3 Olahan Kedelai Ini Bisa Anda Jadikan Peluang Usaha

3-olahan-kedelai-ini-bisa-anda-jadikan-peluang-usaha

Beberapa olahan kedelai menjadi salah satu pilihan bidang usaha yang menjanjikan dan banyak peminatnya karena masuk dalam kategori bidang kuliner. Bidang kuliner memiliki banyak sekali jenisnya, seperti yang kita jumpai dalam keseharian kita dari pedagang kaki lima hingga restaurant berbintang lima. Peluang Usaha bidang kuliner memiliki segmen pasar yang luas mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia, karena pangan adalah kebutuhan primer setiap orang.

Kedelai (Glycine max Merr) merupakan salah satu hasil pertanian yang sangat penting sebagai bahan makanan, karena jumlah dan mutu protein yang dikandungnya sangat tinggi yaitu sekitar 40 % hampir menyamai kadar protein susu skim kering. (Hardjo, 1964).

Sebagai bahan baku makanan, kedelai termasuk bahan makanan yang mempunyai susunan zat yang lengkap dan mengandung hampir semua zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup (Winarno dan Rahman, 1974).

Bila seseorang tidak boleh atau tidak dapat makan daging atau sumber protein hewani lainnya, kebutuhan protein sebesar 55 gram per hari dapat dipenuhi dengan makanan yang berasal dari 157,14 gram kedelai. Kedelai merupakan komoditas pertanian yang sangat penting, karena memiliki multi guna. Kedelai dapat diolah menjadi: tempe, kecap, tahu, kerupuk tahu, kembang tahu, nata de soya, susu, soyghurt, dan lain-lainnya. Proses pengolahan kedelai menjadi berbagai makanan pada umumnya merupakan proses yang sederhana, dan peralatan yang digunakan cukup dengan alat-alat yang biasa dipakai di rumah tangga, kecuali mesin pengupas, penggiling, dan cepat.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas 3 peluang usaha dari berbagai macam olahan kedelai yaitu ; peluang usaha bisnis kecap, peluang usaha bisnis tahu, & peluang usaha bisnis susu kedelai. Berikut ada beberapa proses pengolahan kedelai untuk produk pangan.

3 Olahan Kedelai Untuk Dijadikan Peluang Usaha

1. Olahan Kedelai Kecap

olahan-kedelai-kecap

Kecap kedelai merupakan olahan dari kedelai yang difermentasikan dan dicampur dengan beberapa bahan lainnya. Sehingga dihasilkan rasa yang manis dan gurih. Kecap kedelai ini sudah dikenal di Indonesia sejak ribuan tahun yang lalu. Kecap ini biasanya digunakan sebagai bahan tambahan penyedap suatu makanan. Mengintip peluang dari bisnis kecap memang sangat menjanjikan. Usaha kecap merupakan bisnis kuliner yang sangat banyak peminatnya. Sebab kecap dibutuhkan banyak orang mulai dari ibu rumah tangga hingga pengusaha kuliner. Usaha kecap bisa dikatakan sangat bagus peluangnya. Kecap terus dibutuhkan sehingga produk ini sering dicari dipasaran.

Sehingga jika anda menerjuni bisnis kecap tentu sangat menguntungkan untuk menambah penghasilan anda. Sehingga bisnis kecap ini tidak boleh di lewatkan begitu saja. Dengan berbagai merk yang beredar di pasaran maka Anda harus jeli untuk memanfaatkan bisnis kecap dengan sebaiknya. berikan sesuatu yang berbeda agar kecap anda mempunyai ciri khas tersendiri. Berikut ini adalah resep pembuatan kecap yang bisa anda jadikan referensi untuk mengolah kecap.

Berikut bahan dan cara pembuatan kecap :

Bahan-bahan :

  • Kedelai 0,5 gr
  • Garam 200 gr
  • Gula jawa 2 kg
  • Bumbu-bumbu seperti pekak, jinten, jahe, sere, kayu manis, salam, laos, vetsin

Alat : 

  • Nyiru
  • guci atau toples
  • pisau
  • telenan
  • kain saring
  • wajan
  • kompor

Cara Pembuatan : 

  1. Kedelai dicuci sampai bersih, kemudian direndam dalam 1,5 – 2 liter air bersih selama satu malam.
  2. Direbus dengan air bersih sampai lunak.
  3. Buat larutan garam 20% (200gr garam dilarutkan dalam 1 liter air).
  4. Kedelai direndam dalam air garam selama 2 – 4 minggu.
  5. Selesai perendaman, disaring, cairan diambil, ampas ditambah 1 liter air, rebus, disaring.
  6. Masukkan gula yang telah disisir beserta bumbu-bumbu, rebus hingga mendidih.
  7. Saring larutan di atas, dan dimasukkan ke dalam botol.

2. Olahan Kedelai Tahu

olahan-kedelai-tahuOlahan kedelai tahu merupakan bahan makanan yang dihasilkan dari olahan kedelai yang diendapkan dan melalui proses koagulasi. Tahu sendiri merupakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi sehingga banyak yang menggemari makanan yang satu ini. Targer pasar dari industri tahu ini cukup besar mencangkup banyak kalangan karena hampir semua orang menyukai tahu. Ibu rumah tangga, pengusaha kuliner dan sebagainya merupakan salah satu konsumen yang akan selalu membutuhkan bahan baku tahu untuk bahan lauk dan menjalankan usaha kuliner. Dikarenakan kebutuhan pasar ini yang cukup menjangkau luas, maka peluang untuk bisnis tahu ini bisa dibilang menjanjikan.

Bahan – Bahan dan cara pemubuatan tahu :

Bahan-bahan :

  • Kedelai 5 kg
  • Air secukupnya
  • Batu tahu 1 gram

Alat :

  • Ember besar
  • Tampah (nyiru)
  • Kain Saring atau kain blancu
  • Kain pengaduk
  • Cetakan
  • Keranjang
  • Rak bambu
  • Tungku atau kompor
  • Alat penghancur (alu)

Cara Pembuatan :

  1. Dipilih kedelai yang baik, kemudian dicuci;
  2. Kedelai direndam dalam air bersih selama 8 jam (paling sedikit 3 liter air untuk 1 kg kedelai). Kedelai akan mengembang jika direndam
  3. Dicuci berkali-kali kedelai yang telah direndam. Apabila kurang bersih maka tahu yang dihasilkan akan cepat menjadi asam
  4. Ditumbuk kedelai dan tambahkan air hangat sedikit demi sedikit hingga berbentuk bubur
  5. Dimasak bubur tersebut, jangan sampai mengental pada suhu 70-80 derajat celcius (ditandai dengan adanya gelembung-gelembung kecil).
  6. Disaring bubur kedelai dan endapkan airnya dengan menggunakan batu tahu (Kalsium Sulfat = CaSO4) sebanyak 1 gram atau 3 ml asam cuka untuk 1 liter sari kedelai, sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan-lahan.
  7. Dicetak dan pres endapan tersebut.

3. Olahan Kedelai Susu 

olahan-kedelai-susuSusu kedelai adalah olahan dari sari kacang kedelai yang diolah sehingga menjadi produk minuman susu yang hampir mirip dengan susu sapi. Penggemar minuman susu kedelai ini sampai saat ini masih terbilang cukup banyak. Apalagi dizaman sekarang ini siapa sih yang tidak kenal dengan susu kedelai ini? Susu kedelai ini sangat diminati oleh banyak kalangan, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, bahkan lansia. Segmen pasar inilah yang sangat menjanjikan untuk memulai bisnis susu kedelai ini. Bagi Anda yang belum memliki usaha, kesempatan untuk menjalankan peluang bisnis susu kedelai masih sangat terbuka lebar bagi semua kalangan masyarakat. Bisnis susu kedelai menjadi salah satu bisnis minuman yang bisa dibuat dengan sangat mudah. Menjalankan bisnis susu kedelai tidak sama dengan menjalankan bisnis makanan. Jika bisnis makanan membutuhkan waktu lama dan tenaga yang cukup ekstra namun berbeda dengan bisnis minuman kedelai yang bisa dijalankan dengan mudah dan tidak membutuhkan tenaga ekstra dalam proses pembuatannya.

Bahan – Bahan dan Cara Pembuatannya :

Bahan-bahan :

  • 500 gr Kedelai
  • 1 lt air
  • air kapur secukupnya

Cara Membuat :

  1. Rendam kedelai selama 4 – 5 jam, kemudian kedelai dicuci sampai bersih.
  2. Blender kedelai dengan ditambah air sedikit.
  3. Saring dengan kain saring (menghasilkan filtrat/susu kedelai).
  4. Panaskan filtrat/susu kedelai sampai suhu ± 80oC, dipertahankan ± 5 – 10 menit. Bila terdapat busa, busanya dibuang.
  5. Kecilkan api kemudian tes pH nya (pH > 7,0). Apabila pH kurang dari 7,0 maka perlu ditambahkan air kapur secukupnya.
  6. Langit-langit yang terdapat pada rebusan filtrat/susu diambil, kemudian dikeringanginkan à Kembang Tahu.

Nah, diatas hanya baru 3 produk yang berbahan baku dari kedelai, dan masih banyak sekali produk – produk kuliner yang berbahan baku kedelai. Semoga beberapa olahan kedelai tersebut dapat memberikan anda modal inspirasi untuk memulai usaha yang menjanjikan ini.

Sumber gambar: https://lifestyle.okezone.com, https://nova.grid.id, https://food.detik.com, https://www.tokomesin.com

55 thoughts on “3 Olahan Kedelai Ini Bisa Anda Jadikan Peluang Usaha”

  1. permisi admin, minta infoy saya lg bisnis minuman sari kedele,tp knapa y hanya tahan 1 hri,dan bisa ditaruh lemari es cpt mengental. Mhon pencerahanya admin. Pencerahn bs di krm via email. Trimaksh

    Reply
  2. Permisi saya pekerja swasta saya minta info agar susu kedelai bisa tahan lebih lama jika di taruh di botol plastik, saya coba baru satu hari sudah basi. Saya tunngu jawabannya via email. Terimakasih

    Reply
  3. Mohon infonya kenapa ya susu kedelai buatan saya menggumpal air terpisa padahal sudah dimasukan ke dalam kulkas…mohon infonya jg resep susu kedelai yg enak…mohon sekali jawabanya email ke yenyhariyanti@yahoo.com

    Reply
  4. salam, pertanyaan saya hampir sama dengan teman2 pengusaha yg lain.
    1. kenapa susu kedelai buatan saya texturnya cepat mengental?
    2. untuk keawetan lebih lama, dalam keadaan panas, hangat, ataukah dingin (suhu ruang) saat pengemasan dalam gelas cup?
    3. penambahan bahan tambahan seperti gula, garam, atau perasa, sebaiknya dalam keadaan apa?
    4. agar bsa bertahan lama, adakah pengawet alami berupa bahan tambahan makanan atau tekhniknya?
    5. jika ada tips2 lainnya mohon di share ya.
    Trimaksh seblumnya ya.

    Reply
  5. Mas agar susu kedelai dalam kemasan botol plastik tahan beberapa bulan atau setahun gimana caranya??
    kaya produk soybean bertahan lebih dari setahun

    Reply
    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, agar susu kedelai bisa bertahan dalam waktu lama bisa mencoba proses pengemasan menggunakan sterilisasi suhu tinggi dan ditutup dalam keadaan panas makan produk tersebut bisa awet asalkan tutup botol terjaga dengan rapat. Yang terpenting kemasan produk dipastikan steril dan bebas kontaminasi kuman, serta kemasan tertutup rapat agar udara tak bisa masuk dan merusak tekstur susu kedelai.Saat ini cara seperti itu dilakukan oleh salah satu minuman teh kemasan di Indonesia. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  6. Saya coba usaha susu kacang, tapi hasilnya selang bberapa jam kok tampak mengental n terkesan misah trus tidak tahan lama. Gmn cara mengatasi itu? Lalu jenis perasa apa yg digunakan untuk buat susu aneka rasa?

    Reply
  7. Selamat malm admin…aku baru lls sma dn trtarik dngan bsnis susu kdellai stlah mencoba eh susux hanya bertahan 1 hari bagai mana carax supaya lebih awet seperti produk di pasaran yang bertahan sampe 4 hari…atau mnimal 3 hari sudah ckup min…tlong ya…atau sms di sni 081916801811

    Reply
  8. saya jga sdah lama produksi susu kedelai,.. yg saya tanyakan cara alami apa agar susu kedelai bisa tahan sampai 2 hari trimakasih…

    Reply
  9. saya jga sdah lama produksi susu kedelai,.. yg saya tanyakan cara alami apa agar susu kedelai bisa tahan sampai 2 hari trimakasih

    Reply
  10. salam kenal. saya heran kenapa susu kedelai yg saya buat cepat mengental meskipun disimpan di lemari es? setelah susu kedelai mendidih, sy tunggu sampe dingin dl baru dibungkus (sekitar 6 jam ). setelah itu sy bungkus plastik lalu simpan di lemari es. tetapi setelah 8 jam, biasa nya susu kedelai sy mulai mengental. apa ada yg slh ? atau memang seperti itu jika susu kedelai tidak diberi pengawet ? mohon penjelasan dr teman2 sekalian. terima kasih atas bantuannya.

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba