Kreasi Kerajinan Koran Bekas Menarik Dijadikan Ide Usaha

Ide usaha apa yang bisa kamu manfaatkan dari koran-koran bekas yang ada dirumahmu? Pernahkah kamu terfikirkan untuk membuat kerajinan dari koran bekas? Jika iya, maka kamu termasuk orang-orang yang kreatif dan mampu memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan barang yang berguna kembali.

Mungkin ada beberapa orang bahkan hampir semua orang langsung membuang koran bekas yang mereka baca ketempat sampah. Mereka tidak bisa melihat peluang bahwa koran bekas tersebut bisa diolah menjadi barang yang memiliki nilai jual. Jika pada biasanya koran bekas digunakan untuk membungkus sesuatu, lain halnya bagi Yunnas Habibillah. Pemuda asal Ngawi tersebut memanfaatkan koran-koran bekas tadi menjadi barang yang berharga.

Bayangkan apabila kamu bepergian menggunakan sandal atau tas yang terbuat dari koran-koran bekas. Mungkin sebagian dari kamu akan mengernyitkan dahi. Namun jangan salah, ditangan kreatif Yunnas, koran-koran yang mudah robek tersebut bisa menjadi sandal dan tas yang tahan lama dan anti air.

Awal Mula Ide Usaha Kreasi Kerajinan Koran Bekas

Awalnya Yunnas bereksperimen untuk membuat barang yang bermanfaat yang bahan bakunya mudah didapat dan tercetuslah ide untuk membuat tas dengan bahan baku koran bekas. Tas tersebut ia buat dengan anyaman koran, dan ia perlihatkan ke beberapa temannya. Tas buatan Yunnas mendapat tanggapan yang positif dari teman-temannya, sehingga pada tahun 2009 kemarin, Yunnas pun memberanikan diri untuk memproduksi tas bahkan sandal yang bahan bakunya dari koran-koran bekas.

Awal Memulai Usaha Tanpa Modal

sandal- sandal.

Usaha yang ditekuni Yunnas bersama tiga rekannya ini, awalnya tanpa modal sepeser pun. Sampai akhirnya mahasiswa Filsafat Universitas Gajah Mada ini, mengikuti program kewirausahaan yang diadakan kampusnya. Tanpa disangka, proposal Kerajinan dari koran bekas ini mendapat predikat sebagai jawara, dan berhak mendapatkan pinjaman modal sebesar 10 juta rupiah. Dari pinjaman modal tersebutlah Yunnas dan rekan-rekannya mulai merintis usaha.

Bahan Baku dan Proses Produksi

Bahan baku dan proses produksi kerajinan koran bekas ini didapat dan dikerjakan dengan sistem borongan di Sayegan, Sleman. Di tempat tersebut, Yunnas mencoba memberdayakan masyarakat sekitar, setelah sebelumnya dilakukan pelatihan untuk produksi kerajinan koran bekas. Sampai saat ini, usaha yang diberi nama “Dluwang Art”  mampu memproduksi 12 macam sandal, 5 macam tas, tempat tisu, dan pensil. Untuk proses finishing dan pemesanan sendiri dilakukan di rumah kontrakannya di Kutu Patran, Sleman.

Omzet Yang Diperoleh

Dluwang Art yang kini hanya ditekuni Yunnas dan Novi tersebut bisa meraih omzet 3-5 juta rupiah per bulannya. Omzet tersebut diperoleh dari penjualan dengan sistem eceran dan grosir. Untuk kisaran harga pengecer sendiri, mereka mematok harga Rp. 20.000,00 – Rp. 75.000,00 per pasang sandal atau satu buah tas. Sedangkan harga untuk grosir, mereka mematok Rp. 12.500,00 – Rp. 50.000,00. Apabila ada pemesanan grosir, mereka mematok pemesanan minimal untuk sandal sebanyak 100 pasang, sedangkan untuk tas 10 buah.

tas kertas.

Barang hasil produksi Dluwang Art yang awalnya diminati oleh rekan kampus saja, kini telah menjangkau pesanan dari wilayah D.I. Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, bahkan dalam waktu dekat ini akan memasarkan 15 pasang sandal dan 45 tas ke Spanyol.  Saat ini Dluwang Art memang baru memasarkan hasil produksinya berdasarkan pesanan. Nah, jika kamu tertarik untuk ikut memasarkan produk kreasi unik ini, kamu bisa menghubungi CS bisnisUKM.com di (0274) 3000 422 atu email di support@bisnisUKM.com.

Analisa SWOT Ide Usaha Kreasi Kerajinan Koran Bekas

Setelah memahami pemaparan yang telah dibagikan oleh Yunnas sang pengusaha kerajinan koran bekas tersebut tentu sudah bisa kita ketahui analisa SWOTnya. Simak berikut ini :

Strenght (Kekuatan)

Mengapa menekuni usaha yang satu ini? Karena usaha ini salah satu usaha yang memiliki kekuatan dalam hal inovasi. Dengan ide unik kerajinan koran bekas tersebut menjadikan berbagai kreasi barang-barang yang biasa menjadi barang yang memiliki nilai seni tinggi. Tak heran jika pangsa pasarnya semakin luas dan mampu menembus pasar luar negeri.

Weakness (Kelemahan)

Kelemahan ide usaha yang satu ini terletak pada proses produksinya. Memang sedikit agak ribet dan rumit dalam mengolah koran tersebut untuk jadi gulungan-gulungan kecil. Jika permintaan pasar banyak maka akan keteteran karena banyak waktu yang tersita untuk proses pengolahan lembaran koran tersebut. Disamping itu bahan baku yang digunakan berupa koran yang notabene adalah kertas maka jika terkena air maka akan cepat rusak.

Opportunity (Peluang)

Peluang usaha yang satu ini dinilai cukup prospektif dan mudah untuk dijalankan oleh siapapun. Mengingat permintaan pasar akan barang-barang tersebut terus meningkat. Hingga permintaan pasar mencapai manca negara membuktikan bahwa usaha ini memiliki prospek yang sangat cerah. Usaha ini memiliki berbagai kemudahan untuk dijalankan salah satunya usaha yang bisa dimulai dengan skala kecil. Tentu tidak akan merepotkan dan tidak menjadi beban yang berat untuk memulainya.

Treath (Ancaman)

Tak lepas dari sebuah ancaman usaha yang satu ini juga memiliki tantangan tersendiri. Ancaman yang dihadapi adalah persaingan bisnis. Banyak pelaku bisnis yang menekuni bidang ini. Maka agar usahamu dapat memenangkan persaingan dan terus laku dipasaran maka kamu harus terus memberikan inovasi dan kreasi. Selau membuat strategi pemasaran dan kreatif dalam memasarkan produk.

Analisa Usaha Ide Usaha Kreasi Kerajinan Koran

Peluang usaha

Peluang usaha ini memiliki prospek yang sangat cerah. Melihat dari permintaan pasar akan kerajinan koran ini yang terus meningkat. Bahkan hingga mencapai mancanegara maka peluangnya sangat terbuka luas. Bisa kamu perhatikan sendiri keuntungan yang bisa diperoleh dari usaha kerajianan ini tidak bisa dianggap main-main.

Memulai usaha

Memulai usaha kerajianan koran bekas ini sangat mudah. Bahan yang digunakan yang sangat mudah untuk didapatkan. Bahkan jika membeli bahan bakunya pun sangat terjangkau sehingga bukan hal yang sulit untuk menekuninya. Hanya saja proses produksi yang sedikit lebih rumit maka usahakan untuk benar-benar memahami cara produksinya.

Pelaku usaha

Usaha ini sangat terbuka luas untuk dijalankan oleh siapapun. Hal ini karena usaha ini sangat mudah untuk ditekuni. Apa saja kemudahannya? Sangat mudah untuk dikreasikan, mudah untuk dikembangkan, modal usaha yang relatif kecil, bisa dimulai dengan skala kecil industri rumahan.

Target pasar

Berbicara soal target pasar usaha kreasi koran bekas ini cukup dibilang luas. Banyaknya peminat barang unik yang memiliki nilai seni yang tinggi ini bisa mencapai pasar mancanegara. Tak heran jika sekarang ini banyak bertumbuh pelaku usaha yang menekuni usaha kerajinan tangan yang unik.

Strategi promosi

Agar produkmu dapat bersaing dipasaran maka kamu harus rajin untuk membuat strategi promosi. Dengan terus melakukan strategi promosi maka produkmu akan lebih dikenal masyarakat luas.

Keuntungan

Keuntungan yang diperoleh dari menekuni usaha yang satu ini tidak bisa diremehkan karena mampu menembus jutaan per bulannya. Dengan pemanfaatan barang bekas hingga menjadi kreasi barang yang unik yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Sumber : Tim Bisnis UKM

108 Komentar

  1. membuat barang bekas menjadi brang yg unik itu sangat bagus shingga mengurai tumpukan sampah dan mengurangi adanya pemanasan globalisasi,,,saya salut dengan buatannya…^_^

    Reply
  2. bsa kasih cara bikinnya gk, buat tugas pengolahan limbah, yg jadi sendal bagus th . . .
    tlong kirim cara buatnya ke
    nyao96@gmail.com
    trims . . .

    Reply
  3. Kepada Pengelola, Alangkah baiknya kalo diberikan penjelasannya jg tentang dimana membuat bahan dasarnya. Misalnya mengolah koran bekas sampe jadi bahan yg siap dipake ato di kreasikan
    I like banget. Trims idenya

    Reply
  4. mas or mbak ..
    kasih tau cra bwatnya donkk ..
    bwat tugas sekola nihh ..
    mumbung di rmah ku bnyak koran” bekas ..

    maksi sebelumnya :)

    Reply
  5. bpk/ibu Yth..
    bisa kah ksih tau cra pmbuatn’y ?? sya btuh skali bwt tugs skolah..klw bisa tlong krim ke email sya : lidya.andikawati@ymail.com
    trimakasiih :)

    Reply
  6. sayang penjelasan cara pembuatan tas/sepatu belum ada. tolong gemana cara membuat sepatu dan tas dari koran …

    Reply
  7. gimana sih caranya q malah jadi bingung sendiri pdahal ada tugas dari guru ekonomi,,,bingung,,tolong q diajarin donk

    Reply
  8. Hebat, sungguh sangat tertarik sekali, bisa ngga informasikan tentang korannya, di rendam dulu atau lemnya apa, ko bisa tahan air, trims

    Reply
  9. sayaa juga pingin berkreasi seperti anda^
    tolong donk beritahu saya cara membuat kerajinan dari koran tersebut .
    terima kasih sebelumnya :)

    Reply
  10. “sebaik – baik manusia adalah bermanfaat bagi orang lain”
    pastinya bisa dong kirimin cara membuatnya…
    email : saepulmillah25@gmail.com

    Reply
  11. wahh makasihh bngett ya info.a….
    jadi bisa bikin tugas nihh…
    bisa mnta tlong krimin bahan2, step2nya n tipsnya ke alamat email saya (astri_niez14@yahoo.com) gak ??

    Reply
  12. PAK gimana cara bapak memulai usaha ini.?

    saya sampai saat ini masi banyak keraguan dalam memulai usaha, saya punya sedikit ke ahlian namun belum punya keberanian memulai. terutama saya kebingungan mau dimulai dari mana.dan bagai mana cara menjualnya….selalu hal ini yang ada dalam pikiran saya pak???

    balas posting saya ya pak..

    tanks

    Reply
  13. ass mas/mbak, sy sgt tertarik untuk membuat tempat tissu dr koran bekas, mhn dikirimkan step2 ny ke email sy, ratih_im@yahoo.com.makasih

    Reply
  14. slmt siang mnjlang sore,ini saya sangat trtarik,dan sy ingin mncoba mmbuka pluang krja sama,untuk langkah slanjutnya bagaimana caranya.mksh…

    Reply
    • monggo silahkan,. sms aja ke 0818267155 (dluwang)
      kalau boleh tau kerjasamanya bagaimana ya?
      makasih,.

      Reply
  15. bagaimana caranya membuat tas dan tempat tissu dari koran bekas…????? lbh bagusnya disertai gbr penjelasannya, sy berminat mempelajarinya, kirim ke amail saya : anwarmjg@yahoo.co.id

    Reply

Leave a Comment