Peluang Bisnis, Peluang usaha

Peluang Bisnis Kuliner Baru Dari Sosis Ikan Bakar

Bisnis sosis ikanSosis adalah salah satu jenis olahan dengan bahan dasar daging yang cukup populer. Semakin meningkatnya popularitas sosis di tengah kehidupan masyarakat membuat jenis sosis juga sangat beragam dan banyak dijumpai dipasaran, salah satunya adalah sosis ikan. Tingginya kandungan gizi yang terdapat dalam sosis ikan dengan rasanya yang enak dan lezat membuat makanan ini banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat.

Peluang bisnis di bidang kuliner atau makanan memang penuh dengan kreativitas dan selalu saja ada ide bisnis baru yang banyak bermunculan. Salah satunya sosis ikan yang sekarang ini cukup populer dengan penyajiannya yang sederhana yaitu sosis bakar.

Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis sosis ikan bakar, maka Anda dapat membuka usaha ini di tempat-tempat yang ramai dan potensial seperti tempat nongkrong anak muda, kompleks perumahan, sekitar kampus, dan lain sebagainya.

Konsumen

Sosis ikan bakar yang terbuat dari olahan hasil laut ini jauh lebih sehat untuk disantap setiap hari bagi para penikmat dan penggemar sosis bakar. Segmen pasar untuk usaha kuliner sosis ikan adalah semua kalangan masyarakat dari segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semuanya bisa mengkonsumsi sosis ikan bakar dari olahan ikan laut. Tekstur luarnya yang kenyal, sedangkan tekstur bagian dalam yang lembut membuat sosis ikan semakin banyak disukai orang.

Memulai Bisnis

Menjalankan bisnis sosis bakar sendiri tidak membutuhkan banyak konsep. Cara penjualan untuk bisnis kuliner yang satu ini juga sangat mudah dengan cara berjualan ala gerobak, di booth, kedai maupun membuka restoran kecil. Hal ini tentu saja menjadikan bisnis sosis bakar sebagai peluang bisnis yang tidak membutuhkan modal besar.

Menekuni bisnis sosis ikan bakar sendiri juga tergolong cukup mudah karena sosis bakar merupakan makanan sederhana dengan bahan dasar ikan yang diolah dengan cara dipanggang kemudian disajikan menggunakan saus dan juga toping. Karena bisnis sosis bakar sangat sederhana maka Anda juga bisa menjalankannya sendiri.

Cara Membuat Sosis Ikan

Bisnis sosis bakarBahan :

  • 1000 gram fillet ikan tenggiri atau tuna
  • 20 gram garam
  • 30 gram gula
  • 60 gram lada halus
  • 30 gram susu bubuk
  • 50 gram bawang merah
  • 30 gram bawang putih
  • 200 ml minyak nabati
  • 200 gram es serut
  • 150 gram tepung tapioka
  • 0,5 sendok makan penyedap
  • 5 sendok teh polyphosphate
  • 0,5 sendok teh flavour asap

Peralatan

  • Casing atau selongsong sosis
  • Food Processor untuk memotong dan mengaduk adonan dengan kecepatn tinggi
  • Alat giling
  • Benang pengikat
  • Stuffer atau alat pengisi
  • Freezer

Cara Pembuatan Sosis Ikan

  1. Persiapan

Siapkan semua bahan yang digunakan dan pastikan juga alat yang akan dipakai bersih dan layak pakai.

  1. Penggilingan

Daging ikan fillet di lumat sampai halus, kemudian tambahkan dengan garam dan es serut, minyak nabati, tepung tapioka, gula, susu bubuk, lada, penyedap, polyphosphate dan flavour asap kemudian aduk sampai rata.

  1. Pencampuran

Aduk semua bahan dengan menggunakan food processor. Gunakan kecepatan rendah kemudian menambahnyak sedikit demi sedikit hingga kecepatan tinggi. Jaga suhu adonan agar tetap dingin. Usahakan tidak mengaduk terlalu lama agar adonan tidak panas, jika adonan sudah tercampur rata segera angkat.

  1. Pengisian

Adonan yang telah dicampur rata dan sudah halus dimasukkan ke dalam stuffer, lalu masukkan ke dalam casing atau selongsong sosis lalu ikat.

  1. Mengikat Sosis

Ikat ujung casing sosis dengan menggunakan benang, kemudian pilih sesuai dengan ukuran sosis dan ikat kembali dengan benang.

  1. Perebusan

Usahakan agar semua permukaan sosis terendam air panas saat dalam proses perebusan.

  1. Pendinginan

Celupkan sosis yang telah direbus pada air dingin sampai benar-benar terendam. Hal ini dilakukan agar casing tidak lengket pada sosis.

  1. Penyimpanan

Simpan selalu sosis dalam lemari es atau freezer.

Keuntungan Bisnis

Peluang usaha sosis ikan bakar memang sangat menjanjikan. Penyajiannya yang sangat praktis dan sederhana membuat kuliner ini banyak diminati oleh konsumen. Selain itu, sosis ikan juga baik bagi kesehatan tubuh sehingga konsumen tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya karena ikan laut mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Kondisi inilah yang memberikan keuntungan sangat besar bagi para pelaku usahanya, karena berdasarkan pengamatan potensi pasar untuk usaha sosis ikan bakar juga akan semakin besar.

Hambatan Bisnis

Menjalankan sebuah usaha pasti akan melewati sebuh hambatan maupun resiko, baik kecil maupun besar. Resiko untuk usaha kuliner sosis ikan bakar ini adalah kenaikan bahan baku terutama ikan laut. Untuk itu, sebaiknya Anda membeli ikan laut langsung dari pemasok.

Terkadang, muncul juga isu bahwa ikan yang digunakan adalah ikan busuk dan lain sebagainya. Untuk megatasinya mungkin Anda bisa mendaftarkan bisnis kuliner Anda agar mendapatkan ijin usaha kecil P-IRT dan LP BPOM. Selain itu, Anda juga bisa mengurus sertifikat halal MUI untuk usaha sosis ikan laut.

Strategi Pemasaran

Ilustrasi outlet bisnis sosis bakarStrategi pemasaran untuk bisnis kuliner ini bisa dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut menyebarkan brosur, atau memasang banner di gerobak atau sekitar lokasi usaha. Pelaku usaha juga bisa membuat gerobak semenarik mungkin dan unik menggunakan warna-warna cerah, sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli produk yang Anda jual.

Selain itu, untuk mencari pelanggan yang banyak, strategi pemasaran juga bisa Anda lakukan dengan cara membuka bisnis kuliner sosis bakar dilokasi yang ramai dikunjungi orang. Pemilihan lokasi untuk bisnis sosis bakar ini bisa dilakukan di sekolahan, kampus, tempat wisata, perkantoran, supermarket dan tempat ramai lainnya.

Kunci Sukses

Agar konsumen Anda tidak berpaling ke produk lain, maka pelaku bisnis harus menjaga kualitas cita rasa makanan yang di tawarkan. Karena, dalam menjalankan bisnis kuliner cita rasa produk makanan yang dihasilkan menjadi kunci utama sebuah bisnis kuliner untuk mencapai kesuksesan.

Selanjutnya, karena sosis bakar disajikan dengan saus dan juga toping. Maka lakukan inovasi baru dengan membuat saus dan toping dengan rasa tertentu sehingga mampu membuat keunikan tersendiri atau ciri khas yang berbeda dengan pelaku bisnis lainnya.

Analisa Ekonomi

Asumsi pemakaian alat :
Masa pakai gerobak serta peralatan masak 2 tahun
Masa pakai kursi plastik 2 tahun

Investasi awal
Gerobak dan peralatan masak                   Rp 18.000.000,00
Kursi plastik                                 Rp    150.000,00+
Total investasi                                               Rp 18.150.000,00

Biaya operasional bulanan
Biaya tetap :
Penyusutan dan peralatan masak 
1/24 x Rp 18.000.000,00                        Rp   750.000,00
Penyusutan kursi plastik 
1/24 x Rp 150.000,00                           Rp     6.250,00
Sewa tempat penjualan                          Rp   500.000,00 +
Total biaya tetap                                              Rp 1.256.250,00

Biaya tak tetap :
Belanja harian ( ikan, bumbu, tepung) 
Rp 350.000,00 x 30 hari                        Rp 10.500.000,00
Gas elpiji, kebersihan, listrik, keamanan dll  Rp    200.000,00 +
Total biaya tak tetap                                          Rp 10.700.000,00+
Total biaya operasional                                        Rp 11.956.250,00

Penerimaan bulanan
Penjualan @ Rp 10.000,00 x 25 sosis besar x 30 hari   Rp  7.500.000,00
Penjualan @ Rp 7.000,00 x 40 sosis kecil x 30 hari    Rp  8.400.000,00 +
Total Penjualan                                                  Rp 15.900.000,00

Keuntungan 
Rp 15.900.000,00 – Rp     11.956.250,00                          Rp  3.943.750,00
Sumber gambar :
1. http://3.bp.blogspot.com/-RNjmYRfIxBY/Ur2vsoB_PLI/AAAAAAAAAEA/tBEv9uCwgcU/s1600/2994334441.gif
2. http://bakarsosis.com/foto_produk/86Cara-membuat-sosis-bakar-300x300.jpg
3. http://www.bekas.com/sites/default/files/195753/outlet%20sosis%20bakar%20sidoarjo.jpg?1400501032