Membuka Usaha Sesuai Skill

bengkel elektronik.Membuka usaha sesuai dengan skill atau keahlian, memang akan memudahkan kita dalam bekerja. Hal inilah yang diterapkan oleh Yos Candra, dengan membuka bengkel service elektronik bernama “Vica Elektronik” di Selokan Mataram. Mas Yos, sapaan Yos Candra, yang lulusan STM Listrik ini mulai mencoba mengasah kemampuannya dengan menerima Home Service pada tahun 1995. Selama menjalani usahanya tersebut, Mas Yos tidak pernah berhenti untuk belajar, dengan cara bertanya kepada orang yang lebih “senior” dan juga membaca – baca buku tentang bidang yang ia tekuni. Awalnya, Mas Yos baru menerima service sound dan televisi.

Setelah kurang lebih 10 tahun membuka usaha Home Service, pada tahun 2005 seorang temannya menawarkan sebuah tempat di kawasan Selokan Mataram, untuk dijadikan tempat usaha. Dengan biaya sewa 5 juta rupiah, Mas Yos pun kini memiliki bengkel sendiri dan sebuah gudang. Usahanya pun berkembang, yang awalnya hanya menerima service sound dan televisi, kini ia pun menerima service monitor, CPU, motherboard, dll. Dengan dibantu 4 rekannya, ia sering menerima order mulai dari kalangan teman, tetangga, mahasiswa, hingga orang yang mengetahui bengkel usahanya dari mulut ke mulut.

usaha bengkel elektronik.Tarif yang ditawarkan untuk perbaikan televisi atau monitor pun beragam. Untuk ukuran 14 inch, tarifnya antara Rp 25.000,00 sampai Rp 30.000,00. Sedangkan ukuran 20 inch, Rp 35.000,00. Selain itu, tarif yang ia tawarkan untuk barang elektronik yang lain, tergantung pada kerusakannya. Dengan tarif yang relatif terjangkau tersebut, Mas Yos mengaku bisa memperoleh pemasukkan lima puluh hingga seratus ribu rupiah per harinya.

Mas Yos pun berpesan, “jika kita mempunyai skill atau keahlian sekecil apapun, kembangkanlah. Jangan malu untuk bertanya pada orang yang lebih berpengalaman, dan perbanyak membaca buku yang menunjang keahlian kita”. Selain itu, Mas Yos juga berharap untuk ke depannya ia bisa membuka bengkel yang lebih besar dengan beberapa cabangnya, agar bisa menampung siapa saja yang mempunyai skill di bidang elektronik pada khususnya. Dengan usaha rumahan yang telah dibangunnya, kini Mas Yos mampu memperoleh omset ratusan hingga jutaan rupiah dalam sebulannya. Kini peluang sukses dengan bisnis rumahan pun telah berada di depan mata.

 

 

Sumber : Tim Bisnis UKM

12 Komentar

  1. emang bagus mas buja usaha sendiri,apalagi usaha yang kita klola bisa bikin lapangan kerja bagi orang lain,,,

  2. trimakasih atas masukan’x,

    yg jd masalah bwt saya hanya mental,klw skill d servis saya masih kurang,tp saya punya tmn” tehknisi boleh d kata handal, peralatan service yg saya punya lumayan lengkap,nilai uang u/k d tempat saya klw tv rata” 250 rb,

    mnurut mas apa trik yg cocok bwt saya jd lebih brani.
    trimakasih.

  3. Saat ini saya sedag membutuhkan Sufort dari teman2, Bisnis saya mecet total, Saya Kemaren Menjual : Kelapa bulat Dan kopra, Batok Arang. Namun Usaha saya gulung tikar Karna Harga jual lebir rendah dari harga beli saya,( Terimakasi sebelumnya atas saran nya) Serius

  4. selamat dan sukses ya pi smga usahanya trus maju trims bngt ats kerja keras papi buat kita tuhan berkati

  5. Setelah membaca artikel mas tadi yang berjudul ” Membuka Usaha Sesuai Skill “, saya menjadi gembira karena bisa mendorong saya untuk membuka usaha sesuai skill. Semoga sukses buat mas dan semoga usahanya bertambah maju dan berkembang.

  6. sukses bener ya mas…!! udah bisa punya karyawan puLa. saLam aja buat mas Jajank ( Noor ).

  7. Sesuai ahlinya emang bagus tapi walupun bukan ahli dibidangnya juga ndak masalah yg penting cinta dg kerjaan ataupun bisnisnya. Faktanya banyak orang bingung dengan kwalifikasi dirinya :D
    saluut dg tema yg inspiring, salam

  8. Salut buat bang Yos…..tapi bang, bagaimana cara bang yos mengatur keuangannya..apakah bang yos kelola sendiri atau bang yos ada karyawan sendiri bagian keuangan,,???

  9. Berusaha, membuka usaha, bisnis sesuai “Skill” yang dimiliki sangat bagus, pertama karena apa yang dilakukan sudah dimiliki “ilmu dasar” nya, kedua tentunya skill ini juga erat dengan “Hobi” jadi sangat dinikmati. Ketiga tentulah penghasilan dari usaha yang dijalankan.

    Skill apapun itu, silahkan dikembangkan, dan dijadikan usaha/bisnis yang menguntungkan.

    Sukses buat Mas Yos,
    Salam,

Comments are closed.