Menyulap Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Cantik

tas sampah plastik

Kepedulian masyarakat akan kebersihan lingkungan dapat menjadi salah satu ide munculnya peluang usaha baru. Hal ini terbukti dengan banyaknya usaha kerajinan yang memakai bahan baku limbah, terutama dari limbah plastik. Bahan plastik yang berasal dari limbah rumah tangga ataupun limbah pabrik, ternyata dapat dimanfaatkan untuk membuat produk – produk yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.

Konsumen
Hampir semua masyarakat menyukai kerajinan limbah plastik, dari mulai tas, dan sandal yang sering digunakan pelajar, mahasiswa, serta anak muda lainnya, hingga  perabot rumah tangga seperti kotak tisu, serta keset yang banyak dicari para ibu rumah tangga. Selain itu produk limbah plastik ini juga sering dijadikan sebagai kerajinan oleh – oleh. Banyak wisatawan di kota Jogja yang sengaja mencari kerajinan limbah plastik untuk oleh – oleh saudarannya yang ada di luar pulau Jawa.

Training Pengolahan Sampah Plastik Jadi BBM, BisnisUKM

Info Produk
Plastik bekas seperti bungkus kopi, bungkus softener, bungkus minuman instan, shampoo, sabun cuci piring serta bungkus plastik lainnya dapat diolah menjadi berbagai macam kerajinan cantik. Limbah – limbah plastik yang telah terkumpul, kemudian di rendam dalam air untuk membebaskannya dari kotoran yang menempel. Setelah itu dijahit dengan kreasi – kreasi cantik  menjadi berbagai macam bentuk kerajinan, misalnya saja dijadikan tas, tempat pencil, dompet handphone, sandal, kotak tissue, rak sepatu, serta hiasan ruangan lainnya.

produk sampah plastik

Meski bahan bakunya dari limbah sampah, namun tidak berarti produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang rendah. Dengan keunikan dan kreativitas yang dimiliki para pengrajin, produk dari limbah plastik mampu menarik minat para konsumen. Selain itu prospek pasar usaha kerajinan tersebut masih luas. Pangsa pasar yang tadinya hanya sebatas komunitas pecinta lingkungan, kini telah berkembang luas dan diminati oleh semua kalangan.

Keuntungan usaha
Peluang usaha kerajinan sampah plastik ini disamping mendatangkan keuntungan juga mampu menyelamatkan lingkungan dari melimpahnya sampah non organik. Usaha ini dapat dijalankan dengan modal kecil, berbekal bahan dari plastik kemasan Anda hanya membutuhkan mesin jahit saja untuk merapikan plastik kemasan tersebut menjadi sebuah kerajinan.

Kekurangan usaha
Saat ini pelaku usaha limbah plastik sudah banyak bermunculan, oleh karena itu persaingan pasar usaha ini sudah sangat ketat. Untuk itu sebaiknya Anda menciptakan desain baru yang unik dan inovatif setiap periodenya, sehingga desain Anda tidak ditiru oleh pelaku usaha lainnya.

Pemasaran
Pemasaran melalui pameran serta melalui via online sangatlah membantu para pengusaha untuk memasarkan produk mereka. Maka tak heran jika untung hingga jutaan rupiah per bulannya dapat diperoleh olah para pengusaha produk sampah plastik ini.

Kunci sukses
Untuk menghasilkan kerajinan yang menarik, sebaiknya selalu tingkatkan kreatifitas Anda. Karena semakin hari semakin banyak pula pesaing yang bermunculan, untuk itu Anda harus mampu memberikan nilai lebih pada produk Anda. Selain itu buatlah desain yang limited edition, jadi untuk tiap desainnya tidak pasaran sehingga para konsumen juga tertarik untuk membeli produk Anda.

Menyulap sampah plastik menjadi kerajinan cantik dapat menjadi salah satu pilihan usaha yang dapat Anda coba. Berikut kami berikan analisa ekonomi peluang usaha kerajinan dari sampah plastik. Salam sukses selalu untuk usaha Anda.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Mesin jahit                               Rp 2.500.000,00
Peralatan                                 Rp   200.000,00
Bahan –bahan`                             Rp   500.000,00+
Total                                     Rp 3.200.000,00

Biaya operasional
Perawatan mesin jahit                     Rp 100.000,00
Bahan limbah plastik                      Rp 200.000,00
Bahan lain
(benang, ritsleting, perekat, vuring,dll) Rp 200.000,00
Listrik dan air                           Rp 150.000,00
Transportsi dan komunikasi                Rp 150.000,00
Biaya iklan                               Rp 100.000,00+Rp   250.000,00+
Total                                     Rp 2.050.000,00

Laba bersih per bulan
( Rp 2.050.000,00 – Rp 900.000,00 )    =  Rp 1.150.000,00

Sumber gambar : Tim Bisnis UKM

11 thoughts on “Menyulap Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Cantik”

  1. Saya ingin tahu dan belajar mengenai kerajinan ini, supaya dapat mengajak tetangga dan sahabat untuk menciptakan lapangan kerja buat mereka. Dimana saya bisa mengunjungi sentra usaha ini serta adakah pelatihan yg diberikan kepada yg berminat. terimakasih

  2. saya tertarik untuk menekuni bisnis ini.
    bisa saya peroleh alamat dan nomor telepon yang bisa saya hubungi ??
    trimakasi

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba