Kita Juga Bisa Menjadi Penulis Artikel Media

penulis

Artikel merupakan sebuah bentuk karangan yang bersifat analisis terhadap sebuah fenomena alam atau sosial dengan bertujuan untuk menjelaskan siapa, apa, kapan, dimana, bagaimana, dan mengapa fenomena tersebut terjadi. Namun, artikel juga terkadang menawarkan sebuah alternatif bagi pemecahan suatu masalah. Artikel yang terdapat di berbagai media (cetak/ elektronik) kebanyakan berasal dari orang di luar perusahaan media massa. Sehingga semua orang bisa mengisi rubrik artikel yang terdapat di berbagai media massa tersebut.

Dewasa ini, menulis artikel di media baik itu cetak maupun elektronik menjadi sebuah kegiatan yang terhormat di kalangan intelektual. Seorang penulis artikel akan memiliki identitas dan otoritas yang diperhitungkan sebagai warga intelektual. Namun, bukan berarti “kaum non intelektual” tidak memiliki kesempatan yang sama untuk menulis artikel di media massa. Belakangan ini, sudah banyak para praktisi, profesional di bidang tertentu dan penulis lepas (freelance) yang melakukan hal sama. Ini tentu fenomena yang menggembirakan, meskipun secara kuantitas jumlah mereka tidak begitu banyak.

Konsumen
Konsumen bisnis ini tentu saja berbagai media massa dan majalah yang ada di negara kita. Seperti majalah, tabloid, surat kabar, media online, serta media massa lain yang banyak ditemukan di tiap daerah. Peluang tersebut dapat dijadikan sebagai sasaran pasar penulis artikel.

Info bisnis
Untuk memulai menulis sebuah artikel, kita cukup mengamati kondisi atau situasi yang terjadi saat ini. Informasi aktual menjadi komoditas sangat penting yang dijual oleh media massa. Karena kehebatan sebuah media massa diukur dari aktualisasi berita yang disajikan. Misalnya, terjadi pergolakan politik di negeri ini tentang ‘cicak vs buaya’, kita bisa mengangkat topik tersebut. Kemudian ketika sekarang sudah musim hujan, kita bisa mengangkat dampak dan berbagai masalah penyakit yang timbul ketika hujan. Seperti itulah hal-hal atau kejadian di lingkungan sekitar kita bisa dimanfaatkan menjadi sebuah peluang menjadi pendapatan.

Untuk bisa mengikuti dan mengetahui aktualitas berita, seorang penulis artikel dituntut untuk gemar membaca. Karena dengan membaca kita bisa mengetahui perkembangan dan isu-isu yang sedang terjadi.

Pemasaran
Untuk memasarkan artikel dapat dilakukan dengan mengirimkan contoh artikel hasil karya Anda ke beberapa media cetak yang ada di kota tempat Anda tinggal. Selain itu bisa juga dengan mengirimkan contoh artikel Anda ke beberapa media online yang mempublish artikel tiap harinya. Selain itu Anda juga bisa menitipkan contoh artikel Anda melalui rekan maupun kerabat dekat yang bekerja di media massa.

Kelebihan bisnis
Untuk menjadi penulis artikel tidak dibutuhkan modal materi yang besar, hanya dibutuhkan keterampilan dalam mengolah kata. Jadi siapa saja bisa mencoba menjadi penulis artikel, kita juga bisa menjadi penulis artikel media massa. Karena kegiatan ini memberikan omset bagi Anda.

Kekurangan bisnis
Yang menjadi kendala ketika kita menekuni profesi sebagai penulis artikel ini adalah penolakan, namun Anda seyogyanya tidak gampang menyerah karena jumlah media massa sangat melimpah di negeri ini. Sehingga ketika tulisan kita ditolak, kita masih bisa menawarkan ke media massa yang lainnya. Begitu juga dengan kemauan, harus selalu dipompa agar hambatan untuk memulai pembuatan artikel bisa terwujud. Sedangkan kunci keberhasilan dalam menggeluti profesi ini adalah kejelian Anda untuk mengamati, membaca, dan mencari informasi atau berita terkini.

Kunci sukses
Seorang yang  akan menulis di media massa harus paham betul segmen dan tujuan media yang hendak dituju dengan mempertimbangkan pembaca dari sisi usia, pekerjaan, sosial ekonomi, jenis kelamin, serta tingkat pendidikan. Intinya, artikel yang Anda bikin harus mudah dimengerti oleh semua kalangan pembaca.

Analisa ekonomi sederhana

Modal Awal 
Komputer harga sedang                             Rp 3.500.000,00
Printer infuse                                    Rp 1.000.000,00+
Total                                             Rp 4.500.000,00

Biaya operasioanl
Pembelian referensi tulisan
(buku, majalah, jurnal, dll)                      Rp   200.000,00
Tinta dan kertas                                  Rp    50.000,00
Lain-lain (internet dan semacamnya)               Rp   200.000,00+
Total                                             Rp   450.000,00

Omset 4 artikel
( asumsi:1 artikel dihargai media massa Rp 500.000) Rp 2.000.000,00

Laba per bulan 
Rp 2.000.000,00 - Rp   450.000,00             =     Rp 1.550.000,00

Masa kembali modal
(Modal awal:laba per bulan)    = ± 3 bulan

Diolah dari berbagai sumber
Sumber gambar: http://opinikampus.files.wordpress.com/2009/04/ggg.jpg

9 Komentar

  1. saya seorang mahasiswa keperawatan….
    saya suka menulis, saya juga punya beberapa blog tp tidak saya publikasikan karena bingung caranya, saya juga punya banyak tulisan tentang kesehatan. bagaimana caranya agar tulisan2 saya tersebut dapat bermanfaat bagi saya dan orang lain?
    mohon bantuanya.
    terimakasih…………

  2. HP. 08176750766
    Belum lama ini saya telah menjadi seorang ibu rumah tangga, Tapi saya gemar menulis dan membaca, saya juga sudah memiliki banyak tulisan, tapi saya tidak tahu media apa saja yang menerima tulisan dari penulis lepas yang belum terkenal seperti saya

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

  3. saya seorang penulis pemula kemana saya hrs mengirim puisi,&cerpen hasil karya saya agar dimuat dan mendapat honor trimakasih

  4. sy sangat tertarik ma kegiatan nie.
    sy mau tanya, gmn crny kirim artikel ke media massa????
    trus selain peralatan ma perlengkapan yg d’atas apa lg kebthn u/ penunjang kegiatan nie???

    trim’s . . . . . . . .

Comments are closed.