Inspirasi Bisnis, Video UKM

Membuka Usaha Sesuai Skill

bengkel elektronik.Membuka usaha sesuai dengan skill atau keahlian, memang akan memudahkan kita dalam bekerja. Hal inilah yang diterapkan oleh Yos Candra, dengan membuka bengkel service elektronik bernama “Vica Elektronik” di Selokan Mataram. Mas Yos, sapaan Yos Candra, yang lulusan STM Listrik ini mulai mencoba mengasah kemampuannya dengan menerima Home Service pada tahun 1995. Selama menjalani usahanya tersebut, Mas Yos tidak pernah berhenti untuk belajar, dengan cara bertanya kepada orang yang lebih “senior” dan juga membaca – baca buku tentang bidang yang ia tekuni. Awalnya, Mas Yos baru menerima service sound dan televisi.

Setelah kurang lebih 10 tahun membuka usaha Home Service, pada tahun 2005 seorang temannya menawarkan sebuah tempat di kawasan Selokan Mataram, untuk dijadikan tempat usaha. Dengan biaya sewa 5 juta rupiah, Mas Yos pun kini memiliki bengkel sendiri dan sebuah gudang. Usahanya pun berkembang, yang awalnya hanya menerima service sound dan televisi, kini ia pun menerima service monitor, CPU, motherboard, dll. Dengan dibantu 4 rekannya, ia sering menerima order mulai dari kalangan teman, tetangga, mahasiswa, hingga orang yang mengetahui bengkel usahanya dari mulut ke mulut.

usaha bengkel elektronik.Tarif yang ditawarkan untuk perbaikan televisi atau monitor pun beragam. Untuk ukuran 14 inch, tarifnya antara Rp 25.000,00 sampai Rp 30.000,00. Sedangkan ukuran 20 inch, Rp 35.000,00. Selain itu, tarif yang ia tawarkan untuk barang elektronik yang lain, tergantung pada kerusakannya. Dengan tarif yang relatif terjangkau tersebut, Mas Yos mengaku bisa memperoleh pemasukkan lima puluh hingga seratus ribu rupiah per harinya.

Mas Yos pun berpesan, “jika kita mempunyai skill atau keahlian sekecil apapun, kembangkanlah. Jangan malu untuk bertanya pada orang yang lebih berpengalaman, dan perbanyak membaca buku yang menunjang keahlian kita”. Selain itu, Mas Yos juga berharap untuk ke depannya ia bisa membuka bengkel yang lebih besar dengan beberapa cabangnya, agar bisa menampung siapa saja yang mempunyai skill di bidang elektronik pada khususnya. Dengan usaha rumahan yang telah dibangunnya, kini Mas Yos mampu memperoleh omset ratusan hingga jutaan rupiah dalam sebulannya. Kini peluang sukses dengan bisnis rumahan pun telah berada di depan mata.

 

 

Sumber : Tim Bisnis UKM