Nikmatnya Rasa Klaras dari Kue Lompong

kue lompongBeberapa dari anda mungkin masih asing dengan kue lompong. Namun bagi masyarakat Purworejo, Kutoarjo dan sekitarnya sudah pasti sangat kenal dengan si hitam manis ini. Kue Lompong adalah kue basah manis dengan bulir kacang di dalamnya.

Bahasa Jawa, lompong berarti talas atau lumbu. Jika demikian, apakah kue lompong disini berarti kue talas? dapat dikatakan demikian. Unik memang, karena lompong umumnya dikonsumsi sebagai sayuran. Tidak sedikit juga yang mengatakan, lompong adalah santapan orang desa.

Menariknya, kue satu ini adalah karena dibungkus menggunakan daun pisang kering yang sering disebut klaras. Usut punya usut, warna hitam pada kue ini ternyata memang berasal dari tanaman lompong. Tepatnya dari batang lompong yang dilumatkan dan dicampur pada adonan kue.

Dalam setiap gigitan kue lompong, akan ada rasa yang sangat khas di lidah kita, yaitu rasa klaras yang menjadi pembungkusnya. Inilah yang menjadi keunikan lain dari kue lompong, adanya rasa yang mungkin tidak familiar untuk dikecap.

Harga satu biji lompong adalah Rp 1000,00. Menurut salah satu penjual kue lompong, para pengunjung, terutama yang dari luar kota biasanya membeli 20 hingga 30 biji sebagai buah tangan, sebelum meninggalkan kota Purworejo.

Pembuatannya cukup sederhana, bahan-bahan adonan dicampur, sementara kacang tanahnya digoreng kemudian dihaluskan. Setelah siap, adonan dicetak sedemikian rupa, hingga bentuknya berupa kepalan, bundar dan pipih. Tak lupa didalamnya diisi dengan kacang tanah yang telah dihaluskan.

lompongSelanjutnya, dimasukkan dalam minyak goreng mentah, agar tidak lengket ketika dibungkus.  Bentukan adonan itu lalu dibungkus dengan klaras dengan pola lipat yang menyerupai tempe. Namun berbeda dengan tempe, arah lipatannya berkebalikan.

Berikutnya, bungkusan-bungkusan itu dikukus selama 2 jam. Setelah matang, semakin lama, kue ini akan mengeras. Selera pembeli pun beragam, ada yang suka dengan kue lompong yang masih empuk, ada pula yang suka pada kue lompong yang lebih keras.

Ternyata selain mengangkat potensi daerah, kue lompong ini bisa menjadi peluang berbisnis sukses dengan sajian kuliner.

Nah, apakah di daerah Anda ada potensi yang bisa di angkat dan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan?. Coba cermati dan segera mulai bisnis anda sekarang. Selamat berkarya dan salam sukses.

 

sumber gambar : http://suaramerdeka.com/foto_kuliner/4c07f5135f006ad7b39bc994645cda8e.jpg & http://nurrahmanarif.files.wordpress.com/2010/01/kuelompong.jpg

Comments are closed.