Membuka Usaha Karaoke Keluarga

karaoke

Di berbagai wilayah di Indonesia khususnya perkotaan, bisnis karaoke keluarga makin marak dan mewabah. Hal tersebut dikarenakan bisnis ini bertujuan untuk menarik keluarga yang ingin menikmati refreshing keluar rumah sambil menikmati hidangan berupa makanan dan minuman. Perkembangan bisnis karaoke keluarga makin hari makin meningkat, terbukti di beberapa kota besar tempat usaha bisnis karaoke tersebut makin banyak bermunculan, baik yang berkelas biasa maupun yang sekelas hotel bintang lima. Semuanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan hiburan bagi anggota keluarga atau sejenak melepas penat dari rutinitas keseharian.

Banyak tempat karaoke keluarga yang membuka usahanya tersebut pada malam hari. Namun, hal tersebut bukan menjadi aturan pakem, karena Anda bisa juga membuka usaha tersebut pada siang hari.

Konsumen
Konsumen target pada usaha ini adalah keluarga, baik itu orang tua, muda, bahkan anak-anak yang ingin sejenak melepas penat tanpa harus pergi cukup jauh. Dan kebanyakan usaha karaoke keluarga tersebut juga dibarengi dengan membuka usaha lain yang masih berkaitan seperti kafe, restoran, dll.

Info bisnis
Hal awal yang harus Anda lakukan ketika ingin membuka usaha ini adalah tersedianya lahan/ tempat yang cukup luas. Umumnya lokasi yang memadai untuk digunakan bisnis karaoke sekitar 200 m2 untuk 3 bilik, perhatikan pula lahan parkir yang representatif untuk menampung kendaraan pelanggan.

Kemudian Anda harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan, antara lain peredam suara, pemutar CD/ DVD, TV, mic, meja dan kursi, sofa, sound system kaset (pop, anak-anak, rock, jazz, dangdut, dll). Sediakan pula peralatan untuk resepsionis seperti rak, meja, kursi, dll.

Disamping itu Anda juga perlu memikirkan tentang makanan dan minuman ringan yang harus dibarengi dengan perlengkapannya. Dengan menyediakan makanan dan minuman, selain bisa memberikan tambahan omset juga membuat konsumen lebih nyaman dan betah berlama – lama untuk berkaraoke.

Untuk harga sewa per bilik per jamnya sekitar Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Biasanya harga sewa di malam hari, lebih mahal dari harga sewa di siang hari. Belum lagi bila ada konsumen yang ingin merekam suaranya dalam CD, bisa kita tarik harga rekaman tiap jamnya Rp 20.000 sampai RP 50.000.

Kelebihan bisnis
Masyarakat perkotaan yang membutuhkan hiburan namun tidak ingin pergi berlibur ke tempat jauh, biasanya lebih memilih tempat karaoke untuk menghilangkan kepenatan mereka. Oleh karena itu prospek bisnis karaoke masih sangat besar, dan minat para konsumen di tiap kota pun semakin tinggi. Sehingga peluang pasar bisnis ini juga semakin hari semakin meningkat, dan memberikan keuntungan dan kemudahan dalam memasarkan bisnis ini.

Kekurangan bisnis
Selain kelebihan, bisnis karaoke juga memiliki kendala. Salah satunya yaitu bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar, dan BEPnya pun mungkin cukup lama. Sehingga untuk menjalankan bisnis ini, dibutuhkan perhitungan modal dan konsep yang tepat agar bisnis ini tidak merugi. Kendala selanjutnya yaitu tingginya persaingan pasar, karena saat ini di kota – kota besar sudah banyak bisnis karaoke yang bermunculan.

Pemasaran
Pembagian brosur dan pamflet di sekitar lokasi usaha, menjadi salah satu strategi pemasaran yang dapat dicoba. Bila perlu lakukan promosi dengan memasang iklan di berbagai media massa, sehingga masyarakat luas mengetahui keberadaan bisnis Anda.

Strategi pemasaran juga dapat dicoba dengan memasang papan nama dengan ukuran besar, disekitar lokasi. Sehingga orang yang melewati kawasan tersebut mengetahui adanya bisnis karaoke tersebut. Namun jika Anda menghendaki banyak orang mengetahui bisnis Anda secara langsung, bisa dilakukan dengan cara mengadakan lomba karaoke dengan hadiah tertentu. Sehingga masyarakat luas khususnya yang ingin mengikuti lomba tersebut, mengenali bisnis karaoke tersebut.

Kunci sukses
Kunci keberhasilan dalam membuka usaha karaoke keluarga adalah kenyamanan tempat (desain interior), kelengkapan makanan dan minuman, jumlah tempat/ bilik yang tersedia serta mutu dari peralatan dan pelayanan yang diberikan. Semakin banyak variasi lagu yang Anda tawarkan, maka semakin banyak pula konsumen yang senang berkunjung ke tempat karaoke tersebut. Rasa nyaman yang diperoleh konsumen, akan membuat mereka kembali lagi ke tempat karaoke keluarga yang Anda miliki.

Analisa Ekonomi

Modal awal
Sewa tempat                                          20.000.000
Sound system, TV, VCD/ DVD, mic, dll (3 bilik)       50.000.000
Peredam suara, meja dan kursi, dll                   40.000.000
Renovasi ruangan                                     15.000.000+
Total                                               125.000.000

Penyusutan peralatan setelah pemakaian 2 tahun ( 24 bulan )
= 1/24 x 90.000.000            = 3.750.000

Biaya operasional
Gaji pegawai 4 orang @ 800.000 x 4 orang             3.200.000
Listrik                                              1.500.000
Biaya promosi dan telepon                            1.000.000
Snack,makanan dan minuman                            3.000.000
Biaya penyusutan                                     3.750.000+
Total                                                12.450.000

Omzet per bulan 
Omset per hari
Rp 50.000/jam x 8 jam x 3 bilik       =       1.200.000
Omset per bulan
1.200.000 x 26 hari                   =       31.200.000

Laba per bulan 
31.200.000 - 12.450.000               =       18.750.000

ROI (Return of Investment)
( modal awal : laba bersih per bulan )        =       ± 7 bulan

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar :http://4.bp.blogspot.com/_sJM2s6igE7I/SfKlmSNSy8I/AAAAAAAAAEU/t0sXr87XWBs/s320/P1000955.JPG

12 thoughts on “Membuka Usaha Karaoke Keluarga”

  1. bagi yg berminat untuk infes karaoke atau konsultasi masalah karaoke boleh hubugi saya no 081350521818

  2. bagaiman cara pembuatan propasal, bila dalam pembiayaan menggunakan pembiayaan kredit dengan bank. dan apa persyaratan2nya. apa bisa bila blm berkeluarga dapat mengajukan kredit dengan bank
    trima kasih

    087834161096

  3. Bagaimana pembuatan proposal usaha karaoke tersebut terkait dgn rencana peminjaman uang ke Bank ?

    08114118058
    0451 423185

  4. tol dikirimkan data data yg bisa kami pelajari untuk membuat suatu acuan dalam membuka usaha khususnya rumah karaoke

  5. secara teori kelihatanya mudah sekali, tapi dilapangan saya rasa tdk mungkin segitu berhubung sewa tempat dan propety yg cukup mahal….

  6. usaha yg bagus tapi modalnya itu lo muahal,,,,,,, kita kan pemula,,,,,,,,, ide lain atuh
    thanks salam sukses

  7. ok jg agar tidak suntuk,jutek,and kerjaannya marah2 doang drmh,kaciaan anak2bl kena marah,baik santai..bkin otak lbih frees

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba