Peluang Usaha Beragam Jenis Sepatu

Peluang Usaha Beragam Jenis Sepatu

Memulai Usaha Sepatu

Memulai Usaha Sepatu

Sepatu merupakan salah satu produk fesyen yang peluang usahanya akan terus berkembang seiring perubahan tren fesyen yang terjadi. Mode atau fesyen itu sendiri merupakan sebuah ekspresi estetika yang populer pada waktu, masa, tempat tertentu dan dalam konteks tertentu, mulai dari pakaian, alas kaki, aksesoris, riasan wajah, sampai gaya rambut. Tren fesyen yang terjadi memiliki makna sebagai bentuk ekspresi serta didukung oleh industri yang sering juga dihubungkan dengan gerakan budaya dan penanda sosial, lambang, kelas, dan budaya.

Kalau kita amati tren fesyen yang terjadi khususnya untuk alas kaki juga terus berubah-ubah. Apalagi pada dasarnya jenis alas kaki itu sangat beragam ada sepatu dan sandal. Untuk sepatu aja setidaknya ada tujuh jenis yang sejauh ini ada di pasaran. Pertama ada sepatu heels atau hak tinggi yang kebanyakan dipakai oleh perempuan, kedua sepatu wedges yang mirip dengan heels tapi model hak sepatunya rata dan lebih nyaman serta aman dipakai. Ketiga, sepatu flat shoes dengan alas rata dan pemakaiannya sederhana ini modelnya beragam mulai dari formal sampai casual. Keempat, ada sepatu sneakers yang utamanya dirancang untuk olahraga atau bentuk latihan fisik lainnya tapi juga banyak digunakan untuk pakaian santai sehari-hari. Kelima, sepatu pantofel dengan tampilan simpel dan elegan yang banyak dipakai untuk acara-acara formal. Keenam ada loafers, sepatu slip on yang cocok dipakai untuk gaya formal ataupun casual. Ketujuh ada sepatu boots yang biasanya dipakai untuk kegiatan-kegiatan luar ruang tapi tetap tampil modis.

Kalau kamu ingin mencoba bisnis sepatu langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan terlebih dahulu produk sepatu apa yang akan kamu jual. Apakah akan spesifik diambil dari jenis sepatunya, segmen pasarnya, kegiatannya, atau bahan sepatunya? Pilihlah salah satu di antaranya. Pertimbangannya adalah dimulai dari minat kamu terlebih dahulu supaya tahapan selanjutnya akan lebih mudah karena minat akan mengantarkan kamu pada motivasi untuk mengupas tentang produk tersebut sampai tuntas. Mulai dari A sampai Z kamu paham betul dengan produk sepatu yang akan menjadi bisnis kamu nantinya. Peluang usaha sepatu masih sangat menjanjikan. Coba lihat rak sepatu kamu di rumah, apakah hanya satu jenis sepatu yang kamu miliki? Tentunya lebih dari satu kan? Ada sepatu untuk sekolah atau kerja, sepatu olahraga, sepatu untuk kegiatan harian, dan sepatu lainnya. Hal ini menandakan kalau sepatu itu sudah menjadi kebuhan pokok kebanyakan orang. Bahkan kalau dilihat dari peluang bisnisnya, tidak hanya terbatas pada produk sepatunya saja, ada peluang bisnis jasa reparasi sepatu yang juga bisa dijalankan. Untuk jasa perawatan dan perbaikan sepatu itu konsumennya akan selalu ada selama banyak penggemar sepatu dari berbagai jenis dan macam. Inilah beberapa ide bisnis sepatu yang bisa kamu coba.

1. Sepatu Rajut

Kalaus elama ini produk kerajinan rajut identik dengan barang-barang aksesoris perempuan seperti bros jilbab, kalung, ataupun gelang, sekarang ini seni kerajinan rajut sudah makin berkembang dan merambah ke produksi baju rajut, tas rajut, sampai sepatu rajut. Pengembangan produk handmade rajut pastinya terjadi bukan tanpa alasan. Persaingan pasar di bidang kerajinan tangan ini memang makin ramai dan menarik. Maka dari itu nggak heran kalau dari industri rajut ini produk yang ditawarkan makin beragam. Dari sekian banyak produk rajutan yang dikreasikan para pengrajin, saat ini sepatu rajut merupakan salah satu produk yang banyak digemari para konsumen di pasaran. Mengingat belakangan ini fungsi sepatu bukan hanya untuk melindungi kaki, tapi konsumen itu semakin selektif untuk memilih alas kaki yang bisa mempercantik penampilan mereka setiap harinya.

Merajut pada dasarnya bisa diakukan dengan tangan atau pun mesin Ada berbagai jenis gaya dan teknik merajut. Teknik dasar dalam merajut adalah tusuk atas dan tusuk bawah. Tusuk atas dilakukan dengan cara mengaitkan benang dari arah depan, sementara tusuk bawah adalah mengait benang dari arah belakang. Hasil rajutan memiliki pola seperti huruf v yang bersambungan. Perajutan datar yang dilakukan memakai dua jarum rajut atau jarum melingkar. Hasilnya berupa kain lurus dan mendatar (persegi panjang). Perajutan melingkar yang dilakukan memakai jarum rajut berujung dua atau jarum melingkar. Hasilnya berupa kain berbentuk silinder seperti kaus kaki dan lengan baju hangat. Berbagai jenis jarum rajut serta ukuran benang dipakai untuk menghasilkan rajutan dengan bentuk yang berbeda-beda. Produk garmen yang dibuat dari hasil rajutan beberapa di antaranya adalah baju hangat, syal, selimut, topi. kaus kaki, blus, gaun, bahkan juga sepatu rajut.

Salah satu karya dari teknik merajut adalah sepatu rajut. Kalau sebelumnya tren karya-karya handmade rajut lebih banyak dalam bentuk baju dan tas, sekarang sepatu rajut muncul menjadi salah satu produk yang bisa memperkaya referensi pecinta busana dalam urusan gaya fesyen. Kalau kita amati di dunia fesyen ini hal-hal yang erat kaitannya dengan handmade lebih punya nilai yang tinggi dibandingkan dengan busana yang diproduksi secara konvensional. Seperti sepatu rajut jotik yang jadi salah satu brand handmade orisinal asal Indonesia. Bahkan saking banyaknya respon positif dari konsumen, sepatu rajut tidak hanya dicintai konsumen lokal, namun juga mulai merambah pasar mancanegara. Di pasaran kalau kita ketik di mesin pencarian “sepatu rajut” pasti akan muncul banyak brand atau merk. Mulai dari brand lokal sampai brand internasional. Brand lokal asli Indonesia pastinya nggak kalah menarik dari brand internasional. Sebut aja Sepatu Rajut Jotik asal Kota Gede Yogyakarta yang satu ini. Didirikan oleh Yuli Astutik di tahun 2015 ini sekarang menjadi salah satu brand yang jadi favorit para pecinta busana.

Kalau sebelumnya tren karya-karya handmade rajut lebih banyak dalam bentuk baju dan tas, sekarang sepatu rajut muncul menjadi salah satu produk yang bisa memperkaya referensi pecinta busana dalam urusan gaya fesyen. Kalau kita amati di dunia fesyen ini hal-hal yang erat kaitannya dengan handmade lebih punya nilai yang tinggi dibandingkan dengan busana yang diproduksi secara konvensional. Seperti sepatu rajut jotik yang jadi salah satu brand handmade orisinal asal Indonesia. Produk Handmade Sepatu Rajut Jotik diakui oleh Yuli Astutik sebenarnya tercipta tidak disengaja dan tanpa direncanakan untuk menjadi sebuah bisnis kerjaninan tangan. Awalnya Astutik hanya membuat sepatu rajut untuk anaknya kemudian diunggah di media sosial facebook layaknya seorang ibu yang ingin membagikan cerita ke pada koleganya. Tapi tidak disangka, justru banyak orang yang memberikan komentar di unggahan tersebut dan menanyakan bagaimana caranya untuk memesan sepatu rajut tersebut. Astutik yang pada dasarnya memang merupakan seorang perempuan yang sudah punya pengalaman berwirausaha melihat kalau sepatu rajut merupakan peluang bisnis yang bisa dicoba.

Simak panduan tentang bisnis kerajinan rajut selengkapnya dengan mengunduh E-Book berikut ini.

Sepatu Rajut
Klik Link di Bawah Ini

Download “Bisnis Plan Kerajinan Rajut”

Bisnis-Plan-Kerajinan-Rajut.pdf – Downloaded 303 times – 227.65 KB

2. Sepatu Kulit

Fesyen itu gak sebatas mode pakaian atau busana saja, tapi alas kaki juga menjadi pendukung penampilan yang juga penting. Gak heran banyak orang punya kebutuhan ataupun keinginan untuk memiliki sepatu dan sandal yang sesuai dengan gaya fesyen mereka masing-masing. Selain itu, tren yang berkembang belakangan ini menuntut orang agar tampil lebih berani. Orang zaman dulu mungkin merasa cukup memiliki sepatu atau sandal dengan warna standar seperti cokelat dan hitam. Sekarang, warna yang dimiliki semakin beragam, mulai dari biru sampai warna kuning.

Tren alas kaki yang terjadi juga terus berganti dan sangat dinamis. Tahun 2000, kalau kita tarik ke belakang tren fesyen untuk alas kaki perempuan adalah sepatu model balet yang beralas datar. Kemudian muncul tren sepatu dan sandal berbahan plastik dan busa elastis salah satunya brand Crocs. Lalu, berganti dengan sepatu boot. Perubahan cepat tren sepatu ini memunculkan banyak perajin atau pengusaha sepatu yang mencoba peruntungan di bisnis ini. Keberanian ini bukan hanya dipicu oleh tren, tetapi kepedulian masyarakat terhadap produk lokal yang kian meningkat. Alhasil, makin banyak pelaku usaha yang berani mengangkat merek dagangannya sendiri.

Salah satunya adalah Pak Slamet pengrajin sepatu kulit “Lumintu” dari Sleman, Yogyakarta. Setiap harinya, Pak Slamet tidak hanya sibuk membuat pesanan sepatu kulit, tetapi juga memperbaiki segala jenis sepatu yang mengalami kerusakan. Walaupun usaha yang dirintisnya belum begitu besar, namun dapat memberikan tambahan penghasilan. Siapa sih yang gak suka memakai sepatu kulit yang mengkilat dengan harga yang relatif lebih murah? Sepatu kulit dari segi tampilan punya daya tarik dan ciri khas tersendiri yaitu elegan dan eksklusif. Tapi untuk jenisnya sendiri ada beragam mulai dari kelas reguler sampai kelas premium.

Kalau konsumen dari sepatu kulit “Lumintu” Pak Slamet memang menyasar pasar reguler dan lokal. Pemasarannya mulai dari teman kantornya dulu sampai masyarakat sekitar yang sengaja memesan sepatu kulit untuk bekerja. Selain itu perkembangan mode saat ini memberikan peluang besar bagi Pak Slamet, karena kini konsumennya bukan hanya dari kalangan orang tua saja. Banyak anak muda yang memesan sepatu kulit dengan membawa contoh model sepatu yang mereka inginkan.

Simak panduan bisnis sepatu kulit handmade selengkapnya dengan mengunduh E-Book berikut ini.

Sepatu Kulit
Klik Link di Bawah Ini

Download “Peluang Usaha Sepatu Kulit”

peluang-usaha-sepatu-kulit.pdf – Downloaded 145 times – 429.87 KB

3. Sepatu Sneakers

Sepatu jadi salah satu produk fesyen yang sangat disukai oleh berbagai macam kalangan, apalagi anak-anak muda yang termasuk kalangan up to date dan ingin selalu mengikuti tren. Salah satunya adalah sepatu sneakers yang identik dengan gaya atau mode fesyen anak muda meski tidak dipungkiri banyak juga kalangan orang tua atau dewasa yang menjadi penggemar berbagai model dan brand sepatu sneakers.

Banyak merk yang menjual sepatu sneakers hingga mencapai puluhan juta rupiah dan sangat dicari-cari oleh para penggemar sneakers di seluruh dunia. Jadi bisa dibilang sepatu itu produk fesyen yang punya penggemarnya tersendiri, bahkan bisa dijadikan barang koleksi bagi para kolektor sepatu sneakers. Banyaknya penggemar dan permintaan pasar akan sepatu sneakers, penjualan sepatu pun gak pernah kehilangan konsumen. Bahkan sekarang banyak penjual sepatu sneakers online di Instagram dan marketplace tanpa perlu offline store.

Kepopuleran sneakers memang gak ada habisnya. Meski tergolong mahal, sneaker tak pernah kehilangan tempat di hati masyarakat Indonesia. Jadi kalau bicara soal peluang usahanya, sudah pasti menjanjikan dan menarik untuk dicoba. Salah satunya bagi Hamid Muhammad Rosyid owner dari Warehole Store Yogyakarta yang sukses berbisnis sepatu sneakers bermodalkan 10 pasang sepatu. Menurutnya sekarang ini bisnis sepatu sneakers masih menjadi barang candu. Ketika sudah membeli satu produk. Kemudian ketika besok ada barang baru pasti penggemarnya ingin membeli dan memilikinya. Ia juga meyakini bisnis sepatu masih akan terus berjalan, tinggal inovasinya saja.

Simak panduan bisnis sepatu sneakers selengkapnya dengan mengunduh E-Book berikut ini.

Sepatu Sneakers
Klik Link di Bawah Ini

Download “Bisnis Plan Usaha Sepatu Kets”

Bisnis-Plan-Usaha-Sepatu-Kets.pdf – Downloaded 615 times – 227.30 KB

4. Sepatu Lukis

Sepatu adalah produk fesyen yang bagi anak muda sangat penting untuk mendukung gaya dan penampilan mereka. Model sepatu yang menarik dan bisa mencerminkan gaya anak muda yang “gue banget” ini pasti banyak dicari. Mengingat anak muda adalah pasar yang sangat potensial untuk produk-produk personalisasi yang diseuaikan dengan minat dan selera mereka sendiri.

Salah satunya adalah sepatu lukis. Tampilan yang menarik dan model lukisan yang bisa disesuaikan dengan permintaan si pembeli, membuat produk ini makin menarik. Inovasi adanya sepatu lukis berawal dari keinginan para anak muda yang senang dengan kreasi unik, mereka juga merasa bosan dengan model sepatu yang monoton. Hadirnya produk sepatu lukis, anak-anak muda bisa mengekspresikan diri melalui gambar yang ada pada sepatu mereka.

Sepatu lukis biasanya terbuat dari kain kanvas, jadi dapat dilukis dengan menggunakan cat untuk menghasilkan gambar yang menarik. Ketika kamu tertarik untuk memulai bisnis sepatu lukis, ada dua cara dalam melayani konsumen yaitu konsumen membeli langsung produk sepatu lukis yang ready stock atau melayani konsumen yang memesan gambar tertentu sesuai permintaan mereka atau custom.

Simak panduan bisnis sepatu lukis selengkapnya dengan mengunduh E-Book berikut ini.

Sepatu Lukis
Klik Link di Bawah Ini

Download “Bisnis Plan Produksi Tas dan Sepatu Lukis”

Bisnis-Plan-Produksi-Tas-dan-Sepatu-Lukis.pdf – Downloaded 589 times – 227.77 KB

5. Laundry Sepatu

Membersihkan sepatu itu gak semudah mencuci baju, karena mulai dari sabun sampai peralatannya harus punya spesifikasi khusus sesuai dengan jenis bahan sepatu yang akan dibersihkan. Gak heran kalau beberapa orang kecewaan ketika mencucikan sepatunya di laundry pakaian, karena saat teknik penanganannya kurang tepat justru akan merusak sepatu. Apalagi jika sepatu tersebut merupakan sepatu dengan harga mahal atau merk terkenal, seperti berbahan kulit asli, kanvas, maupun suede.

Pasar inilah yang bisa digarap untuk mendatangkan keuntungan besar setiap bulan. Perubahan gaya hidup orang perkotaan yang memiliki sedikit waktu luang atau bahkan tidak mempunyai waktu sama sekali untuk merawat sepatu mereka, mendorong kalangan menengah ke atas ini lebih memilih untuk mempercayakan kebersihan sepatunya ke pelaku jasa laundry sepatu.

Meskipun keberadaan bisnis ini belum menjamur seperti laundry pakaian, tapi dalam beberapa tahun terakhir, jasa cuci sepatu mulai bermunculan di beberapa kota besar di Indonesia. Untuk memulai bisnis laundry sepatu, modal yang diperlukan adalah keterampilan dan pengetahuan khusus seputar bahan sepatu yang digunakan. Ingat, setiap bahan sepatu memiliki cara tersendiri dalam hal perawatan dan pencuciannya.

Simak panduan bisnis laundry sepatu selengkapnya dengan mengunduh E-Book berikut ini.

Laundry Sepatu
Klik Link di Bawah Ini

Download “Peluang Usaha Laundry Sepatu, Untung Maksimum dari Pasar Premium”

peluang-usaha-laundry-sepatu-untung-maksimum-dari-pasar-premium.pdf – Downloaded 160 times – 344.04 KB