Menjajal Bisnis Pancake Durian, Bisa Untung Besar!

Bisnis pancake durian ternyata menarik untuk digarap karena jumlah kalangan yang suka buah ini tidak sedikit. Tahukah kamu bahwa di tahun 2018, berdiri Komunitas Durian Traveler di Jawa Tengah? Ini menunjukan bahwa buah durian punya basis penggemar yang besar. Pada 2013, memang sudah ada perkiraan bahwa konsumsi durian di Indonesia menunjukan tren positif, dengan rata-rata kenaikan 28% per tahun. Dengan data tersebut kita tahu bahwa olahan durian selalu potensial untuk dikembangkan sebagai bisnis.

Kalau di sekitar rumahmu belum ada usaha pembuatan pancake durian, mungkin saatnya untuk memanfaatkan peluang ini untuk merintis bisnis. Namun ada baiknya untuk melihat secara lebih dalam prospek ke depannya, dimulai dari kelebihan hingga hitung-hitungan analisis modalnya. Simak penjabaran lebih dalam di artikel ini.

Kelebihan Bisnis Pancake Durian

a. Pembuatan Pancake Durian mudah

Kamu tidak membutuhkan alat khusus karena alat dan bahan mudah di dapatkan. Selain itu langkah-langkah pembutannya juga tidak rumit. Usaha ini bisa kamu lakukan di dapur rumah. Yang mesti kamu perhatikan adalah kondisi durian harus segar agar tidak berubah rasa ketika sampai di tangan konsumen.

b. Besarnya Jumlah Penyuka Durian

Di paragraf atas, sudah dipaparkan data tentang komunitas durian hingga tren konsums buah satu ini. Untungnya, konsumsi durian bukan tren musiman sehingga usaha ini bisa menjadi jangka panjang.

c. Modal yang Diperlukan Tidak Terlalu Besar

Betul, kamu tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Satu durian bisa digunakan untuk pembuatan beberapa bungkus dengan isi 8 hingga 10. Jadi tidak perlu takut kalau kamu tidak memiliki anggaran yang besar.

Kekurangan Bisnis Pancake Durian

Sayangnya akan sulit untuk melakukan pengiriman ke luar kota. Daya tahan durian di suhu ruangan hanya sekitaran 3-4 jam. Untuk lebih awet memang harus dimasukkan ke dalam kulkas. Kekurangan ini mungkin yang akan menghambatmu kalau menggunakan aplikasi e-commerce. Tapi tenang, ada banyak alternatif model bisnis yang bisa kamu lakukan. Simak terus penjelasan di bawah ini ya.

Menjajal Bisnis Pancake Durian, Bisa Untung Besar!
id.wikipedia.org

Analisis Modal Usaha Pancake Durian

Analisis modal ini digunakan untuk 25 porsi, artinya sekitaran 3 bungkus (isi delapan). Sesuaikan dengan kebutuhan mu ya.

Bahan                   Jumlah               Harga
 Terigu protein tinggi   200 gram             Rp.     2.000
 Susu cair dingin        2 kotak (@200 ml)    Rp.    11.000 
 Kuning telur            3 biji  (1/4)        Rp.     6.000
 Butter                  1 sdm (@7gramx2)     Rp.     5.000
 Vanilla                 1 sdt (20 gr)        Rp.     5.000
 Garam                   1/2 sdt              Rp.     3.000
 Total biaya                                  Rp.    32.000(bahan baku untuk 3 bungkus)
 Total biaya (25 hari)                        Rp.   800.500            
 
Bahan Isi
 Durian kerok            100 gr               Rp.     8.500
 Susu kental manis       3 sachet             Rp.     3.000
 Whip cream              150 gr               Rp.    15.000
 Air                                          Rp.     6.000
 Total biaya (1 hari)                         Rp.    32.500
 Total biaya (25 hari)                        Rp.   812.500
 Total biaya bahan baku                       Rp. 1.612.500
 Total biaya bahan baku per bungkus (25 hari) Rp.   537.500 
 
Alat                    Jumlah               Harga
 Baskom                  1                    Rp.    50.000
 Wajan                   2                    Rp.   150.000
 Total                                        Rp.   200.000
 
Total Biaya Operasional 
Bahan Baku (25 hari) + Modal Awal
 Rp. 537.500 + Rp.200.000                   = Rp.   737.500  
 
Estimasi Pendapatan Awal
 Rp. 15.000(hrg jual) x 15 bungkus x 25 hari= Rp. 5.625.000
 
Penghitungan Laba Satu Bulan
 Estimasi Pendapatan - Biaya Operasional
 Rp.5.625.000 - Rp.737.500                  = Rp. 4.887.000 

Cara Membuat Pancake Durian

1. Membuat kulit: campurkan terigu, gula pasir, dan garam di wadah.

2. Yang kedua, campur susu dan kuning telur menggunakan mixer. Masukkan tepung secara perlahan-lahan. Tambahkan vanilla. Aduk lagi hingga merata.

3. Pastikan tidak ada adonan yang menggumpal. Sembari mengecek, lelehkan butter lalu aduk rata.

4. Bagi adonan ke dalam dua mangkok. Masing-masing berikan pewarna makanan yang berbeda (pastikan pewarna amana).

5. Masukkan adonan ke dalam teflon yang minyaknya sudah panas, gunakan api kecil saja. Bentuk bulat seperti dadar, adonan jangan terlalu tipis agar tidak mudah sobek.  Tunggu hingga matang.

6. Campurkan whip cream, daging durian, dan susu kental manis. Hasilnya jadi isian. Masukkan isian ini ke dalam adonan yang sudah matang 9kulit pancake).

7. Lipat kulit pancake hingga berbentuk persegi.

8. Langsung bekukan pancake durian agar tidak berubah rasa. Bisa dijual saat sudah ada pesanan.

Tips Pancake Durian yang Perlu Kamu Perhatikan:

Durian mudah berubah rasa setelah dikeluarkan dari kulitnya. Karena itu kamu harus waspada ya. Pancake durian hanya tahan di suhu ruangan 3-4 jam. Agar tahan lama, peringatkan konsumen untuk langsung memasukannya ke dalam freezer setelah membeli. Kira-kira daya tahannya bertambah menjadi 6-7 jam, tapi jika dibekukan (tidak lumer atau lembek) bisa bertahan hingga satu bulan.

Langkah Memulai Bisnis Pancake Durian

Saatnya menentukan segmentasi pasar nih. Proses ini berguna untuk mengurangi resiko saat eksekusi produk. Mulainya dengan melakukan tester kepada orang-orang sekitar. Minta mereka untuk secara jujur menilai pancake durianmu. Dari situ kamu bisa melakukan perbaikan.

1. Menentukan Target Pasar

Langkah selanjutnya adalah memutuskan siapa target pasar utamamu. Seperti sudah dibahas di atas, daya tahan durian menjadi hambatan untuk pengiriman jauh. Jadi kamu harus menentukan segmentasi pasar yang lebih jelas. Bisa saja, misalnya, karyawan kantoran atau mahasiswa. Jangan lupa untuk mencermati daya saing pasar ya. Pastikan kompetitior menjadi pertimbanganmu untuk menentukan harga hingga inovasi.

2. Buat Rancangan Model Bisnis untk Usaha Pancake Durian

a. Manfaatkan Layanan Pesan Antar

Bergabunglah dengan aplikasi layanan pesan antar agar mudah bagi calon pelanggan untuk memesan secara langusng. Di awal kamu bisa memanfaatkan sistem promo dan diskon supaya banyak calon pembeli tertarik.

b. Konsinyasi

Titipkan pancake durianmu ke beberapa tempat di sekitar rumah. Pastikan toko, swalayan, atau ritel yang kamu tuju punya fasilitas kulkas. Jangan lupa ketika membuat kemasan kamu harus mencantumkan informasi penyimpanan sampai kontak yang bisa dihubungi.

c. Gunakan Media Sosial

Buka akun bisnismu, dengan begitu usahamu akan mudah dikenali. Jangan lupa untuk aktif melakukan promosi: bisa dimulai dari melakukan pengambilan foto dengan angle yang baik, pencahayaan yang pas, detail informasi dan deskripsi.

Evaluasi Usaha Pancake Durian

Buat laporan keuanganmu! Ini wajib dilakukan agar kamu tahu arus keuanganmu baik-baik saja atau tidak. Baik pengeluaran maupun pemasukan harus seuai. Kedua, pisahkan dana untuk produksi dengan uang pribadi, ini hal dasar yang harus kamu lakukan. Baru setelah itu kamu melihat bagaimana respon masyarakat terhadap produkmu. Adakah kritikan atau saran yang harus segera kamu perbaiki. Jika sudah kamu juga perlu memikirkan tentang inovasi olahan durian lain agar tidak tersalip oleh kompetitor. Ingat, evaluasi usaha harus dilakukan dengan kritis dan objektif. Fokus saja pada kelemahan-kelemahanmu.

Langkah-langkah tersebut bisa kamu kembangkan sesuai dengan kebutuhan ya. Jika kamu tertarik dengan bisnis pancake durian, pahami lagi apa yang kamu perlukan sebelum terjun memulai usaha. Semoga artikel ini membantu memberikan gambaran dasar untuk kamu ya. Bagikan tulisan ini kepada teman-teman yang lain agar semakin banyak UMKM yang bermunculan.  

Ikuti terus kisah menarik dari perjalanan para pelaku bisnis lainnya hanya di BisnisUKM.com.  

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba