Mengungkap Potensi Getah Pepaya di Mata Dunia Industri

papaya-lgPepaya (carica papaya) merupakan tumbuhan yang berbatang tegak dan basah menyerupai palma, bunganya berwarna putih dan buahnya yang masak berwarna kuning kemerahan, rasanya seperti buah melon. Pohon papaya tergolong tumbuhan multifungsi, hampir semua bagian tanaman dapat dimanfaatkan.

Daunnya biasa dimasak sebagai sayur atau lalapan juga diramu menjadi obat, biji buah papaya dimanfaatkan sebagai obat cacing, buahnya yang muda dapat dibuat rujak, sedangkan yang tua dan matang dibuat manisan, dodol atau dimakan dalam keadaan segar.

Dibalik kelezatan buahnya, ternyata pohon papaya menyimpan sesuatu yang memiliki nilai guna dan ekonomis tinggi. Batang, daun, dan buah pepaya mengandung getah putih seperti susu (white milky latex) yang mengandung enzim pemecah protein atau proteolitik yang dikenal dengan naman papain. Enzim ini banyak digunakan dalam berbagai kegiatan industri, seperti industri farmasi sebagai bahan obat, kosmetik, tekstil, penyamakan kulit dan lainnya. Apabila dibandingkan antara getah batang, daun, dan buah, getah yang berasal dari buah merupakan yang paling berkualitas.

Kandungan Getah pepaya
Kandungan utama getah papaya adalah enzim – enzim protease (pengurai protein yaitu papain dan kimopapain. Kadar papain dan kimopapain dalam pepaya muda berturut-turut 10% dan 45 %. Kedua enzim ini mempunyai kemampuan menguraikan ikatan-ikatan dalam melekul protein sehingga protein terurai menjadi polipeptida dan dipeptida.

Selain itu dalam getah papaya terkandung lebih dari 50 asam amino, antara lain asam aspartat, treonin, serin, asam glutamat, prolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lysin, arginin, tritophan, dan sistein. Zat-zat tersebut berguna dalam bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak.

Manfaat / Aplikasi

  1. Papain berfungsi sebagai pelunak/pengempukan daging.
  2. Sebagai bahan aktif dalam preparat farmasi seperti obat gangguan pencernaan, dispesia, dan obat cacing.
  3. Dalam rangka pembedahan papain bisa digunakan sebagai obat pengendali oedema dan imflamasi.
  4. Sedangkan untuk kosmetika, yang banyak digunakan saat ini adalah bahan aktif untuk krim, pembersih kulit muka, mengatasi pecah-pecah pada tumit kaki, menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal. Sebab, papain bisa melarutkan sel-sel mati yang melekat pada kulit dan sukar terlepas secara fisik. Noda dan flek di wajah bisa dikikis oleh papain hingga menjadi mulus dan bersih.
  5. Papain digunakan sebagai bahan pembuat pasta gigi, sebab bisa membersihkan sisa makanan apa saja yang melekat di gigi.
  6. Bahan perenyah pada pembuatan kue kering seperti cracker.
  7. Bahan penggumpal susu pada pembuatan keju.
  8. Bahan pelarut glatin, dan bahan pencuci lensa.
  9. Berkhasiat sebagai antitumor dan kanker. Ini karena lebih dari 50 asam amino terkandung di dalamnya.

Keunggulan
Ada beberapa keuntungan dalam penggunaan enzim papain ini, yakni tidak bersifat toksik, tak ada reaksi samping, tak ada mengubah tekanan, suhu dan pH yang drastis, dan pada konsentrasi rendah sudah bisa berfungsi baik.

Bentuk Komersial
Saat ini, getah yang terdapat dalam daun dan buah pepaya mentah diekstrak untuk dimanfaatkan sebagai bahan campuran pengempuk daging secara komersial dalam bentuk tepung. Tepung tersebut dapat dikemas seperti kemasan bumbu masak (kemasan plastik) atau kemasan botol, dan setelah diberi label sebagai pengempuk daging, dapat dijual dipasaran.

Potensi pasarnya cukup besar karena pengempuk daging dalam bentuk tersebut belum banyak beredar dipasaran. Getah papaya yang telah dibuat tepung tadi tidak mengurangi keaktifan enzim papain serta dapat digunakana secara praktis dan dimana saja. Teknologi pembuatannya sederhana sehingga dapat dijadikan teknologi tepat guna, serta dapat juga dikomersilkan. Kita dapat menjumpai tepung getah papaya dalam bentuk kemasan sebagai pengempuk daging di super market atau di toko bahan kimia.

Pembuatan Tepung Getah Pepaya

  1. Papain diperoleh melalui penyadapan getah buah pepaya minimal berumur 3 bulan. Pengambilan getah dapat dilakukan beberapa kali selama buah masih muda dan mengandung banyak getah.
  2. Kemudian getah dijemur atau dikeringkan pada suhu 60 – 70 oC selama 12 jam. Selama penjemuran atau pengeringan, kebersihan getah dan lingkungan harus betul-betul dijaga.
  3. Setelah kering, kemudian ditumbuk dan disaring hingga didapat tepung halus, sehalus tepung beras atau tepung terigu.

Nb: Untuk menghasilkan tepung getah dengan kualitas yang baik dapat digunakan teknologi spray dryer atau freeze drying.

Penyimpanan
Penyimpanan papain standar internasional berupa kemasan primer dalam plastik vakum dan kaleng sebagai kemasan sekunder. Pengamanan berlapis itu mencegah reaksi oksidasi yang menurunkan nilai aktivitas proteolitik. Beragam industri seperti pengempuk daging, sabun, kosmetik, dan minuman menggunakan papain maksimal 6 bulan, saat nilai proteolitik stabil.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar:http://www.lautanindonesia.com/images/serbarasa/a_070824_pepaya01.jpg

43 Komentar

  1. dari beberapa produk berbahan getah pepaya, yang paling jarang dikembangkan yang mana? apakah produk berbahan getah pepaya tersebut berpotensi untuk dikembangkan secara home industri?
    trmksih

  2. salam sukses,saya mau tanya proses pengeringan nya pake sinar matahari ato oven? mohon penjeksan nya trima kasih

  3. pak aku pingin memulai tanam pepaya, nanti diarahkan ya dari pengolahan lahan dan macem macemnya, bikin papain sampek pemasarannya ya. matur suwun.

  4. Berapa harga jual Dipasaran indonesia saat ini? ,bagaim mana prosedur pemasarannya ? Berapa takarannya untuk pengempukan daging? Trima kasih

  5. saya mengajak kerja sama untuk penanaman pepaya untuk papain dilahan 4 ha di jambi. kerja sama bisa dalam bentuk modal,alat kerja atau teknologi terbaru.
    jika tertarik dapat mengirimkan email ke armanlahi@yahoo.co.id

    khusus yang serius….

  6. saya sangat tertarik dgn jenias usaha ini…. mohon info lebih lengkep mengenai jenis usaha ini dari sumber bahan yg ada dan proses yg detail jg daerah atau jaringan pemasarannya…. mohon dikirim info tsb ke email saya …. surirani@ymail.com hp: 085696651698 dan 087899184000 ditunggu kabarnya …terima kasih ….. surirani

  7. salam hormat : saya butuh alamat penerima buah pepaya wilayah bali dan surabaya .saya berdomisili di lumajang JATIM HP:081 2334 23459

  8. aslm. pak sy tertarik bgt dengan usha ini
    bpak bisa mengirimkan ke email sy analisis ushanya ga
    atw proposal bisnisnya
    atw tatacaranya
    mksh bgt

  9. saya tertarik dengan bisnis getah pepaya, mohon penjelasan mualai awal pembuatan sampai akhir, analisa bisnis dan dimana pangsa pasarnya trus penjualan hasilnya. trims. 085234235544

  10. saya punya pohon pepaya, apakah selain getah pepaya , buahnya apa bisa dikirim. 085234235544. trims

  11. saya punya lahan 1 ha, rencana ingin aku tanami pepaya untuk pembuatan papain.
    mohon info serta cara pembuatan dan pemasaran.
    mindar, mindararahab@yahoo.com

  12. Saya juga tertarik dengan peluang usaha papain. Mhn info detail pengolahan serta analisa usaha. Terima kasih.
    081340450147

  13. mhon kiranya dipaparkan dari awal hingga akhir proses pembuatan tepung tersebut, sekalian minta alamat pengepulnya/penampungnya trimakasih. mohon dibalas ke email saya. Tks

  14. sebelumnya saya berterima kasih sekali bila bpk/ibu mau membalas email saya,saya sangat minat dan serius usaha pepaya dan pengolahan papain nya,mohon kpd bpk/ibu untuk memberikan analisa usaha dan nama/alamat perusahaan yang mau membeli hasil usaha saya, balasan dari anda sangat saya harapkan,terima kasih.
    bpk.yasir.email, putra_wonosobo01@yahoo.com

  15. PAK / IBU YTH.
    Saya ingin menanyakan berapa harga jual getah pepaya per kilonya ? Seandainya saya mau jual, apakah ada perusahaan yang mau terima ? Dimana ? Mohon minta alamatnya.

    Terima kasih.

    Urip A
    081316914525

  16. Yth. Bapak/ibu
    ane punya lahan nganggur nih,trus ane jg tertarik sama papain jadi rencananya tuh lahan mu ditanamin pepaya. jadi mohon dengan sangat saya pingin diajarin cara pembuatan tepung getah pepaya………. trus minta info harga tepung getah pepayanya per Kgnya. HP. 081251592648

    trimakasih….

    udi

  17. Saya sangat tertarik untuk dapat memproduksi tepung getah pepaya ini. Apakah saya dapat belajar langsung dan mendetail mulai dari awal hingga menjadi tepung dan packagingnya serta marketingnya. HP saya No. 081316914525.

    Terima kasih
    Regard

    Urip A.

  18. Ass. Wr. Wb

    Yth, Bpk / Ibu

    Saya sangat tertarik untuk menggeluti usaha ini, mohon detail jelas usaha ini dan perhitungan analisa bisnisnya?
    dimana untuk pangsa pasarnya dan penjualan hasilnya? terimakasih
    klo bisa di email ke saya

    Hormat saya.
    0265-9111422

  19. saya tertarik dengan peluang yang ada… boleh saya minta alamat email dari representatif? karena saya akan senang sekali bila dapat belajar banyak mengenai peluang dari pepaya… terima kasih..

  20. Saya juga mau belajar budidaya pepaya california, mohon agar sudi mengirimkan analisa usaha/biaya dari budidaya yang Bapak punya lewat email. Untuk bahan referensi saya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Salam

Komentar ditutup.