Menyusun Jadwal Harian Berpromosi di Sosial Media

sosial mediaDi era serba digital seperti sekarang ini, memanfaatkan berbagai macam sosial media untuk mempromosikan sebuah produk maupun jasa tentunya menjadi salah satu alternatif tepat untuk mengoptimalkan omset penjualan setiap bulannya. Bila dulunya para pelaku usaha lebih memanfaatkan strategi pemasaran offline yang memakan biaya promosi cukup besar untuk memperkenalkan produk-produknya, saat ini mereka mulai menggunakan sosial media online untuk mempromosikan produk ataupun pelayanan jasa yang mereka tawarkan melalui akun  gratis di beberapa situs jejaring sosial. Contohnya saja dengan membuat akun pribadi maupun fanpage di beberapa sosial media seperti facebook, twitter, google plus, blog, dan lain sebagainya.

Meskipun membuat akun di media sosial tersebut sangatlah mudah, namun sampai hari ini masih banyak pelaku usaha yang belum sukses menjaring calon konsumen melalui media online. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kurangnya komitmen pelaku usaha untuk memposting informasi secara rutin. Padahal, informasi yang Anda postingkan menjadi alat yang paling penting untuk menarik minat konsumen. Tidaklah heran bila ketika Anda pasif, maka calon konsumen kurang tertarik untuk bergabung di fanpage Anda dan tentunya strategi promosi yang dijalankan belum bisa berjalan secara optimal.

Karenanya, untuk membantu para pelaku bisnis ketika berpromosi di situs media online. Berikut ini kami informasikan contoh sederhana untuk menyusun jadwal harian berpromosi di sosial media, sehingga strategi yang dijalankan bisa berjalan dengan rutin dan hasil yang didapatkan benar-benar maksimal.jadwal harian

Senin, mulai merencanakan dan menyusun informasi penting yang akan Anda postingkan di akun pribadi maupun fanpage yang dimiliki perusahaan Anda. Dalam hal ini, Anda bisa mempersiapkan tiga informasi menarik yang akan dipublish selama satu minggu kedepan. Misalnya saja seperti mengatur jadwal posting rutin di hari Senin, Rabu, dan Jumat, serta menentukan topik bahasan yang akan Anda angkat pada pekan ini.

Selasa, setelah memposting satu informasi menarik yang berhubungan dengan produk maupun bisnis jasa yang sedang Anda jalankan saat ini. Selanjutnya di hari Selasa Anda bisa membalas coment, retweet, message, atau respon lainnya dari para konsumen. Hal ini cukuplah penting, agar loyalitas konsumen mulai terjaga sehingga mereka semakin tertarik untuk berinteraksi dengan Anda dan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk terbaru yang Anda tawarkan saat ini.

Rabu, memberikan promo menarik untuk memancing respon konsumen. Misalnya saja memberikan diskon khusus bagi para konsumen yang memesan produk di hari Rabu, memberikan gratis ongkos kirim bagi konsumen yang membeli produk di hari tersebut, atau menginformasikan kegiatan promosi yang akan Anda selenggarakan pada pekan ini. Dengan menginformasikan kegiatan promosi yang Anda jalankan, maka konsumen tidak segan-segan untuk segera memesan produk melalui akun Anda atau datang langsung ke tempat promosi yang ditentukan.

Kamis, memberikan respon balasan atas komentar-komentar yang disampaikan para konsumen. Dalam hal ini, tentunya Anda harus aktif memeriksa akun-akun yang dimiliki dan segera memenuhi kebutuhan yang dicari para konsumen. Dari respon balasan yang Anda berikan, tidak menutup kemungkinan bila salah satunya bisa tertarik untuk membeli produk-produk unggulan yang ditawarkan.

Jumat, Anda bisa memanfaatkan hari jumat untuk berbagi tips-tips ringan seputar bisnis yang Anda jalankan. Misalnya saja Anda sedang menekuni bisnis kuliner, maka tidak ada salahnya bila setiap hari jumat Anda berbagi informasi mengenai resep-resep masakan yang bisa dicoba para konsumen dari dapur mereka.

Sabtu dan Minggu, pada saat weekend Anda bisa memanfaatkannya untuk berjalan-jalan ke situs online milik tetangga. Melalui strategi blog walking, Anda bisa mempromosikan link situs Anda kepada khalayak ramai dan bertukar informasi dengan pelaku bisnis online lainnya.

Dengan membuat jadwal harian, Anda bisa mempromosikan bisnis online secara rutin dan menjaga konsistensi Anda dalam mengembangkan bisnis tersebut. Selain itu, konsumen juga tidak cepat bosan dengan penawaran-penawaran yang Anda postingkan, sehingga konsumen mulai berdatangan, dan bisnis Anda bisa menghasilkan omset yang cukup besar.

Semoga informasi tips bisnis online pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pelaku bisnis online dalam mempromosikan produk-produknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://socialsisters.co/wp-content/uploads/1111.jpg
2. http://www.john-k-davies.com/business/wp-content/uploads/2010/05/Schedule-Your-Success1-300x199.jpg

1 thought on “Menyusun Jadwal Harian Berpromosi di Sosial Media”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba