Peluang Bisnis Servis handphone

servis handphone

Meningkatnya penggunaan handphone sebagai alat komunikasi setiap harinya, memungkinkan cepat atau lambat handphone tersebut akan mengalami kerusakan seperti barang elektronik lainnya. Munculnya masalah tersebut sering mempersulit para pengguna handphone. Ketidakmampuan konsumen dalam memperbaiki kerusakan handphone mereka dapat dijadikan sebagai salah satu peluang besar untuk membuka bisnis servis handphone yang dibutuhkan konsumen.

Konsumen
Jasa servis handphone, banyak dicari para pengguna handphone. Saat ini mulai dari anak – anak yang duduk dibangku SD, hingga remaja dan orang tua. Baik masyarakat kalangan bawah dan kalangan menengah keatas, menggunakan handphone sebagai alat komunikasi mereka. Dan sebagian besar dari mereka tidak bisa memperbaiki handphone mereka yang rusak, peluang  ini memudahkan Anda untuk mendapatkan konsumen.

Info Bisnis
Saat ini selain konter pulsa yang menjamur, konter servis handphone juga banyak ditemukan. Prospek pasar yang terus meningkat bersamaan dengan meningkatnya penjualan handphone, menjadikan pemasaran bisnis servis handphone tidaklah susah. Pelayanan servis handphone dari mulai kerusakan pada hardware hingga software yang ada pada handphone, menjadi kebutuhan pokok para pengguna handphone saat alat komunikasi mereka sedang tidak sehat. Oleh karena itu peluang bisnis servis handphone juga dapat menjanjikan dan menghasilkan untung yang cukup besar.

Untuk memulai bisnis ini, dapat dimulai dengan menyiapkan ruangan usaha. Tidak perlu terlalu besar, ruangan 3 x 4 m sudah cukup untuk memberikan display handphone atau aksesoris yang dapat mendukung bisnis jasa servis handphone. Hal lain yang dibutuhkan yaitu peralatan khusus untuk reparasi handphone, untuk mendapatkannya bisa melalui kursus servis handphone yang menawarkan paket kursus lengkap dengan memberikan peralatannya. Jadi selain memperoleh peralatan lengkap, Anda juga bisa memperoleh tambahan ilmu dan keterampilan khusus untuk mengatasi kerusakan handphone.

Pemasaran
Membagikan brosur, serta memasang iklan di berbagai media cetak maupun elektronik dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran bisnis jasa servis handphone. Selain itu Anda dapat menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis jual – beli handphone, sehingga bila ada kerusakan handphone milik konsumen yang membeli di toko tersebut, menjadi calon konsumen servis handphone Anda.

Kelebihan usaha
Banyak pengguna handphone yang tidak mengerti tentang kerusakan yang ada pada handphone mereka, sehingga peluang sukses usaha jasa servis handphone masih memiliki prospek yang cukup bagus selama handphone masih digunakan sebagai alat komunikasi.

Kekurangan usaha
Persaingan bisnis servis handphone saat ini sudah sangat ketat. Banyaknya pelaku usaha baru yang bermunculan, menimbulkan persaingan bisnis yang dapat mengancam usaha Anda bila bisnis servis handphone Anda tidak memiliki inovasi. Untuk itu tingkatkan ketrampilan Anda untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen.

bisnis servis handphone

Kunci Sukses
Namun untuk menjalankan bisnis tersebut dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan servis handphone yang harus dimiliki seseorang sebelum dia menjalankan bisnis ini. Dari mulai cara – cara pengecekan handphone secara Benar, mengenal kerusakan handphone secara tepat, hingga  mampu memperbaiki kerusakan-kerusakan handphone baik hardware maupun softwarenya. Untuk itu sebaiknya Anda ikut pelatihan atau kursus-kursus servis handphone untuk meningkatkan kemampuan yang Anda miliki, karena ini akan menjadi modal awal bagi anda untuk memulai bisnis servis handphone.

Bagi Anda yang berminat dengan peluang bisnis servis handphone, berikut kami berikan contoh analisa biaya bisnis service handphone yang dibutuhkan.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Meja, rak kerja servis dan kursi kerja         Rp 1.000.000,00
Peralatan servis hardware hp                   Rp 2.500.000,00
Peralatan servis software hp                   Rp 6.000.000,00
Bahan servis                                   Rp   200.000,00
Bahan Sparepart                                Rp   500.000,00
Biaya pelatihan                                Rp 2.000.000,00+
Total                                          Rp 12.200.000,00

Pengeluaran Biaya per Bulan
Sewa Tempat                                    Rp   500.000,00
Gaji Karyawan                                  Rp   800.000,00
Listrik/bulan                                  Rp   150.000,00
Sparepart                                      Rp   300.000,00
Bahan servis habis pakai                       Rp   300.000,00+
Total                                          Rp 2.050.000,00

Omset per Bulan
Jasa Reparasi :
( 50.000,00 x 3 handphone ) x 30hari           Rp 4.500.000,00
Penjualan Sparepart  / bulan                   Rp   500.000,00+
Total                                          Rp 5.000.000,00

Laba Bersih per Bulan
5.000.000,00 – 2.050.000,00                   = 2.950.000,00

ROI (Return of Investment)
( 12.200.000,00 : 2.950.000,00 )              = < 5 bulan

Sumber gambar : Tim Bisnis UKM

6 thoughts on “Peluang Bisnis Servis handphone”

  1. Gmana bisa mendapatkan spare part dan aksesoris untuk alat HP, kalo di surabaya dimana tempat kursus yang bagus,

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba