Inspirasi Bisnis

Usaha Keripik Singkong: Kulit Singkong Bernilai Jual Tinggi

Usaha-Keripik-Singkong:-Kulit-Singkong-Bernilai-Jual-Tinggi

https://takaitu.id/11-jajanan-khas-minangkabau-yang-bikin-kangen-ranah-minang-jadi-pengen-mencicipi-langsung/sanjay/

Usaha keripik singkong memang tidak pernah ada matinya. Penikmat akan camilan yang satu ini terus saja bertambah. Meski zaman semakin maju dan pertumbuhan akan camilan semakin berkembang, namun camilan ini pada kenyataannya tetap ramai peminatnya. Taukah anda jika keripik singkong tidak hanya terbuat dari dagingnya saja. Kali ini kulit singkong juga bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi keripik singkong. Mungkin bagi sebagian orang merasa aneh dan belum pernah mencoba. Tapi kulit singkong ini masih bisa diolah menjadi makanan agar lebih bermanfaat.

Usaha keripik singkong ini adalah cara pemberdayaan limbah singkong, dalam mengolah menjadi keripik kulit singkong, merupakan salah satu bentuk untuk mengatasi limbah kulit singkong. Jika selama ini kita telah mengetahui bahwa umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat, demikian juga dengan daun singkong yang telah dimanfaatkan sebagai bahan makanan kita karena mengandung protein dan zat besi. Lalu bagaimana dengan kulit singkong? Bagian dari kulit singkong (bukan kulit ari) sering kali disepelekan dan dianggap sebagai limbah dari tanaman singkong, padahal kulit singkong ini juga masih memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Kulit singkong ini termasuk dalam kategori sampah organik, karena sampah ini dapat terdegradasi (membusuk atau hancur) secara alami. Untuk pengolahan limbah singkong selama ini biasanya dimanfaatkan sebagai kompos, makan ternak, dan sebagai bio energi. Pemanfaatan tersebut dikarenakan kulit singkong yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, dan karena kandungan inilah maka dapat juga dikonsumsi oleh manusia.

Di tangan seorang yang kreatif limbah kulit singkong ini, dapat diubah menjadi olahan kuliner yang lezat, bergizi dan memiliki nilai jual yang tinggi. Mau tau bagaimana kulit singkong ini disulap menjadi camilan yang enak? Yuk, simak resep pembuatan keripik singkong ini.

Usaha-Keripik-Singkong:-Kulit-Singkong-Bernilai-Jual-Tinggii

http://news.unair.ac.id/2019/07/23/memerah-susu-kulit-singkong-untuk-ternak-sapi/

Resep Pembuatan Keripik Kulit Singkong

Memulai usaha keripik singkong kurang lengkap apabila tanpa mengathui bagaimana bahan dan proses pembuatannya. Berikut ini cara pembuatan keripik kulit singkong yang mudah dan praktis. Tidak membutuhkan banyak bahan dan waktu. Langsung saja kita simak bagaimana cara pembuatan keripik kulit singkong ini.

Bahan-bahan Keripik Kulit Singkong :

  • Kulit singkong 1 kg
  • Garam 5 sdm
  • Bawang putih 4 siung
  • Kapur sirih 1 sdm
  • Air mineral 300 ml
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus:

  • Bawang merah 8 siung
  • Cabai merah keriting 150 gram
  • Air matang 300 ml
  • Gula pasir 3 sdm
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Kulit Singkong :

  1. Pertama-tama, kulit singkong yang telah di kupas kemudian dibersihkan dan dicuci hingga bersih.
  2. Kedua, setelah kulit singkong dibersihkan rendam dalam air kapur sirih, masukkan garam dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Rendam dan diamkan selama 2 hingga 3hari dengan air rendaman diganti tiap harinya.
  3. Setelah bumbu meresap, kulit singkong yang direndam kemudian di keringkan di bawah terik matahari. Butuh dua hari dalam proses pengeringan, sebelum keripik kulit singkong ini digoreng.
  4. Kemudian siapkan wajan dan panaskan minyak, masukkan kulit singkong dan goreng sampai kuning kecoklatan
  5. keripik kulit singkong siap untuk diproses selanjutnya.

Keripik kulit singkong yang sudah digoreng, rasanya mirip seperti keripik paru ataupun keripik ubi singkong. Selain gurih dan renyah, rasa pahit yang dihasilkan dari getah singkong tidak terasa lagi karena proses rendaman selama 3 hari.

Cara Membuat Bumbu Halus Keripik Kulit Singkong :

  1. Pertama-tama haluskan bumbu-bumbu bawang merah dan cabai merah keriting, setelah itu siapkan alat penggorengan atau wajan, kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.
  2. Kedua, aduk-aduk bumbu tersebut sampai merata. Campurkan dengan gula dan garam. Aduk-aduk terus hingga rata dan sampai bumbu mengering.
  3. Setekah itu kecilkan api dan kemudian masukkan keripik kulit singkong dalam loyang berisi bumbu halus yang telah ditumis.
  4. Aduk tumisan sampai rata dan matang semua. Tiriskan dan diamkan selama beberapa menit agar dingin.
  5. Keripik kulit singkong dihidangkan.

Bagaimana? mudah bukan cara mengolah kulit keripik singkong ini? Nah olahan kulit singkong yang lezat, bergizi dan bernilai jual tinggi inilah bisa kamu jadikan  peluang bisnis.

Peluang Usaha Keripik Singkong

Peluang usaha keripik singkong berbahan dasar kulit singkong ini memang nampaknya cukup cerah. Limbah dari singkong ini apabila diolah dengan benar maka akan memiliki nilai jual yang tinggi. Belum banyaknya yang mengatahui akan manfaat dari kulit singkong dan cara pengolahannya menjadikan usaha ini memiliki prospek yang bagus untuk kamu. Produksi keripik kulit singkong ini bisa kamu jalankan dengan mudah. Selain karena bahan baku yang sangat melimpah dari limbah singkong ini. Bahan baku mudah untuk dicari dan harga belinya cukup terjangkau. Namun dengan kreatifitas dan inovasimu dalam mengolah limbah kulit singkong ini menjadikan bahan yang kurang memiliki nilai jual ini menjadi camilan yang memiliki nilai jual tinggi.

Kiat Memulai Usaha Keripik Singkong

Memulai usaha keripik singkong memang tidaklah mudah. Terutama camilan atau makanan ringan telah banyak pesaing terdahulu. Agar kamu dapat bersaing dan mempertahankan usahamu ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, diantaranya :

   1. Mengenali Jenis Camilan

Sebelum memulai memilih usaha keripik kulit pisang ini. Terlebih dahulu kenali dan pelajari seperti apa bahan baku yang digunakan. Bagaimana proses pembuatanya yang aman, kandungan dalam bahan baku serta manfaat yang ada dalam kulit singong tersebut.

    2. Siapkan Produk

Sebelum memulai usaha keripik singkong ini anda harus benar-benar mengetahui bahan-bahan yang diperlukan, bagaimana resep pembuatan dan apa saja inovasi dan kreasi yang akan kamu terapkan dalam usahamu.

  3. Kekuatan Kemasan

Kemasan bukan hanya sebagai pembungkus namun juga sebagai salah satu penunjang keberhasilan suatu produk. Maka pilihlah kemasan dengan bentuk dan desain yang menarik serta kekinian. Hal ini dapat membantu menyempurnakan tampilan kemasan produk camilanmu.

   4. Strategi Pemasaran

Siapkan berbagai strategi pemasaran yang akan kamu gunakan untuk mengenalkan produk camilanmu. Gunakan slogan unik untuk menarik para konsumen yang nantinya akan membuat penasaran pula.

   5. Strategi Promosi

Gunakan promosi yang tepat dan cepat untuk mengenalkan usaha keripik singkong kamu baik secara online maupun offline. Kamu bisa mengguankan sosial media ig, wa dan fb sebagai sarana untuk mempromosikan produk camilanmu. Kamu juga bisa memasarkannya di supermarket bahkan sampai diimpor ke luar negeri apabila memungkinkan.

   5. Siapkan Modal

Sebelum memulai usaha keripik singkong ini hal yang paling penting adalah memikirkan modal usaha. Siapkan dan hitung dengan tepat modal yang akan dibutuhkan. Hal ini juga akan menentukan nilai jualnya berdasarkan modal usaha yang dikeluarkan.

   6. Tentukan Waktu Untuk Memulai

Setelah matang dalam mempertimbangkan semua kebutuhan, mempertimbangkan strategi pemasaran dan strategi promosi dan lain-lain hal yang lebih utama adalah menentukan waktu untuk memulai usaha keripik singkong ini.

Berkreasilah dengan temuan resep andalanmu, berikan inovasi-inovasi unikmu untuk mengembangkan usahamu dan bersiaplah menjadi pebisnis yang sukses. Selamat mencoba.

Sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/_blOXB91-nfQ/R8PBaG09vDI/AAAAAAAAAj8/Ml7dP8HzFuo/s320/singkong.JPG