Pemasaran

Mudahkan Pelanggan dengan 3 Halaman Ini di Website Toko Online Anda

mudahkan-pelanggan-dengan-menambahkan-3-halaman-berikut-di

Manfaatkan Website Untuk Memulai Bisnis

Setiap pengusaha, baik yang memasarkan produknya di skala kecil maupun besar, pasti ingin usahanya dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang memiliki toko online untuk menghasilkan uang dari internet. Para pemula biasanya memanfaatkan website untuk memulai bisnis yang baru mereka rintis.

Membuat website toko online biasanya dilakukan sebagai langkah awal membangun bisnis di era digital seperti sekarang ini. Langkah ini sudah lazim ditempuh untuk menghemat modal awal  yang dikeluarkan. Selain itu, pengelolaan toko online tergolong sangat mudah, terutama apabila menggunakan website dengan CMS WordPress.

Namun, pembuatan website bukanlah langkah akhir yang menjadi faktor kesuksesan sebuah bisnis online. Anda masih harus menempuh berbagai proses agar nantinya website toko online tersebut bisa mendatangkan lebih banyak omset. Untuk meraih lebih banyak revenue, Anda harus meningkatkan traffic dari website dan menarik lebih banyak calon pelanggan.

Baca juga: Sukses di Marketplace Ini 5 Alasan Bisnismu Harus Buat Website Sendiri

Sebelum melangkah lebih jauh dengan berbagai ide pemasaran yang ingin Anda eksekusi melalui website toko online yang dikelola, terdapat berbagai hal yang perlu Anda perhatikan terkait isi di dalamnya. Ada beberapa halaman yang wajib Anda sertakan untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan para pelanggan yang mengaksesnya.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan insight berupa halaman apa saja yang tidak boleh terlewat untuk diikutsertakan pada website toko online Anda. Berikut 3 halaman website toko online untuk memudahkan para pelanggan Anda.

Tambahkan Halaman “Pricing” untuk Informasi Harga Produk

tambahkan-pricing-pada-website

sumber gambar: unsplash.com/Austin Distel

“Harganya berapa, Mbak?”

“Kalau di-custom, ada tambahan biaya nggak ya?”

Sering mendapatkan pertanyaan serupa? Saat menjalankan bisnis, tentu saja Anda akan menerima berbagai macam pertanyaan seputar produk yang ditawarkan di toko online Anda. Informasi seputar harga bisa dipastikan jadi salah satu acuan utama para pelanggan yang ingin membeli produk yang mereka minati.

Untuk itu, sangat penting bagi para pemilik toko online untuk menyertakan halaman yang khusus menginformasikan harga suatu produk maupun layanan yang ditawarkan di websitenya. Melalui halaman tersebut, Anda bisa mencantumkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai ketentuan harga dan juga biaya tambahan lain, seperti biaya pengiriman dan pajak.

Baca juga: Belajar Coding Secara Online Melalui 5 Website Berikut

Tidak hanya sekadar informasi harga dan biaya tambahan lain. Dari halaman “pricing”, Anda akan memudahkan para pelanggan untuk membandingkan beberapa barang yang diminati. Melalui deskripsi ringkas seputar keunggulan dan keunikan setiap pilihan produk  menentukan produk mana yang paling layak untuk dibeli.

Walau begitu, jika Anda memiliki bisnis yang mengharuskan untuk melakukan negosiasi dengan calon pelanggan atau klien, Anda tidak perlu mencantumkan harga tetap di website bisnis Anda. Sehingga jika klien ingin menggunakan jasa bisnis Anda, arahkan mereka untuk mengontak langsung melalui kolom yang tersedia pada “Contact Us”.

Sediakan Halaman “Support” untuk Menawarkan Bantuan Kepada Pelanggan

Memiliki bisnis sama dengan siap menghadapi segala macam kemungkinan resiko yang muncul. Tidak terkecuali resiko adanya berbagai macam pertanyaan seputar produk maupun layanan. Akan selalu ada para pelanggan yang merasa masih belum memahami produk atau memiliki kendala dan komplain seputar produk Anda.

Kalau sudah begitu, apa yang bisa dilakukan melalui website toko online Anda?

Jawabannya adalah menyediakan halaman “support” untuk menawarkan bantuan kepada para pelanggan Anda yang mempunyai masalah terkait produk yang Anda tawarkan. Fitur bantuan ini akan mempermudah mereka untuk memberikan aduan langsung kepada Anda.

Media yang digunakan sebagai wadah untuk memberikan bantuan pun beragam. Anda bisa menyediakan contact form, live chat, hingga forum yang berisi komunitas yang relate dengan niche produk Anda. Jika website toko online Ada dikelola dengan menggunakan WordPress, maka fitur-fitur tersebut dapat dibuat dengan mudah melalui plugin yang tersedia.

Baca juga: 5 Kesalahan Digital Marketing yang Harus Anda Hindari

Apakah Anda harus memberikan semua bentuk bantuan tersebut? Tidak juga. Pada dasarnya semua opsi di atas memang bentuk bantuan yang sewajarnya ada pada website toko online. Namun pilihan seputar bantuan seperti apa yang ditawarkan kepada pelanggan, itu semua kembali kepada pihak pengelola website dan Anda sebagai ownernya.

Seperti apa contoh bentuk bantuan yang cocok dengan website toko online Anda? Coba Anda cek kembali melalui penjelasan singkat berikut.

1. Contact form

Cocok bagi Anda yang merasa belum mampu melakukan respon dengan cepat. Melalui bentuk bantuan ini, pelanggan akan mengisi formulir kontak yang disediakan dan pesan tersebut akan Anda dapatkan dalam bentuk email. Memang Anda tidak perlu langsung menjawabnya.

Namun, alangkah lebih baik apabila Anda tetap memberikan standar respon secepat mungkin agar pelanggan tidak menunggu terlalu lama untuk bisa mengerti apa yang harus dilakukan berikutnya.

2. Live chat

Tentu berbeda dengan contact form. Jika opsi sebelumnya memberikan bantuan melalui email, live chat akan bisa mengakomodir pertanyaan layaknya sebuah pesan singkat yang dikirimkan melalui SMS atau bentuk messanger lain. Bisnis online di Indonesia biasanya memanfaatkan WhatsApp sebagai fitur live chat-nya.

Bukan tanpa konsekuensi lanjut jika Anda sudah memilih untuk memberikan bantuan melalui opsi ini. Dengan live chat, Anda harus menyediakan tim khusus yang mampu merespon pesan secepat mungkin kepada para pelanggan. Jika platform seperti WA yang Anda pilih, gunakan WA for business dan tetapkan jam operasionalnya.

3. Forum komunitas

Akan lebih berbeda lagi daripada kedua opsi sebelumnya. Respon pada contact form dan live chat hanya bisa diberikan oleh Anda sebagai pemilik atau admin website toko online Anda sebagai pengelolanya. Sedangkan forum komunitas tidak hanya mengandalkan respon owner, tapi bisa juga respon dari sesama pelanggan.

Melalui forum komunitas, pelanggan akan bisa mendapatkan lebih banyak insight berdasarkan pengalaman pelanggan lain. Secara tidak langsung, ini akan mempermudah Anda dalam mengelola pertanyaan yang masuk dari pelanggan. 

Namun perlu diingat bahwa Anda tetap harus ikut meluruskan opini-opini yang tersebar di dalamnya, sehingga tetap sesuai dengan prinsip bisnis yang Anda jalani melalui toko online yang Anda kelola.

Sertakan Informasi Tambahan Pada Halaman “Frequently Asked Questions” atau FAQ

Akan terasa menyusahkan apabila Anda harus meladeni setiap pertanyaan yang masuk hingga berulang kali. Sebagai pemilik atau pengelola, Anda harus mencari cara yang lebih efektif untuk menanganinya. Jika pertanyaan sudah didapatkan melalui bantuan untuk pelanggan, buatlah halaman FAQ (Frequently Asked Questions) untuk menampung jawabannya.

Baca juga: 5+ Website Belajar WordPress Online untuk Para Pemula

Jika Anda menjalankan bisnis tas lukis dan menawarkan service kostumisasi , tidak menutup kemungkin bagi para pelanggan Anda untuk menanyakan hal-hal terkait jenis bahan tas, warna, motif, hingga berapa lama proses penyelesaian pesanan Anda. Maka dari itu, tampung dan jawab jenis tipe pertanyaan seperti berikut:

  1. Apakah saya bisa memilih jenis tas yang saya inginkan?
  2. Di mana saya bisa mencoba langsung tas lukis yang sudah dibuat?
  3. Berapa lama proses penyelesaian tas yang saya pesan?
  4. Apa jenis jasa pengiriman yang tersedia atau digunakan?

Para pelanggan juga akan semakin terbantu dengan informasi tambahan yang disediakan dengan banyaknya pertanyaan serupa yang bisa Anda jawab melalui halaman FAQ. Pertanyaan yang sama mungkin akan terus ada dari pelanggan baru yang meminati produk Anda. Namun Anda bisa mengarahkannnya langsung ke halaman FAQ untuk menghemat waktu.

Kesimpulan

kesimpulan

sumber gambar: unsplash.com/Carlos Muza

Memiliki website toko online bukanlah step akhir untuk menjadikan bisnis Anda lebih sukses. Masih ada banyak proses yang dilalui hingga akhirnya Anda membuat progres melalui bisnis yang dijalankan dengan toko online yang sudah dibuat.

Maka, sudah seharusnya Anda menganalisis kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk mempermudah pengoperasian website toko online yang dikelola. Salah satunya adalah dengan menambahkan tiga halaman di atas untuk membantu para pelanggan agar lebih mudah memahami produk-produk yang Anda jual.

Selamat berbisnis teman-teman!