Tips Menyulap Hobi Menjadi Usaha Yang Menguntungkan

hobieMungkin anda sudah sering mendengar judul diatas. Ya, banyak sekali pengusaha muda yang sukses dengan mengawali usahanya dari sekedar hobi. Ada yang hobi mengumpulkan barang-barang antik, dan kemudian menjadi pengusaha barang antik. Ada juga yang senang memelihara ikan, kemudian menjadi pengusaha ikan hias bahkan ada ibu rumah tangga yang hobi memasak dan mencoba resep-resep baru kemudian berubah menjadi pengusaha katering terkenal.Hobi memang mudah dilaksanakan. Bahkan kata yang tepat, hobi sulit untuk ditinggalkan. Usaha-usaha yang diawali dari hobi umumnya berubah menjadi kesuksesan. Ini karena mereka mencintai pekerjaannya dan bersemangat untuk terus belajar menyempurnakan kemampuannya.

Tapi tak semua hobi bisa jadi usaha lho, berikut ini ciri-ciri hobi yang dapat dijadikan usaha. Jika ciri-ciri ini ada pada diri anda, maka bersiaplah untuk menjadi pengusaha sukses berikutnya

Istiqomah / terus menerus

Apakah anda memiliki hobi yang tetap menyenangkan walaupun dilaksanakan secara berulang-ulang dan terus menerus? Jika ya, anda telah memiliki satu point untuk menjadikan hobi sebagai usaha. Namun jika anda merasa cepat bosan bila melaksanakan hobi secara terus menerus, maka itu berarti dua indikasi. Yang pertama, itu bukan hobi anda yang kedua anda memang belum bisa menjadikan hobi tersebut sebagai usaha.

Kenapa ciri ini harus ada pada usaha kita? Karena untuk menjadikan hobi sebagai usaha anda dituntut untuk mengejakannya berulang-ulang dan terus menerus. Boleh jadi anda memiliki pelanggan yang berbeda-beda setiap harinya, namun permintaan mereka biasanya hampir sama satu dengan lainnya. Maka kunci pertama menjadikan hobi sebagai usaha adalah sanggup istiqomah atau terus menerus

Berhargakah?

Beberapa hobi mungkin memiliki nilai jual tinggi, namun sebagian yang lain sama sekali tak dibutuhkan oleh pasar. Untuk menilainya, anda harus melakukan penelitian pasar terlebih dahulu. Apakah ada yang berminat dengan hobi anda atau justru malah sebaliknya hobi anda tak memiliki peminat sama sekali. Jika ini yang terjadi, sebaiknya tidak dipaksakan daripada hasilnya nihil nantinya.

Walau begitu, jika anda memiliki kecintaan yang besar terhadap hobi anda dan kemampuan marketing anda bagus, hobi tersebut masih berpeluang lho dalam memperoleh keuntungan. Mc Donald dulu harus menanggung malu karena ditertawakan orang karena menjual donat yang berhias bahkan ada yang tak memiliki lobang. Tapi sekarang, retailnya sudah menyebar hampir ke seluruh dunia.

Mampu Memotivasi

Apakah hobi anda masih mampu memotivasi anda untuk terus menekuninya hingga 10 – 15 tahun mendatang? Hobi yang menarik biasanya memang bisa memotivasi pelakunya bukan hanya 10-15 tahun tapi seumur hidupnya. Jika anda memiliki hobi seperti ini, satu point lagi anda dapatkan.

Tetap Menarik

Usaha yang akan anda laksanakan haruslah tetap menarik walau telah berlangsung puluhan tahun. Jika anda mulai kehilangan ketertarikan pada hobi anda, maka itu adalah awal dari kebangkrutan bisnis anda. Maka cobalah lihat kembali apakah hobi anda begitu menariknya hingga anda takkan kehilangan kecintaan padanya meski telah ditekuni puluhan tahun. Satu point lagi berhak anda miliki jika hobi tersebut mampu membuat anda tertarik puluhan tahun

Bila anda mendapatkan keempat hal diatas pada hobi anda, maka kenapa menunggu lebih lama lagi, segera matangkan konsep dan mulailah menyulapnya menjadi usaha anda. Mungkin sebagai awal masih berupa usaha sampingan. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin bertambahnya pelanggan anda, bisa jadi usaha sampingan itu mampu menjadi usaha penopang hidup keluarga.

Satu hal yang ingin kami tekankan disini adalah,”Cintailah pekerjaan anda”. Jika anda cinta pada pekerjaan, maka iapun akan ringan dan menyenangkan bagi anda. Semoga Sukses !!

32 Komentar

  1. saya sangat menyukai seni lukis n seni kerajinan tangan, n bakat saya menggambar sketsa dsb, tapi saya juga suka d bidang kerajinan tangan bahkan saya pernah membuat suatu karya n hasilnya gk jelek-jelek amat sih hehe, kendala saya cuman satu masalah pemasaran harus mulai dari mana agar saya bisa mulai memasarkan produk ini, mohon sarannya ? makasih..

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk mengetahui respon pasar, tak ada salahnya bila Sdr. Dhy mulai memposting foto kerajinan yang dihasilken ke beberapa akun sosial media yang dimiliki. Contohnya saja seperti posting foto kerajinan ke facebook, instagram, twitter, blackberry messenger, path, dan lain sebagainya. Dari situ, Anda bisa mengamati bagaimana respon pasar dan mulai menyusun rencana bisnis kedepannya. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  2. assalamualaikum wr.wb
    saya Icha, kebetulan saya baru lulus kuliah dan sayta berniat untuk membuka usaha
    untuk sekarang saya ada rencana untuk menjual coklat dengan pasar anak2 SD-SMA. Boleh saya minta saran, bagaimana saya tetep mendapatkan untung dari usaha saya ini?
    karen dari pehitungan saya coklat yang akan saya jual hanya berkisar hara 500-700rupiah /satuan. Tapi karena saya blm memiliki toko atau kios maka dagangan saya akan saya titipkan ke pedagang2 kelontong disekitar wilayah sekolah. Nah pasti mereka akan mengambil keuntungan juga dengan menaikkan harga. Bagaimana saya harus menekan biaya produksi coklat agar harga jual saya tidak terlalu tinggi?
    terimakasih

    bagi yang bisa membantu memberikan solusi bisa kirim ke e-mail saya: icha_054@yahoo.co.id

  3. Assallamuallaiqum wr wb,,
    Saya ingin punya USAHA,tapi sya seneng alias hoby BISNIS gitu kira2 usaha apa yang cocok yaa??,,,,,,,,,,,,,,,tolong di bantu!! teeriiiiiiimakasih

  4. Saya hobi ikan koki
    sekarang cuma punya 1 aquarium berisi 10 ekor & sudah bertelur sekali

    Apa bisa dijadikan hobi ?

    Adakah yang mau bantu saya/kerjasama ?

    soalnya sama sekali tidak punya modal

  5. saya punya hobi baca komik dan shoping, biasanya saya menyewa komik untuk menyalurkan hobi saya jadi saya tidak punya koleksi komik satu pun untuk modal usaha. tolong kasi saran untuk saya memulai bisnis.

  6. saya punya hobi belanja , gi mana caranya hobi belanja itu menjadi usaha saya hingga menjadi sukses???? tolong bantu ya?

  7. saya memepunyai hobi di bidang makanan, seni, dan yang salah satunya saya sukai adalah kesuakaan tenatng komputer….
    saya sudah niat usaha pulsa untuk tambahan tapi krng berkembang…sekarang saya hanya mencari tambahan di masalah print2an..krn saya mahasiswa dan tmn saya sering bth ngeprint jadi saya coba2..dan luamyan hasilnya..walau ada yang kurang…
    di maslah makanan saya ingin sekali membuka usaha makanann dan sya bgg mau mulai dari mana karena ada bberapa keterbatasan seperti uang, mencoba, dan belum ada yang mendukung dari pihak kelaurga…alias kuarng respon…tolong saran dan solusi serta barang kali punya sesuatu buat aku..
    terima kasih

  8. Karena hobby saya mengoleksi dan memakai aksesoris, akhirnya sekarang saya memiliki usaha di bidang retail dan wholesale aksesoris ^^ memang menyenangkan memiliki usaha yang sama dengan hobby kita ^^

  9. ass wr wb, sy pny hoby beternak tapi gagal terus, sdh 2 x coba
    ternak ayam dan itik. tapi gagal, sdh amblas lbh dr 100 jt, tapi hsl nya NOL, gimana nih?

    • Ass wr wb……..Wah dengan senang hati kalo tidak keberatan saya mau kerja sama dgn bapak .Hoby saya seneng dgn berternak pak.

  10. saya punya hoby bermusik ,, tapi saya bukanlah seorang musisi yang handal……
    kira-kira usaha apa yea yang bisa di munculkan dari hoby yang seperti ini ????
    apalagi daerah tempat tinggal saya belum begitu modern…
    saya punya beberapa lagu hasil karya saya sendiri,, tapi tidak pernah dapat apresiasi yang memuaskan dari temen-temen band saya …
    mohon masukan nya yea ??
    thank’z

  11. saya punya hobi sama komputer dan online????
    apakah itu bisa saya jadikan bisis yang menguntungkan?
    beri saran,,,,kirim ke email saya:andre.caem69@gmail.com

  12. Saya kepala r tangga yang berdomisili di Jl. Pucung III No. 76 Rt. 11/02 Kel Condet, Kec Kramatjati. Hampir setahun belakangan ini saya punya hobby memelihara burung termasuk jenis apapun…Dalam kesempatan ini kiranya ada teman yang mau bagi-bagi pengalaman atau tip yang intinya “bagaimana sebuah hobby yang saya miliki bisa menambah kocek agar dapur tetap ngebul” atau minimal bisa mendanai pembelian pakan dan obat-obatan. Sementara ini peliharaan saya adalah merpati yang saya mulai 1 tahun lalu dengan 3 pasang, dari tiga pasang tersebut saya rawat dan pelihara dengan baik dengan penuh kasih sayang…hingga sapmai sekarang menjadi 24 pasang (itu yang ada dalam kandang) belum yang saya kasih ke teman maupun yang saya tukar dengan tanaman hias ataupun dengan burung ocehan). Jika hobby tersebut minimal dapat mendanai pembelaian pakan, saya akan teruskan dan kembangkan dan mungkin ke jenis burung lainnya yang mempunyai nilai ekonomis. Demikian informasi ini semoga ada masukan dan terima kasih.

    Contact Person : Anwar 021 70663 atau 021 8091022

  13. usaha apa ya yang bisa berdampinan dengan usaha warnet?soalnya warnet ditempat saya kurang begitu diminati ( 081332215432 )

  14. Saya juga pengen belajar sulap..soalnya saya juga kadang2 dapat job MC, biasanya untuk menarik perhatian dan memberi suasana segar ke pengunjung atau hadirin saya pengen ada yang lain gt lho…saya belajar sulapnya anak kecil2 sih sediiiikiiiit banget…dan emang punya kemampuan seperti itu perlu dipertimbangkan juga,thanks

  15. Saya sangat bersemangat dalam kegiatan pembinaan masyarakat, rasanya bahagia bisa membuat orang lain bahagia, terutama masyarakat pedesaan yang saat ini masih sangat kurang, khususnya krisis informasi dan kepercayaan diri.
    Semoga sukses untuk semua…mungkin hobbi ini bisa bermanfaat bagi saya dan irang lain… Thanks to Allah

  16. Saya punya hobby buat cokalt candy dengan berbagai karakter dan pralin, tapi gimana ya jadi anggota UKm karena di lingkungan saya, usaha saya tidak ada yang peduli tuh baik dari kelurahan, RT dan RW. Sampe sampe saya jual coklat ukuran kecil kecil agar terjangkau semua kalangan

Comments are closed.