Inspirasi Bisnis, Video UKM

Pameran Produk Unggulan Daerah Tahun 2011

PAMERAN PRODUK UNGGULAN DAERAH TAHUN 2011

Yogyakarta kembali dipercaya sebagai tempat digelarnya Pameran Gebyar UMKM, Koperasi dan Produk Unggulan Daerah Tahun 2011. Pameran yang diselenggarakan Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi DI Yogyakarta (bekerjasama dengan instansi terkait) tersebut merupakan salah satu upaya nyata untuk mempromosikan dan mengembangkan produk-produk unggulan daerah di Indonesia. Pameran yang menjadi agenda rutin tahunan itu diikuti kurang lebih 50 peserta yang merupakan binaan Pemerintah Daerah/Dinas Koperasi Provinsi, Kabupaten/Kota, serta mitra binaan BUMN/BUMD se Indonesia.

Pameran Gebyar UMKM, Koperasi dan Produk Unggulan Daerah Tahun 2011 berlangsung di Ambarukmo Plaza pada tanggal 9-12 Juni 2011. Menurut kepala Disperindagkop dan UKM Provinsi DIY Ir. RM. Astungkoro, M.Hum, pameran kali ini merupakan event yang efektif untuk mempertemukan, menginspirasi, dan mendorong pelaku KUMKM (Koperasi UMKM) untuk lebih kreatif menciptakan produk dan jasa berbasis bahan baku lokal kekayaan sumber alam nusantara. Hal itu selaras dengan perkembangan industri kreatif di Indonesia yang pelakunya sebagian besar adalah Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

peserta pameranSementara Direktur PT. Fery Agung Corindotama (FERACO) M. Ruslim selaku pelaksana pameran menyampaikan, pameran kali ini memiliki nilai strategis guna memfasilitasi terselenggaranya lingkungan usaha yang efisien secara ekonomi, sehat dalam persaingan, dan non diskriminatif bagi kelangsungan dan peningkatan kinerja usaha koperasi dan UKM. Untuk itulah, pameran yang juga digelar untuk memperingati Hari Koperasi ke-64 tahun 2011 itu dilaksanakan dengan menghadirkan perwakilan dari hampir seluruh provinsi di Indonesia.

pameran gebyar UMKMKetika tim bisnisUKM mengunjungi pameran tersebut Kamis (9/6), para peserta terlihat sangat antusias menampilkan beragam produk unggulan daerah mereka masing-masing. Salah satu peserta pameran dari Provinsi Lampung, menampilkan produk unggulan mereka seperti tapis lampung, kopi bubuk, cinderamata, dan sulaman usus. Sementara perwakilan dari Kota Tangerang Selatan terlihat menampilkan produk seperti tas kulit ular, produksi bola, lampion benang, dan tudung saji. Tidak ketinggalan tuan rumah Provinsi DI Yogyakarta juga menampilkan beragam produk khas UMKM Jogja seperti terracotta, souvenir, home accessories, kuliner, dll.

Selama empat hari penyelenggraan pameran, para peserta diharap mampu menangkap market yang memberikan informasi secara up to date kepada KUMKM  tentang selera, kecenderungan pasar, inovasi produk, dan peluang ekspor ke mancanegara. Dengan langkah seperti itu, kontribusi Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional akan semakin meningkat.

Tim liputan bisnisUKM

SHARE YUK!