Meski Bisnis Makanan Dicari Banyak Pelanggan Jangan Lupakan Pemasaran

Meski Bisnis Makanan Dicari Banyak Pelanggan Jangan Lupakan PemasaranDalam menjalankan bisnis makanan, bukan cuma modal cita rasa saja yang dibutuhkan pelaku usaha. Kendati banyak yang bilang bisnis makanan tak pernah sepi konsumen, nyatanya strategi pemasaran bisnis makanan masih sangat dibutuhkan agar bisnis yang dijalankan dapat menghasilkan omset sesuai target. Apalagi di tengah ketatnya persaingan pasar seperti sekarang ini, pemasaran bisnis makanan menjadi faktor penentu bagi perkembangan usaha kedepannya.

Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang memiliki potensi cukup besar, sudah banyak pelaku usaha yang meraup untung dari usaha ini. Namun tidak sedikit pula pelaku bisnis makanan yang gulung tikar alias bangkrut, karena strategi pemasaran yang digunakan kurang tepat.

Untuk menghindari resiko bangkrut, karena sepinya pelanggan. Berikut ini beberapa strategi pemasaran bisnis makanan yang bisa kamu jalankan.

Buatlah Brand Bisnis makanan yang semenarik 

Sebelum kamu memulai bisnis makanan, sebaiknya Anda sudah menyiapkan brand atau nama untuk usahamu. Pilih nama yang menarik, unik, dan mudah diingat oleh para konsumen. Karena nama usaha menjadi image yang akan tertanam pada konsumen, brand bisnis makanansehingga mereka mudah untuk mengingat usahamu.

Disamping itu hal yang perlu diperhatikan ketika mencari nama usaha, sesuaikan nama dengan usaha yang Anda jalankan. Misalnya : “Warung Steak” untuk usaha makanan khusus steak,  ” Ramen” Japanese Noodle untuk bisnis makanan khas Jepang,  atau “Jejamuran Resto” untuk usaha makanan khusus jamur.

Nama usaha dapat kamu tempatkan di depan lokasi usaha dengan menggunakan neon box ataupun X–Baner di depan lokasi usaha. Agar konsumen yang kebetulan lewat, tertarik untuk mampir membeli produk makanan yang disajikan.

Publikasikan Pada Masyarakat Sekitar

Mulai sebuah pemasaran dengan mengenalkan bisnis kamu kepada masyarakat sekitar. Dengan adanya pengenalan produk, masyarakat mengetahui apa kelebihan produk bisnis makananmu, harga makanan yang ditawarkan, serta pelayanan yang ditawarkan bisnis makanan tersebut kapada para konsumen.

Untuk mengenalkan bisnis makanan buatanmu pada masyarakat, dapat dilakukan dengan membuat event dan mengundang masyarakat luas untuk berkunjung ke bisnis makanan yang kamu miliki. Selain itu pemasaran juga bisa dilakukan dengan mengambil karyawan lokal yang ada di sekitar lokasi usahamu, dengan begitu secara tidak langsung karyawanmu akan mempromosikan tempat kerja mereka kepada kerabat serta rekan-rekannya.

Berikan potongan harga untuk event – event tertentu

Memberikan potongan harga pada event – event tertentu seperti pada saat grand opening bisnis, atau pada saat ulang tahun usahamu, bisa menjadi pilihan tepat untuk mempromosikan bisnis kamu. Selain itu kamu juga dapat memberikan paket harga khusus pada saat hari – hari terttentu, misalnya memberikan harga paket keluarga di hari – hari liburan, maupun hari raya seperti lebaran, atau tahun baru.

Dengan adanya potongan harga, ternyata cukup menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen untuk berkunjung ke tempat usahamu. Disamping itu, kamu juga dapat menggunakan brosur, pamflet, ataupun spanduk untuk mempromosikan potongan harga yang ditawarkan restoran atau warung makanmu.

Membangun Jaringan yang Mendukung Bisnis Kamu

Untuk membangun jaringan usaha memang tidaklah mudah, namun jaringan merupakan pemasaran yang sangat efektif. Mulailah dengan membuat jaringan usaha dengan rekan maupun kerabat dekat kamu yang memang bisa membantu kamu untuk mengembangkan bisnis.

Cara membangun jaringan bisa dilakukan dengan memberikan test product pada rekan atau kerabat kamu. Misalnya bagi yang memiliki usaha warung bakso, Anda dapat mengajak rekan dan kerabat untuk berkunjung mencicipi bakso buatanmu. Jika rekan dan kerabat kamu tertarik dengan produk bakso tersebut, mereka akan senang jika diajak untuk bekerjasama dengan usaha bakso tersebut.

Contohnya saja untuk rekan yang memiliki usaha catering, dapat bekerjasama untuk penyediaan bakso ketika usaha katering miliknya mendapatkan pesanan bakso dari konsumennya, selain itu untuk rekan yang memiliki usaha periklanan dapat menjalin kerjasama di bidang pemasaran melalui media. Begitu banyak peluang yang akan muncul, bila kamu memiliki jaringan usaha yang cukup luas.

Menciptakan Inovasi Pada Menu yang Ditawarkan

Untuk menghindari kejenuhan konsumen, ciptakan inovasi pada menu – menu yang ditawarkan restoranmu. Minimal 6 bulan sekali ciptakan menu baru pada bisnis makananmu. Banyaknya variasi menu yang ditawarkan, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap konsumen.

Misalnya bisnis roti bakar, bisa diberikan inovasi dengan menambah menu roti bakar isi keju, roti bakar isi telur, roti bakar isi salad buah, roti bakar isi es krim, nutella, green tea, dan lain-lain. Menu yang bervariasi akan menarik minat masyarakat untuk mengunjungi warung usaha roti bakarmu.

Meningkatkan kualitas pelayanan

Dalam memberikan pelayanan bagi para konsumen, sebaiknya perhatikan waktu penyajian makanan, kualitas cita rasa makanan serta kebersihan dan keamanan tempat usaha. Konsumen akan merasa tidak nyaman jika menunggu penyajian makanan yang terlalu lama, untuk itu usahakan untuk on time dalam memberikan pelayanan.

Selanjutnya, kamu juga perlu menjaga kualitas cita rasa makanan yang diproduksi, sehingga konsumen tidak kecewa jika makanan yang mereka pesan ternyata tidak enak. Dan yang ketiga adalah jagalah kebersihan serta keamanan di tempat makan tersebut, sehingga konsumen yang makan di restoranmu merasa nyaman dan senang untuk berkunjung kembali lain waktu.

Pada dasarnya pemasaran bisnis makanan sangatlah penting, untuk itu lakukan promosi usaha secara total agar bisnismu tak kalah bersaing dengan pemain lainnya. Baik dari mulai grand opening sampai bisnis makanan kamu sudah dapat berjalan, lakukan terus promosi dan pemasaran secara terus menerus. Jika perlu sisihkan 5 – 10 % omset usaha untuk biaya promosi dan pemasaran usahamu. Salam sukses.

37 thoughts on “Meski Bisnis Makanan Dicari Banyak Pelanggan Jangan Lupakan Pemasaran”

    • Selamat pagi Ibu Icha, info iklan sudah kami kirimkan ke email anda. Apakah ada nomor telpon yang bisa kami hubungi? Terimakasih.

      Reply
  1. langkah awal apa yang harus saya lakukan untuk memulai usaha makanan. untuk modal begitu kurang. mohon bantuan nya. bagaimana cara mempromosikn produk kerana kterbatasan modal.

    Reply
  2. pak saya ibu rumah tangga saya biasa bikin blackforest n kue ultah..tapi saya sendiri rasanya pingin jualan bakso an mie ayam..saya harus pilih yg mana yak?? saya bingung..

    Reply
    • Saya sarankan jalani bisnis sesuai dg hobi atau kesenangan hati, jgn melihat karna lihat orang lain.

      Sy pengusaha bakso.,
      Untung dr bakso sangat kecil,
      Utk saat ini jgn pilih bisnis ini.

      Reply
  3. Pak saya tanyak.saya kan masi bkerja di pabrik..lah niat saya mau nyuruh adeekku jualan martabak DAN terang bulan…tpi saya takut gak laku ..tolong kasih masukan …..atau bisa jf kasih resep yang terangbulan rasa red velvet.thanks

    Reply
  4. pak,saya usia nya 20 thun,saya sedang bkrja , dismping krja saya,saya ingin mencoba belajar jualan tempe keripik buatan khas daerah saya dan aneka oleh2,, tp untuk tempe keripik dan mkanan ringan lain nya,saya ingin mengambil dr produsen didaerah saya dan akan saya jual lagi di kota,Tapi untuk cap nya yg dibingkisan nanti akan saya kasih no hp sama nama tmpat pmbuatan nya dgn nama yg saya kasi sendri.. cara pemasaran nya yg tepat gimana ya pak .. terimakasih

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Peluang bisnis camilan memang tak pernah sepi konsumen, dan ide bisnis yang Sdr. Indrayana lirik terbukti peluang pasarnya masih sangat besar. Akan tetapi yang perlu diperhatikan disini ketika membuat label kemasan pada kegiatan repackaging (mengemas ulang) produk camilan, yang penting dicantumkan adalah Brand atau merek produk yang Anda pasarkan, contact person Anda, nomor izin usaha (dalam hal ini Anda bisa menjalin kerjasama dengan pengrajin tempe keripik dan meminta izin untuk mencantumkan nomor izin usaha mereka), mencantumkan nama usaha pengrajin tempe sebagai produsen, dan menambahkan informasi dikemas ulang oleh (nama usaha Anda). Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
      • ass.kun
        pak saya ingin membuka usaha.. makanan kentang mustopa kemasan.. sama sempol ayam bagaimana cara untuk pemasarannya

  5. pak saya mau tanya saya kan anak sma pengen punya penghasilan sndri dan saya berjualan makroni pedas, apa cara yg tepat agar pemasaransaya lebih meluas

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Salut melihat semangat bisnis yang dimiliki Sdri. Lutfianda sejak duduk di bangku sekolah. Untuk pemasaran makaroni pedas, Sdri. Lutfianda bisa menitipkannya di kantin sekolah, warung-warung yang ada di sekitar sekolah dan rumah, atau bisa juga mempromosikannya online misalnya dimulai dari akun sosial media yang sudah dimiliki. Tidak ada salahnya bila Anda memulainya dari orang-orang di sekitar Anda. Yang terpenting tambahkan label produk agar merek makaroni Anda bisa mudah dikenali masyarakat luas. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk membantu Ibu Yenis merintis bisnis puding, berikut ini kami informasi peluang bisnis puding yang pernah kami angkat beberapa waktu yang lalu, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  6. Pak saya pux usaha es duren awalx dlu pas saya yg mgang es x laris manis tp smenjak saya pgangin ke tmen saya kok sepi kata pelanggan saya es x brubh gk enk gmna cara meyakinkan konsumen saya kembali,trimakasih

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Salah satu kunci kesuksesan bisnis makanan memang terletak pada cita rasanya. Untuk mengembalikan kepercayaan konsumen, ada baiknya bila Bapak Aziz menawarkan paket promosi misal memberikan tester gratis kepada para konsumen di sekitar lokasi usaha, atau bisa juga menambahkan produk baru untuk menarik minat konsumen baru sembari memperkenalkan kembali citarasa minuman es sebelumnya dengan citarasa yang baru. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  7. Maaf pak saya mau tanya setiap hari saya punya ke inginan mau bisnis kuliner dngan masakan khas tempat saya tpi saya bingung cara awal nya gmn d samping modal juga tdak mendukung.trims

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk membantu Bapak Usman dalam merintis bisnis kuliner khas daerah setempat, Bapak bisa mempraktekkan beberapa tips berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba