Kisah Pengusaha Sukses, Dari Bisnis Kuliner Sampai Peternakan

kisah-pengusaha-sukses-dari-bisnis-kuliner-sampai-peternakan

Kisah pengusaha sukses berikut bisa menginspirasi kamu untuk membangun sebuah usaha. Meski dengan modal yang terbatas atau bahkan tanpa modal sekalipun, bila kamu kreatif untuk memainkan strategi semua bisa diraih. Kisah pengusaha berikut merintis usahanya benar-benar dari nol. Bahkan kurangnya modal tanpa membuat semangat mereka redup. Berbagai hambatan dapat mereka tangani dengan strategi mereka masing-masing. Hingga akhirnya mereka mengenyam kesuksesan.

Ada dua tipe macam pengusaha. Yang pertama, mereka yang mendapat warisan usaha dari orang tua. Kedua, mereka yang memulai usaha dari nol. Simak kisah pengusaha UKM yang sukses menjalankan bisnis mulai dari pengusaha peternakan ayam sampai pengusaha kuliner, semoga dapat menjadi inspirasi kita semua.

Kisah Pengusaha Sukses Yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

1. Chairul Tanjung

Kisah pengusaha sukses pertama adalah Chairul Tanjung. Siapa sangka konglomerat sukses yang mempunyai berbagai perusahaan besar dibawah naungan CT Corpora seperti PT Bank Mega, Trans TV, Trans 7, Trans Studio Bandung dan lain-lain dulunya pernah mengalami jatuh bangun dalam merintis usahanya. Berbagai usaha telah ia coba jalankan, berkali-kali pula gagal dan jatuh. Namun semangatnya tak pernah berhenti, berbagai cara ia lakukan sampai kesuksesan diraihnya.

Chairul Tanjung berasal dari keluarga berkecukupan namun suatu ketika keluarganya mengalami permasalahan ekonomi. Dalam keadaan ekonomi yang sulit ia mencoba merintis usaha semenjak masih di bangku kuliah dengan berjualan buku kuliah dan menerima jasa fotocopy. Setelah lulus dari kuliah ia merangkak mencoba bisnis kontraktor namun pada akhirnya mengalami kesulitan keuangan dan bisnisnya tersebut berhenti.

Pada akhirnya ia beralih ke bisnis pabrik sepatu dengan meminjam modal pada bank. Namun lagi-lagi gagal karena pernah pada satu waktu tidak mendapatkan orderan sama sekali. Hingga ia memutuskan mendirikan Para Group yang mengambil alih Bank Karman yang kemudian berganti nama Bank Mega. Hingga semakin tahun semakin berkembang dan berjaya. Sampai pada akhirnya memiliki anakan usaha seperti Trans TV, Trans 7, dan merambah pada bisnis asuransi, media, property dan retail.

2. Bob Sadino

Mendiang Bob Sadino jadi salah satu contoh pengusaha sukses yang pontang-panting merintis bisnis. Sempat jadi karyawan perusahaan BUMN selama 9 tahun, Bob memutuskan keluar dari pekerjaan itu dan jadi pengusaha.

Bob mulai dari bisnis sewa mobil hingga jadi buruh bangunan. Semuanya tanpa hasil. Tapi saat itu dia melihat ceruk bisnis peternakan ayam. Lewat modal pinjaman dari tetangganya yang merupakan purnawirawan militer yang tertarik dengan bisnis peternakan, Bob memulai usaha berdagang telur negeri.

Berkat keuletannya, usahanya sukses dan dia mendirikan Kem-Chicks, supermarket terkenal yang menjual beragam produk pertanian dan peternakan.

3. Gibran Rakabuming

Nama Gibran Rakabuming melejit setelah ayahnya, Joko Widodo, menjadi Gubernur DKI Jakarta dan kemudian Presiden Indonesia. Gibran tak mau menebeng bisnis ayahnya. Dia ngotot mendirikan bisnis kuliner dan wedding organizer.

Dia memulai bisnis kuliner seperti katering dan martabak dengan mencari pinjaman dari bank, sebab ayahnya ingin dia mandiri. Dari tujuh proposal permohonan yang dikirim ke bank, hanya satu yang tembus. Dari modal itulah dia membangun bisnis kuliner dengan bendera Chili Pari. Mulanya dia hanya melayani pesanan dalam jumlah kecil. Namun kemudian dia mulai menangani order besar dengan jumlah tamu hingga ribuan orang.

4. Susi Pudjiastuti

Kesuksesan Susi Pudjiastuti merintis bisnis dari nol di bidang perikanan dan penerbangan membuatnya dianggap layak menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan di era pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla.

Susi hanya mengantongi ijazah SMP lantaran drop out saat SMA. Dia lebih memilih berbisnis sebagai pedagang pengepul ikan di Pangandaran ketimbang sekolah. Perhiasannya dia jual untuk memodali bisnis itu.

Bisnis perikanan Susi kian maju dari tahun ke tahun. Akhirnya, dengan meminjam dari bank, dia membeli sebuah pesawat untuk mempermudah pengangkutan produk lautnya. Kemudian dia menambah satu demi satu pesawat dan mendirikan maskapai Susi Air.

5. Sunny Kamengmau

Sunny Kamengmau, lelaki asal Nusa Tenggara Timur yang sukses menciptakan dan memasarkan tas merek Robita. Tas ini sangat populer di Jepang, bahkan di kalangan sosialita kelas atas di sana.

Sunny tak pernah lulus SMA. Bermodal nekat, dia pergi ke Bali untuk menjadi tukang sapu di sebuah hotel. Selama bekerja di hotel itu, dia tekun belajar bahasa Inggris dan Jepang.

Pekerjaannya di hotel itu mempertemukannya dengan pengusaha asal Jepang yang memintanya memasok tas kulit ke Negeri Matahari Terbit itu. Pelan tapi pasti, dia memperkokoh usahanya hingga mampu merekrut 100 karyawan.

6. Reza Nurhilman

Kisah pengusaha sukses selanjutnya adalah Reza memulai bisnis keripik singkong super pedas Maicih sendirian di usia 23 tahun. Dia termasuk pekerja keras yang pantang menyerah dan mandiri. Hal tersebut karena dari masa kecil tidak ada figur ayah yang mengisi keseharianya. Berbagai guncangan masalah perekonomian menjadi tekadnya semakin kuat untuk mengumpulkan rupiah demi rupiah.

Pada awal mulanya ia menjajal bisnis menawarkan barang-barang elektronik pada teman-teman dekatnya. Kemudian seiring berjalannya waktu Dia mulai menjajal bisnis lain cemilan keripik pedas. Dia mendirikan UKM ini dengan menggandeng produsen keripik lokal di Bandung. Bermodal awal Rp 15 juta, Reza memasarkan produknya dari mulut ke mulut dan memanfaatkan situs jejaring sosial Twitter. Dia lalu menerapkan pola keagenan yang disebutnya “jenderal” untuk lebih dapat menjangkau konsumen.

Itulah kisah pebisnis sukses yang memulai usaha dari nol. Ketiadaaan modal adalah masalah bagi mereka, tapi mereka mampu mengatasi masalah itu dengan jalan masing-masing. Bagaimana dengan kita?

kisah-pengusaha-sukses

Kisah Pengusaha Sukses Tersebut Tidak Lepas Dari Kiat Berikut

  1. Kerja keras dan tekun dalam menjalankan bisnisnya menjadi kunci utama. Meski berbagai halangan menghadang maka teruslah berusaha dan pantang menyerah untuk menaklukannya.
  2. Terus konsisten dalam menekuni usaha meskipun berbagai tantangan hadir menjadi hambatan.
  3. Harus siap menghadapi tantangan, baik dalam diri maupun tantangan yang hadir dari luar. Dengan persiapan strategi maka selalu siap menghadapi kemungkinann terburuk.
  4. Lakukan sesuai pasionmu. Maka ketika kamu memutuskan untuk menjadi pengusaha maka pastikan mencari jenis usaha yang memang itu menjadi hobimu. Maka kamu akan melakukannya dengan senang hati.
  5. Berani mengambil resiko. Untuk dapat berkembang menjadi yang lebih baik lagi. Tentu akan ada resiko yang menjadi kemungkinan terburuk ketika salah dalam mengambil langkah. Namun seorang pengusaha tak pernah takut hal tersebut karena ia sudah menyiapkan berbagai strategi.
  6. Percaya diri dalam mengambil setiap keputusan. Karena setiap kali kamu takut maka kamu akan sulit berkembang dan enggan mencoba hal baru.
  7. Yakin pada diri sendiri. Yakin engan kemampuan dan kekuatan dalam diri untuk memenangkan usaha. Setiap usaha pasti ada resiko yang akan dihadapi masing-masing namun yakinlah bahwa kamu pasti akan mampu melewati dan menghadapi dengan berbagai cara.
  8. Tenang dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada. Mencari solusi dengan berbagai startegi dengan kepala dingin. Dengan hati-hati dan penuh ketelitian.
  9. Terus berusaha dan belajar untuk memperbaiki apa yang kurang. Tak pernah menyerah meskipun gagal berkali-kali. Yakinlah bahwa suatu saat nanti kamu bisa mengalahkannya dan meraih kesuksesan.
  10. Menyiapkan berbagai strategi, merancang konsep usaha, visi misi dan tujuan usaha. Menyiapkan cara untuk mengembangkan usaha menjadi lebih baik lagi.
Sumber gambar : https://www.liputan6.com
                https://www.maxmanroe.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba