Kunjungan Wirausaha UNIROW Tuban Bersama BisnisUKM

Kunjungan Wirausaha UNIROW TubanPada hari Minggu (29/4), Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Akuntasi (HIMAPRODIPEKA) Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban, merealisasikan program kerja tahunannya berupa kunjungan wirausaha. Pada tahun ini, sebanyak 130 orang mahasiswa/i melakukan kunjungan ke salah seorang pelaku UMKM yang ada di kabupaten Bantul Yogyakarta, yaitu Bapak Nur Taufiq (41). Sebagai pemilik dari Sanggar Kerajinan Tempurung (batok kelapa) Chumplung Adji, Bapak Nur Taufiq didaulat untuk berbagi ilmu terkait dengan pengalaman beliau dalam mengembangkan usaha kerajinan tempurung kelapa yang telah berjalan sejak tahun 1992.

“Usaha ini boleh dibilang modal kepepet, karena waktu itu saya ‘ditinggal’ teman-teman seangkatan yang lebih memilih merantau mencari pekerjaan, saya yang ketika itu masih kuliah mulai berfikir untuk tidak mengikuti jejak mereka, alhasil setelah merenung dan berfikir, saya memperoleh inspirasi saat berjalan-jalan di Malioboro,” terang Pak Nur Taufiq membuka pembicaraan pada pagi hari itu. Banyaknya kreasi kerajinan yang ada di Malioboro ternyata memberikan ide bagi Pak Nur Taufiq untuk membuat kreasi serupa, tetapi dengan bahan baku dari tempurung kelapa.

Penjelasan Proses Produksi Kerajinan Batok KelapaBersama bisnisUKM, Bapak Nur Taufiq memberikan penjelasan seputar usaha yang kini mampu membuat daerahnya menjadi kampung wisata kerajinan batok kelapa. Seakan terinspirasi dengan apa yang disampaikan Bapak Nur Taufiq, 130 orang mahasiswa tersebut langsung ‘menyerbu’ lokasi produksi kerajinan batok kelapa milik Pak Nur Taufiq dan rekan-rekannya. Mereka ‘menghujani’ Bapak Nur Taufiq dengan puluhan pertanyaan terkait proses produksi kerajinan tersebut.

Tidak hanya di lokasi produksi kerajinan batok kelapa, peserta yang terbagi menjadi tiga kelompok juga mengunjungi dan melihat proses pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil). Kebetulan dengan mulai dirintisnya desa tersebut sebagai kampung wisata kerajinan batok kelapa, muncul produk turunan lain yang merupakan diversifikasi produk dari kelapa. Di lokasi pembuatan VCO, para peserta terlihat antusias menanyakan seputar proses produksi dan manfaat dari VCO itu sendiri.

Mengamati Proses Pembuatan VCOWaktu satu jam sepertinya belum cukup untuk para peserta (mahasiswa) berkeliling dan langsung melihat proses produksi kerajinan batok kelapa serta VCO. Terbukti, ketika memasuki sesi tanya jawab, banyak peserta yang masih penasaran terkait proses produksi kerajinan batok kelapa dan VCO. “Bagaimana cara menanggulangi ketidaktersediaan bahan baku yang memungkinkan akan habis dalam jangka panjang?,” tanya salah seorang mahasiswi kepada Bapak Nur Taufiq.

“Untuk memenuhi target bahan baku, selama ini kami bekerjasama dengan dinas terkait, selain itu juga mendatangkan bahan baku dari wilayah lain yang dikenal sebagai sentra produksi kelapa,” jelas Bapak Nur Taufiq menjawab pertanyaan tersebut. Tanpa dikomando, satu persatu pertanyaan mengalir dari para peserta yang menanyakan seputar proses produksi kerajinan, pemasaran produk, manfaat dan proses pembuatan VCO.

Berbelanja Produk Kerajinan Batok KelapaSementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi-Akuntansi UNIROW Dra. Henny Sri Astuty, M. Pd., mengungkapkan harapannya pada kunjungan wirausaha tersebut. “Melalui kunjungan wirausaha seperti saat ini, saya menginginkan para mahasiswa tidak hanya pintar dalam bidang teori semata, namun bisa juga mengembangkan serta mengaplikasikan apa yang sudah diperoleh mereka di bangku perkuliahan,” terangnya.

“Terimakasih bisnisUKM atas kerjasamanya, semoga ini bermanfaat bagi kami mahasiswa UNIROW dan nantinya untuk masyarakat keseluruhan, dan Anda bisa lebih sukses lagi,” ujar Ketua Panitia Sukarmining sekaligus menutup sesi kunjungan pada hari itu. Akhirnya kunjungan tersebut dilanjutkan dengan berwisata ke beberapa lokasi populer yang ada di Yogyakarta.

Tim bisnisUKM

6 Komentar

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk kegiatan kunjungan bisnis kami persilahkan Bapak Faris untuk mengirimkan proposal kegiatan melalui alamat email kami : support@bisnisukm.com atau bisa menghubungi tim training kami melalui (0274) 3000-422 atau SMS 0852-9000-7054. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  1. kami dari prodi pendidikan ekonomi ikip pgri semarang mau juga kunjungan ke sini, hari senin besok bisa ???

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk permohonan kerjasama kunjungan UKM Ibu Noviar Fitriaji bisa mengirimkan proposal kegiatan melalui alamat email kami support@bisnisukm.com. Informasi selengkapnya mengenai program training BisnisUKM.com bisa menghubungi :
      ANTHO
      Tlp : (0274) 3000 422
      SMS : 0852-9000-7054
      Email : support@bisnisukm.com
      PIN : 2ACD5213
      Salam sukses!

  2. Kembangkan jiwa kewirausahaan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar kita dengan sebijak mungkin demi membantu pemerintah untuk mengatasi pengangguran tiap tahunnya semakin banyak. Terima kasih atas apa yang telah disampaikan pada kami, sangat bermanfaat.

  3. denga adanya bisnis ukm spt ini, kita sebgai mahasiswa akan lebih tw klau mahasiswa jurusan pendidikan pun bisa jd wirausahawan, q sbg mahasiswa unirow tuban berterima ksih atas kerjasama nya dengan bisnisukm.com dan juga pak nur taufik, terima ksih atas ilmunya, itu pengalaman yang berharga. q jadi terinspirasi soalnya bapak q juga px kebun kelama n limbah bathok ny selalau terbuang, sekalian tnya lo utk pemula itu gmn cra mulai dr awal krn alat@ kan belum ada? alias cara mbuat jika denagan cra manual cz kmrn lupa g tnya, mksh bisnis ukm

Comments are closed.