Inspirasi Bisnis

Tengok Keunggulan Peluang Bisnis Nata de Cassava Berikut Ini!

tengok-keunggulan-peluang-bisnis-nata-de-cassava-berikut-ini

Bisnis nata de cassava menjadi pilihan inovasi dari nata de coco yang sangat cerdas. Mengapa begitu? Produk nata yang selama ini mendominasi pasar adalah nata de coco yang memiliki masalah keterbatasan dalam bahan bakunya yang berupa air kelapa.

Hal tersebut menyebabkan permintaan pasar yang tinggi akan nata de coco ini belum dapat terpenuhi secara maksimal. Ini merupakan suatu peluang usaha yang terbuka lebar bagi perusahaan pengembangan produk dari olahan singkong yaitu nata de cassava sebagai pengganti nata de coco dalam pasar nata di Indonesia. Dengan kehadiran nata dengan berbahan dasar cassava tentu menjadi daya tarik tersendiri karena inovasi baru ini cukup unik dan menarik.

Ada Apa Dengan Peluang Bisnis Nata de Cassava?

Indonesia merupakan penghasil cassava terbesar ketiga di dunia, sekitar 13.300.000 ton per tahun. Sehingga tidak akan jadi masalah tentang ketersediaan bahan baku nata de cassava.

Limbah padat (onggok) tapioka yang selama ini biasanya hanya menjadi makanan ternak bisa dimanfaatkan menjadi makanan penyegar yang berserat bernama Nata de Cassava. Nata de cassava merupakan inovasi baru produk makanan berserat yang layak masuk dalam persaingan industri makanan di Indonesia.

Dengan bahan baku yang berasal dari limbah tapioka, nata de cassava akan muncul sebagai produk yang kokoh karena bahan bakunya berasal dari cassava atau singkong ini.

Mau Bisnis Nata de Cassava? Yuk Intip Manfaatnya

Berbagai keunggulan produk ini menjadi pilihan mengapa bisnis ini layak untuk dijalankan. Dengan adanya manfaat yang terkandung dari produk ini semakin menjadikannya produk unggulan yang tidak hanya enak dan segar. Nmaun juga kaya akan manfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kandungan glukosa yang sederhana ini sangat dibutuhkan dalam tubuh manusia sebagai sumber energi. Itulah mengapa nata de casssava ini sangat cocok dikonsumsi untuk program diet.
  2. Nata de cassava ini kaya akan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Maka manfaat dari produk ini adalah dapat membantu melancarkan buag air besar, mencegah penyakit divertikulosis, wasir, mencegah penyakit radang apendiks, mencegah resiko penyakit kencing manis, kanker usus besar, menurunkan resiko jantung dan obesitas.
  3. Kandungan serat yang ada dalam nata ini membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik dan lancar.

tengok-keunggulan-peluang-bisnis-nata-de-cassava-berikut

Analisa Bisnis Nata de Cassava

Ketika kita akan memulai suatu usaha pasti ada rasa bimbang dan takut untuk memulai. hal tersebut karena belum adanya keyakinan dan gambaran apa saja yang harus diperhatikan dan belum banyaknya pengetahuan mengenai jenis usaha yang akan ditekuni. Berikut ini analisa bisnis nata de cassava yang bisa membantu anda untuk mengetahui prospeknya :

1. Peluang Bisnis

Dengan adanya produk nata de cassava ini dapat memberikan solusi bisnis yaitu dengan meningkatkan nilai ekonomis limbah tapioka sebagai variasi produk nata. Dengan adanya inovasi baru ini menjadikan peluangnya sangat bagus. Disamping karena permintaan akan nata ini yang terus meningkat tentunya dengan adanya varian baru semakin menjadi daya tarik tersendiri akan produk yang satu ini.

2. Prospek Usaha

Produk ini akan menjadi produk unggulan, karena didukung dengan proses dan bahan yang sederhana yang membuat bisnis ini menjadi layak dan dipastikan mendatangkan profit. Itu mengapa berbisnis produk yang satu ini memiliki prospek yang bagus dan terbuka sangat luas.

3. Konsumen

Siapa sih yang tidak menyukai nata? Dengan banyaknya permintaan pasar akan nata tersebut menjadi bukti bahwa peminatnya akan produk yang satu ini cukup banyak. Maka tidak diragukan lagi berbisnis sudah pasti memiliki banyak konsumen.

4. Bahan Baku

Bahan baku yang melimpah ruah dan murah merupakan kekuatan utama nata de cassava, sehingga memudahkan dalam kepastian ketersediaaan bahan baku. Oleh karena itu keunggulan nata de cassava dapat dijadikan peluang bisnis yang sangat bagus.

5. Kemudahan Proses Pembuatan

Proses yang lebih ekonomis, karena tidak membutuhkan adanya penambahan gula sehingga untuk skala produksi nata de cassava lebih ekonomis dan efisien. Selain itu nata yang dihasilkan lebih kenyal, tebal dan lebih putih.

6. Strategi Pemasaran

Melihat banyaknya peminat akan produk yang satu ini tentunya tidak sulit untuk  mengenalkanya pada masyarakat. Anda bisa memulai langkah awal memasarkannya dengan menitipkan dijajanan pasar, ditoko atau warung, swalayan.

7. Pelaku Usaha

Usaha ini sangat mudah untuk dijalankan oleh siapa pun dan dimanapun. Mengingat dari bahan baku yang digunakan ini tidak mengenal musim dan bahan baku tersebut melimpah dan tumbuh subur dimanapun. Tentu sangat cocok dijalankan oleh siapapun dan terbuka luas untuk dijalankan oleh semua kalangan. Usaha ini merupakan salah satu usaha yang sangat mudah, anda bisa menenkuninya dengan skala kecil ataupun besar.

8. Keunggulan

Menjadikan nata de cassava merupakan pesaing berat bagi nata yang lain. Keunggulan yang ditampilkan pada bisnis ini adalah inovasi limbah tapioka baik padat maupun cair yang dimanfaatkan menjadi produk unggulan makanan berserat nata de cassava.

9. Kekurangan

Menjalankan bisnis tidak ada yang terbebas dari hambatan dan resiko. Akan ada kesulitan yang akan dihadapi. Banyaknya pesaing juga menjadi tantangan tersendiri untuk pelaku usaha. Maka dari itu anda dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan keunggulan produk anda.

Tips Menekuni Bisnis Nata de Cassava

  1. Berikan inovasi yang berbeda dengan produk nata de cassava lainnya. Buat ide-ide yang menarik dengan memberikan memberikan sentuhan warna warni untuk lebih menarik para konsumen.
  2. Memberikan keunggulan produk sangatlah penting. Untuk itu perlu sekali dilakukan dengan membuat produk anda berkualitas dan buat agar memiliki cita rasa yang lebih unik dan segar tentunya.
  3. Memilih bahan baku yang berkualitas untuk menjaga agar produk yang dihasilkan juga memiliki nilai jual tinggi. Dengan pemilihan bahan yang berkualitas tentunya cita rasa yang dihasilkan juga akan lebih berkualitas.
  4. Jaga kebersihan bahan baku, peralatan yang digunakan untuk mengolah dan kemasan yang digunakan untuk membungkus. Kebersihan merupakan hal yang sangat penting. Tentunya anda juga tidak mau bukan apabila makanan yang anda makan terkontaminasi dengan sesuatu yang tidak seharusnya ada pada makanan.
  5. Gunakan kemasan yang menarik untuk membuat konsumen anda semakin tertarik membeli produk anda. Perhatikan desain dan juga bentuk kemasan anda. Hal ini dapat membantu produk anda untuk lebih digemari dari pada produk yang kemasanya polos dan kurang menarik.
  6. Pilihan lokasi usaha yang strategis, lokasi yang mudah dilihat dan mudah diingat. Maka pilih lokasi yang ramai oleh para khalayak umum. Usahakan juga dengan memilih lokasi usaha di tempat yang mudah diakses.
  7. Kreatiflah dalam melakukan promosi. Anda bisa menarik konsumen dengan memberikan kupon atau diskon pada waktu-waktu tertentu.
  8. Gunakan strategi pemasaran melalui sosial media. Sekarang ini masyarakat lebih tertarik dan lebih cepat dalam merespon melalui sosial media dari pada melalui brosur atau pamflet. Anda bisa memanfaatkan instagram, youtube dan facebook untuk menawarkan produk anda.

 

sumber gambar: https://www.eshoppingonlineindia.com/product/nata-de-coco/