Menjalankan Usaha Event Organizer

EOEvent organizer secara istilah mempunyai arti penyedia jasa professional penyelenggara sebuah acara. Pada dasarnya sebuah event organizer atau biasa disebut EO itu memiliki tugas membantu kliennya (client) untuk menyelenggarakan acara yang diinginkan, seperti launching product, company gathering, anniversary, exhibitions, seminar, promosi, talkshow dan sebagainya, dari tahap persiapan sampai dengan event berjalan lancar dengan baik. Event-event yang biasa ditangani sebuah event organizer  berupa pertunjukan musik, pameran produk (buku, mobil, computer, kerajinan), hingga ke pernikahan.

Dalam menjalankan peran pada sebuah event acara, sebuah EO bertugas untuk mengkoordinasi, melayani, mensupport kepentingan yang bersangkutan, misalnya trainer, trainee, vendor training, transportasi, media massa, dan pihak-pihak terkait lainnya. Dengan menyewa sebuah event organizer, Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan sebuah event karena semua hal yang berkaitan dengan jalannya event tersebut sudah dikerjakan oleh Event Organizer.

Dilihat dari jenis acara yang diadakan, EO dapat dikategorikan menjadi:

  • One Stop Service Agency: EO besar yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara hingga skala Internasional sekalipun.
  • MICE : Kependekan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition, EO yang khusus bergerak di bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan.
  • Musik dan Hiburan: EO yang memiliki spesialisasi di bidang hiburan terutama musik.
  • Penyelenggara Pernikahan: EO yang mengkhususkan diri membantu klien mengadakan pesta pernikahan.
  • Penyelenggara Ulang Tahun: EO yang ahli membuat pesta ulang tahun termasuk untuk anak-anak.
  • Penyelenggara Pribadi: EO khusus yang bergerak untuk penyelenggaraan pesta pribadi terutama bagi orang kaya.

Menjalankan usaha di dunia Event Organizer memang merupakan kenikmatan tersendiri. Meskipun seringkali kita merasa sangat kelelahan, namun di balik itu tersimpan rasa bangga dan gembira. Rasa bangga ketika event yang kita selenggarakan sukses dan sesuai harapan serta gembira karena dapat bekerja sama dengan tim yang menyenangkan. Tapi ada beberapa hal utama yang perlu kita perhitungkan sebelum kita memutuskan terjun di dunia bisnis EO, antara lain:


1. Bekal pengalaman menyelenggarakan event,
disadari atau tidak, sebenarnya bekal yang kita miliki sebagai pengelola event sudah kita mulai sejak kita sekolah. Kepanitiaan yang kita ikuti pada waktu itu bisa dijadikan bekal pengalaman yang cukup. Paling tidak, kita sudah mengetahui prosedur mengelola suatu kegiatan dari penyusunan proposal sampai eksekusi di lapangan.

2. Ide kreatif dan inovatif, disadari atau tidak bisnis EO adalah bisnis komunikasi dan bisnis hiburan, kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ketika tidak ada ide cemerlang dan kreatifitas, siap-siap gigit jari. Namun, kreatifitas memang tidak harus selalu orisinil, mengembangkan sebuah ide yang sudah adapun bukan menjadi masalah.

3. Relasi bisnis (klien/sponsor) yang cukup kuat, dukungan relasi bisnis, baik itu klien ataupun sponsor, merupakan kunci dari sukses tidaknya acara yang kita selenggarakan. Sebelum memutuskan terjun ke dunia bisnis EO, kita harus melihat kembali apakah kita memiliki jaringan bisnis yang kuat atau tidak? Karena merekalah yang nantinya akan membeli atau membiayai ide-ide kreatif kita. Apabila kita tidak memiliki jaringan bisnis, sebenarnya bukan menjadi masalah besar. Tentunya dengan membangun kepercayaan terhadap EO kita, jaringan bisnis itu akan terbentuk dengan sendirinya.

4. Modal usaha yang cukup, dalam memulai sebuah usaha, mutlak dibutuhkan modal. Untuk bisnis EO, kita perlu menyiapkan modal finansial terutama untuk memenuhi keperluan-keperluan EO seperti, mengurus legalitas usaha (CV atau PT), menyewa kantor, pengadaan alat kantor, biaya telekomunikasi, biaya persiapan event dan lain-lain. Untuk memenuhi beberapa hal tersebut tentunya tidak cukup dengan selembar dua lembar uang rupiah. Cukup besar memang, kalau kita tidak mempunyai cukup banyak modal finansial, kita bisa mencari investor.

Walaupun terlihat sangat sederhana namun sebenarnya poin-poin di atas merupakan hal-hal yang cukup berat. Kebanyakan orang mengatakan bahwa bisnis di dunia EO itu mudah, tetapi sebenarnya banyak sekali rintangan yang harus kita hadapi dan tentunya ini tidak ringan. Tapi sebenarnya kuncinya terletak di ketekunan dan kerja keras, itulah modal paling utama yang harus Anda miliki.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar: http://wb9.itrademarket.com/pdimage/00/1159500_eo.jpg

39 thoughts on “Menjalankan Usaha Event Organizer”

  1. saya di pemalang,pengin belajar dan mencoba bisnis eo,,tpi belum pengalaman bagi yang mau bagi tips atau mau mengajak saya dalam usaha eo hubungi 0819101861638
    terimakasih

    Reply
  2. Setelah berhenti bekerja dr hotel sebagai marketing, saya masih menerima reservasi dr beberapa customer , bermodalkan telp rumah, saya buka reservasi kecil kecilan, dr yg perorangan lanjut k perusahaan , dari yg hendel event perusahaan lanjut ke event yg lebih besar, alhamdulilah sekarang masih bisa bertahan di tengah maraknya EO yg menjamur… rejeki ngga ke mana… skrg saya mempunyai 14 karyawan tetap , tp ingat… bisnis EO byk menanggung resiko.

    Reply
  3. Lumayan lama 12 tahun saya punya pengalaman langsung dari bekerja di beberapa EO besar di jakarta dalam penyelenggaraan pameran baik dalam maupun luar negeri, hingga saya yang dari Marketing sampai ke Coordinator/Project Manager, lumayan menguasai tehnik pameran dari Marketing cari peserta & sponsor, mencari Project, Presentasi,membuat proposal, mengatur anggaran dalam cashflow, membuat package Akomodasi & Transportasi buat pesera baik dalam maupun luar negeri, menangani pameran outdoor & Indoor hingga mengurus keberangakatan rombongan pameran ke luar negeri…

    Dengan bekal pengalaman tersebut saya sangat berminat untuk mengelola Event Organizer yang tentunya saya berharap ada dukungan financial (investor) yang faham akan EO dengan loyalitas yang bisa kami bekerjasama untuk menjalankan bisnis EO tersebut atau mungkin ada perusahaan EO yang membutuhkan…??? Thanks

    (bila berminat hub Hp: 08111881590 or Flexi: 021-68388359)

    Reply
  4. kami sangat sering dipercaya utk menyelenggarakan Event Olahraga Sepak Bola / Futsal di Kab. Pemalang, Bagi EO atau Perusahaan yang akan pakai jasa kami di Pemalang utk kegiatan serupa… kami siap Bantu… SOBIRIN, S.Pd. HP. 081802866234. THANKS

    Reply
  5. Saya bergerak di bidang EO professionally di Bali dari tahun 2004 dan saat ini menangani lebih cenderung ke Corporate Event. Bila ada yang berniat untuk mengadakan corporate event di Bali, baik itu: product launch, gala dinner, meeting & seminar, MICE, team building, outbound, etc, silakan hubungi saya. Phenom Events-MICE-Entertainment. www.phenom.indonetwork.net

    Tommy: 08563 711 788

    Reply
    • terimakasih atas infonya asalnya usaha kami bergerak dalam bidang wisata/biro perjaalannan wisata, kedepan kami akan membuat produk creatife tour dimana didalam scedul tour kami akan kami masukkan program tem bulding, outbon dan rafting etc, jika punya paket outbond, rafting, team bulding di pulau Bali etc bisa kirim e-mail ke kami jatiimantoro@yahoo.com. trims semoga kedepan kita bisa kerjasama saling menguntungkan

      Reply
    • Saya freelance mengisi outbound dari tk,sd,smp,sma,karyawan. Apakah saya bisa bergabung buat team outbound eo bapak disana….

      Reply
  6. saya tertarik dan ingin bertanya bgmn cara mulainya? mksh.

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email.

    Salam Sukses

    Terimakasih

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba