Nilai Ekonomis dan Budidaya Tanaman Porang

porangTanaman porang (amorphopallus oncophillus) merupakan tanaman yang hidup di hutan tropis. Tanaman yang bisa juga ditanam di dataran rendah tersebut mudah hidup di antara tegakan pohon hutan seperti misalnya Jati dan Pohon Sono. Porang di daerah Jawa dikenal dengan nama suweg. Termasuk tumbuhan semak (herba) yang memiliki tinggi 100 – 150 cm dengan umbi yang berada di dalam tanah. Batang tegak, lunak, batang halus berwarna hijau atau hitam belang-belang (totol-totol) putih. Batang tunggal memecah menjadi tiga batang sekunder dan akan memecah lagi sekaligus menjadi tangkai daun. Pada setiap pertemuan batang akan tumbuh bintil/ katak berwarna coklat kehitam-hitaman sebagai alat perkembangbiakan tanaman Porang. Tinggi tanaman dapat mencapai 1,5 meter sangat tergantung umur dan kesuburan tanah. Umbi inilah yang akan dipungut hasilnya karena memiliki zat glucomanan.

Tanaman tersebut kini mempunyai prospek yang menjanjikan karena memiliki nilai ekonomi yang bisa dibudidayakan. Selain itu, Porang banyak sekali terutama untuk industri dan kesehatan, hal ini terutama karena kandungan zat Glucomanan yang ada di dalamnya. Beberapa manfaat umbi porang yang lainnya antara lain:

  1. Bahan lem
  2. Juli
  3. Mie
  4. Tahu
  5. Felem
  6. Perekat tablet
  7. Pembungkus kapsul
  8. Penguat kertas

Perkembangbiakan Porang

Perkembangbiakan tanaman Porang dapat dilakukan dengan cara generatif maupun vegetatif. Secara umum perkembangbiakan tanaman Porang dapat dilakukan melalui berbagai cara yaitu antara lain:

1. Perkembangbiakan dengan Katak

Dalam 1 kg Katak berisi sekitar 100 butir katak. Katak ini pada masa panen dikumpulkan kemudian disimpan sehingga bila memasuki musim hujan bisa langsung ditanam pada lahan yang telah disiapkan.

2. Perkembangbiakan dengan Biji/Buah

Tanaman Porang pada setiap kurun waktu empat tahun akan menghasilkan bunga yang kemudian menjadi buah atau biji. Dalam satu tongkol buah bisa menghasilkan biji sampai 250 butir yang dapat digunakan sebagai bibit Porang dengan cara disemaikan terlebih dahulu.

3. Perkembangbiakan dengan Umbi

  • Dengan umbi yang kecil, ini diperoleh dari hasil pengurangan tanaman yang sudah terlalu rapat sehingga perlu untuk dikurangi. Hasil pengurangan ini dikumpulkan yang selanjutnya dimanfaatkan sebagai bibit.
  • Dengan umbi yang besar, ini dilakukan dengan cara umbi yang besar tersebut dipecah-pecah  sesuai dengan selera selanjutnya ditanam pada lahan yang telah disiapkan.

Syarat Tumbuh Porang

Tanaman Porang pada umumnya dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja, namun demikian agar usaha budidaya tanaman Porang dapat berhasil dengan baik perlu diketahui hal-hal yang merupakan syarat-syarat tumbuh tanaman Porang, terutama yang menyangkut iklim dan keadaan tanahnya. Beberapa syarat yang diperlukan tersebut antara lain:
1. Keadaan Iklim

Tanaman Porang mempunyai sifat khusus yaitu mempunyai toleransi yang sangat tinggi terhadap naungan atau tempat teduh (tahan tempat teduh). Tanaman Porang membutuhkan cahaya maksimum hanya sampai 40%. Tanaman Porang dapat tumbuh pada ketinggian 0 – 700 M dpl. Namun yang paling bagus pada daerah yang mempunyai ketinggian 100 – 600 M dpl.
2. Keadaan Tanah

Untuk hasil yang baik, tanaman Porang menghendaki tanah yang gembur/ subur serta tidak becek (tergenang air). Derajat keasaman tanah yang ideal adalah antara PH 6 – 7 serta pada kondisi jenis tanah apa saja.

3. Kondisi Lingkungan

Naungan yang ideal untuk tanaman Porang adalah jenis Jati, Mahoni Sono, dan lain-lain, yang pokok ada naungan serta terhindar dari kebakaran. Tingkat kerapatan naungan minimal 40% sehingga semakin rapat semakin baik.

Untuk masa panen, tanaman porang dapat dilakukan setelah berumur 3 tahun (3 kali pertumbuhan). Dan untuk harga saat ini sekitar Rp. 800,-/kg dalam keadaan basah. Sementara apabila dijual dalam bentuk irisan keripik yang kering dapat dijual dengan harga Rp.9.000,-/Kg. Apabila kita mampu menjualnya langsung ke pihak investor dari pihak asing kita akan dihargai sekitar USD 18/Kg. Dalam setiap pohon dapat memanen hasil sebanyak 2 Kg umbi, dan dalam setiap hektarnya dapat diperoleh 12 ton atau sekitar 1,5 ton kering.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar : http://www.bojonegoro.go.id/baru/images/artikel/porang.jpg

38 Komentar

  1. Saya tertarik dengan usaha tani porang dan saya punya 5000 m , bagaimana caranya mohon pencerahannya ,dan di jelaskan …?

  2. Porang dan suweg itu ndak sama lho,,kalau suweg itu memang bs langsung dimasak dgn cara dikukus,,tp porang kalw belum blm tahu caranya yang benar itu sangat gatal.

  3. porang itu amorphophallus onchophillus sangat berbeda dengan suweg,walur,dan iles…pohonya hampir sama tp buahnya beda.

  4. saya tertarik dengan bisnis ini,..ada lahan cukup menjanjikan, yg ingin bekerja sama ayuukk, saya sangat berminat,..termasuk penawaran pembelian porang,…anda bisa HUB saya di 081.333.000.433 posisi saya di Surabaya, lahan ada di Nganjuk dan Pacet,..

  5. saya tertarik untug budidaya tanaman porang_
    ada yg bisa mmberikan info untug mendapatkan bibitnya untug daerah tuban jawa timur dan skitarnya_
    mohon bantuannya_
    terima kasih

    • bu enik : saya orang tuban tapi tinggal di madiun.saya juga tertarik untuk mencoba porang untuk di tanam di tuban.sya sudah survey harga bibit porang baik dalam bentuk bubil/katak maupun umbi di wilayah madiun. mungkin kita bisa mencoba bekerjasama. ini no hp saya 085331921987, 085737548603.

    • para keturunan Ronggolawe, kalau boleh saya ikut gabung bisa??saya asli Parengan dan sekarang tinggal di kecamatan soko
      trims

  6. sy butuh pencerahan tentang budi daya porang dan sekali gus pemasarannya dan berapa harganya sekarang pak , terima kasih atas tanggapannya…..nohp yg dapat di hubungi 085299403089

  7. saya ingin mengembangan tanaman suweg/porang, apa ada yang bisa men supply bibit nya, mohon info
    terima kasih

    Pranata, 0817223588

  8. saya tau selukbeluk tentang porang,dijawa timur saja ada berbagai nama untuk menyebut nama porang ada walur suweg dll,tp perlu diketaui ada beberapa macam umbi ini,ada suweg putih dan kuning kebetulan yg disebut porang yg kuning….saya termasuk yang membudidayakan..juga menerima penjualan porang jika harga cocok…untuk bisnis ini memang tidak terlalau transparan tp bukan berarti ilegal hal tersebut dilakukan untuk menjaga harga tetap stabil dan masih kurangnya pelaku bisnis yg terjun dlm bisnis ini..wslm.

    • selama siang pak ahmad
      saya butuh informasi bayak tentang tanaman ini
      oleh sebap itu saya minta no telponnya
      terima kasih ,

  9. ada yang bisa bantu aku nggak aku bth info ttg porang.ini sangat penting.aku berharap ada yg bantu aku

  10. bagaimana olah porang jadi tepung apa mesinnya ?/merknya, bagaimana sistem penyimpanannya agar porang tak berjamur ,

  11. Kalau saya mengenal tanaman porang sepertinya tidak bisa disamakan dengan suweg, iles- iles karena tanaman tersebut hanya serupa saja tetapi tidak sama;
    Ada 4 jenis tanaman yang serupa tersebut meliputi :
    1. Porang
    2. Suweg
    3. Iles- iles dan
    4.Walur

    • Di Ponorogo siap menerima porang saja (bukan suweg) berapapun jumlahnya harga sekarang per Kg= Rp. 2.200(HP. 085259610174)

  12. kami membutuhkan porang baik basah atau kering (chip) dalam jumlah banyak. silahkan hub kami di 085235294880 muzayin

  13. Mohon informasi perusahaan mana yang bersedia membeli suwegdan bagaimana spesifikasi yang diminta, terima kasih sebelumnya

    081 356 247 247

  14. jual porang basah/kering hub.mas kesi.081320261866.harga cocok di beli kontinyu.

  15. dimana saya bisa jual porang. LMDH kami siap untuk menjual porang. membutuhkan hubungi No. HP.081 259 695 009

  16. sy pernah main ke daerah solo- wonogiri.
    dsana banyak petani yg numpang di lahan ptpn dgn sstem sewa dan menanam porang ini ini bawah naungan hutan jati.
    di pasar rakyat solo bs di peroleh bibit porang ini. harga denger dari temen saya sktr 40-50rb/ kg.
    syg, sy tdak sempat berkeliling banyak, krn hanya 2 jam dsna.
    mgkn ada rekan2 dari solo sekitarnya yg bisa kasih feedback..

    • selamat sore, saya wulan dan saya sangat tertarik dg bisnis porang.saya dengar di solo tepatnya di wonogiri ada porang, klau blh tau wtmpat di mana usaha porang.saya mau tau lebih jelas?

  17. dimana saya bisa memesan umbi porang?
    berapa harganya dan bagaimana bentuk kemasannya?

  18. Di tempat saya banyak sekali tumbuh suweg(porang) tapi hanya tumbuh liar dan tidak dipelihara dengan baik karena meski enak dimakan hanya sekali kali saja orang memasak (dikukus), melihat dari artikel ini kalau suweg itu laku dengan harga yang cukup bagus, saya tertarik untuk lebih membudidayakan tanaman suweg tersebut, namun demikian saya mohon diberikan pencerahan kemana saya harus menjual, terima kasih atas petunjuknya.

    no hp saya : 08123409208.

Comments are closed.