Kisah Sukses Pengusaha Bumbu Instan

profil divabogaBukti besarnya peluang sukses dari bisnis bumbu masakan, sudah tidak dapat diragukan lagi. Salah satu orang yang telah sukses dengan racikan bumbu instan adalah Deden Arfianto. Dengan memanfaatkan peluang yang ada di sekitarnya, pria lulusan D3 Akutansi Perbanas angkatan 1986 ini berhasil mendirikan sebuah perusahaan bumbu instan yang beromset hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya.

Bermodalkan hobinya yang suka makan, pada tahun 1999 Deden memulai usaha bumbu instannya. Dengan modal mesin pinjaman serta dana kurang dari 50 juta, pria campuran Jawa dan Sunda ini  memproduksi aneka tepung bumbu dan bumbu racikan masakan padang, serta bumbu balado yang banyak diminati masyarakat.

Saat itu Deden sengaja memilih aneka bumbu tepung sebagai produk andalannya, karena masyarakat cenderung suka dengan gorengan. Hal itu dijadikan Deden sebagai peluang untuk memasarkan produknya. Dan ternyata prediksi Deden tidak salah, dalam 3 tahun saja usahanya sudah berkembang pesat yang semula hanya home industry berhasil menjadi PT. Diva Mitra Boga Tama yang beromset ratusan juta. Dengan dibantu 3 orang sales, produk Deden yang saat itu masih menggunakan kemasan plastik dengan tempelan stiker bernamakan DIVA berhasil memperoleh 10 pelanggan.

Pemasaran produk Divaboga pun dilakukannya dengan menjajaki konsumen dari orang – orang terdekatnya, termasuk teman – teman dan kerabatnya yang diminta untuk mencoba produknya. Setelah memperoleh respon positif dari orang – orang terdekatnya, Ia pun mulai mempromosikan produknya pada masyarakat luas dengan membidik ibu – ibu sebagai target utama. Tak jarang Deden dan pekerjanya mempromosikan produk dengan berdemo masak dihadapan ibu – ibu arisan. Hasilnya pun lumayan, penjualan produk bisa mencapai 70 sampai 100 kg.

tepung bumbuMelihat minat pasar yang begitu positif dengan penawaran produknya, Deden pun memberanikan diri untuk mulai menawarkan hasil inovasinya ini ke kalangan industri. Ia menawarkan produk tepung bumbu miliknya ke perusahaan makanan seperti Mc Donald. Tawaran itu disambut baik oleh pengelola Mc Donald yang dulu masih menggunakan tepung dan bumbu impor. Berkat keberhasilannya menjalin kerjasama dengan industri yang cukup besar seperti Mc Donald, kini tawaran demi tawaran kerjasama dengan industri makanan lain pun datang membanjirinya. Tidak hanya Mc Donald saja, kini Divaboga menjadi pemasok bumbu di salah satu industri produsen nugget dan sosis yang cukup terkenal yaitu Sogut.

Dari usahanya yang dulu hanya dibantu tiga orang sales, kini perusahaan yang memproduksi Divaboga dan MitraQu telah berkembang menjadi perusahaan besar dengan pekerja lebih dari 50 orang. Berbagai macam produk bumbu seperti crispy batter breader, hot batter breader, sambal balado seasoning, tepung bumbu mendoan, dan tempura flour berhasil Ia prduksi dan laris manis dipasaran. Tak heran lagi jika Deden berhasil mengantongi omset ratusan juta rupiah setiap bulannya, dengan memproduksi kurang lebih 60 ton bahan baku bumbu instan per bulan. Produknya yang dijual seharga Rp 9.000,00 sampai Rp 12.000,00 telah merambah ke berbagai supermarket dan agen, bahkan sudah berhasil merambah pasar luar negeri seperti New Zealand.

Kejelian Deden Arfianto dalam memilih produk yang memiliki pasar luas, menjadi kunci kesuksesannya. Kisah sukses pengusaha bumbu instan, semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda. Karena segalanya bisa menguntungkan, jika Anda jeli dan tekun menjalankan usaha Anda. Salam sukses.
Sumber : Majalah Ide Bisnis edisi 01/ Juni 2010
Sumber gambar : http://id.jobstreet.com/logos/agenalogos/divaboga_logo_copy1.jpg dan http://www.divaboga.com/products_consumen_calamary.html

6 thoughts on “Kisah Sukses Pengusaha Bumbu Instan”

  1. Pak Deden, saya pemula sedang mulai usaha di jokja .. saya juga hobby juga gorengan shg saya ingin membuat tempe kripik pedas yang beraroma rasa jeruk dan tempe kripik kreasi baru yg lain. dapatkah pak Deden memberikan rekomendasi bumbu yang tepat ? di kota jokja apakah ada agen yang produk nya DIVA lengkap ? terima kasih
    salam, Johan Subekti

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk rekomendasi bumbu pedas bisa menggunakan bumbu bubuk cabe kering, sedangkan untuk mendapatkan aroma rasa jeruk bisa menambahkan irisan daun jeruk. Sedangkan untuk variasi rasa lainnya kami sarankan tetap fokus di keripik pedas, namun bisa mencoba aroma rasa barbeque, ayam/ sapi panggang, balado, keju, italian pizza, rumput laut, dan lain sebagainya. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  2. Salam kenal.langsung saja sy ingin buka usaha rmh makan padang.tetapi sgt sulit mencari kokinya.keberulan sy baca artikel bpk insya allah bisa bantu saya.apa bpk menjual racikan masakan padang ? Bila ada bagaimana sy menghubungi bpk.trm kasih bpk semoga usaha bpk semakin sukses amiin

    Reply
  3. Saya sudah memakai dan juga menjual produk dari diva ,mungkin lebih dari 1/2 ton dan masih berlangsung sampai sekarang enak memang ,tapi dengan tehnik yang saya miliki tenyata hasilnya jadi luar biasa.Semoga Allah swt meridhoi langkah langkah kita untuk kedepannya.Amin

    Reply
  4. saya terharu sekaligus bangga dgn kreatip anda,muda2han kedepanya lbh bisa memasuki pasar internasional aja yachhh…

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba