Aktivitas, Galeri Foto, Peluang Bisnis, Peluang usaha

Pelatihan Bisnis Keripik Buah dan Sayur

pelatihan keripik buah Dalam rangka mengembangkan usaha pasca panen, pengolahan dan pemasaran hasil pertanian, khususnya buah dan sayur. Pada hari Senin (13/12/2010) PT. Khalifah Niaga Lantabura (PT. KNL) yang membawahi Tim Bisnis UKM, kedatangan tamu dari Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Pemerintah Daerah Kota Samarinda untuk mengadakan pelatihan bisnis keripik buah dan sayur. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan ketrampilan para petani dan petugas dinas pertanian, untuk mengolah hasil pertanian menjadi produk baru yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. Salah satunya dengan mengolah buah dan sayur menjadi produk keripik.

Pelatihan  ini dimulai pada pukul 08.00 WIB di kantor PT. KNL. Pada proses pengupasan salaksesi pertama diisi dengan pengantar bisnis yang disampaikan Bapak S. Jabat Kaban selaku founder dan direktur PT. Khalifah Niaga Lantabura. Sesi ini menjadi ajang bagi para peserta untuk mengenal lebih jauh Bisnis UKM, dan sharing mengenai potensi agribisnis yang ada di daerah Samarinda serta langkah-langkah apa saja yang bisa digunakan untuk mendukung potensi bisnis yang ada.

Setelah sesi pertama selesai, selanjutnya para peserta melanjutkan pelatihan dengan berkunjung langsung ke lokasi usaha kecil menengah “Arga Multicrisp” yang beralamat di daerah Watuadeg, Purwobinangun, Pakem, Sleman. Pada kesempatan tersebut, peserta mendapatkan materi pembuatan keripik salak yang disampaikan oleh Bapak Tri Yulianto selaku ketua UKM Arga Multicrisp. Kemudian dilanjutkan dengan terjun langsung dengan ikut praktek memproduksi keripik salak. Dari mulai proses pengupasan, pemotongan, penggorengan dengan vacuum frying, sampai proses pengemasan dengan bantuan mesin sealer.

peserta pelatihan bisnisSetiap sesi pelatihan, diikuti peserta dengan penuh antusias. Sehingga pelatihan yang berlangsung dari jam 08.00 sampai 14.00 WIB, ini selalu memancing para peserta untuk aktif bertanya dan mencoba semua tahapan produksi. Tentu suksesnya pelatihan bisnis keripik buah dan sayur pada hari ini, menjadi awal yang baik bagi pelatihan bisnis selanjutnya. Salam sukses.

SHARE YUK!