Modal Usaha Terbatas Jangan Buru-Buru Lari ke Bank!

Modal usaha terbatas jangan buru-buru lari ke bankHampir setiap orang selalu mengeluhkan masalah modal dana ketika mereka hendak memulai sebuah usaha. Bahkan tak sedikit dari mereka yang buru-buru cari pinjaman dana ke bank untuk mendapatkan modal usaha.

Padahal, dalam berbisnis tidak hanya modal uang saja yang dibutuhkan para pelaku usaha. Masih ada modal non-materi seperti misalnya skill (keahlian), kreativitas, networking, motivasi, serta tekad dankeberanian yang kuat untuk bisa mengantarkanmu masuk ke dalam dunia usaha.

Berbekal ilmu pengetahuan, pengalaman, serta kreativitas yang ada pada dirimu, setidaknya kamu bisa menemukan alternatif paling tepat untuk bisa memulai usaha dengan modal seminim mungkin. Bahkan sekarang ini berbagai macam peluang usaha dengan modal kecil pun bisa dicoba para pemula untuk terjun di dunia bisnis.

Lalu, kira-kira strategi apa saja yang bisa dilakukan para pemula untuk bisa mengatasi minimnya modal usaha?

Berikut ini kami informasikan beberapa cara mudah mengatasi modal usaha yang minim bagi para pemula yang tertarik merintis sebuah usaha.

Terapkan sistem pembayaran di muka

Dengan memanfaatkan modal kreativitas yang Anda miliki, coba terapkan “sistem pembayaran di muka” pada saat menjalankan sebuah usaha. Melalui strategi tersebut, Anda bisa mendapatkan modal dari uang muka yang telah dibayarkan para konsumen, dan selanjutnya dimanfaatkan untuk memenuhi biaya operasional selama memproduksi barang maupun jasa yang dibutuhkan para pelanggan. Contohnya saja seperti pada bisnis bimbingan belajar yang mewajibkan siswanya membayar biaya kursus di awal tahun ajaran, atau bisnis jual beli toko online yang mewajibkan konsumennya mentransfer uang terlebih dahulu baru selanjutnya barang pesanan dikirimkan ke alamat konsumen.

Join dengan rekanan bisnis Anda

Ketika modal usaha yang Anda miliki sangatlah minim, tidak ada salahnya bila Anda mengajak beberapa rekan bisnis Anda untuk bekerjasama dalam membangun sebuah usaha. Anda bisa mengajak mereka untuk patungan mengumpulkan modal usaha dan menggarap usaha tersebut secara bersama-sama.

Menggunakan sistem bagi hasil

strategi bisnisSelain menjalin kerjasama dengan rekan bisnis yang dimiliki, Anda juga bisa menggaet investor maupun para produsen untuk mendapatkan subsidi modal dengan sistem bagi hasil yang telah disepakati. Untuk para investor, biasanya mereka lebih tertarik untuk menanamkan modalnya di bisnis Anda dan menunggu pembagian hasil dari laba perusahaan setiap bulannya. Sedangkan untuk para produsen, biasanya mereka memberikan peluang bagi Anda untuk menjadi reseller mereka dan memberikan diskon khusus bagi transaksi penjualan yang berhasil Anda dapatkan.

Mencoba bisnis jasa

Salah satu peluang bisnis jasa yang tidak membutuhkan modal besar yaitu menjadi seorang konsultan maupun makelar. Kedua profesi ini sama-sama memberikan pelayanan jasa bagi para konsumennya tanpa membutuhkan modal usaha yang cukup besar. Sebab, ketika menjadi seorang konsultan maupun makelar, modal utama Anda hanyalah pengalaman, keahlian bernegosiasi dan kemampuan untuk meyakinkan orang lain.

Menggunakan sistem barter

Untuk mengatasi minimnya modal usaha, Anda juga bisa memilih sistem barter yang tidak membutuhkan modal uang. Dalam hal ini Anda bisa mencari produsen maupun pemasok yang memiliki produk komoditas cukup potensial, kemudian menawarkan diri untuk bekerjasama dan melakukan barter (pertukaran produk atau jasa) dengan bisnis Anda. Strategi ini sudah banyak dilakukan para pelaku bisnis online dalam mempromosikan usahanya, yakni dengan bertukar link satu sama lain.

Disamping beberapa cara yang telah kami informasikan, pada dasarnya masih banyak strategi bisnis lainnya yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah permodalan usaha. Karenanya, jangan pernah berhenti melangkah untuk mencoba menekuni dunia usaha dan mulailah sekarang juga. Salam sukses.

Sumber gambar :
http://1.bp.blogspot.com/-7QuKGgRaClc/TWTgF91BfQI/AAAAAAAAATo/aS7TelJPx2Y/s1600/bisnis+plan.jpg

29 thoughts on “Modal Usaha Terbatas Jangan Buru-Buru Lari ke Bank!”

  1. Maaf mau tanya klo mau mengajukan proposal dana hibah ke perusahaan besar atau lembaga lainnya, persyaratannaya biasanya apa aza ya? Mksh…

    Reply
  2. mau tanya, untuk menambah modal usaha kira2 apa kita bisa mengajukan proposal ke pemerintah daerah, dpr atau dinas terkait yg sesuai dengan usaha kita ?
    dan apa ada perusahaan yg mau membantu pembuatan spanduk & media promosi lain utk di depan rumah makan ?
    makasih

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Pada dasarnya ada beberapa program pemerintah yang memberikan bantuan modal bagi UKM, salah satunya seperti program KUR (Kredit Usaha Rakyat). Dan untuk pembuatan spanduk atau media promosi, Bapak Yogie bisa menghubungi nomor telepon 081-329-612-111. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  3. Sy 3thn yg lalu adalah seorang Kary.di RS.Swasta di Bangkabelitung,thn 2009 mmulai usaha sendiri hg 2013 berlajn baik namun 2thn terakhir bangkrut dan terpuruk…kini sy berniat membuka usaha Apotik & Klinik namun sdh berupaya ngobrol sana sini mencari solusi Pmodalan,mhn bantuan Tips dan mgkin ada yg bersedia membuka cabang diDaerah sy dan atau ada yg berkenan membagi Rizkinya utk bekerjasama dgn saya….

    Reply
  4. Asalmualaikum..
    Saya sudah mnjalankan usaha d badang bangunan membuat paving.. dan sudah jalan 5 bulanan. Saya sekarang ingin menambah alat tranport untuk ngirim pesanan paping dan tambahan modal untuk memajukan usaha. Tapi kendalaya . D permodalan .. apakah ada solusinya..? Bentuk kerja sama y apapuun. Dan dengan siapapun aku siap.. tapi asal kunciya kejujuran dan baik .. dan agar bisa sama sama maju. Dan merasakan hasil y bersama ..
    Salam hormat
    Nurhidayatulloh

    Reply
  5. bagaimana cara nya mengembangkan usaha aplikator rangka atap baja ringan , kanopi , Pagar Besi , pintu slading , saya bersedia memberikan 10 % bagi mediator / perantara proyek.

    Reply
    • Bapak sekrang menjalan ne usaha ini d’mana?saya mau bekrja sama,sama bapak untuk mejalane usaha bapak,

      Reply
  6. Modal memang suatu kendala jika kita ingin melakukan suatu usaha.
    Kendala tersebut tidak masalah kalau ada orang lain yang memberi suatu kepercayaan, menitip maupun menaruh barang dagangannya dulu di tempat kita.
    Setelah barang laku terjual, kita baru menyetor harga jual modal yang disesuaikan dari kesepakatan.

    Dalam suatu komunitas jaringan bisnis penanaman suatu kepercayaan memang sangat dibutuhkan, agar suatu bisnis tersebut dapat berkembang luas.
    modal adalah sebagai sarana pendukung dalam memulai suatu usaha.
    Sedangkan kejujuran adalah berkesinambungan mata rantai jaringan bisnis kita.
    Walaupun demikian adanya, jangan juga kita semata-mata mulai usaha bisnis dengan “bermodal dengkul!!”

    Reply
  7. Saya seorang guru (PTT)bhs inggris di perdesaan daerah sulsel tepatnya kab.luwu utara. Sy jg membuka kursus dirumah.anak2 saya cukup bersemangat dlm belajar. Kami ada dua orang pengajar setiap harinya ada puluhan yg datang untuk belajar. Karna kami tgl di desa,kami menarik bayaran seadanya.gmana caranya agar kmi bs memperoleh sarana beljar yg layak. Tks

    Reply
  8. sy fera 32 thn.dr palembang sdh 6 thn sy bedagang bwang merah,putih dan bumbu lainnya.alhamdulillah langganan sy sdh bnyak.tp saat ini sy butuh tmbahan modal untk stok tmbah brang isi langganan.tlg bantu sy pak bagaimana cara sy mendapatkan pnjaman selain pnjaman bank di daerah palembang.trima kasìh

    Reply
    • Selamat pagi Ibu Fera, untuk saat ini kami belum menyediakan fasilitas peminjaman modal. Namun untuk mengatasi minimnya modal usaha, kami memiliki beberapa tips bisnis yang bisa Ibu Fera terapkan tanpa harus meminjam dana dari bank. Informasi selengkapnya bisa klik link berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba