Peluang Bisnis, Peluang usaha

Mau Hasilkan Rupiah Saat Kuliah? Coba Peluang Bisnis Sampingan Ini!

SHARE YUK!

Mau Hasilkan Rupiah Saat Kuliah? Coba Peluang Bisnis Sampingan Ini!Masa-masa duduk di bangku kuliah jadi ajang buat kamu menambah pengalaman dan mengasah berbagai macam keahlian. Bukan hanya kemampuan di bidang akademis saja yang harus kamu asah, tapi juga urusan skill wirausaha sebagai modal tambahan setelah lulus kuliah nanti.

Nah, buat kamu yang pengen bisa menghasilkan tambahan uang jajan bulanan sambil kuliah, kali ini BisnisUKM.com punya referensi peluang bisnis sampingan yang bisa dijalankan mahasiswa di luar jam kuliah.

Kalau sudah mendengar kata bisnis, sebagian besar mahasiswa biasanya langsung berpikir tentang resiko rugi, modal besar, masalah bagi waktu, dan masih banyak lagi alasan lainnya. Padahal, nggak semua peluang bisnis sampingan mahasiswa membutuhkan modal besar.

Nah, biar kalian semakin yakin segera terjun memulai bisnis sampingan sembari kuliah, kali ini BisnisUKM.com akan mengupas tuntas peluang bisnis sampingan apa saja yang bisa dijalankan mahasiswa dengan mudah dan murah.

Cara Memulai Peluang Bisnis Sampingan Mahasiswa

Pertama, tentukan target pasar yang akan kamu dibidik

Sebelum menentukan peluang bisnis sampingan yang bakal kamu jalankan, setidaknya kamu harus tahu sebenarnya siapa pasar yang bakal kamu bidik. Dari situ kamu bisa mulai menentukan jenis usaha apa yang sesuai. Salah satunya saja dengan memanfaatkan potensi daerah asalmu.

Seperti kita tahu, sebagian besar mahasiswa adalah para perantau yang berasal dari berbagai daerah. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk memperkenalkan makanan khas, budaya, atau bahkan produk souvenir oleh-oleh khas daerahmu ke temen-temen kuliahmu. Contohnya kalau kamu berasal dari Bali,  kamu bisa menjual produk unggulan di daerahmu seperti sandal Bali, kain bali, kaos souvenir bali, pie bali dan masih banyak lagi lainnya.

Mempersiapkan apa saja kebutuhan bisnis sampingan

peluang bisnis sampingan untuk mahasiswaPertama, lakukan survey pasar untuk mencari tahu potensi produk daerahmu yang bisa diangkat ke pasar nasional. Kamu bisa survey kecil-kecilan, kira-kira produk apa saja yang paling banyak dicari para wisatawan yang berkunjung ke daerahmu. Misalnya saja seperti akseroris atau souvenir, kaos, makanan khas, dan lain sebagainya.

Kedua, prioritaskan untuk memilih produk yang tahan lama. Karena sebagai mahasiswa tentunya waktu luangmu cukup terbatas, jadi sebaiknya pilih produk komoditas yang memiliki masa kadaluarsa cukup lama. Misalnya saja memilih makanan kering seperti camilan, kopi, atau lebih memilih cinderamata yang tak memiliki masa kadaluarsa.

Ketiga, memilih produk yang sesuai dengan daya beli kalangan mahasiswa. Mengingat target pasarmu adalah kalangan sesama mahasiswa, maka sebaiknya pilihlah produk yang harga jualnya masih bersahabat dengan kantong mahasiswa.

Keempat, untuk menghemat modal, kamu bisa membeli beberapa sample produk kemudian diambil fotonya untuk dijadikan katalog promosi.  Melalui katalog tersebut, kamu bisa menjaring calon konsumen baru kemudian melakukan pembelian (kulakan) sesuai dengan orderan yang diminta konsumen.

Kelima, libatkan produkmu pada acara-acara kampus serta aktif  berpromosi di sosial media agar teman-teman kamu mengetahui peluang bisnis sampingan yang sedang kamu jalankan. Misalnya saja seperti ikut serta menjadi salah satu sponsor acara seminar atau bazaar yang diadakan kampusmu, atau bisa juga memanfaatkan facebook, twitter, instagram, dan blackberry messenger untuk mempromosikan bisnis sampingan yang kamu jalankan.

Keuntungan Bisnis Sampingan Mahasiswa Dengan Modal Kecil

Ada banyak peluang bisnis sampingan yang bisa diangkat kawan-kawan mahasiswa dari potensi-potensi di sekitar daerahnya. Kejelian para mahasiswa dalam melihat peluang bisnis dan luasnya jaringan pertemanan yang mereka miliki baik di lingkungan kampus maupun pertemanan di dunia maya, cukup memudahkan mereka untuk bisa mengembangkan bisnisnya hingga masuk ke lingkup pasar yang lebih besar (menguasai pasar di luar kampus).

Kemampuan dan pengetahuan para mahasiswa dalam mengoperasikan gadget maupun menggunakan jaringan internet, turut memudahkan kalangan mahasiswa untuk mengembangkan bisnisnya di lingkungan kampus maupun di pasar maya. Melihat sekarang ini internet menjadi media promosi yang sangat efektif, tidak sulit bagi kalangan terpelajar untuk bisa mempromosikan bisnis sampingan mahasiswa ini ke pangsa pasar yang lebih luas. Jadi, tidak menutup kemungkinan bila bisnis sampingan mahasiswa ini bakal berhasil menembus pasar yang lebih luas.

Kendala Peluang Bisnis Sampingan Dengan Modal Kecil

Sampai saat ini masih ada banyak kendala yang sering dihadapi para mahasiswa ketika hendak terjun di dunia usaha. Salah satunya saja seperti kurangnya waktu luang yang bisa dialokasikan untuk merintis peluang bisnis serta munculnya ketakutan-ketakutan akan resiko kegagalan usahanya. Bahkan,tak jarang sebagian mahasiswa mengurungkan niatnya menjadi pengusaha karena mereka hanya memikirkan masalah modal yang pas-pasan sehingga pada akhirnya takut mencoba dan cenderung takut menghadapi resiko kegagalan dalam merintis usahanya.

Disamping itu, kurang luasnya jaringan bisnis yang mereka miliki serta banyaknya ide bisnis yang ingin mereka wujudkan, terkadang hanya akan menghilangkan fokus utama mereka untuk mengoptimalkan peluang usaha yang sedang dijalankannya. Kendala ini bisa diatasi dengan cara membuka mata dan telinga seluas-luasnya agar lebih jeli untuk mengetahui peluang apa saja yang bisa mereka ambil dan prioritas apa saja yang perlu mereka selesaikan terlebih dahulu. Semakin sering kamu membuka mata dan telinga, maka semakin besar pula peluangmu untuk mendapatkan ide bisnis yang brilian dan menjanjikan.

Strategi Pemasaran Bisnis Sampingan Mahasiswa

Strategi Pemasaran Bisnis Sampingan MahasiswaMemulai bisnis modal kecil bukan menjadi kendala buatmu untuk memasarkan peluang bisnis sampingan yang kamu jalankan sembari kuliah. Dengan kreativitas yang kamu miliki serta ditunjang dengan kemajuan teknologi yang juga mulai bersahabat dengan kalangan anak muda, sekarang ini ada banyak bisnis mahasiswa berani bersaing dengan peluang bisnis lainnya yang ada di pasaran.

Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, tentunya kamu harus lebih pintar untuk menyusun strategi pemasaran. Contohnya saja seperti memanfaatkan peran internet untuk mempromosikan bisnis sampingan yang dijalankan.

Tingginya tingkat penggunaan internet di kalangan mahasiswa, bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk-produk yang kamu pasarkan. Untuk menjangkau konsumen di lingkup terdekat Anda, bisa dimulai dengan cara mempromosikannya melalui akun jejaring pertemanan yang kamu gunakan. Sebut saja seperti sekarang ini jejaring social yang eksis di kalangan mahasiswa antara lain facebook, twitter, blackberry messenger, whats up, we chat, line, kakao talk, instagram, pinterest, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk menjangkau pangsa pasar umum, kamu bisa memulainya dengan mempromosikan produk-produkmu melalui market place seperti misalnya bisnisukm.com, kaskus, tokobagus, berniaga, tokopedia, indonetwork, dinomarket, dan lain sebagainya.

Kunci Sukses Merintis Peluang Bisnis Sampingan Sambil Kuliah

Biar bisa tetap seimbang dalam menjalankan peranmu sebagai mahasiswa maupun pengusaha muda, tentunya kamu harus pintar-pintar membagi waktu dan cukup jeli dalam memilih peluang usaha. Melihat kesibukanmu sebagai mahasiswa cukup tinggi, maka sebaiknya pilihlah potensi-potensi daerah yang cukup mudah didapatkan.

Bila perlu, gandeng keluargamu yang tinggal di kampung halamanmu untuk mempersiapkan persediaan barang setiap bulannya. Dengan begitu, ketika kamu mendapatkan orderan barang dari konsumen, maka kamu bisa langsung menghubungi keluargamu yang ada di kampung halaman untuk mempersiapkan produk-produk yang dipesan.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Jualan kaos batik Pekalongan secara online
Harga jual kaos batik @ Rp 50.000,00/ pcs

Modal awal
Kulakan sample produk (@ Rp 30.000,00 x 20 pcs)              Rp   600.000,00
Laptop, smartphone, dan modem                                Rp 4.000.000,00+
Total modal                                                  Rp 4.600.000,00

Laptop, smartphone dan modem mengalami penyusutan setelah 4 tahun :
1/48 x Rp 4.000.000,00          =          Rp 83.300,00

Biaya operasional per bulan
Kulakan barang orderan (@ Rp 30.000,00 x 150 pcs)            Rp 4.500.000,00
Biaya ongkos kirim dari Pekalongan                           Rp   150.000,00
Biaya pulsa layanan internet dan modem                       Rp   300.000,00
Biaya listrik dan transportasi                               Rp   600.000,00
Biaya penyusutan                                             Rp    83.300,00+
Total biaya operasional per bulan                            Rp 5.633.300,00

Omzet per bulan
Penjualan per bulan :
@ Rp 50.000,00 x 5 pcs x 30 hari                             Rp 7.500.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 7.500.000,00 – Rp 5.633.300,00                 =          Rp 1.866.700,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)              =          ± 2,5 bulan

Selain membantu pemerintah setempat untuk mengangkat potensi-potensi daerah di kampung halamanmu, tentunya kamu juga bisa mendapatkan tambahan uang jajan setiap bulannya. Semoga informasi peluang bisnis untuk mahasiswa ini bisa menjadi salah satu inspirasi uaha bagi Anda. Salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://blog.lakupon.com/wp-content/uploads/2013/06/money_coin2.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-DJTXGQCTOc0/Ufzi9liZMAI/AAAAAAAAA4o/F1NtdiQfbAw/s1600/Photo0177.jpg
3. http://p.twimg.com/A17Qs1yCMAAWZVC.jpg:large

SHARE YUK!