Menembus Hotel Berbintang dengan Bisnis Sandal Spon

sandal sponJika Anda orang yang sering beraktivitas keluar kota kemudian menggunakan jasa penginapan atau hotel pastilah tidak asing dengan produk sandal spon. Sandal yang menjadi bagian fasilitas hotel/ penginapan tersebut terlihat praktis dan terkesan santai. Meskipun terlihat sederhana, namun kebanyakan tamu penginapan atau hotel lebih suka menggunakan sandal spon tersebut untuk beraktivitas santai di sekitar penginapan. Terlebih, sandal spon memang menjadi fasilitas sekali pakai untuk tamu hotel, sehingga meskipun sederhana namun tetap eksklusif.

Yogyakarta yang selama ini dikenal sebagai kota tujuan wisata memiliki potensi luar biasa untuk mengembangkan produksi usaha sandal spon. Banyaknya hotel dan penginapan bisa memberikan peluang bagi berkembangnya usaha produksi pembuatan sandal spon. Namun tidak banyak orang yang memanfaatkan potensi tersebut untuk menjalankan bisnis produksi sandal spon. Salah satu produsen sandal spon yang berhasil kami temui Rabu (2/2) adalah Andika Craft yang beralamat di Murtigading Sanden Bantul. Usaha yang sudah berdiri sejak tahun 2007 tersebut kini fokus mengembangkan produksi sandal spon. “Awalnya kita mengembangkan produk kerajinan semacam box tissue, eceng gondok, cermin, dan sejenisnya, namun saat ini sandal spon yang menjadi fokus utama kita”, penjelasan Andi (29) selaku pemilik usahanya.

Pada awal berdirinya Andika Craft, Andi masih menjalankan usahanya dengan istrinya Ika Purwaningsih. Namun dengan kapasitas produksi yang semakin banyak yaitu berkisar 10.000 s.d. 15.000 pasang per bulannya, Andika Craft merekrut tenaga yang berasal dari pemuda di lingkungan sekitar tempat usahanya. Hingga sekarang, Andika Craft sudah memiliki 11 tenaga kerja produksi.

sandal spon2Saat ini, Andika Craft memproduksi empat jenis sandal spon, yaitu sandal spon putih (jahit), sandal spon putih (emboss), sandal batik jepit, dan sandal batik selop. Dari keempat jenis sandal tersebut yang paling banyak peminatnya adalah sandal spon putih jahit. Dengan harga Rp.1.800,00 s.d. Rp.6.000,00 per pasangnya, produk Andika Craft kini sudah menjadi langganan rutin dari 10 hotel yang berada di wilayah Jogja dan Solo ( 6 di Jogja dan 4 di Solo). Dua hotel  bintang 5 yang berada di Solo setiap bulannya rutin membeli 5.000 pasang sandal spon dari Andika Craft. Sementara untuk hotel bintang 3 dan 4 berada pada kisaran 1.000 pasang per bulannya.

Dan untuk tahun ini, Andika Craft memiliki target untuk membuka pasar produknya hingga ke luar pulau jawa. “Tahun lalu kita sudah melebarkan pasar keluar Jogja, dan tahun ini kami berharap bisa memasarkan hingga keluar pulau jawa seperti Palembang, dll”, penjelasan Andi tentang rencana pemasarannya. Selama ini, Andi Craft masih mengandalkan sistem door to door dalam mempromosikan produknya. Andi yang saat ini memegang kendali manajemen bersama istrinya, tidak lelah mendatangai calon pelanggannya untuk diajak kerjasama. Menurut Andi, dia juga sudah mencoba pemasaran online, “kami mencoba juga untuk memasarkan secara online via situs jejaring social facebook, namun hal tersebut belum kami maksimalkan saat ini”.

sandal spon 3Untuk kendala dalam menjalankan usahanya, Andi secara jujur mengatakan masih di modal dan peralatan produksinya. Sementara untuk bahan baku produksi banyak tersedia di Jogja. Dengan permintaan yang semakin meningkat tinggi, saat ini Andika Craft baru memiliki 1 unit mesin potong manual dan 3 unit mesin jahit. Sehingga, ketika ada permintaan dalam jumlah yang besar, Andika Craft  mengaku sering kualahan memenuhinya. Sambil berharap adanya bantuan dari pihak pemerintah, Andi masih yakin bahwa usaha Andika Craft miliknya akan tetap bertahan dengan aneka macam produk-produk unggulannya. (tim liputan BisnisUKM)

74 Komentar

  1. mohon info harga slop untuk pembelian grosir brapa (slop tertutup)motip polos aja krem sama hijau tx mohon info segera hub hp.081907380441

    • Terimakasih atas respon yang dihubungi, katalog produk akan kami kirimkan melalui alamat email Ibu Maya Rizki. Dan untuk informasi selengkapnya bisa mengubungi CS kami di (0274) 3000422 atau SMS 081-329-612-111. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  2. ĂśsąLą♏uαLaiĸu♏.. Saya tertarik dengan bisnis sandal hotel pa andika, dan saya mau mengajak kerja sama dalam bidang distribusi,saya di kaltim balikpapan, pin 27b73301 no•085247658994 email udy_maksim@yahoo.com, di tunggu confirmx pa, sukses selalu..

  3. salam sukses buat bapak”’ dimana saya bisa membeli bahan spon untuk sandal,, yg murah,,, trimakasih

  4. ini selop memang laris manis di dunia nya..
    bisa ajarkan saya pak?
    tapi lebih baik bapak memberikan saya tutorial.a biar mudah di pelajari.
    saya ingin mengembangkan.a
    saya ank medan :)

  5. slamat siang ,
    pak saya maunanya ni, bisa ndak mau liat2 produknya di kantor bapak?
    mau belajar cara membuatnya, saya di palangka raya.
    mhon jawabannya ya?
    balas aja ke email sayaya?

  6. pak apa boleh saya dikirim price listnya, saya tertarik dan mau bekerja sama, thank’s

  7. selamat sore.
    pak saya mahasiswi akhir yang sedang menyusun skripsi analisis perencanaan kapasitas, yang mengharuskan saya mendapatkan data” dlm produksi pembuatan sandal hotel berikut dengan keterangan biaya dalam produksi.
    saya sanga mengharapkan bantuan bapak agar bapak berkenan membagi ilmu bapak dalam produksi sandal hotel kepada saya.
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak.

  8. salam kenal dari saya.
    pak saya seorang karyawan..dan saya berniat tuk usaha pembuatan sandal seperti bapak.tetapi kendalanya saya belum cukup ilmu.bolehkah saya minta bimbinga dari bpak.
    almat saya tulungagung jawa timur

  9. kang roy,,,,
    kulo tertarik sanget dg produk yg kang roy kelola..menawi kok waget untuk sementara kulo bade nderek memasarkan produk kang roy,,,menawi kok bisa nderek pun kirimaken beberapa contoh sandal batik ingkang kang roy buat, sekalian harga perkodinipun lan ukkuran sandal,,,ingkang kulo betahaken sandal batik putri,,,sakmeniko posisi kulo wonten ing kalmantan timur,,,peluang disini tasih sae,,,ngaten dulu kang roy,,maturnuwun,,nderek dipun informasikan sak cepete,,,yoko

  10. saya tertarik dengan bpk,sandal hotel,klo berkenan,boleh tahu cara2 pembuatannya,utk sponsnya yg d embos itu bl tersedia di toko(suplyer spon)atau embos sendiri.trims,ditunggu balasannya…

  11. kalaw boleh tahu ya,,untuk spon yang di embos,apakah di embos sendiri atau beli bahan yang tersedia diembos?,,terus,,lem yang digunakan,jenis lem apa ya?.dan apakah mesin jahit biasa bisa digunakan untuk menjahit spon?,,,trims,,,

  12. saya tertarik iklan anda dan berminat untuk menjualnya di kota saya jember. mohon dikirim price list dan modelnya. ke email : agussubekti42@ymail.com

  13. to mas roy: bisa mas 25jt udah cukup untuk memulai usaha ini mulai saja dengan pengadaan alat dan bahan seperlunya dan ambil order jgn banyak2 dl. selamat mencoba ;-)

    • Saya tertarik sekali dg sandal spon Bapak. Dan saya berminat untuk membeli . Tolog dikirimkan price list beserta fotonya. Thanks

  14. Saya punya uang 25 jt rupiah. Bisakah saya memulai usaha ini? Apa yang musti saya lakukan? Mohon pencerahannya.
    Terima kasih

  15. Pak, saya sangat tertarik untuk memasarkan produk bapak di Gorontalo. BOleh saya minta katalognya? sekalian kalau bisa price listnya juga?
    terima kasih. wassalam

  16. Selamat Sore pak,

    Apakah boleh saya dikirimkan price list/harga productnya pak?
    Pemasaran saya ke Luar Indonesia. ada harga khusus tidak?

    Terimakasih,
    Salam
    Herlina

  17. pak, sya tinggal dijakarta, sy tertarik untuk memasarkannya product andika craft, bisa kah saya minta alamat email maupun facebook andika craft,atau bapak andi pemilik andika craft?
    terimakasih

  18. pak kalau di wilayah sulawesi selatan sya kepengen pasarkan sendal spons nya bisa minta catalog dan daftar harga serta jenis2 nya pal..terimakasih

  19. Selamat sore,
    Pak sy ingin sekali untuk memasarkan produk sandal spons di Bali ( saat ini sy memasok plastik sampah ke hotel kecil dan villa. Bisakah saya mendapatkan info atau alamat email Andika Craft ?

    makasih
    eli

    Terimakasih atas respon yang Ibu berikan.
    Penjelasan telah kami kirim melalui alamat Email.

    Terimakasih
    Salam Sukses

Comments are closed.