Peluang Bisnis Menguntungkan Dari Berkebun di Halaman Rumah!

Berkebun di halaman rumah merupakan salah satu aktivitas yang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Kegiatan berkebun di halaman rumah pada dasarnya banyak dilakukan oleh orang-orang yang memang hobi berkebun atau bisa juga hobi yang dilakukan dengan tujuan untuk bisnis. Banyak ide bisnis yang bisa dilakukan dengan berkebun di halaman rumah.

Berkebun di Halaman Rumah

Terkadang berkebun di halaman rumah ini terkendala beberapa hal seperti ketersediaan lahan dan waktu untuk mengurusnya. Berkebun bisa dilakukan di mana saja seperti halnya berkebun di halaman rumah. Kalau kamu tinggal di pedesaan, mungkin akan banyak spot yang bisa dimanfaatkan.  Kalau kamu tinggal di perkotaan, manfaatkan saja ruang-ruang sempit di rumah. Metode berkebun seperti ini disebut dengan hidroponik.

Peluang Bisnis Menguntungkan Dari Berkebun di Halaman Rumah!

Jenis tanaman yang bisa ditanam di halaman rumah juga bisa beragam. Mulai dari sayuran hingga buah-buahan. Tapi supaya lebih efisien, kamu juga perlu memperhatikan karakteristik bibit yang kamu tanam. Hal yang paling diperhatikan adalah iklim wilayahnya. Sebab tidak semua tanaman bisa dikembangkan di sembarangan tempat.  Ada yang hanya bisa di tanam di daerah pegunungan, ada juga yang hanya bisa berkembang di daerah panas. Kuncinya adalah ketika berkebun di halaman rumah dijalankan penuh ketekunan, berkebun bisa menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan.

Peluang Bisnis dari Berkebun di Halaman Rumah

Tidak hanya menjadi hobi atau aktivitas yang menyenangkan, berkebun di rumah juga bisa mendatangkan peluang bisnis yang menjanjikan. Berikut ini beberapa peluang bisnis yang ada ketika kamu berkebun di halaman rumah.

1. Berkebun di Halaman Rumah : Sayuran Organik

Tidak perlu media tanam yang luas, kamu bisa menerapkan sistem hidroponik. Dengan memanfaatkan halaman rumah yang terbatas, sayuran organik bisa dikembangkan. Makin tingginya kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi sayuran membuka peluang usaha baru. Sayuran organik saat ini menjadi salah satu bahan pangan yang banyak dicari. Kamu bisa amati saja ketika pergi ke mini market atau retail modern, pada rak sayur dan buah banyak jenis sayuran organik yang dijual di sana dengan dibandrol harga yang cukup tinggi. Orang rela merogok kocek dalam-dalam karena memprioritaskan kualitas. Maka dari itu manfaatkanlah peluang tersebut dengan menanam sayuran organik.

Jenis sayuran organik yang banyak diminati konsumen antara lain sawi hijau, pakcoy, daun selada, brokoli, wortel, kacang panjang, dan sayuran hijau lainnya. Hasil panen sayuran organik yang kamu tanam bisa dipasarkan dimulai dari orang-orang terdekat terlebih dahulu. Kemudian manfaatkanlah media sosial untuk pemasarannya. Supaya makin banyak orang yang mengeal produk sayuran organik kamu. Seiring berjalannya waktu ketika hasil panen sudah dalam jumlah yang besar mulailah menjual produk ke swalayan, mini market, restoran, hingga retail modern supaya kamu bisa menjadi suplier mereka. Bukan tidak mungkin dimulai dari berkebun di rumah kamu bisa menjadi petani sayur organik dengan omzet hingga ratusan juta rupiah!

2. Benih Tanaman

Kalau kamu sudah bisa berkebun di halaman rumah dengan baik dan hasil panennya juga baik, belajarlah cara membuat benih. Misalnya, jika kamu menanam cabai, coba untuk membuat benihnya juga. Caranya mudah, petik cabai yang sudah tua dari kebunmu, ambil bijinya dan kemudian rendam bijinya di air bersih. Untuk memilah mana biji yang baik, kamu bisa mengambil yang sudah tenggelam, karena biasanya yang tenggelam akan menunjukkan pertumbuhan yang baik bila ditanam. Setelah diambil, tinggal dijemur hingga kering.

Ketika kamu ingin menjual benih, bisa kamu mulai dengan memasukkan sekitar 10 sampai 20 benih ke dalam kemasan dan dijual deh secara online. Harga untuk 10 benih cabai bisa dijual sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu, tergantung jenis cabainya. Untuk membuat benih tanaman lainnya, kamu bisa mencari literatur dan referensinya di internet. Sebab sekarang ini, sudah banyak para petani atau pemilik kebun yang membagikan ilmu dan tipsnya dalam mengembangkan perkebunan khususnya dalam hal pembuatan benih.

3. Berkebun di Halaman Rumah : Tanaman Hias

Peluang bisnis yang satu ini lebih tepat untuk kamu yang senang berkebun beragam tanaman hias. Menanam tanaman hias memang akan membuat diri kamu lebih merasa enjoy. Bagaimana tidak, setiap hari kamu bisa memandangi kecantikan bunga-bunga dengan penuh warna. Selain membuat kamu enjoy berkebun, hal ini juga bisa mendatangkan keuntungan bisnis degan menjual tanaman hias. Salah satu tanaman hias yang bisa dijadikan sumber penghasilan adalah mawar.

Jika kamu berhasil membudidayakan bunga mawar dalam jumlah banyak, kamu bisa menjual puluhan tangkai bunga mawar ke toko bunga. Satu tangkai biasanya dijual seharga Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu. Kalau kamu punya keahlian membuat buket, harga jualnya bisa lebih tinggi lagi, sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribuan. Kamu juga bisa membuat usaha florist sendiri tanpa harus mencari suplier bunga.

4. Membuka Kelas Berkebun

Ketika kamu sudah lama dalam menggeluti dunia perkebunan sampai berhasil mengembangkan beberapa tanaman dengan cara kamu sendiri artinya kemampuan kamu dalam berkebun sudah berada di level ekspert. Hal inilah yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk membagikan ilmu yang kamu miliki ke orang lain untuk membuka kelas berkebun. Sebab berkebun memang sekilas terlihat sederhana tapi tetap saja adanya mentor atau seseorang yang ahli akan lebih memudahkan seseorang untuk menjalankannya terutama bagi orang awam yang belum sama sekali punya pengalaman tekait berkebun.

Kamu bisa membuka kelas berkebun dengan memanfaatkan kebun yang telah kamu miliki. Bagikan pengetahuan dan pengalaman kamu dalam berkebun. Kemudian ajarkan bagaimana cara merawat tanaman yang baik, memetik hasil panen, dan lain-lain. Dalam membuka kelas berkebun kamu juga bisa mengangkat tema tertentu pada setiap sesinya. Misalnya kamu bagi tema kelas menjadi kelas berkebun hidroponik, aquaponik, buah-buahan, sayuran, tanaman hias, rempah, dan lain-lain.

5. Berkebun di Halaman Rumah : Tanaman Buah-Buahan

Kalau kamu punya banyak tanaman buah dan hasil panennya bagus, kamu bisa menjadikan hasil panen tersebut menjadi peluang bisnis. Kamu bisa menjalankan dua bisnis sekaligus. Pertama kamu bisa menjual buah hasil panen secara langsung. Kedua kamu bisa menjual minuman jus buah organik.

Menjual jus organik dengan buah yang masih segar langsung dipetik dari kebun merupakan salah satu hal yang menarik. Kamu bisa menjual jus organik ini dalam kemasan botol yang menarik dan dipasarkan secara online. Atau bisa juga kamu membuka kedai jus organik kecil-kecilan di rumah dengan konsep kedai yang unik. Konsepya pembeli bisa memetik sendiri buah mana yang akan dijadikan jus, kemudian menikmati kesegaran jus tersebut dengan pemandangan perkebunan hijau. Konsep yang menarik bukan?

Itulah beberapa peluang bisnis yang bisa kamu jalankan dari berkebun di halaman rumah. Semoga tulisan ini bermanfaat. Persiapkan bisnis kamu dengan sebaik mungkin, teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu #NaikKelas ya! Bagikan juga artikel ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk berbisnis!

Ikuti terus artikel menarik tentang agribisnis lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba