Nyantai Di Rumah Hasilkan Rupiah Dengan Bisnis Toko Kelontong

nyantai-dirumah-hasilkan-rupiah-dengan-bisnis-toko-kelontong

Mencari bisnis yang mudah dijalankan, tanpa ribet dan tentunya bisa dijalankan dirumah gampang banget. Apapun bisa dijadiin peluang bisnis, salah satunya bisnis toko kelontong. Sambil santai dirumah bisa menghasilkan pundi – pundi rupiah. Nah kamu bisa nih memanfaatkan ruangan tak terpakai dirumah atau teras halaman rumah. Tanpa ribet mencari lokasi diluar atau dekat jalan, toko kelontong hanya membutuhkan lokasi dirumah untuk menyediakan kebutuhan warga sekitar..

Bisnis ini biasanya banyak menjadi pilihan para ibu rumah tangga yang ingin tetap menghasilkan uang tanpa meninggalkan tugas utamanya dirumah. Dengan memanfaatkan ruangan yang tidak terpakai di rumah untuk membuka bisnis toko kelontong, memang sangat menguntungkan. Tak hanya labanya yang menggiurkan. Bagi sebagian ibu rumah tangga bisnis ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis sampingan tanpa harus mengabaikan tugas utamanya mengurus keluarga.

Bisnis Toko Kelontong Menguntungkan?

Toko kelontong khususnya di kawasan pemukiman padat penduduk biasanya mempunyai pasar yang selalu ramai. Walaupun margin setiap produknya bisa dibilang tipis, tapi total keuntungan yang didapatkan cukuplah menggiurkan, karena hampir setiap warga membutuhkan produk pokok seperti sembako, mie instant, perlengkapan mandi, sabun deterjen dan lain sebagainya.

Selain itu, jumlah produk yang dijual semakin beragam dan banyak. Tentu semakin banyak produk yang dijual, maka keuntungan yang didapat juga akan semakin besar pula. Tidak hanya barang kebutuhan pokok saja yang sekarang ini bisa dipasarkan di toko kelontong, tetapi juga barang-barang kebutuhan sekunder pun juga semakin banyak jenisnya.

Sebagai pelengkap dan penambah omzet setiap bulan, bisnis toko kelontong bisa ditambah dengan berjualan kuota internet, pulsa handphone dan pulsa listrik. Peluang bisnis kuota internet, pulsa handphone dan pulsa listrik juga bisa ditambahkan di toko kelontong karena sekarang ini kesadaran akan kebutuhan internet masyarakat sangatlah tinggi.

Persiapan Bisnis Toko Kelontong

Memulai Bisnis

Pertama, untuk membuka usaha toko kelontong, yang harus disiapkan adalah etalase dan rak yang digunakan untuk memajang barang-barang dagangannya. Besarnya etalase disesuaikan dengan jumlah dan jenis barang yang dijual, dan berapa modal yang ada untuk memulai bisnis ini. Selanjutnya untuk rak, jika modal terbatas maka pemilik cukup membeli bagian-bagiannya saja seperti kayu dan besi kemudian dirakit sendiri karena ini jelas lebih menghemat biaya.

Persiapan Lokasi

Untuk persiapan lokasi bisnis yang satu ini cukup mudah dan tidak harus membutuhkan tempat yang khusus. Persiapan tempat strategis yang dimaksud yakni tempat berjualan seperti di depan rumah atau garasi, atau dengan menyewa kios di pinggir jalan. Dan jangan lupa juga menyiapkan timbangan untuk menakar produk yang dijual kiloan, menyiapkan nota atau kwitansi dan kalkulator untuk menghitung total belanjaan konsumen.

Relasi Agen dan Distributor

Sebagai pemula, jika belum mengenal agen atau distributor dari produk-produk yang akan dijual, kamu bisa langsung mendatangi distributor atau agen resmi yang ada di sekitar lokasi toko kelontong. Usahakan selalu membeli barang langsung dari distributor atau agen karena harganya jauh lebih terjangkau.

Kemudian terakhir, susunlah daftar barang yang akan dijual, disesuaikan dengan modal yang ada. Sambil menyusun biaya belanja, buatlah skala prioritas terhadap barang-barang tersebut. Untuk barang yang diprediksi akan cepat laku maka stok bisa diperbanyak dan selalu dipersiapkan agar tidak pernah kehabisan.

Simulasi Keuntungan

Simulasi Keuntungan
Asumsi pendapatan harian Rp 600.000,00
Omset 1 bulan : Rp 600.000,00 x 30 hari       = Rp 18.000.000,00

Pengeluaran
Belanja stok produk = Rp 500.000,00 x 30      = Rp 15.000.000,00
Transportasi                                  = Rp    150.000,00
Listik dll                                    = Rp    150.000,00
Total pengeluaran                             = Rp 15.300.000,00

Keuntungan bersih
Rp 18.000.000,00 - Rp 15.300.000,00           = Rp  2.700.000,00

Nah, bagi Anda yang memiliki ruang kosong di rumah, tak ada salahnya bila kamu memanfaatkannya untuk membuka bisnis toko kelontong skala rumahan. Mulailah dari yang mudah, mulai dari yang murah dan yang paling penting mulailah dari sekarang !

Semoga berhasil untuk merintis bisnis yang kamu tekuni. Sebagai pemula yang akan memulai bisnis jangan lewatkan pula untuk mempelajari lebih dalam bagaimana tips memulai bisnis, strategi pemasaran paling ampuh menggaet pelanggan, strategi memilih lokasi dan menghadapi hambatan – hambatan dalam berbisnis. Dapatkan berbagai artikel tersebut di bisnisukm. Untuk ibu rumah tangga yang ingin menjajal bisnis lainnya dirumah bisnis yang satu ini bisa dicoba.

Nah buat yang mau bisnis kuliner makanan ataupun minuman terus mau cari kemasan yang paling rekomended buat dipilih. Bisa cek aneka kemasan di website dikemas.com lho. Disana segala macam dan segala jenis kemasan bisa kamu temukan dengan mudah. Dengan desain yang tentu kekinian, keren dan kece. Langsung tanya – tanya langsung aja ke CS nya. Berbagai kemudahan bisa didapatkan dengan order kemasan di dikemas.com, konsultasi gratis, desain gratis,  dan masih banyak bonus menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan.

Simak juga video – video liputan bisnis di website bisniskuliner.id yang bisa kamu jadikan inspirasi. Sedikitnya ada 50 lebih liputan pengusaha sukses yang membagikan strategi pemasaran yang digunakan, tips memulai bisnis, bagaimana cara mendapatkan modal, mengembangkan bisnis dan masih banyak lagi inspirasi lain yang bisa Anda jadikan gambaran dan motivasi. Bisa dicek di websitenya bisniskuliner.id bagaimana pebisnis sukses ini membagikan motivasinya.

Salam sukses !

Sumber gambar : https://indiekraf.com/karena-ini-e-commerce-bukan-jadi-alasan-industri-ritel-yang-kini-mulai-lesu/

126 thoughts on “Nyantai Di Rumah Hasilkan Rupiah Dengan Bisnis Toko Kelontong”

  1. apakah bagus prospeknya buka usaha /toko perlengkapan bayi,clody dan berbagai macam sabun..
    terima kasih..

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Sampai saat ini kebutuhan perlengkapan bayi masih sangat tinggi, apalagi saat ini orang tua sudah mulai cukup loyal untuk berbelanja aneka macam kebutuhan buah hatinya. Namun, sebelum memulai usaha tersebut ada baiknya bila Bapak Asep melakukan survey pasar kecil-kecilan sekiranya produk apa saja yang banyak dicari masyarakat di sekitar tempat tinggal Bapak. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  2. Saya dah punya kios 2 tolng bantu saya mendapatkan agen sembako murah soalnya saya baru lagi mau buka usaha dan berapa anggaran modalnya

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba