Menembus Hotel Berbintang dengan Bisnis Sandal Spon

sandal sponJika Anda orang yang sering beraktivitas keluar kota kemudian menggunakan jasa penginapan atau hotel pastilah tidak asing dengan produk sandal spon. Sandal yang menjadi bagian fasilitas hotel/ penginapan tersebut terlihat praktis dan terkesan santai. Meskipun terlihat sederhana, namun kebanyakan tamu penginapan atau hotel lebih suka menggunakan sandal spon tersebut untuk beraktivitas santai di sekitar penginapan. Terlebih, sandal spon memang menjadi fasilitas sekali pakai untuk tamu hotel, sehingga meskipun sederhana namun tetap eksklusif.

Yogyakarta yang selama ini dikenal sebagai kota tujuan wisata memiliki potensi luar biasa untuk mengembangkan produksi usaha sandal spon. Banyaknya hotel dan penginapan bisa memberikan peluang bagi berkembangnya usaha produksi pembuatan sandal spon. Namun tidak banyak orang yang memanfaatkan potensi tersebut untuk menjalankan bisnis produksi sandal spon. Salah satu produsen sandal spon yang berhasil kami temui Rabu (2/2) adalah Andika Craft yang beralamat di Murtigading Sanden Bantul. Usaha yang sudah berdiri sejak tahun 2007 tersebut kini fokus mengembangkan produksi sandal spon. “Awalnya kita mengembangkan produk kerajinan semacam box tissue, eceng gondok, cermin, dan sejenisnya, namun saat ini sandal spon yang menjadi fokus utama kita”, penjelasan Andi (29) selaku pemilik usahanya.

Pada awal berdirinya Andika Craft, Andi masih menjalankan usahanya dengan istrinya Ika Purwaningsih. Namun dengan kapasitas produksi yang semakin banyak yaitu berkisar 10.000 s.d. 15.000 pasang per bulannya, Andika Craft merekrut tenaga yang berasal dari pemuda di lingkungan sekitar tempat usahanya. Hingga sekarang, Andika Craft sudah memiliki 11 tenaga kerja produksi.

sandal spon2Saat ini, Andika Craft memproduksi empat jenis sandal spon, yaitu sandal spon putih (jahit), sandal spon putih (emboss), sandal batik jepit, dan sandal batik selop. Dari keempat jenis sandal tersebut yang paling banyak peminatnya adalah sandal spon putih jahit. Dengan harga Rp.1.800,00 s.d. Rp.6.000,00 per pasangnya, produk Andika Craft kini sudah menjadi langganan rutin dari 10 hotel yang berada di wilayah Jogja dan Solo ( 6 di Jogja dan 4 di Solo). Dua hotel  bintang 5 yang berada di Solo setiap bulannya rutin membeli 5.000 pasang sandal spon dari Andika Craft. Sementara untuk hotel bintang 3 dan 4 berada pada kisaran 1.000 pasang per bulannya.

Dan untuk tahun ini, Andika Craft memiliki target untuk membuka pasar produknya hingga ke luar pulau jawa. “Tahun lalu kita sudah melebarkan pasar keluar Jogja, dan tahun ini kami berharap bisa memasarkan hingga keluar pulau jawa seperti Palembang, dll”, penjelasan Andi tentang rencana pemasarannya. Selama ini, Andi Craft masih mengandalkan sistem door to door dalam mempromosikan produknya. Andi yang saat ini memegang kendali manajemen bersama istrinya, tidak lelah mendatangai calon pelanggannya untuk diajak kerjasama. Menurut Andi, dia juga sudah mencoba pemasaran online, “kami mencoba juga untuk memasarkan secara online via situs jejaring social facebook, namun hal tersebut belum kami maksimalkan saat ini”.

sandal spon 3Untuk kendala dalam menjalankan usahanya, Andi secara jujur mengatakan masih di modal dan peralatan produksinya. Sementara untuk bahan baku produksi banyak tersedia di Jogja. Dengan permintaan yang semakin meningkat tinggi, saat ini Andika Craft baru memiliki 1 unit mesin potong manual dan 3 unit mesin jahit. Sehingga, ketika ada permintaan dalam jumlah yang besar, Andika Craft  mengaku sering kualahan memenuhinya. Sambil berharap adanya bantuan dari pihak pemerintah, Andi masih yakin bahwa usaha Andika Craft miliknya akan tetap bertahan dengan aneka macam produk-produk unggulannya. (tim liputan BisnisUKM)

74 Komentar

  1. Saya juga punya temen kerja di hotel bagian marketing,saya tanya dia bisa bantu saya buat masukkan sandal di hotel tempat kerjanya, tolong mas kirimkan nomor hp mas dan alamat lengkap di kota kota mas.

  2. Pak boleh dikirim price list/katalognya ke email sy? Sy coba call ke nomor CS tp sibuk terus..terima kasih sebelumnya

  3. Selamat siang gan..lam jln saya tertarik dgn usaha sandal spon..kl utk beli sandal ambil dari anda mau saya jual lg utk dipasarkan hotel2 di tempat saya….minta daftar harga gan terimakasih.

  4. saya juga punya pelanggan hotel di jkt,kalau saya mau beli di sini gimana caranya berapa minimal order
    tk
    yasin

  5. selamat pagi
    pak saya tertarik untuk bekerja sama dalam memasarkan produk anda,kalau boleh saya minta penjelasan sama daftar harga,terimakasih

  6. usaha yg sangat bagus. andika craft kami kebetulan ada penawaran untuk 3 hotel dibali untuk akhir tahun ini….. selama ini kami dapat produk dari bali tapi harganya cukup tinggi…… maklumlah material datangnya dari jawa jadi wajar harga tinggi.
    kami rencana kirim sampel ke andika craft ini sedikit beda kalo andika craft kebanyakan slop… jadi apa bisa kirim sampel cukup gambar atau foto saja atou haru kirim sampel pisik….
    dan harga reseler apa bisa turun? order minimal 1000 -5000pc
    terimakasih kami tunggu balasanya

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan. Katalog dan pricelist Sandal Hotel telah kami kirimkan melalui alamat email Bapak Ketut. Informasi pemesanan bisa menghubungi customer servis kami melalui (0274) 3000-422 atau SMS 081-329-612-111. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  7. selamat pagi pak. saya di pekanbaru riau..
    saya tertarik dengan usaha sandal hotel…
    mohon info untuk kerjasama pemasaran/ reseler sandal hotel dri andika craf. mohon penjelasan lebih lengkap pak ke alamat email saya.. tentang prodak dan list harga… terima kasih

    • Pagi pak iksan, saya dngan david dari bangkinang riau, mohn kasih pengalamannya pak tentang bisnis sandal hotlnya, makasih

  8. Ass…
    Sya dri kalsel pak, saya sangat tertarik dengan bisnis yg bpk tawarkan, dan saya ingin bekerjasama dengan bapak untuk distribusi produk ke hotel- hotel yang ada di kalsel. Untuk itu saya berharap bisa mendapatkan penawaran harga dan sample barang dari bapak. Terima Kasih.

  9. maaf pak, saya aziz. mohon infonya. saya ingin sekali memasarkan produk sandal bapak,
    terimakasih,

  10. selamat pagi pak,..salam sukses,..setelah saya baca_baca usaha bapak.saya kepingin seperti bapak, mohon bimbingan ,untuk pembelian mesinya di mana ya pak?harganya kisaran brp?, sekalian di kasih tutorialnya, mohon di kirim via E-mail.suwun

  11. assalamualaiku..wr..wb, salam kenal pak,
    saya tinggal di kepulauan riau (batam) ingin kerja sama dengan bapak, mohon bantuannya pak utuk membuka distributor di pulau batam

    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, salam kenal Bapak Andi. Untuk informasi pemesanan sandal hotel bisa menghubungi customer servis kami melalui (0274) 3000-422 atau SMS 081-329-612-111. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  12. Selamat Malam Pak. Saya Muhaidir dari sulawesi tenggara. saya ingin mengajukan kerja sama dengan bapak. dimana kita tahu bahwa sultra saat ini merupakan wilayah yang sedang berkembang dalam bidang perhotelan. mohon bantuannya pak utuk membuka distributor di sultra

  13. saya wiraswastawan kecil-kecilan di bidang jasa pengadaan barang, saya tertarik dengan produk bapak, bisakah bapak email saya jenis-jenis produk sandal hotel beserta harganya dan pemesanan minimalnya. trima kasih

  14. slm sejahtera,pak/bu saya berkeinginan untuk memasarkan produk bpk di daerah saya klu blh saya minta katalog produk, pengambilan plg sedikit berapa dan klu bpk ada referensi ekpedisi yg murah serta klu tak keberatan proposal tertulis untuk penawaran ke hotel trims dari lukmantobunawan@gmail.com

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk penawaran harga sandal spon hotel sudah kami kirimmkan melalui alamat email Bapak Prayono. Informasi selanjutnya bisa menghubungi customer servis kami melalui (0274) 3000-422 atau SMS 081-329-612-111. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

    • saya tertarik untuk memasarkan sendal hotel ini.tolong minta harga,dan katalog nya terutama jenis selop.kirim email..

  15. selamat malam
    pak saya tertarik untuk bekerja sama dalam memasarkan produk anda,kalau boleh saya minta penjelasan sama daftar harga,terimakasih

    • Terimakasih ibu Dewi, informasi mengenai sandal hotel telah kami kirimkan melalui alamat email Ibu. Dan untuk mendapatkan informasi selengkapnya, bisa menghubungi customer servis kami di (0274) 3000-422 atau SMS 081-329-612-111. Semoga bisa terjalin kerjasama yang baik kedepannya dan salam sukses!

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, informasi mengenai sandal hotel akan kami kirimkan melalui alamat email Bapak Mushoffat. Dan untuk mendapatkan informasi selengkapnya, bisa menghubungi customer servis kami di (0274) 3000-422 atau SMS 081-329-612-111. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  16. selamat pagi pak.
    saya dari aceh pak, saya sangat tertarik dengan bisnis yg bpk tawarkan, dan saya ingin bekerjasama dengan bapak untuk distribusi produk ke hotel- hotel yang ada di aceh.
    Untuk itu saya berharap bisa mendapatkan penawaran harga dan sample barang dari bapak.
    Terima Kasih.

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, informasi selengkapnya telah kami kirimkan via email. Semoga bisa membantu dan salam sukses.

  17. Selamat pagi pak.
    Kami dari PT. Trans Dana Pati, ingin bekerjasama dengan bapak untuk distribusi produk ke hotel- hotel yang ada di Sumatera Barat.
    Untuk itu kami berharap bisa mendapatkan penawaran harga dan sample barang dari bapak. ( sample barang kami tanggung biaya dan pengirimannya ).

    Terima Kasih.

    • Selamat pagi Bapak Anton, untuk informasi penawaran harga dan katalog produk akan kami kirimkan melalui alamat email Bapak Anton. Informasi selengkapnya dapat menghubungi customer servis kami di (0274) 3000-422 atau SMS 081-329-612-111. Terimakasih dan salam sukses!

  18. Bapak yang terhormat, saya tertarik dengan usaha anda. disini saya akan buat usaha kecil untuk meningkatkan taraf hidup orang2 di sekitar kampung saya. bolehkah saya mencontoh dari usaha Bapak. bagaimana caranya, bahan2 yang dibutuhkan dan bagaimana cara untuk mendapatkan bahan2 itu serta bagaimana cara pemasarannya

  19. pak saya berminat dengan bisnis usaha bapak, mengenai sandal tersebut . Bagaimana untuk pemesanannya saya ingin memasarkan produk tersebut, terima kasih

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk menjadi reseller sandal spon hotel. Ibu Aris Lestari bisa menghubungi customer servis kami melalui telepon (0274) 3000-422 atau SMS 081-329-612-111. Salam sukses!

Comments are closed.