Terong Belanda, Tanaman Sehat Bikin Cepat Kaya! Anda Tertarik?

Pernah makan terong? pasti kebanyakan orang pernah makan sayur terong, tapi jika ditanya pernah minum terong? mungkin sedikit orang yang pernah mencicipi minuman segar dari terong. Terong yang kita kenal biasanya diolah menjadi sayur tapi ada juga terong yang enak untuk dijadikan minuman segar kaya manfaat. Yup! Terong Belanda.

Terong Belanda atau Tomat Pohon atau Tamarillo adalah tanaman berbuah keluarga Solanaceae. Terong ini banyak dikonsumsi sebagai buah. Buah yang terasa asam ini semakin terasa nikmat setelah diolah menjadi minuman segar seperti jus dan sirup.

Terong belanda hidup di daearah pegunungan pada ketinggian 500 hingga 1000 meter di atas permukaan laut dengan suhu 20 hingga 27 derajat Celsius. Di dataran rendah, tanaman ini tidak akan mampu berbunga, sedangkan udara sejuk dapat mendorong pembungaan.  Oleh karena itu, tanaman ini berbuah matang pada musim dingin ‘di daerah subtropik, dan jika ditanam di daerah tropik buah matang sesudah terjadi udara dingin.

Buah terung belanda berbentuk oval atau bulat telur, berukuran 3-10 cm x 3-5 cm, meruncing ke dua ujungnya, bergelantungan, bertangkai panjang, daun kelopaknya tidak rontok, licin, daging buahnya mengandung banyak sari buah, agak asam, berwarna kehitam-hitaman sampai kekuning-kuningan, kulit buah tipis. Sewaktu muda warnanya kuning dan seiring dengan matangnya buah, kulit buah berubah menjadi keunguan. Bijinya bulat pipih, tipis, dan keras.

Rasa buah akan menjadi lebih baik pada hari-hari cerah yang panas dan malam-malam yang dingin pada musim kemarau di daerah tropik daripada selama musim dingin di dataran tinggi. Petani bisa memanen buah sepanjang tahun. Dalam setahun, satu pohon bisa menghasilkan kira-kira 70 kg buah. Salah satu sentara penanaman buah terong belanda ada didaerah Wonosobo dan Bogor.

terong-belanda-penurun-kolesterol

Kandungan Gizi

Dalam setiap 100 gram bagian terung belanda yang dapat dimakan mengandung air 85 gram, protein 1,5 gram, lemak 0,006 – 1,28 gram, karbohidrat 10 gram, serat 1,4 – 4,2 gram, abu 0,7 gram, vitamin A 150 – 500 SI dan vitamin C25 mg.

Manfaat

Terong Belanda mengandung provitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan vitamin C untuk mengobati sariawan, panas dalam dan meningkatkan daya tahan tubuh. Mineral penting seperti potasium, fosfor dan magnesium mampu menjaga dan memelihara kesehatan.

Serat yang tinggi didalam buah bermanfaat untuk mencegah kanker dan sembelit / konstipasi. Buah ini juga mengandung antosianin yang termasuk kedalam golongan flavonoid yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Serat yang tinggi di dalam terong belanda bermanfaat untuk mencegah kanker dan sembelit/konstipasi.

Buah terong belanda dapat dimanfaatkan dalam berbagai bentuk. Buah mentah dapat digunakan untuk masakan acar, kari ataupun sambal. Buahnya yang matang cocok diolah menjadi sirup, selai, minuman jus, rujak, sebagai hiasan es krim atau menjadi bahan campuran salad. Berikut dijelaskan cara pembuatan sirup terong belanda.

Sirup Terong Belanda

Resep Bahan Sirup Terong Belanda :

  • Terong belanda 4 kg,
  • Gula pasir 4 kg
  • Air 4 liter
  • Citrunzuur 4 sendok teh
  • Natrium benzoat

Cara Membuat Sirup Terong Belanda :

  • Keruk daging buah terong belanda.
  • Blender daging buah dengan ditambah 500 ml sehingga didapatkan bubur terong belanda. Sisihkan.
  • Didihkan sisa air, masukkan gula pasir. rebus di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih sampai gula larut.
  • Masak bubur buah sambil diaduk hingga mendidih lalu angkat.
  • Tambahkan citrunzuur dan natrium benzoat, aduk rata.
  • Kemas sirup dalam botol, tutup rapat.
  • Sirup siap dipasarkan
terong-belanda

Terong Belanda juga merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki prospek usaha yang sangat baik. Dengan nilai jual tinggi dan tidak terlalu sulit untuk mencari target pasar, menjadikan bisnis buah ini sangat patut untuk dipertimbangkan.

Saat ini harga terong belanda segar berkisar antara Rp 30.000 sampai Rp 40.000 per kilogram. Sedangkan untuk produk olahan seperti sirup dijual mulai dari Rp 27.000 sampai Rp 55.000, bahkan ada yang membanderol sampai dengan Rp 95.000 per botolnya (harga di tokopedia.com).

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba bisnis ini?

42 Komentar

  1. saya butuh tanaman utuh terong belanda untuk bahan penelitian, bagaimana cara mendapatkannya? mohon bantuannya.

  2. saya tertatik untuk mencoba usaha pengolahan minuman sirup tamarillo. kira-kira bahan pengawet apa yang cocok untuk dipakai agar tahan lama? trus apa ada buku petunjuk pengolahan yang lebih detail yg bisa dipesan? trims.

  3. Tks banget dapat info ini, sy seorang ϒɑ̲̮̲̅͡ñԍ sangat sangat suka dengan terung belanda ini, belakangan baru sy tahu kalau nama lainnya Tamarillo. Sy dah jatuh cinta pada tamarillo ini sejak masih kecil karena dah dibiasakan mengkonsumsi secara langsung di kebun, atw dibuat rujak, juss dll. Kalo liat tamarillo di pasar pasti akan sy beli sebanyak yg sy mau karena buah ini dah lekat banget di hati, marten/bajawa flores

  4. kami atas nama pekalongan peduli jg ingin ikut serta dalam budidaya tanaman terong belanda…. mohon untuk bimbingannya&informasinya yg lbih detail….

  5. fenomena antik, buah ini sangat bermanfaat yg jarang dimiliki kadar vitamin yg lebih ketimbang buah2an yg lain. mantap

  6. terong sangat bangus dikomsumsi oleh para pekerja terutama didaerah perkotaan yang sangat menguras tenaga

  7. Bagaimana cara mendapatkan benih terong belanda untuk daerah provinsi jawa barat, mohon informasi,syukron

  8. hmmm….., kebetulan saya menyukai terong belanda.., dan saya ingin melakukan penelitian tentang terong belanda..
    tolong bantuannya…., apa yang harus teliti dr terong belanda sbgai syarat untuk lulus dr D3. trimzz

  9. saya hestie,, saya berada di kota Tomohon provinsi sulawesi utara,, dimana saya bisa mendapatkan bibiit terong belanda ini,, di sekitar daerah saya di sulawesi utara..
    trims

  10. saya titi, ortu saya petani kopi di daerah kepayang kabupaten dari provinsi bengkulu…
    di lahan perkebunan kami banyak sekali tumbuh terong belanda ini…
    tp, kami tidak tau tepat memasarkan terong ini…
    tanaman ini tumbuh subur didaerah tersebut kalau saya pribadi dari saya mengenal sesuatu saya sudah kenal dengan buah ini kami menyebutnya “terong asam” kalau boleh minta saran untuk pengolahan buah ini dong…
    krim aja saran nya lewat email saya!!
    thanx sebelunya

    • Bisa krim kn nomor hp nya mbak
      Saya mau pesan terong blanda untuk d psar kn di pekanbaru

  11. mohon alamat (+ no.HP)penjual buah Terong Belanda dan atau penjual bibit Terong Belanda. Terimakasih
    Salam.
    Bambang Triono
    HP.08123 777 637, 0380-8-26266 (fleksi)

    • tlpon atw sms aja aku pak, saya bisa beri penawaran ke bapak krna saya punya kebun skaligus pemasarannya
      klo brminat ni no hp ku 083190549911
      tx..

  12. Saya berhasrat untuk menanam terong belanda. Saya punya rumah makan dan sering membeli lewat sebuah super market. Tetapi sering yg dijual disana sangat jauh dari matang, dan tidak bisa matang. Saya punya tanah utk pertanian dan mau saya uji coba dg beberapa tanaman dulu…tolong infonya utk beli bibit..tks

    • halo pak rudy apa masih membutuhkan terong belanda? saya punya kebun dan bisa kasih harga yang bersaing. hubungi
      agus herawan
      081346278416

  13. Saya ingin mengetahui lebih lengkap tentang manfaat dan cara mengolah terong belanda, dan apabila ingin menanam pohonnya bisa dibeli dimana, ok terima kasih.

  14. Wah, terung belanda makin naik daun.Sebenarnya kalau di luar negeri, selain dibuat jus, biasa digunakan untuk campuran salad, dessert atau masuk dalam resep makanan. Rasanya yang asam bisa menggantikan fungsi tomat dalam sambal (seperti biasa dikonsumsi masyarakat Takengon dan Aceh). Biasa mengkonsumsinya dalam bentuk apapun justru menyehatkan karena kandungan Beta Karoten yang tinggi sehingga meningkatkan kandungan antioksidan buah. dan tinggi vitamin C-nya. Kalau dikonsumsi otomatis bikin sehat, awet muda, terhindar dari kanker dan hampir kebanyakan penyakit lainnya. Terung Belanda tidak memicu diabetis, kecuali kalau dikonsumsi sebagai jus dengan banyak tambahan gula. (Kalau gitu tambah gulanya dikit aja… tambahkan manis dalam senyuman..).

  15. saya domisili di jakarta. Dimana saya dapat suplier buah terong belanda ini. Mengingat di kota besar ini jarang ditemui

    • salam kenal pak, saya punya kebun dan bisa supply terong belanda kualitas super, jika berminat hubungi
      agus herawan
      081346278416

  16. saya tinggal di banyuwangi.saya pengen mengenal lebih dekat terong belnda ini.di mana alamat yang bisa saya tuju atau saya hubungi?

  17. Ayah saya sering keluar kota tapi sekitar sumut,jadi sering bawa terong belanda dalam jumlah banyak,hampir setiap hari kami mengkonsumsi jus terbel ini,saya ingin bertanya apakah keseringan mengkonsumsi terbel bisa memacu diabetes mellitus?

  18. Saya berdomisili di derah pegunungan Papua….dan disini baak sekali terdapat Terog Belanda…bagaimana saa dapat memulai usaha sirup buah ini….apa saja yang sy butuhkan untuk bs membuka usaha sirup Terong belanda ini….mohon infox khususnya dalam hal kemasan yg sederhana dan biaya minim…trimakasih.

  19. SUDAH TERBUKTI: INDONESIA TANAH YANG SUBUR…

    TANAMAN BUAH apa yang tidak bisa tumbuh di Indonesia tercinta ini…?!?
    SEMUANYA BISA! Mau buah lokal (apalagi!) ataupun buah import, semuanya bisa tumbuh subur disini.

    MASALAHNYA:
    1. Tidak semua elemen bangsa ini punya akses pertanian (perkebunan) yang luas dan baik.
    2. Kurang (tidak sama sekali?) dukungan dari pihak perbankan dalam penyaluran kredit usaha tani (holtikultura, dsb) atau dengan kata lain SERET dalam penyalurannya atau juga dipersulit dengan berbagai alasan.
    3.Kurang dukungan dari pemerintah dari segi pemasaran sebagai upaya penyerapan hasil produk hijau ini.
    4. dll…
    5. dlsb…

    NAH, MARI KITA BERTANAM WALAU HANYA MEMILIKI SEJENGKAL TANAH!
    Jika semua penduduk Indonesia diwajibkan bertanam pohon (buah), bisa dibayangkan betapa “ijo royo”-nya bangsa ini. Lingkungan menjadi sehat dan asri. Belum lagi NILAI EKONOMIS dari hasil tanaman buah tsb bila dihimpun dengan skala nasional….

    SEKALI LAGI MARI BERTANAM dan TINGKATKAN EKONOMI KERAKYATAN LEWAT BUDIDAYA TANAMAN BUAH….!!!

    Manajemen Bisnis INDONESIA

  20. Saya berada di kota semarang………dimana saya bisa mendapatkan bibit buah terong belanda? dan dimana pemasarannya apa di daerah semarang ada yang membeli buah terong belanda dalam jumlah yang banyak?

Komentar ditutup.