Menjalankan Usaha Event Organizer

EOEvent organizer secara istilah mempunyai arti penyedia jasa professional penyelenggara sebuah acara. Pada dasarnya sebuah event organizer atau biasa disebut EO itu memiliki tugas membantu kliennya (client) untuk menyelenggarakan acara yang diinginkan, seperti launching product, company gathering, anniversary, exhibitions, seminar, promosi, talkshow dan sebagainya, dari tahap persiapan sampai dengan event berjalan lancar dengan baik. Event-event yang biasa ditangani sebuah event organizerĀ  berupa pertunjukan musik, pameran produk (buku, mobil, computer, kerajinan), hingga ke pernikahan.

Dalam menjalankan peran pada sebuah event acara, sebuah EO bertugas untuk mengkoordinasi, melayani, mensupport kepentingan yang bersangkutan, misalnya trainer, trainee, vendor training, transportasi, media massa, dan pihak-pihak terkait lainnya. Dengan menyewa sebuah event organizer, Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan sebuah event karena semua hal yang berkaitan dengan jalannya event tersebut sudah dikerjakan oleh Event Organizer.

Dilihat dari jenis acara yang diadakan, EO dapat dikategorikan menjadi:

  • One Stop Service Agency: EO besar yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara hingga skala Internasional sekalipun.
  • MICE : Kependekan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition, EO yang khusus bergerak di bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan.
  • Musik dan Hiburan: EO yang memiliki spesialisasi di bidang hiburan terutama musik.
  • Penyelenggara Pernikahan: EO yang mengkhususkan diri membantu klien mengadakan pesta pernikahan.
  • Penyelenggara Ulang Tahun: EO yang ahli membuat pesta ulang tahun termasuk untuk anak-anak.
  • Penyelenggara Pribadi: EO khusus yang bergerak untuk penyelenggaraan pesta pribadi terutama bagi orang kaya.

Menjalankan usaha di dunia Event Organizer memang merupakan kenikmatan tersendiri. Meskipun seringkali kita merasa sangat kelelahan, namun di balik itu tersimpan rasa bangga dan gembira. Rasa bangga ketika event yang kita selenggarakan sukses dan sesuai harapan serta gembira karena dapat bekerja sama dengan tim yang menyenangkan. Tapi ada beberapa hal utama yang perlu kita perhitungkan sebelum kita memutuskan terjun di dunia bisnis EO, antara lain:


1. Bekal pengalaman menyelenggarakan event,
disadari atau tidak, sebenarnya bekal yang kita miliki sebagai pengelola event sudah kita mulai sejak kita sekolah. Kepanitiaan yang kita ikuti pada waktu itu bisa dijadikan bekal pengalaman yang cukup. Paling tidak, kita sudah mengetahui prosedur mengelola suatu kegiatan dari penyusunan proposal sampai eksekusi di lapangan.

2. Ide kreatif dan inovatif, disadari atau tidak bisnis EO adalah bisnis komunikasi dan bisnis hiburan, kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ketika tidak ada ide cemerlang dan kreatifitas, siap-siap gigit jari. Namun, kreatifitas memang tidak harus selalu orisinil, mengembangkan sebuah ide yang sudah adapun bukan menjadi masalah.

3. Relasi bisnis (klien/sponsor) yang cukup kuat, dukungan relasi bisnis, baik itu klien ataupun sponsor, merupakan kunci dari sukses tidaknya acara yang kita selenggarakan. Sebelum memutuskan terjun ke dunia bisnis EO, kita harus melihat kembali apakah kita memiliki jaringan bisnis yang kuat atau tidak? Karena merekalah yang nantinya akan membeli atau membiayai ide-ide kreatif kita. Apabila kita tidak memiliki jaringan bisnis, sebenarnya bukan menjadi masalah besar. Tentunya dengan membangun kepercayaan terhadap EO kita, jaringan bisnis itu akan terbentuk dengan sendirinya.

4. Modal usaha yang cukup, dalam memulai sebuah usaha, mutlak dibutuhkan modal. Untuk bisnis EO, kita perlu menyiapkan modal finansial terutama untuk memenuhi keperluan-keperluan EO seperti, mengurus legalitas usaha (CV atau PT), menyewa kantor, pengadaan alat kantor, biaya telekomunikasi, biaya persiapan event dan lain-lain. Untuk memenuhi beberapa hal tersebut tentunya tidak cukup dengan selembar dua lembar uang rupiah. Cukup besar memang, kalau kita tidak mempunyai cukup banyak modal finansial, kita bisa mencari investor.

Walaupun terlihat sangat sederhana namun sebenarnya poin-poin di atas merupakan hal-hal yang cukup berat. Kebanyakan orang mengatakan bahwa bisnis di dunia EO itu mudah, tetapi sebenarnya banyak sekali rintangan yang harus kita hadapi dan tentunya ini tidak ringan. Tapi sebenarnya kuncinya terletak di ketekunan dan kerja keras, itulah modal paling utama yang harus Anda miliki.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar: http://wb9.itrademarket.com/pdimage/00/1159500_eo.jpg

39 thoughts on “Menjalankan Usaha Event Organizer”

  1. saya mau buat eo sebagai pemula apa yg harus saya lakukan karna rwncana maubuat pameran ngumpulin orang yang jualan di atas mobil

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk mengumpulkan pelaku bisnis “food truck” atau orang yang jualan di atas mobil, Bapak Jafar bisa menggandenga komunitas food truck yang ada di daerah Bapak. Atau Bapak bisa juga membuat baner iklan kemudian memasangnya di sosial media atau di beberapa lokasi strategis di kota Bapak untuk menggandeng pelaku bisnis food truck. Tentu disini proposal kegiatan sangat dibutuhkan untuk meyakinkan calon mitra. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  2. Saya baru akan memulai bisnis eo, jika ada rekan yang dapat membantu mohon di email ke cpro.jkt@gmail.com..terima kasih

    Reply
  3. Gak mudah menjalan kan usaha EO, banyak rintangan..
    Tapih dengan permikiran yg matang kita sanggup menjalan kan@..
    Saya udah sukses membuat
    PKA. Pekan kebudayaan aceh.
    Sekarang saya dipercaya oleh seponsor,dan pemda.
    Tks

    Reply
    • pak andi mbo, sy mau tanya, bpk kan pernah dan berhasil membuat Pekan Kebudayaan Aceh, apakah bpk ada mengajukan bantuan dana ke Pemda setempat? lalu kalo ada, dikasih? EO sy sedang menggarap Islamic Book Fair di Pekanbaru. thanks Sharingnya…

      Reply
  4. Saya adalah pengajar di beberapa PTS di Jakarta. Baru-baru ini Gramedia Kompas (Elexmedia kompuntindo) telah menerbitkan buku saya tentang motivasi. Saya ingin menjadi motivator dan ingin bekerjasama dengan EO. Bagaimana caranya dan EO mana sebaiknya saya hubungi. Terimakasih

    Reply
  5. Kursus eo mungkin sulit anda dapatkan,krn hampir tdk ada lembaga formal yg memiliki silabus dn kurikulum khusus.yg paling evektif adlh anda hrs ikut bekerja sambil blajar di sbuah eo yg sdh broperasi scr profesional.lalu selanjutnya adalah karakter diri.yg sy maksud karakter adalah kepekaan anda terhadap kebutuhan org trhadap kesulitan mreka membuat acara, dan kemampuan diri menawarkan menjadi bagian dari yang memudahkan mereka.

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba