Nikmatnya “Burger Tempe” yang Sehat

burger tempeSiapa yang tak suka tempe ???

Hampir semua orang di Indonesia suka dengan tempe. Makanan yang berasal dari olahan kacang kedelai ini menjadi salah satu bahan makanan yang telah dikonsumsi sejak nenek moyang kita masih ada, hingga saat ini. Tempe merupakan makanan sehat yang mengandung banyak protein nabati, dan berasal dari kacang kedelai. Tempe juga dibuat secara alami tanpa menggunakan tambahan bahan kimia apapun.

Tempe juga memiliki harga yang murah dengan kualitas gizi yang cukup tinggi, tidak seperti daging yang identik dengan lemak dan kolesterol. Sehingga setiap orang bebas mengkonsumsi tempe tanpa takut dengan kolesterol ataupun lemak yang dapat mengganggu kesehatan. Selain itu bagi kaum vegetarian, tempe juga bisa menjadi alternatif pengganti daging sebagai lauk yang sehat dan penuh manfaat.

Seiring dengan majunya kehidupan, kini tempe tidak hanya menjadi bahan konsumsi makanan sehari – hari saja. Menu olahan tempe telah menjadi peluang usaha bagi masyarakat. Tempe dapat diolah menjadi berbagai macam olahan menu kuliner, seperti tempe goreng, tempe bacem, tempe mendoan, kripik tempe, hingga burger tempe dan masih banyak menu yang dihasilkan dari olahan tempe.burger sehat

Baru – baru ini menu tempe juga telah dijadikan sebagai bahan isian burger, untuk menggantikan daging yang biasa digunakan. Inovasi baru dari makanan siap saji yang digemari banyak konsumen ini telah mulai dijadikan sebagai peluang bisnis baru bagi pelaku bisnis kuliner. Awalnya menu burger tempe sebetulnya ditujukan bagi kaum vegetarian, namun karena rasanya yang tak kalah enak dengan daging dan nilai ekonomisnya kini burger tempe diminati semua konsumen. Agar tidak penasaran dengan menu tersebut, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri untuk keluarga Anda ataupun untuk menjadikannya sebagai peluang usaha baru Anda. Berikut kami berikan resep “ Burger Tempe ”.

Bahan:

  • 300 gr  tempe, kukus 15 menitan, kemudian dihaluskan
  • 1 bh bawang Bombay, cincang
  • 1 bh bawang putih, cincang
  • 1 btg daun bawang, iris tipis bagian yang putih
  • 1 sdm seledri cincang
  • 1 btr telur, pisahkan bagian kuning telurnya
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 2 sdm margarin untuk menggoreng
  • 4 lembaran keju

Cara:

  1. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay dan daun bawang, aduk sampai layu, angkat.
  2. Campur dan aduk semua bahan kecuali putih telur.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat pipih dengan garis tengah ± 7 cm dengan ketebalan ± 3 cm.
  4. Lumuri seluruh permukaan adonan yang telah dibentuk, dengan putih telur.
  5. Goreng dengan margarin sampai kecoklatan.
  6. Selipkan diantara roti dengan diberi lembaran keju, daun selada, tomat serta saus tomat. Hidangkan selagi panas.

Sumber gambar :  http://thedeal.freedomblogging.com & http://rheedwan.files.wordpress.com

21 thoughts on “Nikmatnya “Burger Tempe” yang Sehat”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba