Peluang Menggiurkan Usaha Seblak Jajanan Pedas Kekinian!

Usaha seblak jadi salah satu peluang bisnis kuliner pedas yang peluangnya masih menjanjikan. Meski pun sekarang ini makin banyak aneka olahan makanan pedas yang bermunculan. Tapi dalam dunia bisnis kuliner, peluangnya tetap terbuka karena konsumennya akan selalu ada. Apalagi sajian makanan pedas itu penggemarnya makin hari justru makin bertambah. Tren kuliner pedas di Indonesia bisa dibilang punya prospek jangka panjang yang menggiurkan. Mulai dari tren camilan pedas sampai makanan kuah. Jadi peluang usaha seblak ini masih menarik untuk dicoba.

Peluang Menggiurkan Usaha Seblak Jajanan Pedas Kekinian!

Peluang Usaha Seblak

Sajian kuliner pedas akan selalu mendapatkan tempat di tengah persaingan bisnis kuliner yang makin kompetitif. Salah satunya adalah usaha seblak yang masih punya prospek cerah untuk ditekuni. Jajanan pedas dan mengenyangkan khas Jawa Barat dengan bahan baku kerupuk, makaroni, berpadu bumbu pedas gurih ini menjadi salah satu kuliner kekinian yang digemari anak milenial. Seperti yang terjadi sekarang ini, generasi milenial memang cenderung suka dengan makanan bercitarasa gurih dan pedas. Jadi nggak heran kalau sajian kuliner pedas menjadi favorit anak-anak muda. Mulai dari yang cemilan sampai makanan berat.

Memiliki citarasa yang gurih dan pedas menjadi ciri khas dari sajian seblak yang akan menarik minat banyak orang. Tidak heran kalau sekarang ini pelaku usaha seblak terus bermunculan mulai dari skala kaki lima, kedai, sampai usaha seblak waralaba. Melihat potensi ini, tentunya kamu bisa memanfaatkan peluang mencoba usaha seblak dengan menghadirkan inovasi baru. Secara umum seblak hanya dimasak dengan sayuran dan rempah-rempah, salah satunya kencur dan bawang putih. Tapi kamu bisa hadirkan inovasi seperti seblak kuah, seblak bakso, seblak ceker, seblak daging dan lain sebagainya. Begitu juga dengan penawaran level pedasnya yang bisa kamu kreasikan. Seperti penamaan yang unik atau jumlah cabai yang bisa sampai puluhan. Selain dihidangkan dengan berbagai level kepedasan, kamu bisa juga loh menawarkan olahan seblak yang dibuat dari bahan-bahan lain. Seperti seblak mozarella, seblak sumsum bahkan ada juga seblak yang disajikan dengan tampilan lebih fancy, seperti seblak lobster.

Memulai Usaha Seblak

Seblak adalah sajian kuliner yang cocok dimakan di segala suasana. Jadi untuk memulai usaha seblak ini tidak perlu menunggu waktu-waktu tertentu atau dijadikan sebagai makanan musiman. Selama bisa menghadirkan seblak yang enak, pasti konsumennya akan selalu ada. Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika kamu tertarik untuk memulai usaha seblak.

1. Pilih Lokasi Usaha Seblak yang Strategis

Kalau kamu tertarik untuk memulai usaha seblak dengan modal yang lebih terjangkau, kamu bisa memulainya dari skala rumahan. Jadikan halaman rumah kamu sebagai lapaknya. Selain itu kamu juga bisa menyediakan layanan dine in kalau memungkinkan. Apalagi kalau rumah kamu letaknya strategis. Seperti di dekat pusat keraiaman dan akses jalannya mudah. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan lapak pujasera, food court, atau komplek pedagang kaki lima untuk menjalankan usaha seblak. Pastinya lokasi untuk kamu berjualan juga harus strategis. Pertimbangannya adalah akses jalan yang mudah dan dekat dengan pusat keramaian. Seperti kampus, sekolah, atau perkantoran. Pemilihan lokasi usaha seblak yang strategis akan sangat mendukung kelangsungan bisnis nantinya.

2. Sediakan Layanan Pesan Antar

Sekarang ini pola konsumsi kebanyakan orang sudah mulai berubah. Kalau dulu makan di luar menjadi kegiatan favorit karena ingin mengenyangkan perut sekaligus refreshing, sekarang kebiasaan juga beralih ke makan makanan dari luar tapi untuk dinikmati di rumah. Maka dari itu layanan pesan antar menjadi strategi jitu untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumen untuk bisa menikmati suatu hidangan dengan lebih praktis. Begitu juga dengan usaha seblak yang akan kamu jalankan nanti. Tidak perlu memberikan layanan pesan antar dengan tenaga dari kamu sendiri. Cukup manfaatkan layanan pesan antar dari aplikasi online yang sudah tersedia. Daftarkan usaha seblak kamu sebagai mitra resto dan pastikan harga yang kamu tawarkan di aplikasi sudah dinaikkan 20% untuk pajak yang akan kamu bayarkan ke jasa aplikasi tersebut.

3. Inovasi Usaha Seblak

Persaingan dalam bisnis kuliner makin hari memang semakin ketat. Maka dari itu kamu perlu ide kreatif dan inovasi untuk menjadikan usaha seblak kamu punya daya saing yang kuat. Salah satu inovasi yang bisa kamu hadirkan adalah dengan menawarkan menu seblak yang unik. Misalnya seblak dengan tambahan toping mozarela. Bisa juga dengan inovasi seblak seafood yang masih jarang dijumpai karena baisanya toping seblak itu berbadah dari daging ayam atau bakso. Kamu juga bisa menambah inovasi tambahan dengan menjual seblak kering yang nggak kalah menarik untuk memikat hari para pelanggan. Selain inovasi dari segi menu seblak, kamu juga bisa berinovasi dari kemasannya. Kalau biasanya seblak dikemas dengan sterofoam, kamu bisa pakai kemasan yang lebih vancy sekaligus ramah lingkungan. Contoh kemasan seblak yang ramah lingkungan adalah paper bowl.

4. Persiapkan Modal Usaha Seblak

Untuk memulai usaha seblak secara mandiri, membutuhkan modal investasi sekitar Rp2.495.000. Modal tersebut digunakan untuk membeli kompor dan gas Rp300.000, blender Rp125.000, panci Rp100.000, wajan Rp170.000, pengaduk pisau Rp60.000. Kemudian, meja dan kursi Rp250.000, peralatan makan dan minum Rp30.000, gerobak Rp900.000, dan peralatan tambahan lain Rp160.000 – Rp400.000. Sedangkan per bulannya membutuhkan biaya operasional untuk membeli bahan baku seperti kerupuk Rp450.000, bakso dan sosis Rp600.000, kemasan Rp150.000, dan aneka bumbu Rp360.000. Lalu, ada pula tambahan biaya sewa lapak per bulan Rp300.000. Jadi total membutuhkan dana sekitar Rp1.860.000. Dengan harga per porsi Rp10.000 dan setiap harinya bisa terjual 30 porsi maka pendapatan kotor untuk 20 hari jualan adalah Rp6.000.000 untuk keuntungan bersih tinggal dikurangi dengan biaya operasional.

5. Ciptakan Resep Terbaik

Dalam menjalankan bisnis kuliner pedas, citarasa adalah modal yang sangat penting untuk bisa bersaing dan terus berkembang untuk menjangkau pasar yag lebih luas. Rasa nggak pernah bohong, itulah ungkapan yang bisa menggambarkan bagaimana bisnis kuliner harus punya cita rasa khas dan sesuai dengan selera pasar. Maka dari itu menciptakan resep yang terbaik adalah modal yang sangat penting. Berikut ini resep untuk usaha sebkal yang bisa kamu jadikan acuan dan kembangkan.

Bahan

– Kerupuk seblak 250 gram

– Telur ayam 2 butir

– Bakso/ceker ayam/sosis/jamur/apapun bisa diganti sesuai selera

– Bawang putih 2 siung, bawang merah 3 siung

– Cabai merah 3, cabai rawit 10, atau sesuai selera

– Kencur 1 ruas kecil

Cara Membuat

1. Rebus kerupuk ke dalam air yang sudah mendidih selama 15 menit, kemudian tiriskan.

2. Haluskan semua bumbu (bisa diulek atau diblender) lalu tumis dengan sedikit minyak.

3. Setelah bumbu yang ditumis mulai wangi, masukkan telur dan bakso (atau bahan sesuai selera), tumis hingga telur dan bakso setengah matang.

4. Masukkan kerupuk yang tadi ditiriskan, tambahkan sedikit air agar tidak lengket dan susah saat diaduk.

5. Tambahkan beberapa topping sesuai selera. Seblak siap disajikan!

Itulah ulasan seputar peluang usaha seblak yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk memulai bisnis kuliner pedas. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk berbisnis ya!

Ikuti informasi menarik seputar peluang usaha kuliner pedas lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba