain Ibu bisa mencoba menggunakan kemasan seperti di gambar contoh (pada artikel ini). Pada box tersebut bisa dibuat lubang kecil-kecil seukuran klepon, agar tidak menempel satu sama lain. Sedangkan untuk kelapa bisa dibungkus dengan plastik makanan kemudian dimasukkan ke dalam box kemasan. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

    • Mbaa aku juga punya usaha Klepon saat dkirim sudah d masak hibgga matang atau hanya mentahnya sama pke tambahan bahan pengawet atau tidak mba trimakasih

  3. Pak bgimnaa cara mengemas kue yg d buat dri oreo trus luarnya lumuri coklat spaya coklatnyaa tdk melelehh ndaa tdk lengket. Truusa usaha inii d jualnya d skolah” kurang lbihh untng penggalangan dana. Mohon jawabannya pak

  4. siang,
    mau minta info untuk pelatihan bisnis UKM area magelang apakah ada agendanya?
    saya baru akan merintis usaha pie susu, masih ingin menggali cara berbisnis yang baik sehingga butuh pelatihan bisnis UKM. Sekiranya bapak bisa membantu.
    apakah web ini hanya untuk mereka yang sudah berbisnis UKM saja? Atau terbuka bagi siapapun?
    Terima kasih.

    • Selamat siang Ibu Diona Puspika, untuk saat ini agenda terdekat kami ada pelatihan budidaya jamur tiram (22-23 Januari 2016) dan pelatihan pengolahan sampah jadi BBM (29-30 Januari 2016) diadakan di Yogyakarta. Namun untuk kelas pembelajaran bisnis dapat Ibu Diona akses secara online melalui fasilitas member premium. Informasi selengkapnya mengenai member premium bisa diakses melalui log in ke BisnisUKM.com atau bisa juga menghubungi customer servis kami melalui 081-329-612-111. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  5. Maaf saya mau tny ini saya jualan online chizkek lumer saya mau krm kejkt tp kemasan yg bisa tahan lama gmn ya crnya soalnya mggu kmrn udah saya cb krm kejkt pkai kemasan stayrofom tp smpai tujuan kok basi?? Tlg bantuannya. Maksh

    • Selamat siang Bapak Hendry. Sebelumnya kami ingin menanyakan, untuk cheese cake yang diproduksi bisa bertahan berapa hari? Ada baiknya bila Bapak memilih paket ekspedisi yang 1 hari sampai tujuan, misalnya Pos Ekspres, Tiki Ons, JNE Yes, atau layanan kilat ekspedisi lainnya. Selain itu, bila memang cheese cake membutuhkan suhu ruangan yang dingin, Bapak bisa menambahkan dry ice pada saat packing. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  6. Pak, mohon sarannya..saya sedang menikmati pembuatan dan penjualan puding agar beragam rasa. Masalahnya, saya ingin sekali bisa kirim keluar kota, minimal antar kota pak. Bagaimana cara pengemasannya pak?
    Makasi pak

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk pengemasan puding bisa dilakukan dengan menggunakan cup plastik atau toples selai (jar) agar teksturnya puding tidak rusak ketika dikirimkan. Selain itu, sebaiknya Ibu Mei juga melindungi kemasan puding dengan menggunakan bubble plastik atau styrofoam sebelum puding dipacking untuk selanjutnya dikirimkan ke konsumen. Pastikan juga Ibu menggunakan paket pengiriman ekspres agar puding bisa sampai ke tangan konsumen sebelum memasuki masa kadaluarsanya. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

    • Pak..bagaimana cara mengemas kue moci untuk keluar kota?sedangkan kalau lewat jasa pengiriman harus rapat sementara kue moci tidak bisa ditutup rapat harus dlam suhu ruang..mohon masukannya terima kasih..

      • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk pengiriman kue moci, Ibu Feri Syafiyani bisa mengemasnya dengan box kemasan dari bambu (seperti kemasan kue moci khas Jawa Barat) atau bisa juga menggunakan box kardus kertas sebelum akhirnya dipacking ulang dengan kardus paket pengiriman. Yang terpenting, pastikan kue moci dalam keadaan kering (tambahkan taburan tepung kanji sangrai) agar tidak lengket meski dalam keadaan tertutup. Atau bisa juga sebelum dipacking Ibu Feri menambahkan mangkok kertas pada setiap kue moci, agar tidak menempel satu sama lain. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  7. Saya sedang menjalani bisnis kue tradisional sejenis kue kering. Yang saya ingin tanyakan mengenai kemasan kue tersebut. Saya menginginkan kemasan yang menarik tetapi tidk terlalu mahal.

  8. Kaau mau pesan kotak kemasan seperti tempat cup cake yg diatas gimana ya pak? Rencana untuk tempat puding cup supaya tidak jatuh dalam kemasan karena ada penyanggahx dalam kotak. Terima kasih pak

    • Bapak Yth, bagaimana kemasan yg baik, bahan dan bentuknya, jika untuk dijual di titipkan di toko-toko, untuk kue pia kering isi kacang hijau, keju atau coklat, dll…. bisakah diberi contoh diperlihatkan bentuknya di sini, terima kasih

  9. Pa mau tanya sy baru usaha kue ultah sekarang sedang ada pesasan kue ultah tapi sy kerepotan untuk mengantar ya,sy belum pernah kirim kue ultah dengan jasa pengiriman mohon bantuam.terimakasi

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk pengiriman kue ultah dalam kota, Bapak Munir dapat mengandalkan jasa kurir atau jasa ojek. Sedangkan untuk pengiriman kue ultah luar kota, ada baiknya bila Bapak Munir memilih paket yang sehari sampai (misalnya Pos Express, JNE yes, atau Tiki Ons). Hal ini penting karena kue ultah tidak bisa bertahan lama. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      • Bagaimana cara pngemasan cupcake ?? Apakah dengan di buat lubang2 seperti di gambar aman ?? Bagaimana dengan cream cupcakenya ?? Apakah di rusak karena tergeser” ?? Terima kasih..

  10. Pak, terima kasih untuk artikelnya, sgt bermanfaat. Saya sedan berbisnis kue cheese cake yg enak bila disajikan dingin. Bagaimana cara packing yg benar karena di toppingnya juga terdapat buah? Saya takut kalau pengiriman ke luar kota, cheese cake akan rusak. Terima Kasih pak untuk sarannya

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk kemasan cheese cake yang disajikan dalam kondisi dingin, Ibu Baby bisa menambahkan dry ice ketika proses pengiriman berlangsung. Dan agar tidak rusak, maka perlu dikemas dengan mika yang menyerupai bentuk kue (misal cheese cake berbentuk bulat maka mika di pelindung berbentuk bulat) baru kemudian ditambahkan pelindung styrofoam dan box kardus yang cukup tebal (usahakan ukuran box pas dengan kue atau tidak longgar). Mika di dalam berfungsi agar ketika selama proses pengiriman roti tidak bergerak untuk mengurangi resiko kerusakan. Selanjutnya, Ibu bisa menambahkan keterangan gambar Makanan, jangan dibanting, dan jangan dibalik, pada packaging paket. Dengan begitu pihak ekspedisi akan lebih berhati-hati ketika mengirimkan paket Ibu. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  11. pak,saya buka usaha coklat praline.kalau ada yang mesan di luar kota dengan jarak yang jauh.kira-kira itu mencair sampai tujuan atau tidak ya pak??soal nya kan coklat tidak tahan panas

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Sebagian pelaku UKM khususnya bisnis coklat, ada yang mensiasati kendala ini dengan menambahkan dry ice untuk pengiriman luar pulau atau luar negeri. Namun dalam hal ini tambahan budget packaging harus dipertimbangkan agar tidak mengurangi keuntungan yang Ibu Fretty dapatkan. Solusi lain yang bisa Ibu ambil yaitu mengemas dengan toples atau kotak kedap udara, kemudian ketika packing dilindungi dengan styforoam. Pilih paket pengiriman ekspress (1 hari sampai) agar paket coklat tersebut bisa lebih cepat diterima konsumen. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      • Bantu jawab boleh yah bapak, saya juga punya usaha coklat sudah 3 tahun berjalan. Alhamdulillah selama pengiriman tidak pernah ada kerusakan, saya mensiasati packaging dgn cara memberikan koran basah pada lapisan pembungkus coklat, begini caranya coklat kita kemas dlm plastik ukuran tebal kemudian di lapisi plastik kembali agar lapisan koran basah tdk langsung mengenai coklat. Tingkat basahnya jgn sampai ada air’y, jd koran di basahi kemudian di peras, setelah itu di bungkus lg dgn plastik yg rapat, kelembapannya akan terjaga dgn koran basah trsebut stlh itu baru kita bngkus lg dgn koran kering di luar baru msukn ke dlm dus…. klu di rasa trlalu ribet bisa juga di bungkus dgn koran biasa misal 1 kg coklat di bungkus dgn 6nlmbar koran, 500gr coklt di bungkus dgn 4 lmbar koran. Jgn lupa saat di bungkus, koran harus benar2 press dgn coklat. Di jamin aman krn saya sdh membuktikan terimakasih :)

  12. hari ini sya baru terima komplenan dr cuatomer krna cupcake yg sy kirim melalui jne rusak pdhl sdh dibungkus sedemikian rapih dn tdk ada ruang untuk gerak dan sya sudh tulis keterngan TOLONG JANGAN DIBANTING DAN DIBOLAK BALIK KARNA BARANG CUP CAKE tp ttp sja customer sy trm dgn keadaan hncur.. solusi nya bagaimana?

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Mengirimkan kue terutama seperti cupcake melalui jasa ekspedisi memang resikonya cukup tinggi, sebelumnya saya ingin menanyakan pada Ibu Pratiwi apa sudah menggunakan penutup mika di pada bagian atas kue? Dan apakah sudah dilindungi dengan styrofoam? Sebab ketika pengiriman, barang melalui banyak proses (diterima agen ekspedisi, dibawa kurir, masuk bagasi armada pengiriman, dan lain sebagainya). Untuk itu sebagai pelaku bisnis, tentunya kita harus benar-benar memberikan perlindungan ekstra terhadap barang kiriman kita. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  13. Met siang, saya mau kirim puding dan klapert taart yg riskan rusak disaat pengiriman, apakah jasa pengiriman macam JNE yes dsb bisa menjamin klu makanan tidak akan terbalik ato penyok meskipun kita beri keterangan dngan jelas

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk pengiriman ekspres 1 hari sampai seperti misalnya JNE Yes memang lebih minim resiko mengingat daya tahan makanan yang terbilang cukup singkat. Namun, meskipun jasa pengiriman telah berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan memisahkan produk makanan dengan paket kiriman lainnya, ada baiknya bila Ibu Pipit tetap memberikan pengamanan ekstra terutama dari segi packaging produk. Misalnya produk klapert taart dikemas dengan mika, ada baiknya bila Ibu tetap melindungi mika dengan styrofoam baru kemudian dibungkus dengan kardus, dan pada paket diberi keterangan gambar makanan, jangan dibanting dan jangan dibalik. Dengan begitu, resiko kerusakan bisa diminimalisir. Yang terpenting adalah lindungi produk dengan packaging yang aman dan komunikasikan dengan pihak ekspedisi bahwa paket tersebut berisi Klapert taart. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  14. sy mengirim coklat paralin dan kue kering pak…. kira2 ad masukan untuk packaging coklat untuk pengiriman luar kota yg menggunakan dry ice kira2 yg cocok yg bagaimana y pak…. untuk kue kering packaging yg cocok bagimana y pak… trmaksh

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk pengiriman coklat dengan dry ice bisa menjadi alternatif bagi Ibu Nora untuk pengiriman dengan jarak yang cukup jauh. Namun yang perlu diperhatikan disini adalah, biaya kirim akan bertambah untuk pembelian dry ice. Karena itu, kami sarankan untuk pengiriman dengan jarak yang cukup dekat bisa menggunakan paket ekspedisi ekspres yang sehari sampai, dan melindungi produk dengan styrofoam dan kemasan yang aman. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  15. Salam. saya pnya usaha rmhan bolu kukus karakter, beberapa waktu yg lalu saya buka toko online di dan ada bberapa yg sudah memesan via online. saya kebingungan u kemasannya agar aman sampai tujuan. Apakah ada tmpt khusus u pesan kemasan yg murah.

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk kemasan bolu kukus agar tidak rusak, maka perlu dikemas dengan mika yang menyerupai bentuk kue (misal kue berbentuk bulat maka mika di pelindung berbentuk bulat) baru kemudian ditambahkan pelindung kotak atau box kardus yang cukup tebal (usahakan ukuran box pas dengan kue atau tidak longgar). Mika di dalam berfungsi agar ketika selama proses pengiriman roti tidak bergerak untuk mengurangi resiko kerusakan. Untuk pemesanan kemasan, Bapak Budi Santoso bisa menghubungi 081-329-612-111. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  16. terimakasih informasinya. saya masih belum menemukan tempat untuk memesan kardus untuk pengepakan minuman kemasan. di sekitar Magelang atau Wonosobo di mana ya?

  17. Selamat siang pak. saya akan mengirim beberapa kue kering seperti sale pisang dll, kebandung. bagaimana cara pengepakannya. dan menggunakan jasa apa yang terpercaya ? terimakasih

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk pengiriman produk kue seperti sale pisang, kami persilahkan Ibu Yani mengemasnya dengan kemasan box atau kardus yang didalamnya telah ditambahkan styrofoam sebagai pelindung. Untuk jasa pengiriman produk makanan kami sarankan menggunakan paket pengiriman yang 1-2 hari sampai tujuan, seperti misalnya POS Express, JNE YES, TIKI ONS. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, pada dasarnya kami bisa membantu Bapak Rian untuk membuat kemasan produk. Untuk mempermudah komunikasi dengan tim desain, mohon informasi contact person Bapak Rian yang dapat kami hubungi. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  18. Saya baru mulai bisnis coklat, dan hendak kirim pesanan ke luar negeri (Malaysia). Bagaimana cara mengemasnya agar tdk mudah leleh? Pengirimannya pakai apa yg paling tepat menurut bpk? Trims, pak. Mohon saran.

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk pengemasan produk coklat kami sarankan menggunakan toples kedap udara, kemudian untuk pengaman Ibu bisa melindunginya dengan sterofoam atau plastik bubble. Untuk ekspedisi, Ibu bisa memilih jasa pengiriman yang ekspress agar produk tidak terlalu lama diperjalanan (untuk mengurangi resiko kerusakan produk selama proses pengiriman berlangsung). Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  19. Pagi pak,saya baru mulai bisnis Kue Rhum tart ato egg tart,tp bukan yg ukuran kecil melainkan yg besar,mau nanya kira2 untuk pengiriman pake apa ya?,kue nya tidak keras dan sedikit basah,makasih

  20. Selamat siang Pak.. Saya baru saja mulai menjual cheese stick melalui sosial media, lumayan banyak yang berminat. Namun saya menemukan kendala dalam pengiriman. Karena cheese stick adalah makanan yang mudah patah. Saya kirim melalui jasa TIKI, namun banyak konsumen yang complain karena patah2 bahkan ada yg benar2 hancur, padahal saya sudah beri label di setiap pack “Isinya makanan mudah hancur, tolong jangan dibanting atau dibolak-balik”. Menurut Bapak saya harus bagaimana ya Pak? Mohon bantuannya. Terima kasih banyak Pak.

  21. Sore pak, saya may Tanya kalau mengirim pudding keluar kota bgmn caranya y pak ?
    Saya didaerah Jakarta barat dan mau kirin ke Bandung
    Pakai Jasa pengiriman apa yang aman ya ?
    Terimakasih sebelumnya

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, mengingat pudding tidak bisa bertahan lama. Kami sarankan untuk menggunakan jasa pengiriman yang menawarkan paket 1 hari sampai, seperti misalnya JNE YES, TIKI ONS, WAHANA PRIORITAS, dan POS Ekspress. Yang terpenting, informasikan kepada petugas ekspedisi bahwa isi paket tersebut adalah puding agar paket tidak rusak dan diprioritaskan untuk langsung dikirim. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Mengingat produk pie susu sangat mudah hancur, kami sarankan Ibu Desi untuk mengemas pie susu dengan packaging kotak yang kuat (seperti sampel kotak di artikel ini). Namun apabila pie susu dikirimkan melalui ekspedisi pengiriman, kami sarankan untuk memilih material kemasan yang lebih tebal. Dengan begitu kondisi pie susu masih tetap aman meskipun dikirimkan ke luar kota. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  22. siang…mohon petunjuk untuk packingan kerupuk agar sampai ke tangan konsumen utuih tidak pecah, makasi sebelumnya

  23. Maaf pak saya mau tanya…Kalo kita mau kirim sejenis siomay itu bisa ga yah pak..? Enaknya melalui paket apa pak? Tq

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk produk makanan sejenis siomay, kami sarankan untuk memilih kemasan tempat makan plastik yang tahan banting dan tahan panas, serta memiliki kerapatan yang cukup terjaga. Hal ini penting agar bau amis pada siomay tidak tercium hingga luar, sedangkan untuk paket pengiriman yang aman bisa menggunakan paket JNE YES, TIKI ONS, WAHANA PRIORITAs atau POS express yang melayani pengiriman barang 1 hari sampai tujuan. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  24. Selamat pagi..mohon bantuannya pak saya ingin mengirim paket kue kering ke kota malang sehabis lebaran nanti ,menurut bapak jasa pengiriman mana yang baik untuk mengirim paket makanan tersebut ?? Adakah rekomendasi dari bapak ? Karena saya banyak baca blog ada jasa ekspedisi yang nakal dan tidak bertanggung jawab terhadap barang tersebut bahkan ada yang hancur dan segel nya terbuka oleh oknum oknum jasa pengiriman tersebut.. mohon bantuannya, terima kasih banyak..

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk produk makanan sebaiknya memilih paket pengiriman yang sehari sampai, misalnya saja seperti JNE YES, TIKI ONS, Wahana Prioritas, atau Pos Express. Akan tetapi, meski menggunakan jasa pengiriman sehari sampai. Pastikan bahwa paket telah dipacking dengan aman, tambahkan sterofoam dan tambahkan keterangan bahwa isi paket tersebut adalah kue kering. Dengan begitu pihak ekpsedisi bisa lebih berhati-hati dalam melakukan pengiriman barang. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  25. Rencananya saya mau kirim kue kering seperti nastar, sagu keju (yang cukup rapuh) dari Lampung ke Jakarta. Apakah bapak ada info jasa pengiriman yang aman untuk kue kering ? Baru-baru ini saya coba kirim tester ke daerah Pandeglang dari Bandar Lampung menggunakan JNE, setiba di alamat hancur semua, padahal saya sudah mengemas sesuai dengan saran bapak di atas.
    Tolong bantuan infonya Pak, terima kasih

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan. Melihat permasalahan yang Ibu Yanti alami, sebelumnya kami ingin menanyakan apakah Ibu Yanti memberikan informasi lengkap kepada petugas ekspedisi bahwa isi barang adalah roti kering? Kemungkinan kerusakan tersebut terjadi, karena pihak ekspedisi tidak mengetahui bahwa produk yang dikirimkan adalah kue kering. Tambahkan tulisan JANGAN DIBANTING, JANGAN DIINJAK, serta gambar PECAH BELAH, agar produk Ibu diperlakukan secara khusus. Tambahkan pula keterangan bahwa isi didalamnya adalah kue kering, sehingga petugas ekspedisi bisa lebih berhati-hati. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  26. Gimana cara packing kue kering buat lebaran yg gampang rusak biar sampai ke tangan konsumen dengan aman dan g pecah??
    Makasi

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk packing kue kering agar tak rusak dan aman sampai ke tangan konsumen sebaiknya kue kering dikemas menggunakan toples mika atau toples plastik. Bila dilihat dari segi keamanan, kami sarankan untuk menggunakan toples yang memiliki ketebalan cukup. Dengan begitu kemasan tidak mudah pecah ketika dikirimkan ke luar kota. Langkah kedua yang perlu diperhatikan adalah, lindungi toples dengan packing kotak kardus. Bila perlu, tambahkan styrofoam di dalam kardus, agar kemasan toples benar-benar padat dan tak ada kemungkinan untuk bergerak. Jadi, toples tak bergesekan satu sama lain dan aman selama dikirimkan ke konsumen di luar kota. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

  27. Bagaimana cara kita mengemas kue seperti brownies bertopping keju ato coklat misal, bila akan dikirim keluar kota pak??mohon bantuan infonya…..terima kasih

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan. Untuk melindungi kue yang memiliki toping, ada baiknya bila Ibu Elviana menggunakan kemasan mika yang agar tebal dan memiliki tutup di atasnya seperti pada kemasan kue brownies. Selanjutnya untuk proses pengiriman, kemasan mika tersebut bisa dikemas lagi menggunakan kardus. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

Comments are closed.