Inspirasi Bisnis

Mantapnya Pancake ala Indonesia, Cocok Nih Buat Ide Usaha Kuliner

kuliner serabiYummy….kenikamatan menu pancake yang terkenal di daratan Eropa hingga Asia, memang sudah bukan rahasia umum lagi. Menu para bule ini ternyata juga memiliki banyak penggemar di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dengan minat para konsumen yang mencari pancake di toko – toko yang menjajakan roti dan kue. Namun bukan Indonesia namanya, jika kita kalah berkreasi dengan negara asing. Indonesi juga memiliki pancake khusus yang dibuat dengan ciri khas rasa kekayaan tradisi negara kita. Pancake Indonesia lebih popular dikenal dengan nama kue serabi.

Serabi merupakan makanan ringan atau jajanan pasar asli buatan Indonesia. Tak jauh dari pancake, kue serabi juga terbuat dari tepung terigu atau bisa juga dengan tepung beras. Jika pancake punya saus dengan berbagai pilihan rasa, kue serabi juga memiliki kuah atau saus yang terbuat dari gula jawa sesuai dengan cita rasa nusantara. Kuah yang terbuat dari campuran gula jawa dan santan kelapa itu, biasa disebut dengan kinca.

kue serabiDua jenis kue serabi yang terkenal dari Indonsia , yaitu serabi bandung dan serabi solo. Kedua serabi tersebut memiliki perbedaan, baik dari bahan hingga penyajiannya pun berbeda. Jika serabi bandung menggunakan tepung terigu, serabi solo menggunakan tepung beras. Selain itu serabi bandung biasa disajikan dengan kuah dari gula jawa dan santan yang biasa disebut kinca, sedangkan pada serabi solo santan ditambahkan ketika proses pembuatan masih berlangsung.

Seiring berjalannya waktu, kini kue serabi telah memiliki banyak pilihan variasi. Mulai dari rasa original, yaitu serabi tanpa toping yang hanya disajikan dengan kuah kinca. Hingga variasi toping  yang digunakan seperti pisang, keju, cokelat meses, bahkan daging atau keju. Bila Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut kami berikan resep kue serabi yang dapat dicoba dirumah Anda. Jika sudah ahli dalam praktek membuat serabi,  mungkin menu tersebut dapat Anda jadikan sebagai salah satu peluang berbisnis sukses dengan sajian kuliner kue serabi. Selamat mencob, dan salam sukses selalu untuk usaha Anda.

Pengusaha Muda

Menjadi Pengusaha Muda.

Berbagai macam tips dan ide bisnis bagi Generasi Milenial

Bahan – Bahan
175 gram tepung beras
25 gram tepung kanji
50 gram tepung terigu
2 sdm gula pasir
2 sdt garam
400ml santan cair ari ½ butir kelapa
125 ml santan kental dari ½ butir kelapa

Biang / Pengembang:
25 gr tepung terigu
1/4 sdt soda kue ( pilih yang berkualitas )
50 ml air

Bahan Kinca / kuah :
500 ml santan dari i butir kelapa
175 gr gula merah, diiris tipis
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
2 lb daun pandan

Cara membuat:

  1. Aduk bahan biang, lalu diamkan 15 menit. Sementara itu aduk tepung beras, tepung kanji, dan tepung terigu, tambahkan garam, gula, lalu masukkan santan encer sambil diuleni selama 30 menit.
  2. Masukkan biang lalu uleni lagi sambil dikeprok-keprok. Tuang santan encer sampai habis. Terakhir masukkan santan kental.
  3. Panaskan cetakan serabi. Olesi dasarnya dengan ampas kelapa agar tidak lengket. Setelah panasnya rata, tuang satu sendok sayur adonan , lalu tutup dan masak sampai matang.
  4. Rebus bahan pembuat kinca, sambil terus diaduk  hingga mendidih. Sajikan serabi dengan kinca, selagi masih hangat.


Sumber gambar : http://images.ademoore.multiply.com dan http://rinaldimunir.files.wordpress.com/2008/08/serabi2.jpg