Membuka Studio Foto Masih Potensial

studio poto

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat dalam dunia digital, tanpa disadari telah membuat gaya hidup menjadi lebih mudah dan membuat orang menjadi konsumtif dalam pemakaian produk. Terlebih saat ini makin marak HP berkamera yang dijual dengan harga murah dan saat ini menjadi trend di kalangan remaja, dan untuk membuka studio foto masih potensial, hal ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan bila kita pandai memanfaatkan momen, seperti dengan membuka studio photo kecil-kecilan, memanfaatkan komputer, kamera digital poket dan printer photo.

Konsumen
Konsumen dalam bisnis ini mencakup semua orang. Termasuk juga dari pihak – pihak sekolah yang memerlukan jasa studio foto seperti untuk foto ijazah, sertifikat, dan lain-lain.

Info bisnis
Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan tempat. Tempat akan menjadi faktor yang paling penting dalam usaha ini baik lokasi maupun luas tempat itu sendiri. Tempat yang cukup luas tentu Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis ini, karena Anda membutuhkan studio tidak hanya untuk foto setengah badan saja, namun juga untuk foto seluruh badan dengan gaya perorangan atau bahkan beberapa orang. Di sisi lain, lokasi yang berdekatan dengan sekolah atau tempat berkumpulnya anak remaja akan menjadi keuntungan tersendiri dalam usaha ini.

Hal berikutnya yang harus Anda persiapkan adalah menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapan tersebut meliputi foto/ camera digital, komputer, lampu/ pencahayaan, furniture interior dan perlengkapan unik lainnya sebagai sarana pendukung. Setelah semua perlengkapan dan tempat sudah beres, hal penting lainnya yang dibutuhkan adalah mental atau kesiapan Anda menghadapi persaingan.

Kelebihan bisnis
Kebutuhan konsumen akan foto, semakin lama semakin meningkat. Bukan hanya anak sekolah saja yang membutuhkan pas foto, namun masyarakat umum juga membutuhkan pas foto untuk keperluan melamar kerja, maupun mengurus surat – surat lainnya. Disamping itu, trend pasar mengenai foto pre weding yang semakin meningkat, menjadi peluang bisnis baru di bidang fotografi. Jadi selain menerima permintaan foto di studio, Anda juga bisa menerima orderan untuk mengambil foto pre weding di studio maupun diluar studio.

Kekurangan bisnis
Karena bisnis ini semakin marak, sehingga persaingan juga semakin tinggi. Selain itu terkadang kurangnya keahlian yang dimiliki para karyawan dalam mengolah foto, menimbulkan complain dari para konsumen. Oleh akrena itu siapkan kemantapan dan mental yang kuat, agar memudahkan Anda dalam menghadapi kendala bisnis.

Pemasaran
Pemasaran yang dapat dilakukan bisnis studio foto yaitu memasang neon box atau spanduk besar di sekitar lokasi usahanya, sehingga orang yang melewati daerah tersebut mengetahui keberadaan bisnis Anda. Selain itu strategi pemasangan iklan menggunakan baleho – baleho di sekitar jalan yang strategis, juga membantu menginformasikan bisnis studio foto tersebut. Jika perlu gunakan strategi pemasaran dengan membagikan brosur maupun pamflet di sekitar kota Anda.

Disamping pemasangan spanduk dan baleho, pemasaran juga dapat dilakukan melalui kerjasama dengan pihak sekolah maupun instansi tertentu yang membutuhkan jasa foto. Sehingga secara tidak langsung Anda mengenalkan studio foto yang Anda miliki kepada para masyarakat.

Kunci sukses
Keberhasilan dalam usaha ini adalah pelayanan yang dapat memuaskan konsumen Anda. Anda juga dapat mengusahakan produk dalam bentuk paket, yaitu dalam bentuk satu paket yang bisa terdiri dari beberapa foto dalam satu CD. Tiap paket mempunyai harga sendiri-sendiri tergantung dengan jumlah foto dan hasil olahan. Anda juga harus jeli dalam memanfaatkan kesempatan, jika ada panggilan ke tempat konsumen sebaiknya juga Anda terima dan terapkan. Selain itu juga pembuatan desain hasil foto dalam bentuk kalender atau kartu pos dan kartu ucapan baik lebaran, natal, tahun baru, dan perayaan ulang tahun sebaiknya juga Anda terapkan.

Analisa Ekonomi

Investasi Awal :
1 Set Komputer Pentium 4                         Rp 4.000.000,-
Kamera Digital Poket                             Rp 2.000.000,-
Priter Photo                                     Rp 1.600.000,-
Alat Trasfer dari HP/Kamera Dgtl                 Rp   400.000,-
Partisi Tempat dan Background                    Rp 1.000.000,-
Fee Pelatihan dan Manajement                     Rp 2.000.000,- +
Total Biaya investasi                            Rp 11.000.000,-

Biaya Operasional per Bulan
Tinta Printer 1 set                              Rp   150.000,-
Kertas Photo ukrn A4 300 lbr                     Rp   250.000,-
Listrik                                          Rp    50.000,- +
Total Biaya Operasional                          Rp   450.000,-

Pendapatan per Bulan
1 lbr A4 (12 lbr ukrn 2R, Harga Jual ukrn 2R)    Rp      1.000
12 x Rp. 1.000                                   Rp     12.000,-
Jadi Kalau 1 hari bisa menjual 10 lbr A4         Rp    120.000/hari
Total 30 hari x Rp 120.000,-                     Rp  3.600.000,-/bulan

Keuntungan per Bulan
Pendapatan Bulanan - Biaya Operasional
Rp 3.600.000 - Rp 450.000                      Rp 3.150.000,-

Masa Kembali Modal
Biaya investasi : Keuntungan bulanan
Rp 11.000.000 : Rp 3.150.000                   3,5 bulan

Diolah dari berbagai sumber dan usaha-sampingan.net/studio-photo-mini/

Sumber gambar : http://www.sceneinteractive.com/studiorental/studio7.jpg

23 Komentar

  1. Sy dAH menjalani bisnis foto sekitar 6 thnan,tp hasilnya kurang memuaskan,pdhl alt2 studio ak dah lengkap,dr kamera canon d7 ,laightin,baigraun,,ap sdm ak yg kurang,tolong donk sarannya spy gi mana menambah kreatif olah fotoh,krn imajinasi sy edit foto br dtg di saat ak lg mut,

  2. saya sangat ingin menjadi pengusaha studio foto kecil-kecilan dengan modal awal 5 juta, tidak termasuk komputer dan t4 usaha. gimana caranya yah? bagaimana cara mendapat alat2 peunjang usaha tsb. kamera jenis apa? printer dengan hasil cerah dalam jangka pemakaian lama tetap mantap, lampu dengan tripotnya??? dsb…
    mohon batuan langsung ke email saya.
    TERIMAKASIH

  3. Mau buka studio foto kecil,2an.berapa habis biayany.tolong kirimin ke email saya berikut rincianny ntar kalau co2k saya hubung,i.

  4. saya sudah punya studio foto tapi kurang puas dg hasil setengah badan yang selalu gelap dan pingin punya mini lab kira2 berapa anggarannya toto ambon 085243336633

  5. saya ingin membuat studio foto..tolong rincian peralatan dan pendanaannya sekaligus…
    kira2 printer yg berkualitas ??

  6. kalo ada yang punya tempat usaha di wilayah yogyakarta berminat buka studio saya mempunyai perlengkapan.. selama ini saya hanya melayani foto panggilan.. yang berminat email aja ke and.jogja@gmail.com

  7. untuk mahasiswa kaya kita2 yang kbtulan hobi juga ma foto,kbtulan aku juga da DSLR sony 230.kalo ngikut freeland ada g ya mas.posisi di ITS SUKOLILO.

  8. Mohon saran..
    Saya punya rencana untuk membuat mini studio photo dengan modal 15juta.

    Perincian alat-alat :
    1. 1 set Komputer (utk digital editing).
    2. Printer EPSON + tinta infus.
    3. Kamera DSLR Canon EOS 1000D / Sony Alpha 230 + Flash.
    4. 1 buah tripot (utk kamera).
    5. 2 buah tripot + payung.
    6. 1 buah lampu studio.
    7. 1 buah layar/kain putih.
    8. Tempat (Rumah Sendiri)
    9. Meja + Kursi (sudah ada)

    Apakah dengan biaya 15 Juta, alat-alat tersebut dapat dibeli?
    Untuk BEP berapa lama?
    Perlu pasang AC atau tidak?

    PM ya..
    sebastian.wahyu@yahoo.co.id

  9. aku sangat tertarik untuk bisnis ini ,mau nanya apa saja yang harus di butuhkan dan biaya total kira2 berapa, pengenya usahanya yang kecil kecilan dulu,trus kalau ikut numpang misal FUJI FILM kira2 biayanya berapa trus kendalanya apa saja

Comments are closed.