Peluang Bisnis Kedai Kopi, Raih Omzet 100Jt Perbulan!

Kedai yang menyediakan aneka kopi dan campuran ini berdiri sejak September 2004 yang lalu. Saat ini Kedai Kopi memiliki 4 outlet yang tersebar di Jogja, Solo, dan Jambi dengan dibantu 74 karyawan. Total omzet perbulan seluruh outlet bisa mencapai Rp 500 juta. Angka yang fantastis bukan? Mengingat usaha kopi sangat menjamur, nyatanya tetap banyak konsumennya, kan? Apa kamu tidak tertarik buat terjun juga ke bidang ini?

Berkenalan Lebih Dekat dengan Kedai Kopi

Menurut pemilik Kedai Kopi, ide pembuatan outlet ini berawal dari sebuah obrolan-obrolan biasa, obrolan ringan yang tidak begitu ditanggapi oleh teman-teman. Dari seringnya nongkrong dan minum-minum kopi bersama teman, ide ini pun muncul dan bisa disalurkan.

Namun sesaat menjelang kelulusan dari kuliah di Ekonomi Jurusan Manajemen Internasional Univ. Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Teddie Dian Patria melihat peluang bisnis Kedai Kopi ini hingga akhirnya memutuskan untuk bergerak lebih fokus lagi untuk membuat usahanya. Dari sini kita bisa sama-sama yakin kalau siapapun bisa jadi enterpreneur, tidak pandang usia.

Dengan bermodalkan dana minim dan melakukan survey terlebih dahulu di lapangan, Rony Wirayuda, Deny Neilmant, Teddy Dian Patria, Citot Tatar Kusnoto dan M. Ali Sofyan membentuk sebuah tim kerja untuk membuat sebuah proposal bisnis “Kedai Kopi” untuk ditawarkan kepada calon investor.

“Pada awalnya kami berlima patungan 200 ribuan per orang, sehingga terkumpul dana satu jutaan. Dana ini kita kembangkan untuk membuat proposal bisnis (perencanaan bisnis) untuk kemudian ditawarkan kepada calon investor.” ungkap Teddy, panggilan akrabnya.

Ternyata pendidikan di Ekonomi Manajemen Internasional tidaklah sia-sia ia dapatkan, karena sistem manajemen dan pemasaran yang digunakan hingga sekarang, banyak didapatkan sewaktu kuliahnya dulu. Setelah itu, ia tawarkan kepada lebih dari 100 calon investor untuk menawarkan investasi di bisnis Kedai Kopi.

“Dulu kita hanya menganggarkan modal investasi  40 juta untuk membuat 1 outlet Kedai Kopi. Dan ternyata, banyak sekali kendala-kendala yang kita alami, salah satunya adalah penawaran investasi kepada orang-orang. Dari 100 orang tersebut, akhirnya kami mendapatkan 6 orang yang tertarik.” kenang Teddy.

Produk

Pada awalnya Kedai Kopi menawarkan bentuk kopi khusus. “Kendala kita dulu adalah tim kami tidak ada yang mengerti mengenai pembuatan kopi. Sehingga kami harus belajar dari luar untuk mengetahui tentang pembuatan kopi. Sedangkan jika belajar pada orang lain, jarang ada yang mau memberitahunya. Biasanya secret perusahaan.” jelasnya.

“Kopi yang telah kita buat, diujicobakan kepada sekitar 500an orang untuk dicicipi sebagai test produk. Kini produk minuman Keiko telah mengalami pergantian, sekarang produk unggulannya adalah “Galvacino” merupakan gabungan antara kopi, susu, dan creamer. Pada poin ini kita sama-sama mengambil pengalaman berharga bahwa kalau mau terjun ke bisnis memang harus ada yang dikorbankan, salah satunya produk uji coba sejumlah 500 bukan jumlah yang sedikit, kan?

Tahap pengembangannya kini, Keiko (panggilan akrab untuk Kedai Kopi) telah berjalan hampir 5 tahun. Dengan waktu tersebut banyak sekali perubahan-perubahan yang dilakukan piihak manajemen Kedai Kopi. Salah satunya adalah menawarkan bentuk kemitraan untuk mendirikan Kedai Kopi di luar kota Jogja

Ditemui tim BisnisUKM di salah satu outletnya di Jl. Selokan Mataram Gejayan Yogyakarta, Teddy menjelaskan bahwa salah satu keunggulan dari produk Kedai Kopi adalah sistem pelayanan dan rasa kopi yang  sesuai dengan konsumen . Selain itu, barista yang merupakan sebutan untuk para peracik kopi di Kedai Kopi tersebut memiliki keahlian dalam melakukan pengontrolan kualitas kopi. Sehingga konsumen tidak merasa dikecewakan akibat kualitas kopinya menurun. Memang, usaha kopi sudah banyak, supaya tidak kalah saing, harus ada hal spesial yang membedakan usahamu dengan milik orang lain.

Yang Perlu Dilakukan Sebelum Eksekusi Usaha

Sebelum mengeluarkan produk atau layanan terbarunya, dilakukan survey pasar dengan cara wawancara dan test market. Memang, mau sukses itu butuh proses. Tidak bisa langsung terjun begitu saja tanpa persenjataan. Hasil riset merupakan salah satu senjata yang bisa kamu andalkan dalam menjalankan usahamu ke depannya.

Kedai Kopi memposisikan diri pada anak-anak muda menengah ke atas yang memiliki minat dalam bidang bisnis atau musik. Dengan segala fasilitasnya yang dimiliki, Kedai Kopi seringkali memperkuat brand-nya dengan melakukan kegiatan-kegiatan bagi konsumennya. Salah satunya adalah menyediakan fasilitas tempat untuk mengadakan kegiatan workshop bisnis yang dilakukan oleh JCI (Jogja Chamber International) pada bulan Desember 2008 yang lalu.

Selain dalam melakukan promosi bentuk kegiatan, Kedai Kopi juga memperkuat brand nya dengan melakukan promosi melalui internet. Dengan strategi online ini, komunitas dari Keiko yang sering berhubungan dengan internet, dapat dipantau dan dipelihara. Manfaat internet dan sosial media memang luar biasa sebagai sarana promosi di jaman serba digital seperti sekarang ini, setuju? Tenang saja, marketing bisa dipelajari kok. Apalagi kalau sasaran marketmu milenial, wajib banget bisa mengelola digital marketing.

Peluang Bisnis Kedai Kopi

Kedai Kopi menawarkan kepada investor untuk membuka usaha Kedai Kopi di daerah lainnya. Dengan menggunakan sistem bagi hasil, membuka usaha yang diinginkan banyak calon investor ini, bisa menjadi suatu alternatif peluang bisnis yang potensial.

“Untuk saat ini dana yang harus disiapkan oleh calon investor minimal Rp 200 juta rupiah. Ini tergantung dari lokasi dan tempat yanga akan digunakan.“ dijelaskan oleh Teddy. Dari dana tersebut akan digunakan untuk segala perlengkapan dan peralatan untuk Kedai Kopi, sewa tempat, persiapan modal kerja, dan juga biaya pemeliharaan IT dan manajemen.

Pihak Kedai Kopi mengklaim bahwa, dengan dana investasi sebesar 200 juta tersebut,  calon investor bisa balik modal selama kurang lebih 6 bulan. Asumsi tersebut didapat dengan memenuhi target minimal 80% penjualan yang diberikan oleh manajemen sebesar 5.000 cup/gelas setiap bulannya. Dari hasil tersebut  didapat omzet bulanan sekitar 100 juta hingga 150 juta.

Analisa Keuangan

Rata-rata omzet / Outlet / bln      : Rp  100.000.000
Bahan Baku ( 40% )                         : Rp     40.000.000
Laba Kotor                                          : Rp     60.000.000

Biaya Operasional / outlet ( rata – rata )
Gaji Pegawai                                    : Rp   9.250.000
Overhead ( listrik, telp, pam )       : Rp   3.000.000
Sewa Tempat                                    : Rp   2.500.000
Langganan Internet                       : Rp        750.000
Operasional IT                                  : Rp    3.500.000
Biaya Penyusutan Alat                   : Rp    2.500.000   * diambil rata-rata
Operasional Lain – Lain                  : Rp   5.000.000
TOTAL                                                  : Rp 26.000.000

Laba Bersih / outlet : Rp  34.000.000

BEP / Balik Modal  = 5,8 bulan / 6 bulan

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu mulai tertarik untuk terjun ke bisnis kopi? Atau kamu yang sudah memiliki ketertarikan, apakah semakin yakin? Bisnis kopi dalam wujud apapun memang sangat menjanjikan. Hal ini sudah dibuktikan oleh para pelaku bisnis di bidang kopi, yang tetap bisa meraup untung yang besar.

Apalagi ngopi sekarang sudah menjadi gaya hidup, terutama bagi generasi milenial. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mulai menekuni bisnis pada bidang-bidang yang memang direkomendasikan. Sukses tidak pandang umur kok, apabila sekarang kamu mahasiswa, tidak perlu nunggu lulus dulu, kamu bisa mulai terjun dunia usaha di usia muda.

72 Comments

  1. Ka kami punya tempat usaha lumayan luas untuk menjual kopi di daerah jl.leuwunutug RT 02 RW 02 kec.citereup Kab. Bogor. Kami mau mengajak Kaka semua bekerja sama dengan kami kami punya lahan tapi kami tak ada modal untuk usaha kopi. Sekiranya bila Kaka ada waktu bisa kita ngobrol2 dulu di wa 08557079455

  2. Saya juga lagi butuh modal untuk usaha kedai kopi tapi hanya masalah waktu saja yang benar-benar tepat barang kali kalau ada yang minat jadi investor

  3. Saya sangat tertarik dengan usaha kedai kopi. Jika sekiranya ada yg punya visi dan misi yg sama dgn saya. Saya siap menginvestasikan sebagian dana saya utk mewujudkan cita2 sy tsb.

  4. Mantap saudara,,mas mhn maaf sy pnya rencana tmpt tinggal saya di jogja..sya ingin buka usaha kedai kopi dan sya msh blm bisa mulai hrs start drimana dan harus bagaiman,krna kopi adlh hobi keluarga kami,,mhn bantuanya mas mhn maaf merepotkan join usaha jg oke..bsa di email kan ke saya scepatnya nggeh mas maternuwun trmksh.

  5. saya baru buka usaha warkop yang baru sebulan berjalan mudah2han sih bisa lancar,, tapi kami masih terkendala masalh dana,, tolong dong contoh propsoal dan kemana kami harus memasukkan proposal dananya,,, tks

    • Terimakasih telah bergabung di bisnisukm.com. Untuk contoh proposal bisnis plan bisa Sdr.Andi download melalui link artikel berikut : BISNIS PLAN WARUNG KOPI . Sedangkan untuk pengajuan dana, Anda bisa mengirimkan proposal tersebut ke beberapa teman, saudara, atau kolega bisnis yang sekiranya cukup potensial untuk dijadikan sebagai investor. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  6. aku pengen banget bisnis kedai kopi, tapi bagaimana caranya, makanya tolong contoh proposalnya donk.

  7. Mohon info untuk kerjasama bisnis kopi ini, mohon dapat dikirimkan proposal nya. thanks

  8. saya rencana mau buka warung kopi, saya minta bantuan anda gmn cara memulai usaha ini .

  9. Mantab sekali urainnya, bisa sharing ga kendala yang muncuk waktu pertama kali membuka usaha ini, serta solusinya. oya, kalo ga keberatan, tolong kirimin proposalnya ya. Mksh

  10. Boleh sharing untuk memulai bisnis ini? Boleh minta contact person dan contact number untuk waralaba?

  11. mantep Gan, inspirasi baru bwt ane
    bisa share dong, kebetulan ane lg cari partner buat usaha kedai kopi.
    mungkin untuk proposal bisa share via email.
    thank’s

  12. kalau anda berkenan, saya ingin mengetahui contoh proposal bisnis untuk calon investor yang seperti saudara katakan. karna kebetulan saya juga ingin memulai usaha kedai kopi. dan saya juga butuh no hp anda yang bisa saya hubungi

  13. fantastis kisah sukses anda,apalagi ngopi adalah satu hal yg mnjadi favorit saya d tngah2 ksibukan.pernah terpikir mengembangkan hobby ngopi itu mnjadi sebuah mesin penghasil uang.namun karna keterbatasan Solusi Dana Menejemen (SDM)hal itu masih menjadi angan2 smpai saat ini.dgn kekurangan yg ada sudilah kiranya mmberi pencerahan.jojollele@gmail.co m

  14. mantaf sekali postingannya,semoga kreatifitas dan entrepreneurship ini mampu menggugah kemandirian kawula muda yang lain. Amin.

  15. kalau anda berkenan, saya ingin mengetahui contoh proposal bisnis untuk calon investor yang seperti saudara katakan. karna kebetulan saya juga ingin memulai usaha kedai kopi.
    jika ya, anda bisa kirim filenya ke alamat email saya. Terimakasih. Good luck. :))

  16. good job man ..
    is perfect!

    memang warung kopi kecil – kecil hasilnya besar – besaran..:)

  17. saya jadi berminat membuka usaha ini…
    klw mau bikin usaha seperti ini
    investnya 200 juta ya..
    sebagai pemula saya pingin tau lebih banyak lagi ..karna saya sangat tertarik dengan usaha ini dan ini mmg usaha yg saya ingin lakukan jika punya uang nanti
    mau hubunginya dmana ya?

  18. kira kira punya bajet 3jt bisa ga gan buat bikin warkop di pinggir jalan ,

  19. bisa lebih detail budget
    1. sewa tempat
    2. interior dan mebeler
    3. peralatan dll.

    trims

    • Mas, kalau mau buka satu kedai kopi dengan mengambil franchise nya mas Teddy biayanya berapa ya? saya sama sekali tidak bisa meracik kopi. apakah setelah join franchise bisa diadakan training / pembelajaran mengenai meracik kopi dan apakah biaya training termasuk 1 paket dengan franchise fee atau terpisah? tolong jawab pertanyaanku ya mas dan tlg kirim ke alamat email saya.
      terimakasih.

  20. saya berniat membuka kedai kopi nie mas teddy., tp modal dan peralatan ny belum tau banyak.. bisa tolong d bantu mas???

    terima kasih.

  21. Mas Teddie saya sudah pensiunan namun tidak ada yang ter
    Lambat utk belajar berbisnis, saya tertarik dengan kedai kopinya, saya punya tempat dikota Malang, utk mengawali bisnis ingin kerja sama dgn anda dan apa persyartannya.
    Saya tunggu responnya. Terima kasih.
    Wass. Djatmiko

  22. lam kenal..
    saya ibu rumah tangga..
    berminat untuk membuka usaha kedai kopi di jakarta, minta info n bimbingan nya pak..
    terima kasih..

  23. Pak, saya pengen punya penghasilan lain selain gaji. Saya tertarik untuk bikin kedai kopi kecil, kira2 mulainya darimana dulu ya?? Bingung.

  24. Salam kenal
    Saya beni di depok gan, saya baru aja membuka sebuah keiko jg dengan konsep special kopi+wifi. Mohon bimbingannya cara develop n promosinya dunk gan. Yg kita jual sederhana yaitu kopi robusta,arabika dan minuman mix. Mohon pncerahannya gan

    Thnk,salam keiko :)

  25. Ass,,,,,,,,,,,,,,
    sebelumnya sy ucpkn terima kasih,,info yg sedang sy cari telah sy temukan d sn. Sy ingin sekali membuka kedai kopi,, tp modalku pas2an. sy pingin sekali buka keiko di salah satu kota kecil di Ambon.

  26. saya berminat bergabung dengan usaha anda.. saya di sumatera utara tepatnya di kota pematang siantar… tolong hubungi saya
    081376590992

  27. Pak,saya tertarik dengan konsep membuat kedau kopi sekaligus tempat kongkow2..atau malah mungkin bisa berkembang jadi tempat pertemuan (seminar,arisan dll)…tapi saya bingung mau mulai dari mana??? saat ini saya lagi kumpulin modal untuk ke arah sana…mohon sarannya pak..

  28. makasih informasi nya….
    saya penegn buat usaha seperti itu tapi tidak ada modal…
    apakah bapak mau buat cabang nya di kota Banda Aceh,,,,
    kalau mau hubungi saya ya pak…
    085664144416
    mkasih

  29. assalamualakum

    saya mempunyai kebun kopi di daerah ciwidey, bandung. yang berjenis arabika. saya ingin mencoba suply bijih kopi ke anda, adakah prosedur2 yang harus saya lakukan? dan saya mau punya rencana ingin membuka kedai kopi seperti anda, mohon saran2nya.
    terima kasih sebelumnya, semoga kita bisa menjadi mitra.

    mohon info ke email saya atau ke nomer 0818 678 144.

  30. saya tinggal didaerah penghasil kopi,tepat nya didaerah lampung bagian barat…saya tertarik untuk membuka kedai kopi neh dipusat kota…kira2 bagaimana cara memulainya???
    yang udah berpengalaman,, kirim info ke email saya or 085768272786

  31. aku rencana mau buat kedai kopi nih..kira2x daerah mana yang bagus ?. ukuran luas berapa buat tempatnya??.aku ada sih supply kopinya. Dari pabrik langsung.

  32. karena ni aku pny maag… jd enggan buat masuk ke kedai kopi… tp di kedai kopi isi nya apa aja selain kopi? teh? snack? juss?

  33. hai…tolong info lengkap ny donk… saya tertarik dlm bisnis ini,hanya saja bingung untuk mengambil biji kopi yg bgs & cara pembuatannya secara kalo franchise starbucks & sejenisnya mahal sekali… bs tolong di info ke email saya or call ke 021-99004088

    thq

    • vonny : boleh sharing sma sya. u/ kopi ga usah bingung . ini no sy. 053318789963. lokasi saya di pangalengan-bandung

  34. Salam Bapak,…mohon info lokasi outlet bapak di Denpasar.
    Ukuran tempat usaha yg minimal, luasnya kira-kira berapa utk keiko ?
    Apakah ini fraincheis?

  35. Saya mau buka usaha Warung kopi di daerah madiun, konsep yang saya inginkan adalah konsep tempat nongkrong plus, dan berbagai informasi bisa didapat di tempat nongkrong tersebut, mulai umum pendidikan, kesehatan dan peluang bisnis, yang saya ingin tanyakan adalah
    1. bagaimana bentuk dari konsep tersebut, dan kalau ditinjau dari kelayakan bisnis bagaimana, dan bagaimana perhitungan laba ruginya serta Berapa modal yang harus saya siapin dan berapa tahun BEPnya.
    2. bagaimana konsep promosinya
    Nomor telp yang bisa dihubungi ( 0357)473617, 081615230800, 087810647569

  36. Saya sangat tertarik sekali dengan bisnis warung kopinya. Pada saat ini saya punya banyak biji kopi robusta 200 ton. Saya bingung mau di apakan. Harga kopi robusta di pasaran terus menurun. Mohon bantuannya berapa budgetnya untuk memulai bisnis warung kopinya.

    Terimakasih.

  37. Assalamualaikum…
    Saya baru bergerak dibidang keiko ini, tapi karna saingan yg cukup banyak saya ingin menawarkan rasa yg berbeda dlm penyajian kopi saya.
    Saya sudah mencoba membeli kopi giling setengah kasar (arabica & robusta) tapi saya belum juga mendapatkan kenikmatan yang kuat dlm kopi tersebut…..
    yg paling digemari sepertinya sih kopi susu, tp sy sdh mensurvei ke beberapa keiko lainnya, mereka tuh punya rasa yg pekat kopinya tp susunya jg trasa banget.
    plis dong minta sarannya.
    Terima Kasih, saran dari kalian akan sangat membantu…..

    No. hp 081354721118

  38. Kalau mau investasi modal usaha dibawah 100 juta dengan konsep usaha yg sama beserta inovasi konsep yg beda silakan hubungi saya 085731229883/081330355189

  39. bisa bagi info gak, cara buat proposal bisnis ???
    bagaimana cara buat calon investor percaya ???
    081342908658 mail

  40. bisa kasi info gak cara membuat proposal bisnis ???
    bagaimana caranya buat calon investor percaya ???

  41. saya mau buka kedai kopi juga neh…..saya sngat awam bnget tentang bisnis ini….ada yg bisa bantu saya wat budgeting untuk pembelian peralatan coffe shop gak????peralatan komplit???
    konsep coffe shopku seni n olah raga….ato ada supplier peralatan untuk cooffe shop…saya sngat btuh informasinya
    mohon petunjuknya
    terimakasih bnyak nila ada ug membantunya
    085640387035 aan.

  42. asalamualaikum ,mas tedi saya mau buka warung kopi di depan warnet yang teman saya dirikan,teman saya telah menwarkan untuk usaha yang akan saya jalani,tetapi saya terbentur dengan dana, oleh karena itu saya menginginkan kepada mas tedi untuk kerjasamanya ,tempat / wilayah yang akan saya pakai untuk usaha pinggir jalan raya kota kembang depok.Demikian lah apa yang saya tulis ini semoga menjadi pertimbangan mas tedi.

  43. bgs tu,yg bwt prospek kdepan yg sgt mnunjang selain sisi konsep,jg sisi komunitas dr pemilik ataupun yang bersangkutan dibidang itu

  44. keistimewaan kopi zest tidak asam/sepat sehinnga bagi yang mempunyai masalah di maag ,kopi zest aman untuk dikomsumsi

  45. bapak/ibu kami menawarkan kopi bubuk merk zest ,kopi kami asli dari sidikalang bila bpk/ibu berminat bisa menghubungi saya kenny 081311199744,0627-21038 ,terimakasih

  46. ass,
    Mas Saya dulu Kuliah Di jgj Sering Nongkrong di kedai Kopi,
    Pelayanannya Sungguh menarik dan Menunya Ga Kalah…
    Skrng Saya Udah Pulang keriau Tepatnya DiKabupaten Bengkalis,..
    Saya Skrng Udah Membuka usaha Futsal,..dan Ingin Sekali Membuka Kedai Kopi ,, Mohon petunjuk Untuk membuka usaha Kedai Kopi Ini,,
    Thank….\
    Hp.085365053250

  47. asalamualaikum…..
    nama saya wawan. saat ini ingin merintis usaha warung kopi, kendalanya masalah bahan2 kira2 di mana saya bisa mendapatkan kopi yang punya khas dan citra rasa yang tinggi… apakah saya bisa mencari supply… dan kira2 di mana saya mendapatkan suplayer yang punya ciri khan kopi yang enak dan mutu terjamin.
    terima kasih

  48. sudah lama aku berniat buka kedai kopi, semakin semangat melihat testimoni keberhasilan mas teddy, good luck for teddy n team.

  49. jujur saya sendiri tertarik dgn kedai kopi, saya pribadi ingin membuka usaha ini d kota malang. saya ingin komentar anda, bgm peluang usaha ini d kota malang, yg notabane adalah kota mahasiswa? saya ingin skl membuka usaha ini d malang.. terima kasih..

    081330606086. mhn bimbing saya membuka usaha d kota malang..

  50. pak

    saya adalah karyawan swasta di bandung dan saat ini saya domisili di soreang kab. bandung, saya punya modal 30 jt dan ruko yg belum selesai tapi pengen buka usaha jadi kedai kopi. ada saran ?

  51. salam untuk bapak/ibu
    saya sekarang sedang ditawari proposal untuk usaha kedai kopi.
    sebagai investor kecil2an, berapa proporsi pembagian profit yang standart antara investor dan pelaksana proyeknya???khususnya untuk kedai kopi ini
    karena saya membaca latar belakang usaha kopi ini juga tadi dari investasi orang banyak.
    terima kasih, untuk balasannya saya harapkan…
    wass

  52. siang pak/bu, sebelum saya bermitra dengan bapak boleh gak saya tahu outlet bapak ada dimana ,,agar sy punya gambaran tentang bisnis kedai kopi ini, ..itung2 sebagai survey pendahuluan ..lebih baik yg ada di jkt,Thanks ditunggu jawabannya

  53. kang saya mau bikin kedai kopi tapi belum tau untuk bahan2 nya ngdrop dari mana bisa kasih petunjuk, thanks .salam

  54. saya sangat tertarik dengan keberhasilan anda, kebetulan saya juga punya rencana bikin usaha warung kopi .kalau mas teddie tidak keberatan,boleh bagi info tentang bagaimana cara perencanaan keuangan dan cara membuat harga minuman

    terimakasih banyak mas teddie atas saran dan infonya.

  55. Dear All, terima kasih atas respon yang telah anda berikan kepada kami.
    @ Frangky R, menggabungkan 2 usaha memang tidak mudah. Namun perlu kita cermati apakah pasar yang akan di tembak oleh kedua usaha ini apakah sama?
    Jika sama, maka akan dengan mudah anda menggabungkan usaha anda ini dalam 1 konsep.

    @wawan, modal adalah prioritas kedua setelah niat yang kuat untuk membuka usaha ini. modal 20jt bisa di kembangkan ke arah warung kopi. dengan modal minim, turn over tinggi, konsep minimal, anda bisa sukses.

    @didik, silahkan anda buka http://www.kedaikopi.info/waralaba

    Hubungi kami di :
    -teddie-
    HP : 0811 25 6343
    Email : teddie(at)kedaikopi.info
    YM ID : teddiecool2000

  56. pak kami butuh masukan untuk pembuatan kedai kopi bapak tapi dengan modal kecil (20 juta) apa yg mesti kami lakukan….

    trimakasih atas masukan bapak

  57. setelah membeca artikel ini, saya sangat terkesima atas usaha bersama ini, dan memang peluang bisnis kedai kopi dan internet saat ini sangat bagus. dan di mana-mana ada saja kedai kopi dan itu tidak pernah sepi, serta menjamurnya warnet serta peminatnya yang seknifikan, tetapi penggabungan dua usaha ini sangat tepat dan suprais. saya mempunyai satu pertanyaan kepada pengelola usaha ini. saya mempunyai warnet tetapi untuk menggabungkan kedua hal tersebut memerlukan biaya yang cukup banyak bagaimana solusinya, dan bagaimana untuk saya mendapatkan modal untuk usaha, saya mohon bantuan pengelola untuk memberikan masukan atau gambaran yang sesuai atau yang telah dialami oleh pengelola. sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuan pengelola. amin .

Comments are closed.