Mudahnya, Usaha Jasa Angkut Barang

jasa angkut barang

Saat seseorang ingin pindah rumah ataupun mengirimkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain, biasanya orang tersebut cenderung memilih cara yang praktis dan tidak mau direpotkan dengan masalah yang ada. Karena alasan itulah usaha jasa angkut barang sangat diperlukan oleh orang banyak. Dengan adanya jasa angkut barang, orang-orang yang sedang kerepotan tentu sangat terbantu.

Konsumen
Munculnya kebutuhan konsumen akan jasa angkut mampu menarik para pencari usaha untuk menjadikan usaha jasa angkut barang sebagai peluang usaha baru. Adapun konsumen yang membutuhkan jasa ini antara lain saat seseorang melakukan pindah rumah, sebuah instansi yang melakukan pindah kantor/ gedung, renovasi rumah, ataupun saat terjadi pembelian suatu barang dalam jumlah yang besar.

Info bisnis

jasa angkut

Bisnis ini banyak dijalankan oleh masyarakat yang memiliki mobil terbuka atau biasa disebut dengan mobil pick up. Selain bisnis ini bisa dikerjakan sebagai sampingan, omset bisnis ini juga cukup besar.

Untuk memulai bisnis ini, tidak memerlukan lokasi usaha seperti menyewa tempat atau membangun sebuah kios usaha. Karena bisnis ini dapat dilakukan dari rumah saja. Anda cukup menyediakan mobil dengan tipe terbuka, dan memasang papan nama “ Jasa angkut “ di mobil tersebut. Selain bisa melakukannya di rumah, Anda juga bisa menjalankan bisnis ini di pinggir jalan. Dengan memarkir mobil Anda yang sudah bertuliskan jasa angkut di pinggir jalan, para konsumen sudah mengetahui tentang keberadaan bisnis Anda.

Untuk tarif jasa angkut, biasanya Rp 30.000 sampai Rp 50.000 untuk sekali antar, dalam satu kota atau satu daerah. Sedangkan untuk luar kota, harga yang dipatok lebih mahal berkisar Rp 150.000 sampai Rp 250.000, tergantung jarak tempuh kota tersebut.

Kelebihan bisnis
Selain memiliki pasar yang cukup tinggi, usaha jasa angkut barang juga termasuk usaha yang mudah dijalankan. Hanya bermodalkan kendaraan jenis colt pick up sebagai alat operasional utama, untuk selebihnya Anda dapat mempekerjakan sopir ataupun kernet angkut dengan biaya yang cukup.

Kekurangan bisnis
Karena pelaku bisnis di bidang tersebut telah cukup banyak, maka Anda harus mempunyai strategi khusus agar usaha Anda dapat terus berkembang dan memenangkan persaingan pasar. Selain itu Anda juga harus menjaga keadaan barang – barang yang Anda angkut. Jangan sampai barang konsumen Anda, mengalami kerusakan saat proses pengangkutan. Karena kerusakan bisa menimbulkan citra buruk bagi para konsumen.

Pemasaran
Strategi pemasaran yang dapat Anda jalankan adalah dengan memasang papan nama yang bertuliskan jasa angkut, di mobil yang Anda gunakan untuk bisnis ini. Sehingga orang yang tidak sengaja melewatinya, mengetahui bahwa ada jasa angkut di daerah tersebut. Disamping itu untuk memperluas pasar, pasanglah iklan jasa angkut melalui media cetak maupun media elektronik, cantumkan pula alamat lengkap dan no telepon yang dapat dihubungi . Sehingga orang yang membutuhkan jasa angkut dapat langsung menghubungi Anda.

Kunci sukses
Untuk itu Anda harus selalu memberikan pelayanan prima kepada setiap pelanggan. Misalnya saja dengan memastikan kendaraan Anda selalu dalam keadaan baik, mengusahakan untuk selalu tepat waktu dalam memberikan pelayanan, serta memberikan harga yang berani bersaing. Dengan memberikan pelayanan prima, secara tidak langsung Anda juga sudah mempromosikan usaha Anda.

Peluang bisnis jasa merupakan salah satu bisnis yang dapat dijalankan sepanjang masa. Bagi Anda yang ingin mencoba mudahnya usaha jasa angkut barang, berikut kami berikan analisa ekonomi yang dibutuhkan pada usaha ini.

Modal awal
Mobil pick up                                    Rp 30.000.000,00

Biaya operasional
BBM                                              Rp 3.000.000,00
Iklan dan telpon                                 Rp   200.000.00
Perawatan mobil                                  Rp   200.000,00+
Jumlah                                           Rp 3.400.000,00

Omzet per hari
@ Rp 50.000,00 x 3 order                         Rp 150.000,00
Omzet per bulan
Rp 150.000,00 x 30 hari                          Rp 4.500.000,00

Laba bersih per bulan
( Rp 4.500.000,00 – Rp 3.400.000,00 )            Rp 1.100.000,00

ROI (Return of Investment)
( modal awal : laba bersih per bulan )         = 2,3 tahun

Sumber gambar : http://www.sinarharapan.co.id/feature/otomotif/2003/033/pickup.jpg dan http://www.go.dlr.de/wt/dv/ig/icons/funet/moving2.gif

3 Komentar

  1. Met malam pak saya mulia siregar punya truk engkel box kapasitas angkut 4 ton domisili saya di bandung bisa tolong di bantu pak untuk order muatannya sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

  2. Dear Admin Yth.
    saya memiliki Mobil Daihatsu Granmax jenis Blind van jujur lagi kebingungan nyari tambahan buat uang cicilannya, usaha dagang saya lagi sepi oleh karenanya biaya cicilan kurang ketutup wal hasil bingung harus berbuat apa untuk menutupinya. saya coba gabung jasa angkutan besutan go-jek tapi sampai hari ini blom dapat orderan. mohon nasehat dan pendapatnya kepada bisnis UKM.com mudah-mudahan saya dapat pencerahan. mohon kirimkan via e-mail saya pak ke syariefns.26@gmail.com trimakasih Semoga Allah membalas kebaikan semua, maju terus bisnisUKM.com Jaya selalu, Wasalam.

    • Selamat siang Bapak Syarif Hidayat, baik Bapak akan kami coba bantu Bapak melalui email. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

Comments are closed.