Peluang Usaha Bandeng Sebagai Hasil Komoditi Perikanan Terbesar Di Kabupaten Sidoarjo

Kabupaten Sidoarjo memiliki jenis lahan perikanan yang cukup luas, sehingga komoditi perikanan yang dihasilkan cukup besar terutama jenis ikan bandeng. Hal ini dapat dilihat pada tabel  di bawah.  Pada tabel  dapat terlihat komoditi bandeng yang dihasilkan Kabupaten Sidoarjo sangat melimpah, sehingga perlu adanya usaha untuk meningkatkan daya simpan dan daya awet produk perikanan pada pasca panen. Hal ini bisa dilakukan melalui proses pengolahan maupun pengawetan terutama pada jenis ikan bandeng yang merupakan hasil komoditi perikanan terbesar di Kabupaten Sidoarjo.

tabel-e

Salah satu jenis usaha yang potensial untuk produk ikan adalah abon ikan bandeng. Abon merupakan salah satu produk hasil olahan dari bahan baku ikan. Adapun salah satu dari tujuan pembuatan abon adalah untuk memperpanjang umur simpan dari ikan. Limbah abon yang dihasilkan berupa tulang-tulang ikan dapat digunakan untuk pembuatan tepung ikan sehingga kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh limbah industri ini juga dapat di minimalisir. Peluang pasar abon ikan bandeng sangat baik, mengingat tingkat persaingan yang masih rendah. Sehubungan dengan hal tersebut,diperlukan analisis studi kelayakan tentang pendirian industri pengolahan abon ikan bandeng.

Tahapan proses pembuatan abon ikan bandeng adalah sebagai berikut :

BAHAN

  1. Ikan bandeng (2 kg)
  2. Bawang merah (1 ons). Sebanyak 3/4 dari bawang ini dijadikan     bawang goreng.
  3. Bawang putih (0.4 ons)
  4. Bubuk ketumbar secukupnya
  5. Lengkuas
  6. Daun salam
  7. Sereh
  8. Gula pasir secukupnya
  9. Asam Jawa secukupnya
  10. Santan kental 0.2 lt

PERALATAN

  1. Pisau dan telenan. Alat ini digunakan untuk menyiangi dan memotong ikan bandeng.
  2. Penggiling bumbu. Alat ini digunakan untuk menggiling bumbu sampai halus.
  3. Wajan. Alat ini digunakan untuk menggoreng abon.
  4. Pemarut. Alat ini digunakan untuk memarut kelapa.
  5. Peniris sentrifugal. Alat ini digunakan untuk mengeluarkan minyak dari abon panas yang baru digoreng.
  6. Alat press. Alat ini digunakan untuk memeras abon panas sehingga minyaknya keluar.

CARA PEMBUATAN

  1. Penyiangan ikan bandeng. Ikan bandeng disiangi. Jeroan, tulang dan kepala dibuang. Setelah itu ikan dipotong-potong dan dicuci bersih.
  2. Penyiapan suiran ikan. Potongan ikan bandeng yang telah dicuci bersih dikukus selama 1 jam. Setelah dingin tulang ikan dibuang, kemudian disuir-suir dan ditumbuk dengan pelan-pelan sehingga berupa serat-serat halus.
  3. Penyiapan bumbu dan santan. Lengkuas dan sereh dipukul-pukul sampai memar. Bawang merah(1/4 ons), bawang putih dan ketumbar digiling halus, kemudian ditumis. Setelah agak harum,ditambahkan santan kental, lengkuas, asam jawa, gula, daun salam dan sereh. Pemanasan diteruskan sampai mendidih dan volume santan tinggal setengahnya.
  4. Pemasakan abon: 1.  Suiran dimasukkan sedikit demi sedikit ke dalam santan mendidih. Sementara itu, api dikecilkan sekedar menjaga santan tetap mendidih. Pemanasan yang disertai pengadukan dilakukan sampai suiran ikan menjadi setengah kering. Hasil yang diperoleh disebut dengan abon lembab ikan. 2. Abon lembab ikan bandeng diangkat, kemudian digoreng di dalam minyak panas (suhu 170 derajat celcius) sampai garing (bila diremas berkemersik).
  5. Penirisan. Abon panas yang baru diangkat dari minyak harus segera ditiriskan. Penirisan dianjurkan dengan menggunakan alat peniris sentrifugal, alat pres ulir, atau pres hidrolik.Setelah ditiriskan dengan alat peniris sentrifugal, atau alat pres, abon dipisah-pisahkan.
  6. Pencampuran dengan bawang goreng. Abon yang telah ditiriskan dicampur dengan bawang goreng. Hasil yang diperoleh disebut dengan abon ikan bandeng.
  7. Pengemasan. Abon ikan bandeng dikemas di dalam kemasan yang tertutup rapat. Kantong plastik merupakan salah satu kemasan yang cukup baik digunakan untuk mengemas abon.

20 Komentar

  1. Bagaimana caranya membuang duri ikan bandeng untuk abon…karena saya pernah mencoba bikin tapi durinya masih banyak yang tersisa dalam abonnya..Kemudian bisa bertahan berapa lama abon ikan bandeng yang sudah dikemas dalam plastik…terima kasih

  2. Mohon lebih banyak artikel bisnis ukm produk olahan hasil laut.
    Sebagaimana luasnya laut kita,sehingga dapat menumbuhkan pengusaha2 lainnya di nusantara ini,tksh

    • Terimakasih Bapak Aswin atas respon yang disampaikan. Kebetulan saat ini kami sedang mengangkat bisnis olahan hasil laut, kami juga beberapa kali membuat majalah digital BisnisUKM seputar bisnis hasil laut. Bapak Aswin dapat mendownloadnya melalui link berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  3. Saya pernah coba buat abon ikan bandeng, tapi tidak tahan lama, apa penyebabnya?krn mengandung santan?atau kemasan/wadah yg saya gunakan kurang bagus? ada tips atau trik agar abon ya tahan lama? tks

    • Terimakasih telah berkunjung di bisnisukm.com. Ada banyak hal yang menyebabkan abon ikan bandeng tak bisa bertahan lama, bisa jadi karena santan yang Saudara gunakan (karena santan yang belum dimasak hingga kering bisa menyebabkan cepat basi), atau bisa juga karena minyak yang digunakan kurang bagus (biasanya menimbulkan bau tak sedap/ apek), ketiga bisa jadi karena kemasan yang digunakan belum kedap udara sehingga dimungkinkan ada udara yang masuk dan membuat kualitas abon cepat menurun (hilang kerenyahannya). Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  4. 1.Bagaimana cara menghilang kan Bau amis ikan dari abon ikan tàpi tidak mengurangi rasa dari abon tersebut? 2. Dimana saya dapat membeli alat pengepres abon dan berapa harganya?

  5. tahan berapa lama abon bandeng jika sudah masuk pengemasan (soalnya pakai santan)

  6. bagaimana agar abon ikan bisa tahan sampai lebih dari 1 tahun?
    atas jawabanya saya ucapkan banyak trimakasih..

  7. bagaimana agar abon ikan bisa tahan sampai lebih dari 1 tahun?
    atas jawabanya saya ucapkan banyak trimakasih

  8. saya tinggal di daerah sidoarjo juga dan tertarik untuk membuka usahan abon ikan terutama bandeng. Di mana saya bisa membeli alat pengepres minyak ataupun alat sentrifugal untuk memisahkan minyak. Kira2 berapa harga alat tersebut?
    Terimakasih banyak atas perhatiannya dan kami tunggu balasan dari bapak/ibu.

    Wassalam,
    reni

  9. Bagaimana cara mengurangi bau abon ikan tanpa merubah rasa,, ada yang tau? terima kasih.

  10. Awalnya saya mencari cara membuat abon ikan, karena di tempat saya sering ada sisa-sisa ikan yang masih bagus yang sayang kalau dibuang begitu saja. Eh lha kok ketemu info macam-macam peluang bisnis yang lain… Wah sanget matur nuwun dumateng pengelola.

  11. Saya ingin mencoba membuat abon sebagai home industri, tapi saya belum menemukan alat pengepres abon, apakah ada informasi mengenai hal tersebut? Dimana membelinya atau bagaimana membuatnya?
    Dari Eunike – Temanggung

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

    • Bisa infokan juga alat pengepres minyak nya cari dimana ? Dan info detilnya,saya juga lagi cari ,trmkasih sblmnya

      • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk informsasi mesin pengepres minyak bisa menghubungi Anekamesin.com yang beralamatkan di Jl. Magelang KM. 13 Triharjo Sleman Sleman – Yogyakarta atau bisa juga menghubungi via telepon (0274) 6945 660 atau SMS 081 227 799 912. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  12. Yth, Bpk/Ibu, mohon infonya:

    1. Bagaimana caranya agar abon sapi, yam maupun ikan dapat tahan lama. Saya lihat, yang dijual dipasaran ada yang masa berlakunya s/d 1 tahun.

    2. Untuk daging, mana yang lebih baik mutu maupun rasanya antara daging sapi dengan daging kerbau?

    3. Bagaimana dengan ikan, ada bermacam2 alternatif ikan, kira2 mana yang paling mudah pemprosesannya tapi mutu dan rasanya juga baik.

    Terima Kasih atas perhatian dan supportnya.
    Amanda

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office www.bisnisukm.com
    Informasi dan penjelasan telah kami kirim melalui email

    Salam sukses
    Terima kasih

  13. mhn info tentang membuat abon yg tahan lama, dan perbedaan produk abon secara kualitas dan rasa bila dari bhn baku ikn laut dan tawar.mksh

    Jawaban :

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis ikan air tawar dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan abon ikan dengan mutu yang tidak berbeda nyata dengan abon dari ikan laut.
    Informasi lengkap telah kami kirimkan melalui email Anda. Dapatkan video tutorial dan E-Book menarik dari kami untuk pengembangan usaha Anda.

    Terima kasih dan Salam Sukses

  14. gimana caranya agar abon ikan tetap garing hingga ber bulan bulan, mohon balasan ke alamat email. thanks

    Jawab:
    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami http://www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email

    Salam sukses
    Terimakasih

Comments are closed.