Pelatihan Sukses Menjalankan Budidaya Jamur

peserta pelatihan jamurLantabura Media (LM) kembali menyelenggarakan pelatihan jamur yang bertajuk “Panen Untung Budidaya Jamur”. Pelatihan untuk kedelapan kalinya tersebut dilangsungkan selama dua hari, yaitu Jumat dan Sabtu (25-26 November 2011). Dalam dua hari itu, peserta diberikan materi yang berkaitan dengan budidaya jamur konsumsi, khususnya jamur tiram. Materi disampaikan secara teori di dalam kelas dan praktik di lapangan, yaitu untuk tata cara perawatan/ budidaya jamur yang benar, serta membuat baglog (media tanam) jamur tiram. Tidak ketinggalan, kunjungan langsung ke petani jamur yang sudah berpengalaman juga menjadi salah satu point materi pada pelatihan tersebut.

Pelatihan bisnis budidaya jamur kali ini diikuti 3 (tiga) orang peserta, yaitu Budi Sabarna (46) dari Tangerang, Turidjo Hadi (56) dari Cilegon, dan Adrian Rinaldi (29) dari Depok. Ketiga peserta yang berniat menjadi seorang petani jamur handal tersebut sangat antusias ketika memperoleh rangkaian materi yang berkaitan dengan jamur konsumsi. Pada hari pertama Jumat (25/11), mereka (peserta) mendapatkan materi teori berupa pengantar budidaya jamur dan proses budidaya jamur. Suasana kelas yang santai membuat ketiga peserta tidak segan untuk langsung menanyakan kepada pemateri sekiranya terdapat hal yang belum dimengerti.

praktik pembuatan baglogSetelah paham dengan seluk beluk budidayanya, peserta kemudian mengaplikasikan teori tersebut dalam praktik produksi baglog (media tanam) jamur tiram. Dimulai dari pemilihan bahan baku (serbuk gergaji, bekatul, dan gamping pertanian), pencampuran bahan baku, sampai dengan proses inkubasi, dijalani ketiga peserta dengan semangat dan antusias. Untuk menambah pengetahuan tentang proses produksi jamur, peserta juga diajak mengunjungi Aneka Mesin untuk melihat pembuatan mesin-mesin tepat guna, khususnya mesin press baglog jamur dan spinner untuk keripik jamur.

Pada hari kedua Sabtu (26/11), peserta mengawalinya dengan mengunjungi petani jamur untuk melihat secara langsung rumah (kumbung) jamur beserta dengan segala bentuk perlakuannya. Setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan tentang potensi pasar dan analisa ekonominya oleh pemateri. Untuk menjawab rasa penasaran mengenai rasa kuliner jamur, maka pada siang hari itu, peserta menyantap aneka menu masakan berbahan baku jamur. Sate jamur, tongseng jamur, pepes jamur, rendang jamur, jamur bakar, dan lumpia jamur, menjadi masakan yang mampu ‘menggoyang’ lidah ketiga peserta. Pada sesi terakhir, ketiga peserta kembali mengunjungi salah seorang petani jamur yang sudah menerapkan sistem irigasi otomatis dalam penyiraman jamurnya.

Tim bisnisUKM

16 Komentar

  1. Permisi maaf pa saya ingin belajar bertani jamur tiram bisa engga pa
    Kalo bisa di daerah bogor ada engga yah

  2. saya mau tanya. paman saya ingin belajar budidaya jamur. jamur yg akan di bududaya adalah jamur merang. apakah disini bisa untuk pelatihan budidaya jamur merang?? terima kasih

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk saat ini pelatihan budidaya jamur yang kami adakan masih fokus di budidaya jamur tiram, kedepannya apabila kami telah membuka kelas jamur merang akan segera kami hubungi Bapak Eddy. Mohon informasi contact person Bapak Eddy yang bisa kami hubungi agar kami bisa memberikan kabar terbaru kepada Bapak. Semoga bisa membantu dan untuk informasi pelatihan jamur dapat menghubungi tim training kami melalui (0274) 3000-422 atau SMS 0852-9000-7054. Salam sukses!

  3. assalamu alaikum ,
    pak mohon penjelasan tips dan trik pemasaran jamur di kota saya, lumajang jawa timur.
    matur nuwun
    terimakasih

    • Waalaikumsalam.
      Terima kasih atas respon dan atensinya.Bila Bapak Wijiyanto berminat dengan pelatihan jamur tiram ini,dapat menghubungi langsung CP kami, 0823 2839 0909.Dan dengan pelatihan tersebut Bapak akan mendapatkan kontak alumni se-Indonesia dan jaringan pemasaran,petani jamur tiram.Salam sukses.

  4. ass.
    pa boleh minta alamat pa budi sabarna yg ikut pelatihan asal tangerang, saya jg mau ikut pelatihan budidaya jamur…tempatnya dimana pak?
    makasih…

    • Wss.
      Terima kasih atas respon dan atensinya.Bila Bapak Sanusi berminat dengan pelatihan jamur tiram ini,dapat menghubungi langsung CP kami,Eko 0823 2839 0909.Dan dengan pelatihan tersebut Bapak akan mendapatkan kontak alumni se-Indonesia dan jaringan pemasaran,petani jamur tiram.Salam sukses.

  5. saya ingin usaha budidaya jamur tiram,di daerah saya baturaja oku.tapi saya kesulitan dalam pembibitan.tolong beri saya masukan supaya saya bisa mengembangkan.terima kasih

    • Terima kasih atas atensi dan responnya.Baik bapak Dofi Y di Baturaja,untuk masalah bibit kami menyediakan.Ada 2 jenis ,yaitu baglog dan F3.Info lengkap dapat menghubungi CP kami,Eko 0823 2839 0909.Salam sukses

  6. malam Pak berapa biaya untuk mengikuti Pelatihan Budidaya jamur Tiram, dan bagaimana penjualanya Pak, apakah membutuhkan modal besar, dan saya tidak punya halaman yang luas,apakah dengan kontrak tanah hasilnya bisa menutupnya juga ada kelebihan yang menambah penghasilan kami,kami mengucapkan terima kasih

    • Terima kasih atas atensinya.Untuk semua analisa usaha jamur tiram ini kami bahas lengkap di pelatihan.Jadi kami tunggu untuk bergabung di pelatihan.Tidak memungkinkan utk kita bahas di forum ini.Info lengkap dapat menghubungi CP kami,Eko 0823 2839 0909.Salam sukses

  7. mhon bantuan tutorial untuk budidaya jamur merang…
    mohon kirim ke email saya, untuk yang tau tentang budidaya jamur merang

  8. Mohon bisa di share mengenai sistem irigasi otomatis pad kumbung jamur, seperti apa sisitem ini berjalan.
    Terimakasih.

  9. pa minta alamat orang cilegon,anggota yang kemaren ikut pelatihan di yogyakarta ,, saya mau ikutan budidaya jamur,,,, lutfan 087881949604 serang banten. trimakasih

  10. Assalamu’alaikum.
    Karena keterbatasan waktu, saya berminat untuk menjalani kursus Jamur secara online dulu. Berapa biayanya dan bagaimana cara daftarnya.
    Kalau seandainya dekat dengan lokasi di Bogor boleh juga infokan via e-mail kursus atau pelatihan kuliner yang ada di Bogor.

    Terima kasih dan semangat

  11. assalam,.
    pa’,.
    Mohon di beri info klo ada pelatiha wirausaha lainnya,.
    Insyallah kami sdng berupaya menghidupkan ekonomi masyarakat kavling babelan kab.bekasi.
    Terimakasih.
    (FB: isa juarsa)

Comments are closed.