Peluang Bisnis Fotocopy Tetap Menjanjikan

Jika Anda menemukan lokasi yang berada di dekat sekolah atau universitas, sepertinya cocok sekali jika menjalankan usaha foto copy. Bisnis fotocopy ini masih tetap menjanjikan dan selalu memiliki pasar. Namun sebelum memutuskan usaha tersebut, cobalah melakukan riset kecil-kecilan. Pada saat jam sekolah atau kuliah, coba perhatikan seberapa sering mereka melakukan aktifitas foto copy.

mesin fotocopySetelah itu ada berapa tempat foto copy yang ada di sekitar sekolah atau universitas tersebut. Jika tempat foto copy yang sudah ada selalu ramai, itu artinya pasar masih terbuka. Lakukan hal yang sama dengan usaha rental komputer. Kemudian cobalah evaluasi hasil riset tadi, mana yang paling dibutuhkan pasar.

Cek berapa harga yang mereka harapkan dan seberapa cepat pelayanan yang bisa dilakukan. Apakah perlu membeli juga mesin press/laminating, atau cukup foto copy dan jilid saja.

Jangan lupa juga persiapan modal cadangan dan supplier. Terutama untuk barang yang banyak terpakai/terjual seperti ATK, kertas, toner/tinta, dan lainnya. Pastikan anda mendapatkan supplier yang baik dan pasokan yang cukup.

Jangan sampai usaha sudah ramai tapi sering kehabisan stock karena perlu beberapa hari untuk mendapatkan barang. Hal ini bisa membuat konsumen lari ke pesaing anda. Setidaknya beberapa hal diatas pernah dilakukan oleh Iliyesman, pemilik fotocopy ARTIM.

Mulai tahun 1994
Pada awalnya usaha ini didirikan oleh orang tuanya, kurang lebih pada tahun 1994, bertempat di depan Fakultas Kedokteran Gigi UGM.

Kemudian pada tahun 1998 membuka cabang di pusat jajanan RS Sardjito. Dan pada tahun 2000 semua fotocopy di pusatkan di rumah yang beralamatkan di Pogung Lor jalan Selokan Mataram.

Pada tahun 2007 akhirnya dia berhasil membuka usaha foto copy yang dikelola sendiri di jalan Selokan Mataram, Pogung Dalangan RT 09 RW 20 Sinduadi Mlati Sleman yang bernama ARTIM foto copy.

Selain foto copy, produk yang ditawarkan dari foto copy ARTIM ini adalah  jilid, laminating, press, dan menjual peralatan tulis lainnya. Keunggulan foto copy ARTIM dari foto copy lainnya adalah dari segi pelayanan. Karyawan ARTIM foto copy berpenampilan menarik, rapi dan ramah.

Menjaga Mutu

oto copy ARTIM selalu menjaga mutu dari semua jasa yang dia jual kepada konsumen, cepat, tepat, rapi dan memuaskan. Semua faktor itu yang selalu mereka jaga guna untuk memuaskan para konsumen.

Agar mutu pelayanan terkontrol, semua proses produksi foto copy ARTIM di tangani secara terstruktur. Semuanya dikerjakan di ruko berukuran 4m x 4m. Bahan baku untuk memenuhi semua kebutuhan foto copy ini sudah di suplai dari beberapa agen yang bekerjasama dengan mereka.

Iliyesman memiliki beberapa stategi untuk tetap eksis di dunia foto copy. Caranya adalah memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh konsumen, menjaga kualitas dan mutu dari apa yang meraka jual, menjaga kerapian dan keindahan dari setiap order dari mereka.

Untuk mempromosikan usaha yang dia rintis, dia cukup menawarkan kepada teman-temannya saja, dia memiliki beberapa link di UII dan UNY. “Sempat juga dulu awal membuka foto copy ini memakai selebaran brosur yang di sebar ke beberapa tempat strategis”, ujarnya.

Selain itu, pemilihan tempat atau lokasi untuk membuka usaha foto copy juga sangat menentukan laris tidaknya usaha ini. Harga juga termasuk salah satu faktor yang diperhatikan oleh konsumen. Harga yang  ditawarkan foto copy ARTIM bermacam-macam antara lain :

Fotocopy Biasa / 70 gr = Rp. 100,- / lembar
Fotocopy Biasa / 80 gr = Rp. 125,- / lembar
Jilid Mika = Rp. 2500,-
Jilid Biasa = Rp. 3000,-
Jilid Laminating = Rp. 6000,-
Jilid Skripsi = Rp. 12000,-

Musim Liburan Sepi Order

Kesulitan yang sangat dirasa untuk usaha fotocopy ini yaitu pada saat musim liburan tiba.  Hampir setiap musim liburan foto copy ini selalu sepi akan order. Ditambah harga kertas mulai naik. Dia harus banting tulang untuk mencari agen kertas yang harganya relatif miring di bandingkan dengan agen kertas yang lainnya.

Hal itu disebabkan karena kebanyakan konsumen yang memakai jasa foto copy ARTIM biasanya para mahasiswa UGM, bahkan tak jarang mahasiswa dari luar UGM juga memakai jasa foto copyan mereka. Hanya instansi maupun masyarakat umum yang pada waktu liburan masih tetap menggunakan jasa fotocopy ARTIM.

Prospek Cerah

Menurut Iliyesman sang empunya ARTIM, usaha ini sangat memiliki prospek cerah untuk jangka waktu yang lama, akan tetapi harus juga mengimbangi dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Untuk itu dia berencana akan membuka rental komputer juga di ruko tersebut, dan memanfaatkan mesin foto copy sebagai printernya.

Dia juga mengimbuhkan semua pesaing datang dari semua foto copy yang ada di Yogya, terlebih lagi fotocopy yang buka di sepanjang selokan mataram, bersaing secara sehat, dan dia percaya rezeki orang itu sendiri- sendiri. “Kalo kita mau berusaha dengan giat dan pantang menyerah pastilah Allah SWT akan memberi setimpal dengan apa yang kita usahakan”, kata dia.

Simulasi Laba Usaha Fotocopy

Pendapatan
Rp. 2.500.000 perminggu x 4 = Rp. 10.000.000,-/bulan

Pengeluaran
Biaya Pembelian Bahan Baku :
1. Rp 1.250.000,00  (pembelian kertas/bulan)
2. Rp   250.000,00  (pembelian tinta/bulan)

Biaya Operasional Perbulan
Gaji karyawan      = Rp    800.000,00 / bulan
Membayar Listrik   = Rp  4.000.000,00 / bulan
Biaya tak terduga  = Rp    400.000,00 / bulan

Keuntungan
Laba Bersih : Rp. 10.000.000,00 - Rp. 6.700.000,00 = Rp. 3.300.000,00 / bulan

sumber gambar: http://images01.olx.co.id/ui/4/30/60/62513060_MP-C1500-.jpg

169 Komentar

  1. memulai usaha foto copy musti matang betul baru jalan karena bisnis foto copy banyak tantangan mulai dari starup sampai proses. memakai mesin ft copy musti diketahui cara pemeliharaan dan pemakaiannya, sedikit saja salah bisa melayang uang untuk membeli spare part mesin yang mahal. apabila sudah memahami seluk beluk foto copy sebaiknya dipahami juga prospek keuntungan yang besar dibalik bisnis foto copy yaitu jangan cuma mengandalkan konsumen umum yang berada disekitar usaha anda seperti pelajar/mahasiswa, tetapi sebaiknya mencari orderan dalam jumlah besar dari konsumen khusus yang bisa diajak kerjasama seperti instansi/perusahaan yang membutuhkan copyan/jilid/press dalam jumlah yang besar. dengan cara ini orderan jelas dan keuntunganpun banyak jadi tidak susah” lagi melayani pembeli yang datangx terkadang satu dua org dengan permintaan yang sedikit, kalaupun pelanggan dan permintaan banyak, pasti merepotkan. cukup disini yang saya bagi, selebihnya survei langsung dtempat foto copy yg sudah berpengalaman.

  2. saya pingin buka usaha foto copy krn lokasi rumah saya dekat dengan sekolahan smp,smk,sma.ada yg punya info ga tempat sewa mesin foto copy untuk daerah bogor ??

    Thanks

  3. Untuk usaha fotocopy yang baru mau mulai, lingkungan kampus memang pilihan lokasi yang tepat. Buat yang modalnya terbatas, saya sarankan rental dulu aja. Saya juga sempet kepikiran mau usaha beginian, kemaren pernah dapet penawaran (dari No1 Office kalo ga salah), kalo rental sih lumayan menekan cost ya dibanding beli perangkat baru. Cuma ya mesti tetap dihitung-hitung kapan titik impasnya, soalnya kan profit per fotocopy itu kecil sekali, mainnya quantity. Belum lagi faktor persaingan. Tetap semangat anyway!

  4. assalamualaikum
    saya dlm waktu dkt ini berencana memulai usaha foto copy utk star awal saya sdh merehab tempat usaha ini, utk lokasi lumayan strategis krn dkt dgn sekolahan dri TK sampai SMA dan di lokasi saya blm ada usaha demikian klo pn ada msh jauh utk di jangkau,,,, saya pya pikiran utk menyewa terlebih dahulu mesin foto copy nya. apakah dh bnr dgn pemikiran saaya…?? krn jujur jg modal awal saya tdk bgtu besar. mohon bantuan saran yg terbaik bapak/ibu yg sdh memulai usaha ini terlebih dulu. atw ada investor yg ingin bekerja sama saya sangat dgn senang hati menerima. untuk info lbh jelas bila berkenan kontak saya di no telp 082188099655 utk daerah malang
    dan sekitarnya trimakasih
    salam
    vanda

  5. ass,,, sobat,,!! saya pengen buka usaha photo copy,buat daerah sumedang,,tolong donk info nd solusin’a,,!! saya agi cari tempat buat beli tau sewa mesin’a,nd distributor barang’a,,?? mksh,,

  6. saya ingin buka usaha photo copy tapi dengan modal sangat minim,…lokasi strategiss..dari sd hingga sma…
    bantuin dong gimana solusi biar saya bisa buka usaha dengan modal kurang,..
    minta tip nya,.
    terima kasih..

  7. ass.. saya ingin buka usaha Foto Copy karena saya melihat usaha FC sangat menjanjikan kira-kira mesin merek apa yang saya harus beli…..

  8. Ass.,sya pgn buka usaha ftokopi,tp g ada modal,sya cuma punya lokasi strategir,dkat sekolah sd sampai smk negri,,sktar daerah sya blm ada ftokopi,,bgi yang punya modal qt bisa join bagi 2,,yg berminat hubungi sya,trimakash

  9. ini sya pny planning mau buka usaha foto copy krn stelah saya survei di sekitar wilayah kami sangat minim foto copy, foto copy apa yg paling bagus + awet.

  10. bagi yg pnya tempat strategis utk usaha fotocopy di wilayah Blitar, silahkan email saya. Mgkn bisa kerjasama.

    • saya kepingin tahu prospek dan pengelolaan fc, saya ada tempat bisa untuk usaha fc. bagaimana kalo sistem kejasama mohon penjelasan.

  11. Saya mau buka usaha foto copy gimana cara cari modalnya di wilayah mataram mohon petunjuk, trimakasih

  12. saya pekerja kantor dan rencananya saya mau buka usaha sampingan usaha fotocopy,, tapi kira-kira modal awal nya berapa ya? mohon infonya

  13. Saya mau buka usaha foto copy, kira2 modal awal@ berapa ya dan dimana kita beli mesin foto copy lokasi saya di aceh

  14. saya mau buka usaha foto copy,,,tapi gmna caranya saya bisa dapat misin foto copy di seputaran ternate pulau Halmahera,,,sekalian ifo harga kes dan credit,,,maksih,,

  15. maaf mas, apa benar biaya pembelian kertas cukup 1.25 jt?
    itungannya kan misal kertas F4 paling murah sekitar 25rb/rim, berarti sebulan 50rim.
    50x500lbr = 25000 lbr/bulan
    penghasilan FC=25000x Rp 100,-/lbr = 2.5 jt/bulan
    trus 7.5jt perbulannya dari alat tulis+jilid+laminating dll?
    sementara modal pembelian alat tulis perbulan belum masuk hitungan…
    mohon koreksi klo saya ada salah hitung

  16. salam kenal….
    saya mau buka usaha foto kopi.. minta daftar harga berikut specifikasi nya.
    second sama yang baru.
    cash apa credit?

  17. Saya sudah punya usaha fotocopy tapi saya juga ingin membuka usaha lain. Usaha apa yang bagus untuk usaha sambilan sambil menjalankan usaha fotocopy saya!!

    • mas bagusnya kalau tempatnya masih luas usaha rental komputer tapi kalau tempatnya pas-pasan jual pulsa saja.

  18. ass. saya ingin sekali buka usaha foto copy yg tempat ny disamping sekolah tapi bukan SMA melainkan STM. apakah peluang ini juga menjanjikan. tetapi sy cuma mengontrak tempat itu untuk usaha foto copy dan modal yg pas-pasan. apakah ada mesin foto copy yg second agar bisa terjangkau daya beli kami, dan apakah mesin itu bisa dicicil? serta alat untuk penjilidan sekalian dan harganya berapa? terima kasih

  19. Asslmkm .maaf pak saya mau nanya harga mesin foto copy Kredit ( berapa besar DP dan angsurannya )dan kira kira yang paling dekat dimana ya pak ?
    mungkin itu saja pak. terimakasih sebelumnya atas waktu dan perhatian bapak.
    asslmkm wr wb

    • Kalo Mo suksesnya cepet,,,modalnya Awal Diatas 300 jt,,
      Tapi 25jt jg cukup Untuk modal Awal,,
      yang Penting Hitungan Modal Operasional dan Bahan Baku Sudah diketahui rinciannya,,sisanya tinggal nego sama supplier bahan baku,,sama supplier mesin
      dan tidak Lupa PUla,,,Tempat Usaha sama Merketingnya siiiip

  20. salam kenal,
    saya tinggal di bandung saya berminat untuk bisnis fotocopy.
    yang ingin saya tanyakan apa perbedaan FC analog dan FC digital? merek mesin fotocopy yang direkomendasikan apa?
    terima kasih atas perhatianya.

  21. Penawaran Kerjasama Investasi
    Bagi calon investor yang mempunyai dana nganggur,yang apabila di investasikan pada deposito perbankan sangat kecil sekali return yang di dapatkan. Kami menawarkan investasi yang menarik dan prospektif di daerah urban yang pertumbuhan ekonominya sangat menjanjikan sekali, yaitu PANDAAN. Daerah di tengah-tengah antara 2 kota besar di Jatim, Surabaya dan Malang, dimana kawasan ini (area Surabaya dan sekitarnya,Pasuruan Raya serta Malang Raya) menyumbang sekitar 70% pertumbuhan ekonomi Jatim. Dari Pandaan ke Surabaya atau ke Malang berjarak sekitar 40-an km atau memakan waktu tidak lebih dari 40 menit. Pandaan dan sekitarnya (Pandaan Raya) dihuni oleh ribuan pabrik berskala menengah keatas belum terhitung untuk skala usaha mikro dan kecil. Juga Hotel dan Resto berskala nasional serta lapangan Golf berkelas internasional, begitu juga sumber air, luar biasa kualitasnya, makanya tidak mengherankan bila perusahaan-perusahaan air minum kelas atas sampai menengah (spt Aqua,Club,Aquase dll) bercokol di Pandaan Raya. Investas yang layak di tanamkan di Pandaan Raya adalah berkisar Rp 10 juta keatas. Investasi Bisnis yang menjanjikan adalah :Warung,Kafe,Franchise Makanan,Resto,Agro complex (Pertanian,Peternakan&Perikanan),Property (Perumahan/cluster, Kost2an,Hotel/Losmen, Gedung Pertemuan/Perkantoran/Ruko),Kesehatan (Rumah Sakit,Apotik,Lab Klinis,Pusat hebal dll),Pendidikan (TK&SD Islam, Universitas, Lembaga Pelatihan), Keuangan (Koperasi Serba Usaha/Simpan Pinjam Syariah, BPR Syariah), Otomotif ( Bengkel Mobil, Showroom mobil bekas, Spare Part/asesoriesMotor/Mobil),Industri (makanan, plastik,pengolahan hasil2 Agro,mainan/kebutuhan anak2, dll) serta banyak peluang2 bisnis lainnya. Kami sebagai tim siap bekerjasama secara Profesional dengan para calon Investor.Yang ada minat bisa hubungi kami, Lembaga Konsultan Ekonomi Syariah (elkEs) Telp 03437652843,085852586583,email drs_moh_bambang_sh@yahoo.co.id

  22. Mat siang mas,
    Fotocpy yag baik buat usaha biasanya di pakai jenis apa, yang analog atau digital, kira2x merek atau tipe apa yang bagus, dan mendapatkan tempat pembeliannya dimana pak,?

Komentar ditutup.