Menjadi Desainer Grafis Freelance

desain grafisKemajuan teknologi informasi yang semakin pesat menuntut berbagai pihak untuk berperan serta dalam kemajuan teknologi tersebut. Tuntutan ini membuat perusahaan, bahkan perorangan, membutuhkan berbagai informasi terkini dan cepat. Sehubungan dengan fenomena ini, kebutuhan akan jasa teknologi informasi pun semakin besar, baik dalam bentuk cetak,multimedia, audio visual, atau virtual. Kebutuhan-kebutuhan inilah yang dapat dijadikan peluang usaha di masa kini dan akan datang. Ibu-ibu pun tak mustahil dapat mengelolanya apalagi jika mempunyai modal komputer dan juga keahlian dalam bidang desain grafis.

Desain grafis merupakan cara untuk menyampaikan pesan yang di kemas dalam tata letak tulisan dan foto/ilustrasi/gambar. Produk akhirnya adalah yang kita kenal sebagai brosur, kalender, kartu nama, kop surat, logo, poster, kartu pos, souvenir, koran, majalah, buku, dan lainnya. Desain grafis diperlukan untuk mempromosikan produk barang atau jasa, baik individu maupun perusahaan. menjadi seorang desain grafis tidak melulu Anda harus menjadi orang kantoran. Akan tetapi dapat jkuga menjadi serang freelance.

Yang dibutuhkan untuk menggeluti dunia ini, adalah kemampuan menguasai software corel draw, photoshop, dan lain-lain. Latihlah ketekunan dan kesabaran Anda. Kemudian kemampuan untuk menyesuaikan kreatifitas desain dengan perkembangan jaman. Asah terus kemampuan Anda untuk menangkap informasi yang diinginkan oleh pelanggan untuk di transfer ke dalam bentuk karya visual. Serta kemampuan mempromosikan diri dan bernegoisasi dengan pelanggan.

Untuk pelaksanaannya ada beberapa poin yang dibutuhkan, antra lain:

  • Menetapkan harga yang kompetitif. Anda dapat melakukan survei harga terlebih dahulu sebelum menentukan harga.
  • Membuat contoh-contoh desain karya Anda.
  • Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang membutuhkan jasa desain.

grafisUntuk melakukan promosi dan pemasaran, lakukan promosi via internet dengan menawarkan harga yang kompetitif. Kemudian lakukan juga promosi langsung kepada orang yang membutuhkan, dengan memberikan diskon untuk pemesanan dalam jumlah besar.

Berbisnis jasa merupakan bisnis sepanjang masa, dan desainer grafis merupakan salah satunya. Karena semakin banyak masyarakat yang membutuhkan karya dan konsep yang segar dan hal itu bisa menjadi peluang bagi Anda yang memiliki kemampuan dan berminat untuk menekuni bisnis ini.

Ada beberapa hambatan yang perlu Anda perhatikan, agar Anda lebih siap dalam melangkah.

  • Kurangnya kreativitas. Anda dapat menyiasatinya dengan mengembangkan krestifitas Anda sebebas mungkin sehingga Anda dapat menyajikan pesan visual.
  • Lakukan sistem “jemput bola”. Tawarkan jasa Anda pada kantor atau percetakan sebagai tenaga freelance.
  • Aktif melihat peluang, misalnya ketika ada sebuah kegiatan yang akan diadakan segera Anda menawarkan jasa untuk membuat media publikasi acara tersebut, seperti poster, pamflet, leaflet dan sebagainya.

sumber gambar: http://www.wesayhowhigh.com/lib/imgs/graphic-design.jpg & http://1.bp.blogspot.com/_Td6Q4x_5DU8/Rwc7emtplRI/AAAAAAAAAAg/3IedSgMgDns/s1600/Wireframe.jpg

9 thoughts on “Menjadi Desainer Grafis Freelance”

  1. Saya tertarik menjadi desainer Grafis Freelance…… tahap dan yang musti saya siapkan……

    Yudi Soedjatmiko
    081310752112

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba