Mari Menilik Peluang Usaha Bengkel Motor

bengkel motorMakin hari penambahan populasi kendaraan bermotor makin meningkat. Bahkan hampir setiap orang punya dan membutuhkan sepeda motor. Kepadatan aktivitas di jalan menuntut kenyamanan untuk itu kendaraan yang dipakai harus selalu dalam keadaan baik. Agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka diperlukan perawatan dan service berkala bahkan diperlukan juga perbaikan-perbaikan bagian yang rusak, untuk itu sangat dibutuhkan jasa bengkel motor. Kondisi seperti inilah yang harus Anda manfaatkan sebagai peluang usaha.Usaha bengkel motor memang menjanjikan, mengingat pengguna sepeda motor semakin banyak jumlahnya. Hal ini terbukti dari meningkatnya produksi sepeda motor pertahun. Lalu di antara bengkel motor umum yang menerima servis mesin berbagi merek maupun modifikasi, bengkel kemitraan yang menjalin kerja sama dengan pihak ATPM, dan bengkel khusus modifikasi mana yang menguntungkan??

Kebutuhan servis bagi sepeda motor menjadi kebutuhan rutin yang harus dilakukan oleh penggunanya. Tak ayal, bengkel motorpun tumbuh menjamur hingga kawasan daerah pelosok.

Bengkel Umum Lebih Banyak. Jumlah bengkel kemitraan memang kalah banyak, mengingat bengkel umum lebih gampang persyaratannya dan lebih mudah pendiriannya. Prospeknya akan tetap bagus karena karena penjualan motor juga meningkat tiap tahunnya hingga keberadaan bengkel resmi pun amat diperlukan . Selanjutnya, mari menilik peluang usaha bengkel motor.

Modal Usaha. Untuk membuka bengkel motor umum modalnya lebih kecil di bandingkan membuka bengkel kemitraan, sehingga paling cocok bagi pemula usaha ini. Usaha dimulai dari bengkel umum dengan modal Rp 20 juta. Dari modal sebesar itu Rp 5 juta di gunakan untuk membeli kompresor dan peralatan bengkel. Sisanya untuk stock sparepart dan aksesoris yang bersifat fast-moving sparepart.

Sedangkan modal bengkel kemitraan jauh lebih besar meskipun tidak menggunakan sistem royaliti fee kepada pemilik bengkel dengan kisaran modal minimal 60 juta. Calon pemilik usaha ini memang lebih cocok bagi yang memiliki modal besar. Meskipun begitu ada juga yang di sebut bengkel kemitraan dari Yamaha yang fee modal, hanya menyediakan tempat bisa kontrak dan pembelian sparepart saja, yang saat ini hanya berlaku di Banten dan Bogor.

Pemasaran. Untuk menarik minat konsumen datang ke bengkel motor bisa dilakuakn lewat pembagian brosur, pamphlet, dan servis gratis saat awal buka usaha. Bila bengkel sepi kemungkinan yang terjadi adalah salah pemetaan dalam memperhatikan permintaan ( jumlah motor ) di daerah tersebut atau lokasi yang kurang tepat. Sebaiknya di lingkungan perusahaan karena orang ingin dekat saat servis , jalan utama atau protokol atau jalan utama orang menuju kantor atau tempat kerjanya.

Bagi bengkel umum modifikasi sebaiknya jemput bola dengan mendekati kalangan komunitas atau ikut mailing list lewat internet. Selain itu karyawan dan pemilik bengkel harus menerapkan pola kejujuran.  Kalau kita bisa tangani kita bilang iya dan beri tahu kondisi motor tersebut kepada pemiliknya serta penyebab kerusakan sehingga kepercayaan muncul dan image bagus.

Persaingan cukup ketat terutama antara bengkel umum. Sehingga pelaku usaha bengkel umum harus menjaga kualitas, kepercayaan, loyalitas dan kedekatan dengan konsumen. Sedangkan persainagan antar bengkel resmi ATPM tidak terlalau berkaitan dengan operasional bengkel, Hal ini di karenakan memang tidak terjadi “Benturan Pasar”mengingat masing-masing telah memiliki pasar dan pelanggan sendiri.

Produk tersebut ada yang fungsinya penghemat BBM seperti MNS DC Booster hemat 15% Hyidrogen Power Server juga hemat bensin 47,5% peningkat perpomence agar motor lebih kencang, dan sebagainya. Ada juga yang mengembangkan sistem franchise untuk Auto Clinik Dysha Motorsport (ACDMS) dengan modal terjangkau . Membayar lisensi fee Rp 5 Juta saja pertahun untuk pemakain nama ACDMS, atau bila ingin menambah sistem basic berupa administrasi dari spanduk sampai training mekanik dikenakan modal Rp 15 juta tanpa royalti fee, bila ingin membeli alat dan sparepart dari ACDMS di tambah lagi modal Rp 5-15 juta.

Keuntungan. Dari berbagi jenis bengkel tersebut, keuntungan servis terbesar adalah modifikasi misalnya modifikasi costum body bahan fiber dari motor bebek jadi motor Trail bisa mematok Rp 1,5-2 juta, padahal harga untuk pengerjaan hanya Rp 500 ribu atau keuntungan sekitar 67% . Hal ini karena hasil modifikasi tergantung kepuasan konsumen.

Kendala. Untuk tenaga mekanik yang handal masih menjadi kendala bagi pelaku usaha bengkel motor, juga bila ada konsumen yang komplain, sehingga solusinya dengan mendengarkan keluhan konsumen dan bisa juga menerapkan sistem garansi dalam pengerjaan.

Bagi pemula usaha bengkel juga tidak memiliki keahlian khusus asalkan memiliki mekanik yang ahli yang bisa di peroleh dari lulusan SMK dan juga kursus sepeda motor. Jadi anda bisa memilih kategori bengkel apa yang ingi di buka sesuai dengan modal anda, bila modal kecil sebaiknya pilih bengkel umum servis mesin motor lebih dahulu.

Tulisan diolah dari berbagai sumber: Al:(Tabloid Peluang Usaha,Hal 4 Sektor 31-13 Agustus 2009)

Sumber gambar : http://stephenlangitan.files.wordpress.com/2009/06/imgp0579.jpg

121 Komentar

  1. beberapa alumni kami ( kompetensi keahlian teknik sepedamotor ) ingin mendirikan usaha mandiri kecil-kecilan buka bengkel didaerahnya masing2. kami ingin membantu memfasilitasi pengadaan akseoris dan spare part spd motor , mohon info alamat distributornya di jatim (klo ada yang dkt situbondo) sekalian yang punya contoh proposal pendirian bengkel untuk kami ajukan ke pemerintah spy dpt penguatan modal. mhn kirim email ke : wathon123@yahoo.com . trimakasih banyakkk…

  2. Saya punya rencana membuat proposal untuk buka usaha bengkel sepeda motor dan penjualan spare part sepeda motor yang lokasinya di kota Pematangsiantar, jadi untuk lampiran proposalnya diperlukan analisa usaha yang memuat studi kelayakan usaha hingga arus kas, profit and loss dan neraca pengembalian modal , jadi saya minta tolong dikirimi 1 set analisa usaha sehingga bisa saya edit..dan kalau proposal ini sukses saya akan komunikasi lagi untuk membahas apa yang bisa kita buat kerja sama..!

  3. Saya ada modal dan ingin membuka bengkel serta penjualan sparepart Hal yang saya tanyakan :
    1. Apa saja yg perlu dipersiapkan ( saya belum ada mekanik dan tempat sdh ada )
    2. Bagaimana perhitungan pembagian antara mekanik dng owner? ( di kasi gaji pokok atau bagi hasil)
    3. Bagaimana Management keuangan yang baik ? sehingga dapat dicontrol terus pemasukan serta pengeluaran ?
    4. Spare part apa saja yang biasanya Fast moving ?, dan distock berapa banyak ?
    5. Bagaimana dengan olie , apa harus stock semua merk ?
    yang mana lebih menarik pasaran ?
    7. Saya berada Surabaya Jatim , dimana tempat pembelian spare pasrt yang grosir untuk wilayah Surabaya, dan bagaimana pembayarannya?
    8. Dan jg di butuhkan _+ smp brp modalnya?
    Tolong di infokan melalui amail sy.
    terimakasih.

  4. lam kenal bosss aku dari daerah cilacap aja .saya udah pnya modal ya sekitar 75jt lah .dan saya tertarik dengan artikel ini .ingin usaha mandiri buka bengkel umum.cma kendalanya aku blum terlalu mahir bget masalah mesin. cma bsa servis ringan aja, apakah saya harus menggandeng mekanik handal tuk memajukan usaha itu…? dan saya jg masih bingun untuk belanja yang murah dan berkuwalitas ..kususnya di daerah jateng aja.. tlng kasih tau grosir 2 yang bagus di mana….?

  5. Salam
    Saaya berencana mau buka bengkel motor di kec. Karang pucung kab. Cilacap, saya Äϑa̲̅‎​ modal 30jt, mekanik Äϑa̲̅‎​, tempat punya sendiri, yang ingin saya tanyakan
    1. Peralatan apa saja yang harus saya siapkan?
    2. Sparepart apa saja yang harus disediakan diawal buka bengkel
    3. Baiknya sistim gaji atau bagi hasil dengan mekanik?
    4. Mohon info penjual sparepart&oli grosiran di purwokerto dan cilacap
    Trimakasih sebelumnya, mohon dibalas ke email saya?

  6. bos.saya tu dh buka bengkel selama kurang lebih hmpir 1 thn.tapi grafik dri wktu ke waktu itu slalu menurun,itu gmn bos..?dan saya jga kurang bisa untuk crnya memasarkan kepada konsumen”yg lain bos…tlng di bls bos..makasih…

  7. Saya mau buka bengkel di medan. Saya mau tanya apakah montirnya cukup 1 org saja dan bagaimana profit sharing dgn montir atuuaukah montornya juga digaji atau bagaimana sistemnya thx

  8. Saya baru mulai usaha buka bengkel motor ternyata yg sering jadi masalah adalah di mekanik nya.sebelum nya kita suka keliru menilai keahlian mekanik yg mana tadi nya kita anggap dah berpengalaman tapi ternyata sungguh mengecewakan hasil nya tidak seperti yg kita harapkan.sampai gonta ganti mekanik tapi ternyata sampai saat masih saja ketemu mekanik yg setengah2..kalau masalah belanja sparepart itu sangat gampang coba aja datang ke jl cileduk raya kreo batas tanggrang disana banyak pilihan toko dgn harga yg cukup bersaing.klu saya pribadi suka di toko Part wan harga cukup murah dan dijual ecer harga grosir sekian masukan dari saya

  9. pingin bgt buka bengkel seperti dalam artikel ini.tp kendalanya mash banyak.tp mash bingung mau blanja onderdil untuk yg pertama dimana?? untuk mekanik jga blm ada yg pas.

    • klo mo usaha bengkel tapi kita sendiri tidak mengerti mesin jangan deh boss,……!

    • Kalau pendapat saya, tidak harus mengerti tentang teknis mesin untuk bisa berbisnis bengkel. Cuma memang, kita harus jeli mencari SDM nya.

Comments are closed.