Menjadi Penulis Skenario Bisa Kaya Juga

skenario

Tumbuhnya stasiun televisi baru, munculnya puluhan stasiun lokal, makin menjamurnya jumlah PH dan produksi Sinetron dan tayangan televisi lainnya membutuhkan penulis-penulis baru. Menjamurnya stasiun televisi membuat berbagai rumah produksi (production house/ PH) kehausan penulis skenario yang handal. Akibat ‘miskinnya’ penulis skenario, kualitas sinetron banyak yang asal-asalan. Apalagi banyak sekali PH yang kerepotan memasok tayangan sinetron dengan sistem kejar tayang. Artinya, stasiun televisi sudah menayangkan episode per episode ketika syuting seluruh episode belum seluruhnya selesai.

Dengan kondisi seperti itulah, maka di sinilah peluang bisnis cerah bagi Anda yang berminat menjadi penulis skenario film dan sinetron. Apalagi jika melihat dari faktanya, di Indonesia jumlah penulis skenario sangat kurang sekali. Padahal setiap tahun, diproduksi 5000 acara sinetron, 20.000 acara non sinetron (news, infotainment, talkshow dll) dan ribuan acara-acara tv lainnya yang membutuhkan penulis-penulis dalam jumlah banyak.

Konsumen
Stasiun televisi dan sejumlah production house atau PH yang memproduksi tayangan televisi baik sinetron, film, talk show, kuis, news, serta reality show membutuhkan skenario yang Anda buat. Karena hampir setiap hari televisi memproduksi acara baru, sehingga skenario memiliki prospek pasar yang cukup tinggi.

Info bisnis
Penulis skenario di beberapa PH di Jakarta seperti MD ENTERTAINMENT, SINEMART dll, mempunyai pendapatan yang sangat besar dan bebas pajak. Untuk menjadi penulis skenario tersebut, seharusnya memang punya bakat menulis sebagai dasarnya. Kalaulah tidak punya bakat, jangan putus asa, karena saat ini banyak tempat kursus dan workshop tentang skenario.

Dalam menekuni dunia sebagai seorang penulis skenario, Anda harus tahu mengenai hambatan-hambatan pada tahap awal. Karya-karya perdana Anda nanti mungkin tidak langsung dihargai puluhan juta oleh sutradara atau PH. Beberapa penulis skenario pendatang baru mengaku karya perdana mereka cuma dihargai Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Meski dihargai murah, jangan patah arang. Ini dapat dimengerti karena nama dan karya Anda mungkin belum banyak didengar oleh praktisi PH.

Kelebihan bisnis
Untuk menjalankan bisnis ini, tidak membutuhkan biaya yang cukup besar. Karena dalam membuat skenario lebih mengutamakan kreatifitas dan skill dalam menulis, peralatan yang dibutuhkan hanya komputer atau laptop untuk menulis skenario tersebut.

Kekurangan bisnis
Hambatan utama pendatang baru di dunia ini biasa muncul dari diri kita sendiri. Turunnya kemauan untuk menulis,  cepat bosan, jenuh dan cepat putus asa kalau materi tulisannya kurang laku. Usir hambatan itu dengan terus menimba ilmu, agar pengetahuan dan skill Anda dalam menulis skenario dapat  bertambah baik. Selain itu persaingan juga cukup besar di setiap media massa, apalagi televisi yang berskala nasional.

Pemasaran
Untuk menawarkan hasil skenario Anda, dapat dimulai dengan mengirimkan contoh hasil karya Anda ke berbagai stasiun televisi atau beberapa production house. Semakin banyak instansi yang Anda dikiri contoh karya, semakin besar pula Anda membangun peluang diterimanya skenario.

Selain itu Anda dapat menitipkan hasil skenario yang telah dibuat, melalui rekan maupun kerabat dekat yang bekerja di instansi film atau stasiun televisi. Agar karya Anda dibaca para produser, dan menarik minat mereka untuk memakai skenario karya Anda.

Kunci sukses
Tetap rajinlah menulis dan menawarkan bahan tulisan skenario film sembari terus memperbaiki kualitas. Rajin-rajinlah meminta saran dan kritik kepada ahlinya yang sudah berpengalaman. Jangan pernah menyerah apabila skenario Anda ditolak oleh PH atau stasiun TV, karena selalu ada kesempatan lain. Banyak berlatih dan membaca membantu Anda untuk menemukan ide-ide baru untuk karya Anda. Jangan pernah ragu untuk mencoba menulis, karena menjadi penulis skenario bisa kaya juga.

Analisa Ekonomi 

Modal Awal
Laptop/ komputer dan printer                            Rp 5.000.000
Meja tulis dan kursi                                    Rp 1.000.000+
Total                                                   Rp 6.000.000

Biaya operasional
Internet                                                Rp   200.000
Referensi                                               Rp   200.000
Alat tulis, kertas, dll                                 Rp   100.000
Transportasi dan komunikasi                             Rp   100.000+
Total                                                   Rp   600.000

Pendapatan per bulan ( 2 episode)                       Rp 6.000.000

Laba per bulan
Rp 6.000.000 - Rp   600.000           =                 Rp 5.400.000

Masa Kembali Modal
(Modal Awal:Laba Per Bulan)           = ± 2 bulan

Diolah dari berbagai Sumber

Sumber gambar : http://penerbitanbuku.files.wordpress.com/2008/06/notepadpencil1199.jpg

110 Komentar

  1. buat temen2 yg mau tulisannya di salurkan atau belajar skenario lebih mendalam dan sudah siap masuk ke industri, bisa hubungi Serunya scriptwriting. bisa masukin cerita atau bisa jadi penulis. tapi ini hanya untuk yang serius dan siap masuk ke industri!

    Serunya Scritwriting akan menyalurkan tulisan kamu melalui dropbox-nya.. klo main ke website-nya, klik aja gambar kotak simpan cerita unik.

    klo masih gak jelas, bisa kirim email ke serunyaserunya[at]yahoo[dot]com
    atau tlp ke 021-97007900 (jam 13.00-21.00)

    main ke kantornya di STC senayan juga bisa.. :) tetap menulis yaaaaa…

  2. permisi,, saya sangat suka menulis,, dan saya ingin menjadi penulis skenario . apakah saya meminta email PH yang dapat menerima skenario saya ?

  3. Mohon bantuannya kemana harus saya kirim naskah skenario film saya. Terima kasih atas bantuannya. Sukses selalu, salam hormat.

  4. selama ini. sambil aku menjalani kuliah.. aku selalu menyempatkan waktu untuk menulis skenario.. dan hasilnya sudah ada beberapa skenario yang sudah selesai aku tulis.

    dan yang menjadi prtanyaanku adalah kepada siapa sih saya kasih skenario saya ini.. dan bagaimana cara menawarkan skenario kita Ke PH sedangkan saya kuliah di jojga…??

    klo boleh tolong dikirim PH yang saat ini menerima skenario..

    terima kasih..

  5. as wr wb….
    salam knal nama saya Sabda, saya ada beberapa desain program sinetron, sitkom, reality show, dan film untuk direalisasikan dalam bentuk audio visual. dengan ini saya minta bantuannya untuk direfrenshikan ke producer ataupun PH yang mau nmerealisasikan desain program2 saya tersebut menjadi sebuah paket program yang bisa dinikmati seacar audio visual.
    atas bantuannnya saya ucapkan terima kasih….

    Obsesi tanpa sebuah aksi hanya akan mendatangkan depresi !!.
    God Bless All…
    Bravo… MAJU TERUS PERFILMAN INDONESIA !!

    With Love
    Sabda

  6. Saya suka menulis cerita dan naskah, tolong beri info mengenai
    naskah apa saja yang dibutuhkan dan tlg email PH yg mau terima skenario. tq

  7. tolong email ph yang mau terima skenario dari siapa saja, saya ingin mencobanya. tolong di email ke alamat email saya ya, thnx.

  8. Tolong Emailkan PH Mana yg Mau trima Naskah Cerita menarik untuk di jadikan skenario,E mail ke wahana30@yahoo.com

  9. 1. apa aja sih, persyaratan yg harus dipenuhi untuk mengirim naskah skenario sinetron?
    2. seperti apa prosedurnya?
    3. dan kemana saya bisa mengirim naskah skenario sinetron?
    terimakasih sebelumnya,

  10. Saya suka menulis….tetapi saya bingung menyalurkan karya saya ini..
    Bagaimana saya bisa mewujudkan mimpi saya menjadi penulis skenario karena saya juga tinggal di kota kecil jadi jauh dari kantor PH…
    Mohon bantuan dan bimbingannya…Terima kasih

  11. Wah, bisa jadi informasi yg menarik bngets nie bwt org” yg hobby nulis. Emh, boleh donk info PH’na n gmana cra bwt isa nembus ntu PH. Makacih.

  12. Please kirimin alamat PH nya,.. Untung untungan siapa tau tulisan saya bisa laku?…

  13. mas bisa emailkan contoh naskah berbentuk skenario dan kalau sudah jadi, kemana nasakah tersebut bisa dikirim. Tolong jawabannya dikirim via email. Terima kasih atas bantuannya.

  14. saya suka menulis dan sdh banyak cerita yang saya buat, tapi saya bingung harus mengirim cerita2 saya kemana?
    dan tolong beri tahu saya cara menulis skenario yang baik, tolong ya beritahu saya melalui email

  15. bagaimana cara yang baik menulis skenario, mohon di berikan contohnya dong dan kemana saya harus mempromosikanya?
    ” triyrex.jzse@gmail.com” tolong dikirim lewat email,sebelumnya trimakasih

  16. bgmn cr membuat skenario yg baik? bentukny spt apa? prosedur mengirimkannya bgmn dan alamat PH yg bs menerima skenario dr penulis yg blm terkenal? trm ksh.

  17. ass…

    terima kasih …

    bagaimana sih cara membuat skenario yang benar dan kemana saya bisa menyalurkan nya ?
    mohon di balas,karena sangat berguna bagi para penulis amatir,terutama seperti saya.

    terima kasih sebelum nya
    wassalm…

  18. saya tertarik karena saya sangat suka menulis. tapi kalau menulis skenario itu bagaimana caranya? trus nawarinnya kemana. makasih

  19. Saya punya beberapa tulisan scenario sinetron kemana harus dikirim .Terima kasih atas informasinya. No. HP 085294419280

Comments are closed.