Peluang Bisnis Di Masa Pensiun

Masa pensiun adalah masa yang amat membahagiakan, bagi sebagian karyawan. Karena di masa ini, Anda akan memiliki waktu yang lebih banyak lagi untuk berbagai aktivitas yang selama ini tidak bisa Anda lakukan. Anda akan memiliki banyak waktu luang untuk keluarga, dan juga untuk berbagai kegiatan produktif. Seperti menjalankan hoby yang selama ini Anda tinggalkan.

Rata – rata seorang pensiunan di Indonesia menghadapi tiga hal secara bersamaan, menurut Adi Waluyo dan Sukatna Panca. M, kesulitan financial, post power syndrome, dan menurunnya kesehatan secara dratis.
Pada masa sibuk dan aktif bekerja, tidak akan terpikirkan, persiapan yang perlu dipersiapkan jika pensiun, baik dari segi mental maupun financial. Menjadi trendsetter saat ini, perusahaan atau instansi pemerintah memberikan pelatihan atau training entrepreneur karyawannya sebelum pensiun. Ini merupakan terobosan yang bagus, tetapi akankah semudah itu mengubah minset seseorang, dari mental karyawan menjadi mental entrepreneur.

Banyak karyawan begitu memasuki masa pensiun bingung menentukan aktivitas apa  yang sesuai untuk mereka setelah pensiun? Cara yang paling baik dan menghasilkan adalah berbisnis. Bisnis seperti apa yang cocok dijalankan oleh seorang pensiunan? Tentunya pilihan terletak pada bisnis yang tidak beresiko tinggi  agar masa tua pensiunan tidak berfikir terlalu keras atau bahkan membuat Anda spot jantung. Lebih baik lagi jika, menjalankan bisnis tersebut berdasarkan hoby Anda.

Peluang bisnis yang cocok dijalankan di masa pensiun adalah yang meliputi sektor pertanian atau perkebunan, peternakan, pariwisata atau bisnis yang bersifat investasi seperti bisnis property atau jasa persewaan.

Kita dapat mengambil contoh, untuk berbisnis dalam sektor perkebunan, pertanian dan peternakan. Sebagian besar bidang ini disenangi oleh para pensiunan, mengingat kebutuhan sektor ini sangat besar sekali, sedangkan produsen yang menyerapnya belum maksimal. Untuk sektor pariwisata perlu ditinjau kembali mengingat ketergantungan potensi wisata yang ada di daerah Anda. Misalnya saja, untuk sarana pendukung pariwisata seperti hotel/ guest house, sarana transportasi (rental mobil, motor, sepeda atau bus), dll. Berikut kami berikan contoh usaha yang lain di masa pensiun:

  1. Beternak Perkutut
  2. Beternak Ayam Kampung
  3. Beternak Lele
  4. Jasa Antar Jemput Anak Sekolah
  5. Penitipan Kendaraan Bermotor
  6. Pusat Info Kost dan Rumah Kontrakan
  7. Tempat Kost
  8. Tanaman Hias
  9. Ikan Hias

Namun, apabila Anda ingin bisnis yang dapat dijalankan dengan santai dari rumah saja, maka bisnis dibidang properti adalah pilihan cocok untuk Anda. Mengingat properti merupakan salah satu dari kebutuhan yang banyak orang perlukan (papan). Seperti halnya rumah kontrakan, pastinya sebelum Anda pensiun tentu saja memikirkan rencana masa tua Anda dengan berinvestasi ke properti. Investasi properti tidak ada ruginya, karena nilai jualnya selalu meningkat setiap tahun. Atau berbisnis kost-kostan dirumah atau lahan kosong yang Anda miliki juga sangat berpeluang, apalagi lokasinya di daerah kampus dan perkantoran pasti akan banyak yang membutuhkannya. Untuk bisnis jasa persewaan, ada banyak alternatif. Seperti persewaan mobil, sewa tanaman sebagai pendukung dekorasi pada suatu acara tertentu, sewa peralatan makan untuk acara pernikahan dan lain sebagainya.

Sekarang bagi Anda para pensiun atau calon pensiun, tinggal memilih ingin diisi kegiatan apa di masa pensiun Anda? Menikmati pensiun saja, atau tetap berkarya dengan berbisnis. Semoga wacana di atas dapat menginspirasi Anda. Salam sukses.

 

Sumber gambar : http://www.gkisuryautama.org/images/artikel/retirement.jpg

14 thoughts on “Peluang Bisnis Di Masa Pensiun”

  1. informasi yang diperoleh bagi pemula bisnis adalah semua tentang kesuksesan usaha pebisnis itu, namun ulasan hambatan dan kendala yang pasti dan mungkin terjadi jarang di ulas secara detail, termasuk bertahan di saat bisnis berada dititik terendah…
    padahal pemula bisnis perlu mempertimbangkan kesiapannya saat bisnis itu oleng…biar tidak kaget…

    Reply
  2. suami saya 1 tahun lagi akan pensiun, akhir-akhir ini mulai bingung mau usaha apa, tempat tinggal kami di perumahan. kira-kira usaha apa ya dengan modal yang tidak terlalu besar

    Reply
  3. Saya mantan PNS mengajukan pengunduran diri dengan hormat dengan alasan ingin fokus dengan usaha/bisnis yang dirintis atau dilaksanakan (dibidang obat/apotek). Modal utama dalam memulai usaha adalah kesiapan mental kita dari kondisi / zona aman dan nyaman ke area yg penuh ketidakpastian dimana kita belum memiliki jiwa / semangat entrepreneur. Jgn berinvestasi terlalu besar kalau belum memiliki pengalaman usaha kemudian cari mentor agar kita tidak terjerumus ke jurang kegagalan, walaupun gagal diharapkan masih kuat untuk bangkit kembali, tidak ada usaha yg tidak menemui kegagalan, setiap kegagalan anggap hal itu sebagai proses pematangan dalam berusaha. Jangan terlalu banyak pertimbangan terjun langsung dan selami Lila liku dalam berusaha. Carilah peluang usaha yg mumpuni dalam kata lain, orang tidak punya uang sekalipun di bela bela in cari produk kita. OK selamat berusaha tekad kan niat dan siapkan mental kita

    Reply
  4. mhn saran, saya pensiunan pns domisili di Pontianak Kalbar ingin gabung usaha dng teman2 yg telah mulai bisnis minyak goreng di Bdg, gimana saran dan pendapatnya, tks

    Reply
    • agan lebih tahu kondisi lingkungan agan amati cermati hal-hal yang dibutuhkan warga sekitar…atau sesuaikan potensi daerah agan. penting jika akan berjualan jangan sampai diutang

      Reply
  5. Terima kasih kepada Bisnis UKM dengan artikel tentang Peluang Bisnis Dimasa Pensiun. Saran saya yang akan masuk pada persiapan pensiun, dapat diberikan analisa modal usaha agar dpt hitung-2 sebagai gambaran ke depan. Terima kasih.

    Reply
  6. SAYA PEGAWAY BUMN 5-6 TAHUN LAGI SAYA AKAN PENSIUN
    SAYA BINGUNG KIRA2 BISNIS APA YG COCOK BUAT SAYA, KALO ISTRI SIH BUKA SALON KECIL2AN TAPI SEPI SEKARANG,…MOHON IDE DAN PANDANGANNYA…TKS

    Reply
    • Pak Sudarmaji
      Usaha kami adalah untuk para pensiunan yang memperoleh uang pensiun sekaligus. Kami fokus membantu para pensiunan untuk memiliki hotel melati kecil di tempat-tempat wisata.
      Berikan kami masukan modal yang dimiliki. Kami buatkan konsep, pilihkan lokasi, buatkan konsep marketingnya sampai dengan pelatihan. Akan kami dampingi hingga berjalan.

      Kendali usaha sepenuhnya ditangan Bapak, termasuk keuangannya 100% di bawah kendali Bapak.
      Setelah mempu tinggal landas, kunjungan kami hanya sesekali saja untuk memberi masukan dan kontrol kualitas.

      salam

      Purnomo

      Reply
  7. Saya pensiun masih sekitar 6 tahun lagi, saat ini belum punya persiapan apa-apa, termasuk tabungan (apalagi anak-anak sudah mulai butuh biaya besar buat kuliah). Saya kerja diluar kota sehingga bila mau menjalankan bisnispun susah ngatur waktunya. Usaha apa yang sesuai dengan kondisi saya ? Saat ini saya hanya punya lahan kosong sempit di pinggir jalan di sebelah rumah, berukuran 10 x 40 meter.
    Jalan depan rumah merupakan jalur bus, truk dan kendaraan pribadi antar kota/propinsi. Ada niatan buka warung/rumah makan, tapi sepertinya untuk parkiran susah, belum lagi itu jalur cepat. Mohon pencerahannya.

    Reply
    • lahan 10 x 40 di tepi jalan itu amazing pak…modal besar apalagi di jalan.di sebelah rumah lagi…ini keren pak untuk menafaatkannya klo saya akan buka ganti oli, tambal ban, jual ban, tubles kalo toh seandai tidak punya ketrampilan kita bisa upah orang tetapi keuangan tetep bapak yang atur … kalo warung makan terlalu banyak tenaga …disamping itu bpak bisa buka warung yang jual makanan dan minuman kemasan bukan olahan pak. air mineral dsb. mudah2an sukses menyertai bapak , 400 m2 tepi jalan emas pak

      Reply
  8. Nih…mau tanya saya punya hoby membaca, menulis cerpen , puisi tapi itu dulu semasa kuliah tanu 80’an, kara orang saya cerdas, agak sakit tapi gak serius … selama hampir 30 tahun waktu habis tuk jadi pegawai negeri yang baik dan tidak punya tabungan paling nanti dapat Taspen 17 jutaan , nah ini masalahnya 2 tahun lagi saya pensiun…Kira-kira peluang bisnis apa yang tepat.. .. tolong dong.

    Wah…tepat banget bapak / Ibu Itus, sudah mulai merencanakan usaha sebelum pensiun. Berhubung hoby membaca, cocok jika mencoba membuka peluang usaha toko buku atau bisnis kios koran dan majalah. Jadi masih tetap bisa menyalurkan hobby membacanya sambil menjalankan usaha untuk mendapatkan untung. Salam sukses dan semangat selalu untuk Bapak / Ibu Itus. Semoga ide bisnis tersebut dapat bermanfaat untuk merencanakan usaha sebelum pensiun yang akan datang.
    salam sukses
    BisnisUKM

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba